Brand Harus Tahu! Strategi Viral Marketing yang Populer di Era Digital

Brand Harus Tahu! Strategi Viral Marketing yang Populer di Era Digital

Jun-18-2024

Adil

Viral marketing telah menjadi salah satu strategi paling efektif dalam dunia pemasaran digital saat ini. Dengan viral marketing, sebuah brand dapat mencapai audiens yang lebih luas dalam waktu yang relatif singkat. Untuk itu, penting bagi setiap brand mempertimbangkan untuk menggunakan strategi viral marketing ini. Namun, bagi Anda yang belum tahu soal viral marketing, berikut kami akan paparkan penjelasan mengenai apa itu viral marketing, manfaatnya, hingga strategi viral marketing yang dapat digunakan brand.

Digital Agency Marketing

Apa Itu Viral Marketing

Viral marketing adalah strategi pemasaran yang bertujuan untuk menyebarluaskan informasi mengenai sebuah produk atau layanan secara cepat dan luas melalui penggunaan media sosial, email, dan platform digital lainnya. Metode ini dinamakan “viral” karena menyebar layaknya virus, di mana konten yang menarik dan relevan dapat tersebar dari satu pengguna ke pengguna lainnya dengan cepat dan masif. Inti dari viral marketing adalah menciptakan konten yang mampu menarik perhatian banyak orang sehingga mereka terdorong untuk membagikannya kepada jaringan mereka.

Konten dalam viral marketing biasanya memiliki elemen yang kuat dalam memancing emosi audiens, seperti humor, kejutan, inspirasi, atau bahkan kontroversi. Dengan demikian, orang-orang akan merasa terdorong untuk berbagi konten tersebut, baik karena merasa terhibur, terinspirasi, atau ingin memicu diskusi. Konten yang bersifat visual, seperti video atau gambar menarik, juga cenderung lebih mudah menjadi viral karena lebih mudah dikonsumsi dan dibagikan oleh pengguna di berbagai platform digital.

Keberhasilan viral marketing sangat bergantung pada pemahaman yang mendalam tentang audiens target dan dinamika sosial di platform digital. Selain menciptakan konten yang menarik, brand juga harus memastikan konten tersebut mudah diakses dan dibagikan. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan brand awareness secara signifikan dalam waktu singkat, tetapi juga dapat memberikan efek jangka panjang dalam membangun loyalitas dan kepercayaan konsumen. Namun, karena sifatnya yang organik dan tak terduga, viral marketing juga memerlukan strategi yang fleksibel dan siap untuk beradaptasi dengan cepat terhadap respon dari audiens.

Manfaat Viral Marketing

Manfaat penerapan viral marketing sendiri ada banyak, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Peningkatan Brand Awareness

Peningkatan brand awareness adalah salah satu manfaat utama dari viral marketing, di mana sebuah brand dapat menjadi lebih dikenal oleh audiens yang lebih luas dalam waktu yang relatif singkat. Dalam dunia yang semakin didominasi oleh digital, kesadaran akan brand menjadi kunci untuk menarik perhatian konsumen dan membedakan diri dari kompetitor. Ketika konten viral menyebar luas di media sosial dan platform digital lainnya, nama dan logo brand akan sering terlihat oleh banyak orang, termasuk mereka yang sebelumnya mungkin belum pernah mendengar tentang brand tersebut.

Viral marketing memungkinkan konten untuk dilihat dan dibagikan oleh jutaan orang dalam waktu singkat, sering kali tanpa biaya pemasaran yang besar. Konten yang menarik dan relevan cenderung mendapatkan banyak perhatian dan interaksi, seperti likes, comments, dan shares. Setiap kali seseorang berinteraksi dengan konten viral, lingkaran sosial mereka juga berpotensi melihat konten tersebut. Hal ini menciptakan efek bola salju, di mana semakin banyak orang yang melihat dan membagikan konten, semakin luas pula jangkauan brand tersebut.

Selain meningkatkan visibilitas, peningkatan brand awareness melalui viral marketing juga membantu membangun asosiasi positif dengan brand. Konten yang lucu, menginspirasi, atau emosional cenderung meninggalkan kesan yang kuat pada audiens. Ketika konsumen mengaitkan brand dengan konten yang mereka sukai dan anggap menarik, mereka lebih mungkin untuk mengingat dan mempertimbangkan brand tersebut di masa depan. Dengan demikian, viral marketing tidak hanya meningkatkan kesadaran akan brand, tetapi juga membantu menciptakan hubungan emosional yang lebih dalam antara brand dan audiensnya.

