Brand Formula Hampir Gak Relevan : Begini Move Keren dari Brand Marketing Managernya

Brand Formula Hampir Gak Relevan : Begini Move Keren dari Brand Marketing Managernya

Oct-12-2023

Adil

Dalam dunia bisnis yang terus bergerak dinamis, sebuah brand harus terus beradaptasi agar relevan dengan target audiens mereka. Hal ini sangat penting, sebab dengan memastikan relevansi brand dengan target audiens mereka, sebuah brand dapat menciptakan strategi marketing yang paling sesuai untuk dapat mencapai tujuan yang diinginkan.

Untuk dapat menggambarkan lebih detail mengenai pentingnya relevansi bagi sebuah brand atau bisnis, dalam artikel ini Bithour akan memberikan sebuah contoh kasus dari brand Formula, dimana mereka sempat mengalami moment hampir jatuh sebagai market leader karena kurang relevan dengan target audiens mereka. Lalu bagaimana brand Formula dapat terus bertahan hingga sekarang ini? Jika ingin tahu jawabannya mari simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Sejarah Brand Formula

Brand Formula

Brand Formula adalah sebuah merek produk perawatan gigi dan mulut yang asli dari Indonesia. Sejarahnya bermula pada tahun 1985, saat Formula pertama kali hadir di pasar. Sejak awal, Formula telah berkomitmen untuk memproduksi produk berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Mengawali perjalanan bisnisnya, Formula memasarkan rangkaian produk yang mencakup Sikat Gigi, Pasta Gigi, Mouthwash, dan Formula Junior. Selama bertahun-tahun, mereka terus berinovasi untuk menjadi salah satu merek terkemuka yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan gigi dan mulut masyarakat Indonesia.

Salah satu tonggak penting dalam sejarah Formula adalah tahun 1995, saat mereka meluncurkan rangkaian produk Formula Junior, yang ditujukan untuk anak-anak. Di tahun yang sama, mereka juga menghadirkan inovasi baru dengan peluncuran sikat gigi yang dapat mengapung, memberikan nilai tambah kepada pelanggan.

Inovasi terus berlanjut di tahun 2004 dengan pengenalan batang sikat gigi yang dilapisi dengan karet anti jamur. Ditambah dengan perubahan yang terjadi pada logo Formula mereka pada tahun 2005, menandai perkembangan merek ini.

Tahun 2007 melihat peluncuran produk terbaru, yaitu travel kit pertama di Indonesia, yang memudahkan konsumen dalam merawat gigi dan mulut mereka di mana pun mereka berada. Tahun 2009, Formula meluncurkan Pasta Gigi Formula Strong dengan kandungan SPL (System Protective Layer), yang memberikan perlindungan lebih lanjut.

Pada tahun 2012, logo Formula mengalami rejuvenasi, mencerminkan visi merek sebagai penyedia “advanced oral protection & care”. Tahun 2015, mereka membawa inovasi dengan penggunaan bahan alami seperti charcoal dalam produk Sikat Gigi dan Pasta Gigi mereka.

Pada tahun 2018, logo Formula mengalami perubahan kembali, kali ini menjadi “Protect Solution”, mencerminkan fokus pada solusi perlindungan gigi dan mulut. Terakhir, di tahun 2021, logo Formula mengalami rejuvenasi lagi dengan tambahan kategori produk solusi bersih, perlindungan optimal, dan perawatan khusus, menegaskan komitmen mereka untuk terus memberikan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Berkat berbagai inovasi yang telah mereka lakukan, brand Formula akhirya berhasil mencapai posisi market leader di industri produk perawatan gigi dan mulut. Namun, mereka juga sempat mengalami moment hampir jatuh dari posisi market leader dikarenakan kurangnya relevansi atas produk mereka. Dimana saat itu, Formula hanya dikenal oleh orang-orang yang sudah senior atau dewasa saja. Namun berkat langkah atau move briliant dari Brand Manager Marketing mereka, mereka dapat kembali berjaya sebagai market leader di industri mereka.

Sejak berdiri pada tahun 1985, Formula telah membangun reputasi sebagai merek terpercaya dalam perawatan gigi dan mulut, dan inovasi terus menjadi bagian integral dari perjalanan mereka menuju kesuksesan. Dengan komitmen mereka terhadap kualitas dan kebutuhan konsumen Indonesia, Formula telah mempertahankan posisinya sebagai merek sikat gigi nomor 1 di Indonesia selama lebih dari dua dekade.

Move dari Brand Marketing Manager Formula

Setelah mengetahui lebih lanjut mengenai sejarah dari brand Formula, kini saatnya kita membahas mengenai move dari Brand Marketing Manager dari brand Formula yang membuat mereka dari posisi yang hampir jatuh sebagai market leader hingga akhirnya berhasil bangkit kembali. Berikut beberapa daftar move yang diambil oleh Brand Marketing Manager dari Brand Formula:

Baca Juga: Strategi dalam Iklan Pepsodent Siwak yang Sukses Tarik Perhatian Audiens

1. Pemahaman Akan Kondisi Pasar

Untuk tetap bertahan sebagai market leader dan beradaptasi dengan perubahan dalam kondisi pasar, Brand Marketing Manager Formula telah mengambil langkah yang cerdas dan progresif. Salah satu langkah utama yang mereka ambil adalah pemahaman yang mendalam akan kondisi pasar saat ini.

