Inilah Strategi Pemasaran Produk Aqua yang Buat Mereka Selalu Dapat Menarik Perhatian Masyarakat

Inilah Strategi Pemasaran Produk Aqua yang Buat Mereka Selalu Dapat Menarik Perhatian Masyarakat

15 min to read

Apr-14-2023

Adil

Air minum Aqua telah menjadi salah satu merek air minum terkemuka di Indonesia selama bertahun-tahun. Salah satu alasan keberhasilan Aqua adalah strategi pemasaran mereka yang efektif. Melalui iklan-iklan yang selalu menarik perhatian, Aqua telah berhasil membangun citra merek yang kuat di mata konsumen.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai strategi pemasaran produk Aqua yang mampu membuat mereka selalu dapat menarik perhatian masyarakat. Untuk itu, jika Anda ingin tahu bagaimana pembahasan lengkapnya mari simak penjelasan strategi pemasaran produk Aqua berikut ini.

Sejarah Singkat Aqua

Aqua adalah merek air minum yang berasal dari Indonesia dan dimiliki oleh PT. Aqua Golden Mississippi Tbk, yang merupakan bagian dari Grup Danone. Sejarah Aqua bermula pada tahun 1973, ketika PT. Golden Mississippi didirikan oleh Tirto Utomo, seorang pengusaha Indonesia. Pada awalnya, perusahaan ini bergerak di bidang pengemasan dan distribusi air minum dalam kemasan (AMDK) merek Ades.

Pada tahun 1980, PT. Golden Mississippi mengubah fokusnya menjadi produsen air minum dalam kemasan (AMDK) dengan merek Aqua. Aqua diluncurkan pada saat yang tepat, ketika kesadaran masyarakat tentang pentingnya minum air yang bersih dan sehat semakin meningkat. Selain itu, produk Aqua juga dijual dengan harga yang terjangkau, sehingga dapat diakses oleh masyarakat luas.

Sejak diluncurkan, Aqua terus berkembang dan berhasil menjadi merek air minum terkemuka di Indonesia. Pada tahun 1998, Grup Danone membeli mayoritas saham PT. Golden Mississippi, dan Aqua menjadi bagian dari Grup Danone.

Pada tahun 2000, Aqua meluncurkan inovasi produk terbarunya, yaitu Aqua Galon. Aqua Galon merupakan produk air minum dalam kemasan ukuran besar yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan air minum di keluarga atau perkantoran. Produk Aqua Galon terbukti sangat sukses dan membantu Aqua memperluas pangsa pasar.

Selain Aqua Galon, Aqua juga meluncurkan produk-produk baru seperti Aqua Botol dan Aqua Reflections, yang ditujukan untuk konsumen yang lebih khusus. Aqua juga terus memperkuat kehadirannya di pasar dengan berbagai kegiatan promosi dan penjualan.

Hingga saat ini, Aqua tetap menjadi merek air minum terkemuka di Indonesia dan telah memperluas bisnisnya ke luar negeri. Sejarah Aqua yang panjang dan sukses ini menunjukkan betapa pentingnya strategi pemasaran yang tepat dalam mengembangkan merek yang kuat dan berhasil di pasaran.

Strategi Pemasaran Produk Aqua

Setelah mengetahui sejarah singkat dari Aqua, berikut ini adalah beberapa strategi pemasaran dari produk Aqua yang telah kami rangkum untuk Anda.

1. Slogan yang Mudah Diingat

Strategi pemasaran produk Aqua yang pertama adalah dengan menciptakan slogan yang mudah diingat. Aqua merupakan merek air minum dalam kemasan yang cukup populer di Indonesia. Slogan yang mudah diingat menjadi salah satu kunci kesuksesan Aqua dalam memasarkan produknya.

Salah satu slogan milik Aqua adalah “Apapun Aktivitasmu Aqua Dulu”. Slogan ini sangat mudah diingat dan cukup efektif dalam mengkomunikasikan beberapa pesan yang ingin disampaikan oleh brand Aqua pada konsumennya, yaitu:

Satu, slogan ini bertujuan untuk memperkenalkan merek Aqua ke konsumen sebagai merek air minum yang terbaik dan terpercaya. Dengan menempatkan Aqua sebagai pilihan pertama konsumen, perusahaan Aqua dapat memperkuat citra mereknya dan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produknya.

