Tips Terbaru Tahun 2023 untuk Meningkatkan CTR Instagram Ads

Tips Terbaru Tahun 2023 untuk Meningkatkan CTR Instagram Ads

Jan-28-2023

Adil

Pada tahun 2023, Instagram masih menjadi salah satu platform media sosial yang paling populer dan digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Namun, dengan semakin banyaknya kompetisi di platform ini, meningkatkan tingkat klik (CTR) pada iklan Instagram menjadi semakin sulit. Hal itu membuat banyak perusahaan dan brand mengalami kesulitan untuk meningkatkan CTR pada iklan Instagram mereka.

Akan tetapi, sulitnya CTR Instagram Ads untuk meningkat bukan hanya disebabkan oleh faktor eksternal saja, seringkali faktor internal dari brand atau perusahaan itu sendiri. Salah satunya seperti strategi dan kreativitas yang kurang dalam menyajikan iklan di Instagram juga dapat menjadi salah satu penyebab CTR Intagram Ads mereka sulit meningkat.

Oleh karena itu, melalui artikel ini kami akan membantu Anda untuk meningkatkan CTR Instgaram Ads dengan memberikan beberapa tips terbaru di tahun 2023 yang dapat digunakan untuk meningkatkan CTR pada Instagram Ads. Ingin tahu apa saja tipsnya? Mari simak penjelasan lengkapnya pada artikel berikut ini.

Apa itu Instagram Ads

Instagram Ads adalah fitur iklan yang ditawarkan oleh Instagram yang memungkinkan suatu perusahaan atau brand dapat mempromosikan produk atau jasa mereka kepada audiens yang tersebar di seluruh dunia melalui social media Instagram.

Instagram Ads sendiri menyediakan berbagai jenis iklan seperti foto, video, carousel, dan story yang dapat ditargetkan kepada audiens yang spesifik berdasarkan demografi, lokasi, dan minat. Fitur ini memungkinkan perusahaan untuk mencapai audiens yang lebih luas dan meningkatkan brand awareness mereka.

Instagram Ads juga menyediakan fitur yang memungkinkan perusahaan untuk melacak performa iklan mereka, termasuk jumlah klik, tayangan, dan konversi, sehingga perusahaan dapat mengevaluasi efektivitas iklan mereka dan membuat perubahan yang diperlukan.

Apa itu CTR

CTR adalah salah satu metrik yang digunakan untuk mengukur efektifitas Instagram Ads. Secara pengertian, CTR atau Click-Through Rate adalah rasio dari jumlah klik yang diterima suatu iklan dibandingkan dengan jumlah tayangan iklan tersebut. Ini digunakan untuk mengukur efektivitas suatu iklan dalam menarik perhatian pengguna dan menyebabkan mereka untuk melakukan tindakan (klik pada iklan).

Dalam konteks Instagram Ads, CTR dapat digunakan untuk mengukur efektivitas iklan di platform tersebut. Sebuah iklan dengan CTR yang tinggi menunjukkan bahwa iklan tersebut menarik perhatian pengguna dan mendorong mereka untuk melakukan tindakan (klik pada iklan). Sebaliknya, iklan dengan CTR yang rendah menunjukkan bahwa iklan tersebut tidak efektif dalam menarik perhatian pengguna dan mendorong tindakan.

Contoh: Sebuah brand fashion mengeluarkan iklan di Instagram untuk promosi produk terbaru mereka. Iklan tersebut ditayangkan sebanyak 5.000 kali dan menerima 200 klik. CTR-nya adalah 4%. Ini menunjukkan bahwa iklan tersebut tidak efektif dalam menarik perhatian pengguna dan mendorong tindakan, sehingga brand tersebut harus mengevaluasi dan menyempurnakan strategi iklannya untuk meningkatkan CTR.

Tips Meningkatkan CTR Instagram Ads

Jika Anda merasa bahwa upaya untuk mempromosikan produk atau layanan dari brand Anda menggunakan Instagram Ads tidak memperoleh hasil CTR yang maksimal. Berikut ini kami telah merangkum beberapa tips terbaru di tahun 2023 yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan CTR Instagram Ads Anda.