Mereka menyadari bahwa mereka tidak bisa hanya fokus pada target audiens dewasa saja, sebagaimana yang mungkin telah mereka lakukan selama ini. Dalam dunia bisnis yang ketat akan persaingan dan bergerak dinamis, brand Formula akhirnya menyadari dan mulai mengambil langkah pasti untuk memahami dan mengincar target audiens baru, yaitu generasi Z.

Generasi Z sendiri adalah kelompok konsumen yang tumbuh dalam era digital, memiliki preferensi yang berbeda, dan berinteraksi dengan merek melalui platform online dengan intensitas tinggi. Brand Marketing Manager Formula telah mengenali pentingnya untuk memahami karakteristik, nilai, dan preferensi generasi Z.

Dimana Brand Formula memahami bahwa generasi Z adalah konsumen yang kritis, berorientasi pada nilai, dan membutuhkan pesan yang autentik. Oleh karena itu, Formula telah mengadaptasi strategi pemasaran mereka, menciptakan konten yang relevan, dan memanfaatkan platform digital untuk menjangkau dan terlibat dengan generasi Z.

Dalam hal ini, Brand Marketing Manager Formula telah memahami bahwa untuk tetap menjadi market leader, mereka harus menjadi fleksibel dan berani berubah. Dan untuk melakukan hal tersebut, mereka telah menggabungkan analisis pasar yang mendalam dengan kreativitas dan inovasi dalam upaya untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi audiens baru mereka. Dengan demikian, mereka memastikan bahwa Formula tetap relevan di pasar yang terus berubah, sambil mempertahankan posisi unggul mereka sebagai merek perawatan gigi nomor 1 di Indonesia.

2. Inovasi Secara Keseluruhan

Untuk mempertahankan posisi sebagai pemimpin pasar yang dalam bidang produk kesehatan gigi dan mulut, Brand Marketing Manager Formula telah mengambil langkah berani dalam inovasi produk. Salah satu move yang pernah mereka lakukan dan yang patut diacungi jempol adalah pengembangan Formula Curve Rounder, sebuah sikat gigi revolusioner yang ditujukan untuk anak muda. Inovasi ini adalah langkah penting dalam upaya mereka untuk memahami kebutuhan konsumen dan tetap relevan dalam lingkungan yang terus berubah.

Brand Formula

Formula Curve Rounder menampilkan desain yang tidak hanya ergonomis, tetapi juga sangat stylish, dengan warna-warna yang cerah dan menarik. Gagang sikatnya dirancang sedemikian rupa sehingga memberikan kenyamanan maksimal saat digunakan, membuatnya lebih disukai oleh konsumen yang ingin menjaga kesehatan gigi dan mulut mereka dengan gaya, seperti khas anak gen Z atau generasi muda saat ini.

Namun, inovasi tidak berhenti di sana. Salah satu fitur paling menonjol dari sikat gigi ini adalah bulu-bulu sikat yang melengkung. Hal ini memungkinkan akses lebih mudah ke area gigi yang paling belakang, yang seringkali sulit dijangkau dengan sikat gigi konvensional. Dengan demikian, Formula Curve Rounder memberikan solusi yang lebih efektif untuk membersihkan gigi secara menyeluruh.

Inovasi ini mencerminkan pemahaman mendalam yang dimiliki oleh Brand Marketing Manager Formula akan kebutuhan pasar, terutama segmen anak muda yang mencari produk dengan estetika yang menarik dan kinerja yang unggul. Dengan langkah-langkah inovatif seperti ini, brand Formula tetap berada di garis depan dalam upaya mereka untuk tetap menjadi market leader dalam industri perawatan gigi dan mulut. Dengan Formula Curve Rounder, mereka telah menggabungkan desain gaya, kenyamanan, dan kinerja unggul dalam satu produk, menunjukkan komitmen mereka untuk terus menghadirkan produk yang memenuhi kebutuhan pelanggan dengan inovasi yang segar dan kreatif.

3. Strategi yang Jelas dan Tepat Sasaran

Move berikutnya yang dilakukan oleh brand Formula untuk tetap menjadi pemimpin pasar yang kuat adalah dengan mengambil langkah taktis dengan fokus pada strategi yang jelas dan tepat sasaran. Salah satu langkah penting yang mereka lakukan adalah menyesuaikan seluruh unsur strategi branding mereka, mulai dari kemasan hingga kampanye iklan, dengan sangat teliti.