Kedua, slogan “Aqua Dulu” juga bertujuan untuk mempertahankan pangsa pasar Aqua yang sudah ada. Dengan memperkenalkan merek Aqua sebagai pilihan pertama konsumen, perusahaan Aqua dapat memperkuat loyalitas konsumen terhadap mereknya dan mengurangi kemungkinan konsumen beralih ke merek lain.

Ketiga, slogan “Aqua Dulu” juga dapat menjadi alat untuk membangun identitas merek yang kuat. Dengan memiliki slogan yang mudah diingat dan terkait erat dengan merek Aqua, perusahaan Aqua dapat memperkuat citra mereknya dan meningkatkan kesadaran merek di kalangan konsumen.

Slogan yang mudah diingat merupakan salah satu cara yang efektif dalam membangun brand awareness atau kesadaran merek di kalangan konsumen. Dengan slogan yang mudah diingat, konsumen akan lebih mudah mengingat merek dan produk Aqua ketika ingin membeli air minum dalam kemasan.

Selain itu, slogan yang mudah diingat juga dapat membantu dalam memperluas pangsa pasar dan meningkatkan penjualan. Dengan kata-kata yang singkat dan mudah diingat, konsumen dapat dengan mudah mengingat produk Aqua dan memilihnya sebagai pilihan utama saat ingin membeli air minum dalam kemasan.

Dalam perkembangannya, Aqua kemudian menciptakan berbagai slogan lainnya yang juga mudah diingat, seperti “Air Untuk Semua” dan “Ada Aqua”. Dimana slogan-slogan tersebut berhasil meningkatkan brand awareness dan penjualan Aqua di pasar Indonesia.

2. Menawarkan Produk Berkualitas

Strategi pemasaran Aqua yang kedua adalah “Menawarkan Produk Berkualitas”. Aqua mengklaim bahwa produk air mineral mereka berasal dari sumber mata air yang terpilih dan memiliki Tiga Perlindungan untuk menjaga kualitasnya.

Pertama, Aqua berkomitmen untuk melindungi ekosistem sumber airnya. Mereka melakukan pengawasan ketat terhadap wilayah sekitar sumber air dan memastikan tidak ada aktivitas manusia yang merusak lingkungan di sekitar sumber air. Hal ini bertujuan untuk menjaga keaslian air mineral dan memastikan bahwa kualitas air tidak tercemar.

Kedua, Aqua juga menjaga kealamian mineral pada air mineralnya. Hal ini berarti bahwa Aqua tidak menambahkan bahan kimia atau zat lain pada air mineral mereka, sehingga kualitas dan kandungan mineral dalam air tetap alami dan terjaga.

Terakhir, Aqua memproses air mineral secara saksama untuk menjaga keasliannya sampai ke tangan konsumen. Aqua menggunakan teknologi modern dan inovatif dalam memproses air mineral, sehingga kualitasnya tetap terjaga. Aqua juga melakukan pengujian rutin pada setiap tahap produksi untuk memastikan bahwa air mineral yang dihasilkan memenuhi standar kualitas yang tinggi.

Dengan mengklaim bahwa produk air mineralnya berasal dari sumber mata air yang terpilih dan memiliki Tiga Perlindungan, Aqua berhasil membangun citra produk yang berkualitas dan terpercaya di mata konsumen. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk Aqua dan mendorong mereka untuk memilih Aqua sebagai pilihan utama mereka dalam memenuhi kebutuhan air mineral sehari-hari.

3. Menawarkan Berbagai Ukuran Kemasan

Strategi pemasaran produk Aqua yang ketiga adalah “Menawarkan Berbagai Varian Kemasan”. Dalam strategi ini, Aqua mencoba untuk memberikan pilihan kemasan yang beragam bagi konsumennya.

Hal ini dilakukan karena Aqua menyadari bahwa setiap konsumen memiliki preferensi dan kebutuhan yang berbeda-beda dalam memilih kemasan air minum. Ada yang lebih suka kemasan botol kecil, sedang, atau besar, ada pula yang lebih suka kemasan galon.

Dengan menawarkan berbagai varian kemasan, Aqua dapat memenuhi kebutuhan dan preferensi konsumennya. Selain itu, dengan adanya variasi kemasan Aqua juga dapat menjangkau berbagai segmen pasar yang berbeda, seperti konsumen yang membeli air minum untuk keperluan pribadi, keluarga, atau usaha.