1. Membuat Iklan yang Menarik

Tips pertama yang ada di daftar kami untuk meningkatkan CTR Instagram Ads adalah membuat iklan yang menarik yang dapat menonjolkan produk atau layanan Anda. Ini artinya, iklan yang Anda buat harus mampu menarik perhatian audiens dan memberikan informasi yang cukup untuk membuat mereka tertarik untuk mengeklik iklan tersebut.

Contohnya, jika Anda memiliki toko online yang menjual produk fashion, Anda dapat membuat iklan yang menampilkan produk-produk terbaru Anda dengan model yang mengenakannya dan dalam lingkungan yang sesuai dengan produk tersebut. Iklan ini akan menarik perhatian audiens yang tertarik dengan fashion dan memberikan informasi yang cukup tentang produk-produk terbaru Anda sehingga mereka tertarik untuk mengeklik iklan dan melihat produk-produk tersebut lebih detail.

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan caption yang menarik dan mengandung call to action seperti “Beli sekarang” atau “Dapatkan diskon spesial” untuk menambah daya tarik iklan Anda dan membuat audiens lebih tertarik untuk mengeklik iklan tersebut.

Akan tetapi, memang perlu diakui bahwa dalam membuat iklan yang menarik perlu skill dan juga wawasan akan produksi iklan yang luas. Namun, Anda tenang saja, jika Anda tidak memiliki skill dan pengetahuan yang cukup dalam proses pembuatan iklan, masih ada solusi dalam membuat iklan yang menarik agar dapat meningkatkan CTR Instagram Ads brand Anda.

Salah satu solusi terbaik yang dapat Anda gunakan adalah dengan menyewa jasa agency marketing yang sudah berpengalaman seperti Bithour Production. Bithour Production telah memiliki banyak pengalaman dalam hal produksi iklan dan telah membantu banyak brand dalam meningkatkan performa iklan milik mereka sehingga lebih efektif. Jika Anda tertarik menggunakan jasa kami, Anda dapat langsung menghubungi kami melalui website resmi kami bithourproduction.com.

2. Gunakan Video atau Gambar yang Berkualitas Tinggi

Kami menyarankan Anda untuk menggunakan video atau gambar berkualitas tinggi dalam iklan Instagram Anda. Hal Ini penting untuk Anda perhatikan karena gambar dan video yang berkualitas tinggi akan lebih menarik perhatian audiens dan lebih mungkin untuk mendapatkan klik.

Contohnya, jika Anda memiliki toko online yang menjual pakaian, Anda harus menggunakan gambar atau video yang menampilkan pakaian Anda dengan jelas dan dalam resolusi tinggi. Anda juga harus menunjukkan produk dari berbagai sudut dan menampilkan detail produk seperti ukuran, warna, dan material.

Selain itu, jika Anda menggunakan video, pastikan video yang Anda pakai terlihat profesional dan menampilkan produk Anda dari berbagai sudut. Anda juga dapat menambahkan musik atau efek suara yang menarik untuk meningkatkan kesan dari video tersebut.

3. Sesuaikan Iklan dengan Target Audiens

Tips berikutnya yang dapat Anda lakukan adalah menyesuaikan iklan dengan target audiens Anda. Tahap ini adalah proses dimana Anda akan menentukan siapa konsumen atau audiens yang Anda tuju untuk melihat iklan Anda (Target konsumen) serta menyesuaikan iklan tersebut agar sesuai dengan kebutuhan dan minat audiens tersebut. Hal Ini dapat dilakukan dengan menentukan kriteria seperti usia, lokasi, minat, dan informasi dasar lainnya mengenai audiens Anda.