2. Biaya Efektif

Biaya efektif adalah salah satu manfaat utama dari viral marketing yang menjadikannya pilihan populer bagi banyak brand. Dalam kampanye viral marketing, brand dapat mencapai audiens yang sangat luas dengan biaya yang relatif rendah dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional seperti iklan televisi atau cetak. Ini karena konten viral cenderung menyebar secara organik melalui berbagi di media sosial dan platform digital lainnya, tanpa memerlukan anggaran besar untuk pembelian media.

Pada dasarnya, ketika konten yang menarik dan relevan dibuat, audiens sendiri yang akan melakukan pekerjaan menyebarkan konten tersebut. Misalnya, sebuah video lucu atau inspiratif dapat dibagikan ribuan kali oleh pengguna media sosial tanpa memerlukan biaya tambahan dari pihak brand. Setiap kali seseorang membagikan konten tersebut, mereka secara tidak langsung membantu memperluas jangkauan brand, yang berarti bahwa investasi awal untuk pembuatan konten dapat menghasilkan return on investment (ROI) yang sangat tinggi.

Selain itu, viral marketing memungkinkan brand untuk memanfaatkan kekuatan pengaruh dari pengguna individu dan komunitas online. Dengan strategi yang tepat, brand bisa mendapatkan eksposur besar melalui testimoni, ulasan, atau dukungan dari konsumen biasa tanpa perlu membayar mahal untuk endorsement dari selebriti. Dengan cara ini, biaya pemasaran bisa ditekan seminimal mungkin sementara jangkauan dan dampaknya tetap maksimal.

3. Peningkatan Lalu Lintas Website

Peningkatan lalu lintas website adalah salah satu manfaat signifikan dari viral marketing yang dapat memberikan dampak langsung pada keberhasilan sebuah brand di dunia digital. Ketika konten viral menyebar luas, banyak pengguna internet yang tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang brand tersebut, sehingga mereka akan mengunjungi website brand untuk mendapatkan informasi tambahan. Hal ini secara otomatis meningkatkan jumlah pengunjung ke website, yang dapat memberikan peluang lebih besar untuk konversi dan penjualan.

Konten viral yang mengarahkan pengguna ke website dapat berupa video, artikel, gambar, atau posting media sosial yang menyertakan tautan langsung ke halaman web brand. Misalnya, sebuah video yang menarik di media sosial dengan deskripsi yang mengundang pengguna untuk “klik link di bio untuk informasi lebih lanjut” bisa sangat efektif dalam mengarahkan lalu lintas ke website. Dengan peningkatan lalu lintas ini, brand memiliki kesempatan untuk memperkenalkan produk atau layanan mereka kepada audiens yang lebih luas dan berpotensi mengubah pengunjung menjadi pelanggan setia.

Selain itu, peningkatan lalu lintas website yang disebabkan oleh kampanye viral marketing juga dapat memberikan manfaat jangka panjang. Semakin banyak pengunjung yang datang ke website, semakin tinggi peringkat website tersebut di mesin pencari seperti Google. Ini berarti bahwa website brand akan lebih mudah ditemukan oleh pengguna internet yang mencari produk atau layanan terkait, bahkan setelah kampanye viral berakhir.

4. Peningkatan Kepercayaan Konsumen

Peningkatan kepercayaan konsumen adalah salah satu manfaat utama dari viral marketing yang sangat berpengaruh terhadap reputasi dan keberhasilan jangka panjang sebuah brand. Ketika sebuah konten viral dibagikan oleh teman, keluarga, atau influencer yang dipercaya, kepercayaan konsumen terhadap brand tersebut cenderung meningkat. Rekomendasi dari orang yang dikenal dan dipercaya sering kali dianggap lebih kredibel daripada iklan tradisional, sehingga konten viral dapat membantu membangun kepercayaan yang lebih kuat.