Selain itu, dengan menawarkan berbagai varian kemasan, Aqua juga dapat meningkatkan daya tarik produknya di mata konsumen. Konsumen akan merasa lebih tertarik untuk membeli produk Aqua karena memiliki pilihan kemasan yang beragam.

Guna membuat strategi ini semakin mutakhir, Aqua juga mengedepankan kemasan yang ramah lingkungan. Dimana Aqua menawarkan kemasan botol yang ramah lingkungan guna mendukung program ramah lingungan yang sedang banyak disuarakan oleh banyak orang saat ini.

Secara keseluruhan, strategi “Menawarkan Berbagai Varian Kemasan” merupakan salah satu strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan daya tarik produk dan memenuhi kebutuhan konsumen.

4. Harga yang Terjangkau

Strategi pemasaran produk Aqua yang keempat adalah “Penetapan harga yang terjangkau”.

Dalam strategi ini, Aqua memastikan bahwa produk mereka dapat dijangkau oleh banyak kalangan dengan menetapkan harga yang terjangkau. Harga yang terjangkau ini tidak hanya untuk produk Aqua dalam kemasan besar, tetapi juga untuk produk Aqua dalam kemasan kecil seperti botol 330 ml atau 600 ml.

Penetapan harga yang terjangkau ini memungkinkan Aqua untuk menjangkau pasar yang lebih luas, termasuk masyarakat dengan pendapatan rendah atau menengah yang mungkin memiliki keterbatasan dalam hal anggaran. Selain itu, Aqua juga dapat bersaing dengan merek air minum lainnya yang menawarkan harga yang sama atau bahkan lebih murah.

Namun, Aqua juga harus mempertimbangkan biaya produksi, distribusi, dan pemasaran saat menetapkan harga agar tetap menguntungkan secara finansial. Oleh karena itu, Aqua perlu melakukan perhitungan dan analisis yang matang untuk menetapkan harga yang tepat untuk produknya.

Dengan strategi penetapan harga yang terjangkau ini, Aqua dapat menarik pelanggan yang lebih banyak, memperluas pangsa pasar, dan meningkatkan daya saingnya di industri air minum.

5. Jangkauan Distribusi yang Luas

Strategi pemasaran produk Aqua yang kelima adalah “Jangkauan Distribusi yang Luas”. Aqua memastikan produk mereka tersedia dan didistribusikan ke berbagai wilayah di Indonesia dengan tujuan untuk mencapai target pasar yang lebih besar.

Untuk mencapai tujuan ini, Aqua telah membangun jaringan distribusi yang luas dan terintegrasi dengan baik di seluruh Indonesia. Aqua memasarkan produk mereka melalui berbagai saluran distribusi, termasuk toko-toko modern, mini market, warung, kios, dan pedagang kaki lima. Aqua juga bekerja sama dengan distributor besar dan kecil untuk memasarkan produk mereka ke berbagai daerah di Indonesia.

Selain itu, Aqua juga telah membangun pabrik produksi di berbagai daerah di Indonesia, termasuk di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera, dan Kalimantan. Hal ini memungkinkan Aqua untuk memastikan ketersediaan produk mereka di seluruh Indonesia.

Dengan jangkauan distribusi yang luas dan terintegrasi dengan baik, Aqua dapat memastikan produk mereka dapat diakses oleh semua konsumen di seluruh Indonesia. Ini juga membantu Aqua untuk memperluas pangsa pasar mereka dan meningkatkan penjualan produk mereka di seluruh Indonesia.

6. Menggunakan Social Media untuk Promosi

Strategi pemasaran produk Aqua yang keenam adalah “Menggunakan Social Media untuk Promosi”. Aqua telah mengakui kekuatan social media dalam mempromosikan produk dan meningkatkan kesadaran merek. Dengan menggunakan platform seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan YouTube, Aqua dapat mencapai audiens yang lebih luas dan mengirimkan pesan pemasaran mereka dengan lebih efektif. Berikut beberapa contoh cara Aqua menggunakan social media untuk mempromosikan produknya:

  1. Membuat konten yang menarik: Aqua membuat konten yang menarik dan relevan untuk pengikutnya di media sosial. Mereka sering memposting tentang manfaat air minum yang sehat dan segar, serta memberikan informasi tentang produk terbaru mereka.
  2. Menggunakan influencer: Aqua bekerja sama dengan influencer terkenal untuk mempromosikan produk mereka. Influencer dapat membantu meningkatkan kesadaran merek Aqua dan memberikan testimoni positif tentang produk mereka.
  3. Membuat kampanye promosi: Aqua sering mengadakan kampanye promosi di media sosial, seperti kontes atau hadiah. Kampanye semacam ini dapat membantu membangun kesadaran merek dan meningkatkan keterlibatan pengikut.
  4. Mengikuti tren: Aqua juga mengikuti tren di media sosial, seperti hashtag atau tantangan yang sedang populer. Hal ini dapat membantu mereka memperluas jangkauan dan menarik perhatian baru pada merek mereka.
  5. Menggunakan fitur iklan: Aqua juga menggunakan fitur iklan di platform media sosial untuk mempromosikan produk mereka. Fitur iklan ini memungkinkan mereka untuk menargetkan audiens tertentu dan memperluas jangkauan iklan mereka.

Dengan mengambil pendekatan yang terintegrasi dan menggunakan strategi pemasaran yang tepat di media sosial, Aqua dapat memperkuat merek mereka dan meningkatkan penjualan produk mereka.

7. Memanfaatkan Platform E-Commerce

Strategi pemasaran Aqua yang ketujuh adalah memanfaatkan platform e-commerce untuk mempermudah pelanggan mendapatkan produk mereka.

Dalam hal ini, Aqua menggunakan platform e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, dan Lazada sebagai sarana untuk memasarkan dan menjual produk mereka secara online. Dengan memanfaatkan platform e-commerce, Aqua dapat menjangkau pelanggan yang lebih luas dan mempermudah mereka untuk mendapatkan produk Aqua dengan mudah dan cepat.

Beberapa langkah yang dilakukan oleh Aqua untuk memanfaatkan platform e-commerce dalam strategi pemasaran mereka adalah sebagai berikut:

  1. Membuka toko resmi Aqua di platform e-commerce: Aqua membuka toko resmi di platform e-commerce terkemuka seperti Tokopedia, Shopee, dan Lazada. Dalam toko online ini, Aqua menampilkan produk-produknya dengan lengkap dan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan.
  2. Menawarkan promo dan diskon: Aqua memberikan promo dan diskon khusus bagi pelanggan yang membeli produknya melalui platform e-commerce. Hal ini menjadi salah satu daya tarik yang membuat pelanggan lebih tertarik untuk membeli produk Aqua secara online.
  3. Memberikan pelayanan yang cepat dan mudah: Aqua memberikan pelayanan yang cepat dan mudah kepada pelanggan yang membeli produknya melalui platform e-commerce. Aqua melakukan pengiriman produk dengan cepat dan memberikan layanan pelanggan yang responsif dan ramah.
  4. Meningkatkan interaksi dengan pelanggan: Aqua berinteraksi dengan pelanggan secara aktif melalui platform e-commerce. Hal ini dilakukan dengan memberikan respon cepat terhadap pertanyaan dan masukan dari pelanggan, serta memberikan informasi terbaru tentang produk dan promo terbaru.

Dengan memanfaatkan platform e-commerce, Aqua dapat memudahkan pelanggan untuk mendapatkan produk mereka dan memperluas jangkauan pasar. Dengan strategi ini, Aqua juga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan meningkatkan penjualan secara keseluruhan.

8. Menciptakan Citra Merek yang Ramah Lingkungan

Strategi pemasaran Aqua yang kedelapan adalah “Menciptakan Citra Merek yang Ramah Lingkungan.” Strategi ini didasarkan pada upaya Aqua untuk memperkuat citra merek mereka sebagai perusahaan yang bertanggung jawab secara lingkungan.

Salah satu cara Aqua mencapai tujuan ini adalah dengan mempromosikan produk mereka sebagai air minum yang ramah lingkungan. Aqua menggunakan botol yang terbuat dari bahan ramah lingkungan dan juga melakukan kampanye untuk mengedukasi konsumen tentang pentingnya daur ulang dan menjaga lingkungan.