Sebagai contoh, jika Anda menjual produk kecantikan, Anda mungkin ingin menargetkan iklan Anda kepada wanita di usia 25-35 yang tinggal di wilayah metropolitan dan memiliki minat dalam perawatan kulit. Dalam hal ini, Anda dapat menyesuaikan iklan Anda dengan menampilkan gambar wanita muda yang menggunakan produk Anda dan menyertakan teks yang menekankan manfaat produk untuk perawatan kulit.

Dalam membantu Anda untuk menyesuaikan iklan dengan audiens yang Anda tuju, Anda dapat menggunakan Instagram Insights untuk menentukan siapa yang mengikuti akun Anda dan menyesuaikan iklan Anda sesuai dengan demografi, minat, dan perilaku pengguna yang Anda inginkan untuk target.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan fitur “Custom Audience” yang tersedia pada Instagram Ads, dimana Anda dapat menargetkan iklan Anda kepada audiens yang sudah pernah melakukan interaksi dengan akun Instagram Anda atau website Anda, sehingga iklan Anda akan lebih efektif dalam menjangkau audiens yang sudah familiar dengan brand Anda.

4. Menggunakan Kata Kunci yang Tepat dalam Deskripsi Iklan

Menggunakan kata kunci yang tepat dalam deskripsi iklan Instagram adalah salah satu cara efektif untuk meningkatkan tingkat klik (CTR) iklan Anda. Kata kunci yang tepat dapat membantu iklan Anda muncul dalam hasil pencarian yang sesuai dengan target audiens Anda.

Contohnya, jika Anda menjual produk kosmetik, kata kunci yang tepat yang dapat Anda gunakan dalam deskripsi iklan Anda adalah “makeup”, “kosmetik”, “perawatan kulit”, “produk kecantikan”, dll. Ini akan membantu iklan Anda muncul dalam hasil pencarian untuk kata kunci tersebut, sehingga lebih mudah ditemukan oleh audiens yang tertarik dengan produk kosmetik.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan kata kunci yang lebih spesifik seperti “lipstick matte”, “bedak tabur”, “eyeliner waterproof” yang akan membantu iklan Anda muncul dalam hasil pencarian yang lebih spesifik dan sesuai dengan produk yang Anda jual.

Namun, Anda harus ingat bahwa Anda tidak boleh sembarangan menggunakan kata kunci dalam deskripsi iklan Instagram Anda. kata kunci yang sembarangan untuk digunakan dapat mengurangi efektivitas iklan yang Anda buat, hal itu malah akan membuat iklan Anda muncul dalam hasil pencarian yang tidak sesuai dengan target audiens Anda. Selain itu, jika Anda menyalahgunakan kata kunci, ini dapat dianggap sebagai praktik spamming oleh Instagram dan dapat menyebabkan dikeluarkannya iklan Anda dari platform.

Contohnya, jika Anda menjual produk fashion, Anda tidak boleh menambahkan kata kunci yang tidak berhubungan dengan produk yang Anda jual seperti “obat herbal” atau “teknologi” karena itu hanya akan menyebabkan iklan Anda muncul dalam hasil pencarian yang tidak sesuai dan tidak akan efektif dalam menjangkau target audiens Anda.

Jika Anda mengalami kesulitan untuk menemukan kata kunci yang tepat untuk iklan promosi brand Anda, Anda dapat menggunakan jasa agency marketing seperti Bithour Production. Bithour Production akan membantu Anda dalam menemukan kata kunci yang tepat dan mengoptimalkannya dalam deskripsi iklan Anda.

Selain itu, Bithour Production juga akan membantu Anda dalam mengelola iklan Instagram Anda secara keseluruhan dengan mengoptimalkan opsi targeting dan pengaturan yang tepat untuk meningkatkan CTR iklan Anda. Dengan menggunakan jasa Bithour Production, Anda dapat yakin bahwa iklan Instagram Anda akan menjangkau target audiens yang tepat dan dapat meningkatkan CTR iklan Anda.