Pertama, mereka memahami bahwa tampilan fisik produk, yaitu kemasan, adalah elemen yang sangat penting dalam menarik perhatian konsumen. Dengan cermat, mereka merancang kemasan produk mereka agar mencerminkan nilai-nilai brand Formula, menciptakan kemasan yang menarik dan profesional. Ini memberikan kesan pertama yang positif dan membangun kepercayaan pelanggan.

Selain kemasan yang menarik, mereka juga memastikan bahwa kampanye iklan mereka mengikuti strategi yang sama. Mereka menciptakan iklan yang sesuai dengan selera target pasar mereka, terutama untuk produk seperti Formula Curve Rounder yang ditujukan untuk anak muda. Dalam kampanye iklan ini, mereka berfokus pada pesan yang relevan dan menggunakan platform yang efektif dalam mencapai audiens mereka.

Seluruh proses ini mencerminkan komitmen Brand Marketing Manager Formula untuk memahami kebutuhan pasar dan mengikuti tren terkini. Dengan menyesuaikan strategi branding mereka, mereka mampu menciptakan keselarasan antara merek mereka dengan keinginan pelanggan, yang merupakan langkah penting dalam mempertahankan posisi market leader.

Melalui strategi yang jelas dan tepat sasaran ini, Brand Marketing Manager Formula telah menunjukkan kesediaan mereka untuk beradaptasi dan melibatkan pelanggan dengan cara yang paling efektif. Ini adalah move strategis yang cerdas untuk mengamankan posisi mereka sebagai market leader dan mengikuti perubahan dalam preferensi konsumen. Dengan fokus yang tajam pada strategi branding, brand Formula terus menjadi pionir dalam industri perawatan gigi dan mulut.

4. Sering Melakukan Interaksi

Untuk mempertahankan posisi market leader yang kuat, Brand Marketing Manager Formula telah memperlihatkan pendekatan yang sangat interaktif dengan konsumen mereka. Salah satu move yang signifikan dalam strategi ini adalah upaya mereka untuk selalu berinteraksi secara aktif dengan pengikut mereka di platform media sosial, terutama di Instagram.

Brand Formula menyadari bahwa komunikasi dua arah dengan konsumen adalah kunci untuk membangun hubungan yang kuat dan menjaga pelanggan yang setia. Oleh karena itu, mereka sering mengadakan berbagai kegiatan seperti kuis, tantangan (challenge), dan giveaway yang melibatkan pengikut mereka. Ini bukan hanya menciptakan pengalaman berharga bagi pelanggan, tetapi juga memungkinkan Formula untuk lebih mendekati audiens mereka.

Kegiatan-kegiatan ini memungkinkan brand Formula untuk membangun komunitas yang aktif di platform sosial mereka dan mempertahankan hubungan yang erat dengan pengikut mereka. Ini memberikan cara yang efektif untuk memahami keinginan dan kebutuhan pelanggan mereka secara langsung, sehingga mereka dapat terus menghasilkan produk dan konten yang relevan.

Langkah ini mencerminkan kesadaran Brand Marketing Manager Formula akan pentingnya memahami pasar mereka secara mendalam dan menjalin hubungan yang kuat dengan konsumen. Dengan berinteraksi aktif di media sosial, brand Formula berhasil menciptakan hubungan yang lebih kuat antara merek mereka dan pengikut mereka, sehingga tetap mempertahankan posisi market leader di industri perawatan gigi dan mulut.

Melalui upaya yang konsisten dalam berinteraksi dengan pelanggan mereka, Formula menunjukkan kesediaan mereka untuk terus beradaptasi dengan tren dan preferensi konsumen, menjadikan mereka contoh sukses dalam strategi pemasaran dan hubungan pelanggan yang berkelanjutan.

Webinar Brand in 2024

Bagi Anda yang ingin berkonsultasi mengenai tata cara pengembangan brand ataupun ingin dapatkan insight-insight penting untuk mengembangkan sebuah brand, kami sedang mengadakan webinar khusus yang diperuntukan bagi Anda seorang Brand Marketing Manager.

Dalam webinar ini, Anda bukan hanya akan diberikan teori, tapi juga strategi dan tools yang bisa langsung Anda gunakan untuk mengembangkan brand. Untuk informasi lengkapnya bisa klik link yang ada disini!

Referensi:

  1. https://www.formula.id/tentang-kami
What’s your Reaction?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
Brand Formula Formula Formulaoralcare pemasaran brand Formula strategi marketing Formula Strategi marketing Formula oral care strategi pemasaran Formula oral care webinar bisnis Webinar brand webinar marketing webinar strategi marketing
By Adil

Saya seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi yang sedang mendalami bidang digital marketing, serta memiliki keahlian dalam menulis berbagai berbagai jenis konten di berbagai media sosial

Give us your Reaction!

book

Brands in 2024 (How to Ride the HottesT Trend)

Bikin campaign sampai burn out? Kelas ini jawaban buat lo! Speaker yang expert as BM dengan pengalaman 7 tahun di 3 idustri berbeda. Dapatkan diskon 50% yang akan kita kirim ke email lo (Free 3 pdf marketing hacks)