Konten yang menjadi viral sering kali memiliki elemen emosional yang kuat, seperti cerita inspiratif, humor, atau nilai-nilai positif yang resonan dengan audiens. Ketika konsumen merasa terhubung secara emosional dengan konten tersebut, mereka cenderung mengaitkan perasaan positif tersebut dengan brand. Kepercayaan yang dibangun melalui pengalaman emosional ini lebih tahan lama dan dapat meningkatkan loyalitas konsumen. Dengan kata lain, viral marketing tidak hanya membantu menarik perhatian konsumen, tetapi juga membangun hubungan yang lebih mendalam dan bermakna.

Selain itu, viral marketing sering kali melibatkan user-generated content (UGC), di mana konsumen sendiri yang menciptakan dan membagikan konten terkait brand. Ketika konsumen melihat bahwa banyak orang lain, termasuk rekan sebaya mereka, terlibat dengan brand tersebut, mereka lebih cenderung merasa aman dan percaya untuk berinteraksi dengan brand. UGC memberikan bukti sosial yang kuat bahwa brand tersebut dapat dipercaya dan dihargai oleh komunitasnya.

5. Memperkuat Engagement

Memperkuat engagement adalah salah satu manfaat utama dari viral marketing yang dapat membantu brand membangun hubungan yang lebih erat dengan audiens mereka. Engagement, yang mencakup likes, comments, shares, dan berbagai bentuk interaksi lainnya, adalah indikator penting dari seberapa terhubung dan terlibatnya audiens dengan konten yang disajikan oleh brand. Ketika konten menjadi viral, interaksi ini cenderung meningkat secara signifikan karena lebih banyak orang yang terlibat dan bereaksi terhadap konten tersebut.

Konten viral sering kali dirancang untuk memancing respons dari audiens, baik itu melalui humor, konten yang menginspirasi, atau pertanyaan yang mengajak diskusi. Misalnya, video yang lucu atau emosional dapat mendorong audiens untuk meninggalkan komentar, berbagi pengalaman pribadi, atau bahkan membuat versi mereka sendiri dari konten tersebut. Interaksi semacam ini tidak hanya meningkatkan visibilitas konten di platform media sosial, tetapi juga memperkuat ikatan antara brand dan audiensnya. Ketika audiens merasa bahwa mereka berpartisipasi aktif dalam percakapan seputar brand, mereka lebih cenderung merasa terhubung dan loyal terhadap brand tersebut.

Selain itu, engagement yang tinggi melalui konten viral dapat memberikan brand wawasan yang berharga tentang preferensi dan perilaku audiens. Dengan menganalisis interaksi dan feedback dari audiens, brand dapat memahami apa yang paling resonan dan menarik bagi mereka, serta menyesuaikan strategi pemasaran di masa depan agar lebih efektif. Engagement yang kuat juga berarti bahwa brand dapat membangun komunitas yang aktif dan terlibat, yang pada gilirannya dapat menjadi advokat yang berpengaruh dan membantu mempromosikan brand lebih lanjut.

6. Pengaruh Sosial yang Kuat

Pengaruh sosial yang kuat adalah salah satu manfaat utama dari viral marketing yang dapat berdampak signifikan pada persepsi dan penerimaan brand di kalangan audiens. Ketika sebuah konten menjadi viral, ia tidak hanya dilihat oleh banyak orang, tetapi juga sering kali dibicarakan dan didiskusikan secara luas. Diskusi ini bisa terjadi di berbagai platform media sosial, forum online, atau bahkan dalam percakapan sehari-hari. Ketika banyak orang berbicara tentang brand atau konten tersebut, ia mendapatkan legitimasi dan pengaruh sosial yang besar.

Pengaruh sosial yang kuat berasal dari konsep “social proof” atau bukti sosial, di mana orang cenderung mengikuti tindakan atau opini mayoritas. Ketika pengguna media sosial melihat bahwa banyak orang lain membagikan, menyukai, atau mengomentari konten tertentu, mereka cenderung tertarik untuk melihat dan berinteraksi dengan konten tersebut. Hal ini meningkatkan kemungkinan mereka akan mengadopsi sikap atau perilaku yang sama. Viral marketing memanfaatkan mekanisme ini untuk memperkuat posisi brand dalam pikiran konsumen, membuat brand tersebut tampak lebih populer dan terpercaya.