5. Gunakan Call to Action dalam Iklan

Tips berikutnya yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan CTR Instagram Ads Anda adalah dengan menggunakan call to action dalam iklan Anda. Call to Action (CTA) sendiri adalah perintah atau ajakan yang digunakan dalam iklan untuk mengajak audiens untuk melakukan tindakan tertentu, seperti mengeklik link, mengunjungi situs web, atau mengambil tindakan pembelian.

Penggunaan CTA juga dapat diterapkan dalam berbagai bentuk, seperti tombol, teks, atau gambar sehingga hal tersebut dapat memudahkan Anda untuk memilih jenis CTA apa yang cocok untuk diterapkan dalam iklan Anda. Berikut ini kami juga memberikan beberapa contoh dari CTA yang dapat digunakan dalam iklan Instagram:

  • 1. “Beli sekarang” atau “Dapatkan sekarang” yang dapat digunakan untuk mengajak audiens untuk membeli produk.
  • 2. “Dapatkan tawaran khusus” atau “Dapatkan diskon” yang dapat digunakan untuk mengajak audiens untuk mengunjungi situs web dan mendapatkan tawaran khusus atau diskon.
  • 3. “Pelajari lebih lanjut” atau “Baca selengkapnya” yang dapat digunakan untuk mengajak audiens untuk mengunjungi situs web dan mempelajari lebih lanjut tentang produk atau layanan.

Contoh Penggunaan:

  • “Klik sekarang untuk mendapatkan diskon 30% di situs kami”
  • “Gabung sekarang, gratis selamanya”
  • “cobalah sekarang, tanpa risiko”

Dengan menggunakan CTA yang jelas dan efektif dalam iklan Instagram, Anda dapat meningkatkan tingkat konversi dan meningkatkan hasil dari iklan Anda dengan lebih efektif.

6. Gunakan fitur “Swipe Up” pada iklan Story Instagram

“Swipe Up” adalah fitur yang memungkinkan pengguna Instagram untuk mengklik iklan Story dan langsung dibawa ke halaman website atau landing page yang ditentukan. Fitur ini hanya tersedia untuk akun bisnis yang memiliki 10.000 atau lebih pengikut dan memiliki izin dari Instagram. Untuk menggunakan fitur “Swipe Up” dalam iklan Story Instagram, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Antara lain adalah sebagai berikut:

  • 1. Pertama, buat iklan Story Instagram melalui Facebook Ads Manager atau Power Editor.
  • 2. Kemudian, pastikan akun Instagram Anda memiliki 10.000 atau lebih pengikut dan memiliki izin untuk menggunakan fitur “Swipe Up”
  • 3. Setelah itu, pada saat membuat iklan, pastikan untuk memilih “Story” sebagai jenis iklan.
  • 4. Kemudian, tambahkan tautan yang ingin dituju pada iklan Story Anda.
  • 5. Publikasikan iklan dan pastikan untuk menggunakan “Swipe Up” pada iklan Story Anda untuk memudahkan pengguna untuk mengunjungi website atau landing page yang ditentukan.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki sebuah toko online yang menjual produk fashion, Anda dapat membuat iklan Story Instagram yang menampilkan produk terbaru Anda dan menambahkan tautan ke halaman produk di website Anda. Dengan fitur “Swipe Up”, pengguna dapat dengan mudah mengklik iklan Story Anda dan langsung dibawa ke halaman produk tersebut tanpa harus mengunjungi website Anda secara manual.

7. Buat Iklan yang Mempromosikan Diskon atau Tawaran Khusus

Membuat iklan dengan menawarkan potongan harga atau promosi khusus juga meruapakan salah satu tips untuk meningkatkan CTR Instagram Ads Anda. Selain itu, dengan melakukan ini, Anda juga bisa meningkatkan minat dan keinginan audiens untuk membeli produk atau layanan Anda.

Contohnya, jika Anda menjual produk fashion, Anda bisa membuat iklan yang menampilkan potongan harga spesial jika pelanggan membeli lebih dari satu item. Atau jika Anda menawarkan layanan jasa, Anda bisa membuat iklan yang menawarkan diskon untuk pelanggan baru atau paket jasa yang dihargai lebih murah.