Selain itu, Aqua juga terlibat dalam beberapa inisiatif lingkungan yang bertujuan untuk mengurangi dampak negatif dari kegiatan bisnis mereka pada lingkungan. Misalnya, Aqua melakukan program penghijauan, memperbaiki infrastruktur air dan sanitasi, serta mengurangi emisi karbon.

Dengan strategi ini, Aqua berharap dapat memperkuat citra merek mereka sebagai perusahaan yang peduli pada lingkungan dan menginspirasi konsumen untuk memilih produk yang bertanggung jawab secara lingkungan. Hal ini juga dapat membantu Aqua membedakan diri dari pesaing dan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap merek mereka.

9. Kerjasama Dengan Brand Ternama

Strategi pemasaran Aqua yang kesembilan adalah “Kerjasama dengan Brand Ternama”. Aqua telah menjalin kerjasama dengan brand-brand ternama lainnya dalam rangka memperkuat citra merek dan meningkatkan daya tarik produk Aqua di mata konsumen.

Dalam kerjasama ini, Aqua bekerja sama dengan brand ternama lainnya dalam bentuk kemitraan, sponsorship, atau program kampanye bersama. Salah satu contohnya adalah kerjasama dengan Grab dalam program kampanye “Bijak Berplastik”.

Melalui kerjasama ini, Aqua dan Grab berkomitmen untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dengan mengganti botol plastik Aqua yang berukuran 330 ml dengan botol berbahan kaca yang dapat dipakai ulang. Konsumen dapat membawa botol kaca tersebut ke lokasi GrabFood Partner dan mendapatkan diskon untuk setiap pembelian Aqua.

Kerjasama dengan brand ternama lainnya seperti Grab membantu Aqua untuk menjangkau konsumen yang lebih luas dan meningkatkan kesadaran tentang program-program lingkungan yang dilakukan oleh Aqua. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap merek Aqua dan memperkuat posisinya sebagai merek yang peduli lingkungan.

10. Kerjasama Dengan Selebriti Ternama

Strategi pemasaran Aqua yang kesepuluh adalah “Kerjasama dengan Selebriti Ternama”. Aqua telah menjalin kerjasama dengan selebriti ternama dalam rangka memperkuat citra merek dan meningkatkan daya tarik produk Aqua di mata konsumen.

Dalam kerjasama ini, Aqua bekerja sama dengan selebriti ternama untuk mempromosikan produk Aqua melalui iklan televisi, iklan cetak, atau kampanye sosial media. Kerjasama ini bertujuan untuk menciptakan hubungan emosional antara konsumen dan merek Aqua dengan menggunakan pengaruh dan daya tarik selebriti.

Kerjasama Aqua dengan selebriti juga dapat membantu merek Aqua untuk menjangkau segmen pasar yang lebih luas dan menciptakan citra positif bagi merek. Sebagai contoh, Aqua pernah bekerja sama dengan selebriti seperti Raisa, Enzy Storia, dan Hesti Purwadinata dalam mempromosiksn produk mereka.

Melalui kerjasama dengan selebriti ternama, Aqua dapat meningkatkan kesadaran merek, memperkuat citra merek, dan meningkatkan loyalitas konsumen. Hal ini dapat membantu Aqua untuk mempertahankan posisinya sebagai merek air minum terkemuka di Indonesia. Namun, Aqua juga harus memastikan bahwa kerjasama dengan selebriti tidak merugikan merek jika terjadi kasus kontroversial atau permasalahan yang berkaitan dengan selebriti tersebut.

11. Menjadi Sponsor Berbagai Event Besar

Strategi pemasaran Aqua yang terakhir adalah “Menjadi Sponsor Berbagai Event Besar”. Aqua seringkali menjadi sponsor untuk berbagai acara dan event besar, seperti konser musik, festival, olahraga, dan kegiatan sosial.

Dalam sponsorship event ini, Aqua dapat memanfaatkan momentum event besar tersebut untuk mempromosikan produknya dan meningkatkan kesadaran merek Aqua di kalangan konsumen. Sebagai sponsor, Aqua dapat menempatkan logo merek dan produknya di berbagai media promosi dan tempat event tersebut, seperti spanduk, baliho, souvenir, atau merchandise.