Selain itu, pengaruh sosial yang kuat dari kampanye viral dapat membantu brand memengaruhi opini publik dan tren di industri mereka. Misalnya, jika sebuah brand berhasil membuat kampanye viral tentang inovasi produk baru atau kampanye sosial, hal itu dapat menetapkan tren baru yang diikuti oleh kompetitor dan konsumen. Dengan menjadi pemimpin tren dan memiliki pengaruh sosial yang signifikan, brand tidak hanya meningkatkan visibility, tetapi juga memperkuat reputasinya sebagai pionir dan inovator dalam industri.

Dengan manfaat-manfaat tersebut, tidak heran jika banyak brand berlomba-lomba untuk menciptakan konten yang viral. Namun, untuk mencapai hasil yang maksimal, brand perlu memiliki strategi viral marketing yang tepat.

Strategi Viral Marketing untuk Brand

Berikut ini adalah beberapa strategi viral marketing yang tepat untuk digunakan brand dalam mempromosikan bisnis atau produk mereka:

Digital Agency Marketing

1. Ciptakan Konten yang Menarik dan Emosional

Strategi pertama dalam viral marketing untuk brand adalah menciptakan konten yang menarik dan emosional. Konten yang menarik biasanya memiliki elemen yang dapat menangkap perhatian audiens dengan cepat, seperti visual yang menarik, cerita yang kuat, atau elemen kejutan yang tidak terduga. Konten semacam ini harus dirancang untuk memancing reaksi emosional dari audiens, baik itu tawa, rasa haru, atau inspirasi. Emosi adalah pendorong utama di balik keputusan audiens untuk membagikan konten, karena mereka ingin orang lain merasakan emosi yang sama.

Konten emosional bisa beragam bentuknya, mulai dari video inspiratif yang menceritakan kisah sukses atau transformasi, hingga meme lucu yang dapat membuat orang tertawa. Misalnya, kampanye video yang menunjukkan bagaimana suatu produk atau layanan telah membantu seseorang mengatasi tantangan hidup dapat menyentuh hati banyak orang dan mendorong mereka untuk membagikannya. Konten yang menyentuh emosi positif seperti kebahagiaan, kejutan, atau kekaguman cenderung memiliki daya tarik yang kuat dan lebih mudah menjadi viral.

Selain itu, penting untuk memastikan bahwa konten yang Anda buat relevan dengan brand dan audiens target. Konten yang sesuai dengan nilai-nilai dan kebutuhan audiens akan lebih mudah diterima dan dibagikan. Sebuah cerita atau pesan yang selaras dengan misi dan visi brand dapat memperkuat hubungan emosional antara brand dan audiens. Dengan demikian, menciptakan konten yang menarik dan emosional tidak hanya meningkatkan peluang untuk menjadi viral tetapi juga membantu membangun hubungan yang lebih kuat dan lebih bermakna dengan konsumen.

2. Manfaatkan Influencer

Strategi viral marketing yang kedua adalah memanfaatkan influencer untuk membantu memperluas jangkauan konten brand Anda. Influencer adalah individu yang memiliki pengikut yang besar dan terlibat di platform media sosial. Mereka sering kali memiliki pengaruh yang kuat dalam mempengaruhi pendapat dan perilaku pengikut mereka. Dengan bekerja sama dengan influencer yang relevan dengan industri atau niche Anda, brand dapat memanfaatkan basis pengikut mereka untuk meningkatkan eksposur konten.

Salah satu keunggulan bekerja sama dengan influencer adalah dapat menjangkau audiens yang mungkin sulit atau mahal untuk dijangkau melalui metode pemasaran tradisional. Influencer memiliki kepercayaan dan koneksi yang dibangun dengan pengikut mereka, sehingga merekomendasikan atau membagikan konten brand dapat memberikan dampak yang signifikan. Konten yang dipromosikan oleh influencer sering kali dianggap lebih otentik dan relevan oleh pengikut mereka, karena dipresentasikan oleh seseorang yang mereka percayai.

Selain meningkatkan eksposur, bekerja sama dengan influencer juga dapat membantu meningkatkan engagement. Pengikut influencer cenderung lebih aktif dan terlibat dalam konten yang mereka bagikan, seperti memberikan komentar, berbagi, atau mengklik tautan yang disertakan. Hal ini dapat memperluas jangkauan konten viral lebih jauh lagi, karena pengikut influencer juga memiliki potensi untuk membagikan konten tersebut kepada jaringan mereka sendiri.