Anda juga dapat menggunakan kode kupon atau tawaran diskon yang unik untuk iklan Instagram, Hal ini terbukti ampuh dalam membantu melacak efektivitas iklan tersebut dan menargetkan audiens yang lebih spesifik yang lebih mungkin untuk mengambil tawaran tersebut. Selain itu, menampilkan waktu yang terbatas untuk tawaran diskon atau kupon juga dapat memberikan tekanan pembelian yang cukup untuk membuat audiens lebih cepat bertindak.

8. Menggunakan Instagram Shopping

Instagram Shopping adalah fitur yang tergolong masih baru di Instagram dan belum banyak dimanfaatkan oleh banyak brand. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melihat informasi produk dalam iklan Instagram, seperti harga dan deskripsi, dan langsung melakukan pembelian dari aplikasi Instagram. Fitur ini hanya tersedia untuk akun bisnis yang telah diverifikasi dan memenuhi syarat tertentu.

Untuk menggunakan Instagram Shopping, Anda harus menghubungkan akun Instagram Anda dengan toko online atau platform e-commerce yang didukung. Kemudian, Anda dapat menandai produk dalam foto atau video iklan Anda dengan menambahkan tag produk. Pengguna yang melihat iklan dapat mengetuk tag produk untuk melihat informasi produk dan melakukan pembelian.

Contohnya, sebuah toko fashion online dapat membuat iklan foto dengan model yang mengenakan pakaian yang dijual di toko mereka. Mereka dapat menandai pakaian yang dikenakan model sebagai produk dalam iklan, sehingga pengguna dapat melihat harga dan deskripsi produk, dan langsung melakukan pembelian dari aplikasi Instagram.

9. Tampilakan Influencer atau Brand Ambasador dalam Iklan

Tips berikutnya dalam upaya meningkatkan CTR Instagram Ads adalah dengan menampilkan influencer atau brand ambassador dalam iklan Anda. Dengan menampilkan influencer atau brand ambassador dalam iklan Instagram dapat membantu meningkatkan CTR (click through rate) karena mereka memiliki followers yang setia dan diakui oleh audiens Anda. Mereka juga dapat membantu meningkatkan kepercayaan audiens terhadap produk atau layanan Anda.

Contoh: Jika Anda memiliki sebuah toko online yang menjual produk kecantikan, Anda dapat menampilkan seorang influencer kecantikan dalam iklan Instagram Anda. Influencer tersebut dapat menunjukkan produk Anda dengan cara yang alami dan memberikan review positif tentang produk tersebut, yang dapat membantu meningkatkan kepercayaan audiens Anda terhadap produk Anda dan meningkatkan kemungkinan mereka untuk mengklik iklan Anda.

Atau jika Anda sebuah perusahaan outdoor gear, Anda dapat menampilkan brand ambasador yang merupakan profesional dalam olahraga outdoor, seperti pendaki, pemburu atau pejalan kaki yang menunjukkan produk Anda dalam aktivitas yang relevan dan memberikan testimonial tentang produk Anda.

Secara keseluruhan, kami dapat mengatakan bahwa menampilkan influencer atau brand ambasador dalam iklan Instagram Anda meruapakan salah satu cara paling efektif yang dapat membantu meningkatkan CTR dan kepercayaan audiens Anda terhadap produk atau layanan Anda. Namun perlu diingat juga untuk memastikan bahwa influencer atau brand ambasador yang Anda pilih relevan dengan produk atau layanan Anda dan memiliki reputasi yang baik di kalangan audiens Anda.

10. Melakukan Uji Coba Beberapa Opsi Targeting dan Pengaturan dalam Iklan

Tips terakhir yang dapat kami berikan pada Anda dalam upaya untuk meningkatkan CTR Instagram Ads brand Anda adalah dengan melakukan uji coba beberapa opsi targeting dan pengaturan dalam iklan. Dengan melakukan uji coba beberapa opsi targeting dan pengaturan dalam iklan, hal itu dapat membantu Anda menemukan kombinasi yang paling efektif untuk meningkatkan CTR iklan Instagram Anda. Ini termasuk menguji opsi targeting demografis, lokasi, minat, dan perilaku yang berbeda untuk menentukan target audiens yang paling responsif terhadap iklan Anda.