Selain itu, sebagai sponsor, Aqua juga dapat memberikan dukungan finansial atau logistik kepada penyelenggara event dan kegiatan sosial. Dukungan ini dapat memperkuat citra merek Aqua sebagai perusahaan yang peduli dan berkontribusi dalam kegiatan sosial dan lingkungan.

Melalui sponsorship event besar, Aqua juga dapat membangun hubungan yang kuat dengan komunitas atau kelompok yang menjadi target pasar. Dalam jangka panjang, hal ini dapat meningkatkan loyalitas konsumen terhadap merek Aqua dan memperkuat posisinya di pasar.

Kesimpulan

Dari artikel ini, dapat disimpulkan bahwa Aqua memiliki berbagai strategi pemasaran yang sukses dalam mempromosikan produknya dan meningkatkan kesadaran merek di kalangan konsumen. Beberapa strategi tersebut antara lain adalah memanfaatkan media sosial, berkolaborasi dengan selebriti, mengadakan promosi dan kontes, serta kerjasama dengan brand ternama dan menjadi sponsor event besar.

Dengan strategi pemasaran yang kuat dan konsisten, Aqua telah berhasil memperkuat posisinya sebagai merek air mineral yang terkemuka di Indonesia. Aqua juga terus berinovasi dan menyesuaikan diri dengan kebutuhan pasar dan tren yang berkembang, sehingga mampu mempertahankan daya tarik dan keunggulannya di pasar.

Selain itu, melalui artikel ini juga Anda dapat melihat betapa Aqua sangat memperhatikan strategi marketing yang mereka gunakan. Hal itu karena, strategi marketing dapat dikatakan menjadi salah satu faktor penentu apakah suatu produk dari suatu brand dapat sukses di pasaran atau tidak.

Untuk itu, jika Anda memiliki sebuah bisnis tersendiri yang ingin Anda kembangkan, maka penting bagi Anda untuk mulai membuat strategi marketing yang paling sesuai untuk perusahaan atau bisnis Anda. Namun memang perlu diakui, membuat strategi marketing bukanlah perkara mudah, perlu skill dan juga pengalaman yang mumpuni ketika ingin membuat sebuah startegi marketing yang sesuai dan efektif untuk mengantarkan bisnis Anda mencapai kesuksesan.

Untuk itu, kami sarankan pada Anda untuk menggunakan jasa agency marketing Bithour Production dalam upaya membuat strategi marketing yang paling sesuai dan efektif untuk mempromosikan bisnis Anda.

Bithour Production adalah sebuah perusahaan pemasaran digital yang dapat membantu bisnis dalam mengembangkan strategi pemasaran yang efektif dan efisien. Bithour Production menawarkan berbagai layanan pemasaran, seperti pembuatan konten digital, social media marketing, dan optimasi mesin pencari (SEO), yang dapat membantu bisnis dalam meningkatkan visibilitas dan mencapai target pasar yang tepat.

Dengan menggunakan jasa agency marketing seperti Bithour Production, Anda dapat fokus pada pengembangan produk atau jasa yang Anda miliki, sementara untuk urusan strategi pemasaran tinggal percayakan saja pada kami. Hal ini dapat membantu bisnis Anda untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pemasaran, sehingga dapat mencapai hasil yang lebih baik dan berkelanjutan.

Untuk itu, jika Anda tertarik untuk menggunakan jasa kami, silahkan hubungi kami sekarang juga melalui link yang ada disini agar kami dapat segera membantu Anda untuk membuat strategi pemasaran paling efektif dalam mempromosikan bisnis, brand ataupun produk Anda.

What’s your Reaction?
+1
171
+1
186
+1
196
+1
169
+1
180
+1
138
+1
156
aqua brand aqua marketing brand aqua marketing aqua Marketing mix aqua pemasaran Aqua strategi marketing aqua strategi pemasaran air mineral strategi pemasaran aqua
By Adil

Saya seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi yang sedang mendalami bidang digital marketing, serta memiliki keahlian dalam menulis berbagai berbagai jenis konten di berbagai media sosial

Give us your Reaction!

book

Brands in 2024 (How to Ride the HottesT Trend)

Bikin campaign sampai burn out? Kelas ini jawaban buat lo! Speaker yang expert as BM dengan pengalaman 7 tahun di 3 idustri berbeda. Dapatkan diskon 50% yang akan kita kirim ke email lo (Free 3 pdf marketing hacks)