Pemilihan influencer yang tepat adalah kunci kesuksesan strategi ini. Pastikan influencer memiliki nilai-nilai dan gaya yang sesuai dengan brand Anda, serta memiliki audiens yang relevan dengan target pasar Anda. Berkomunikasi dengan influencer untuk memastikan visi dan pesan konten Anda disampaikan dengan cara yang sesuai dan efektif.

3. Pilih Waktu yang Tepat

Strategi viral marketing yang ketiga adalah memilih waktu yang tepat untuk meluncurkan konten Anda. Waktu peluncuran yang strategis dapat memiliki dampak besar terhadap keberhasilan konten menjadi viral. Ketika Anda memahami kapan audiens target Anda paling aktif di media sosial, Anda dapat memaksimalkan visibilitas konten Anda dan meningkatkan kemungkinan konten tersebut mendapatkan perhatian yang besar.

Pemilihan waktu yang tepat juga melibatkan memanfaatkan momen-momen penting atau tren yang sedang viral di platform media sosial. Misalnya, mengikuti atau menanggapi tren atau peristiwa yang sedang ramai diperbincangkan dapat membantu konten Anda lebih mudah ditemukan oleh audiens yang sedang mencari informasi atau konten terkait. Hal ini dapat meningkatkan peluang konten Anda untuk menjadi viral karena konteksnya relevan dan menarik bagi audiens saat itu.

Selain mempertimbangkan waktu harian atau mingguan yang optimal, juga penting untuk mempertimbangkan waktu dalam hal musiman atau peristiwa khusus. Misalnya, mengaitkan konten dengan perayaan hari libur atau peristiwa budaya tertentu dapat membantu konten Anda lebih mudah diingat dan dibagikan oleh audiens. Mengetahui dan memanfaatkan momen-momen ini dapat memberikan dorongan tambahan untuk meningkatkan potensi viral konten Anda.

Dengan memilih waktu yang tepat untuk meluncurkan konten, Anda dapat meningkatkan peluang konten Anda untuk menyebar luas dan mencapai audiens yang lebih besar. Analisis dan pemahaman yang baik tentang perilaku audiens serta tren yang sedang berlangsung di media sosial akan membantu Anda merencanakan peluncuran konten yang efektif dan relevan.

Strategi Viral Marketing dari Bithour

Bithour Production adalah agency digital marketing yang telah berpengalaman dalam menciptakan kampanye viral yang sukses. Dengan tim kreatif yang berpengalaman, Bithour mampu menghasilkan konten yang tidak hanya menarik, tetapi juga relevan dengan audiens target. Kami menggunakan pendekatan berbasis data untuk memastikan setiap kampanye memiliki potensi viral yang tinggi.

Bithour juga memanfaatkan teknologi terkini dan analisis data untuk memantau dan mengukur efektivitas kampanye secara real-time. Dengan begitu kami dapat melakukan penyesuaian untuk memastikan kampanye brand berhasul maraih hasil yang optimal.

Jadi, jika Anda ingin meningkatkan brand awareness dan engagement, Bithour Production adalah partner yang tepat untuk strategi viral marketing Anda. Anda tertarik? Jangan ragu untuk hubungi kami sekarang juga di sini! Selain itu, Anda juga bisa temukan rahasia sukses strategi marketing dari brand ternama di Instagram FBTV. Klik untuk Mulai Cari Tahu!

Digital Agency Marketing
What’s your Reaction?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
jasa agency marketing jasa strategi viral marketing strategi viral marketing viral marketing
By Adil

Saya seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi yang sedang mendalami bidang digital marketing, serta memiliki keahlian dalam menulis berbagai berbagai jenis konten di berbagai media sosial

Give us your Reaction!

book

Brands in 2024 (How to Ride the HottesT Trend)

Bikin campaign sampai burn out? Kelas ini jawaban buat lo! Speaker yang expert as BM dengan pengalaman 7 tahun di 3 idustri berbeda. Dapatkan diskon 50% yang akan kita kirim ke email lo (Free 3 pdf marketing hacks)