Contohnya, jika Anda menjual produk kecantikan, Anda mungkin ingin menguji iklan yang ditujukan kepada wanita berusia 25-45 yang tertarik dengan kecantikan dan perawatan kulit. Dalam hal ini, Anda dapat menguji opsi targeting berdasarkan gender, usia, dan minat yang sesuai. Selain itu, Anda dapat menguji opsi pengaturan seperti posisi iklan (di feed atau di story), format iklan (gambar atau video), dan durasi iklan untuk menentukan yang paling efektif.

Juga, Anda dapat menguji beberapa kombinasi dari opsi targeting dan pengaturan untuk menentukan yang paling efektif. Misalnya, jika Anda menguji iklan yang ditujukan kepada wanita berusia 25-45 yang tertarik dengan kecantikan dan perawatan kulit, Anda dapat menguji versi iklan yang sama dengan posisi yang berbeda (feed atau story) dan format yang berbeda (gambar atau video). Setelah melakukan uji coba, Anda dapat mengevaluasi hasilnya dan menyimpan kombinasi yang paling efektif untuk digunakan dalam iklan-iklan selanjutnya.

Kesimpulan

Dalam upaya meningkatkan CTR di Instagram Ads, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan seperti membuat iklan yang menarik dan menonjolkan produk atau layanan Anda, menggunakan video atau gambar berkualitas tinggi, mengikuti keinginan target audiens Anda dan masih banyak lagi.

Saran kami sebaiknya rutin untuk melakukan evaluasi tujuan promosi dan target audiens Anda sebelum membuat iklan. Selain itu, kami juga menyarankan Anda untuk menyiapkan gambar dan video yang berkualitas tinggi agar dapat menarik perhatian audiens, serta pastikan untuk memberikan call to action yang jelas dan menarik.

Jika Anda merasa kesulitan untuk mengelola promosi Instagram Ads, Anda dapat menggunakan jasa agency marketing seperti Bithour Production. Bithour Production akan membantu Anda dalam mengelola iklan Instagram Anda dengan mengoptimalkan opsi targeting dan pengaturan yang tepat untuk meningkatkan CTR iklan Anda. Selain itu, Bithour Production juga akan membantu Anda dalam membuat iklan yang menarik dan menonjolkan produk atau layanan Anda sehingga akan lebih efektif dalam menjangkau target audiens Anda.

Jika Anda tertarik untuk bekerja sama dengan kami, Anda dapat menghubungi kami melalui website resmi kami bithourproduction.com atau jika Anda ingin berkonsultasi lebih jauh mengenai strategi promosi yang akan Anda lakukan, Anda dapat menghubungi kami langsung melalui link yang ada di sini.

Penutup

Itulah tadi tips terbaru tahun 2023 untuk meningkatkan CTR Instagram Ads. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam upaya meningkatkan CTR instagram Ads untuk brand Anda.

What’s your Reaction?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
2023 call to action iklan efektif iklan Instagram Instagram A/B testing Instagram ads Instagram carousel Instagram influencer marketing Instagram Insights Instagram marketing Instagram remarketing Instagram shopping Instagram story konversi iklan meningkatkan CTR strategi iklan targeting iklan tips Instagram
By Adil

Saya seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi yang sedang mendalami bidang digital marketing, serta memiliki keahlian dalam menulis berbagai berbagai jenis konten di berbagai media sosial

Give us your Reaction!

book

Brands in 2024 (How to Ride the HottesT Trend)

Bikin campaign sampai burn out? Kelas ini jawaban buat lo! Speaker yang expert as BM dengan pengalaman 7 tahun di 3 idustri berbeda. Dapatkan diskon 50% yang akan kita kirim ke email lo (Free 3 pdf marketing hacks)