Strategi Program Loyalitas Brand Gojek untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Hingga 100%!

Strategi Program Loyalitas Brand Gojek untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Hingga 100%!

Dec-28-2022

Adil

Gojek adalah salah satu brand transportasi ternama yang ada di Indonesia. Namun bagaimana Gojek dapat terus bertahan ditengah banyaknya kompetitor transportasi online yang bermunculan?

Pertanyaan tersebut dapat Anda temukan jawabannya pada artikel berikut ini. Dimana artikel ini akan memaparkan strategi program loyalitas brand Gojek untuk meningkatkan loyalitas pelanggannya. Jika Anda ingin tau pembahasan lengkapnya, mari simak artikel ini sampai habis!

Apa itu Program Loyalitas

Strategi Program Loyalitas Brand Gojek untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Hingga 100%!
Sumber: https://www.hashmicro.com

Seperti yang sudah sering kita bahas pada berbagai artikel mengenai loyalitas sebelumnya, bahwasanya program loyalitas adalah sebuah program yang masuk dalam strategi marketing perusahaan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan nya. Walaupun program loyalitas jarang diterapkan oleh perusahaan-perusahaan kecil namun bukan berarti program tersebut tidak layak untuk Anda gunakan.

Karena pada dasarnya program loyalitas memiliki banyak manfaat yang dapat mendukung perkembangan suatu bisnis. Hanya saja banyak yang belum mengetahui berbagai manfaat tersebut.

Manfaat Program Loyalitas

Program loyalitas umumnya hanya dikenal sebagai program untuk meningkatkan loyalitas pelanggan nya. Walaupun memang itu adalah fakta, karena pada dasarnya tujuan dari pengadaan program ini memang untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Akan tetapi banyak yang tidak tahu bahwa program loyalitas juga dapat memberikan manfaat lain bagi bisnis, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Penjualan

Strategi Program Loyalitas Brand Gojek untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Hingga 100%!

Manfaat Program loyalitas lainnya selain meningkatkan loyalitas adalah meningkatkan penjualan. Program loyalitas dikenal ampun untuk meningkatkan penjualan suatu produk atau layanan. Hal ini bisa terjadi karena berbagai faktor, salah satunya karena meningkatnya kepercayaan para pelanggan Anda.

Maksudnya seperti apa? Secara sederhana begini penjelasannya, jika Anda baru saja memperkenalkan produk atau layanan dari brand Anda maka akan banyak orang yang perlu berpikir kesekian kalinya untuk memutuskan menggunakan produk atau layanan Anda. Hal itu karena, mereka perlu berpikir apakah produk tersebut dan juga klaim manfaatnya dapat dipercaya atau tidak.

Sehingga kalaupun mereka memutuskan untuk membeli produk atau layanan Anda mereka baru masuk dalam tahap mencoba-coba saja, bukan membeli karena membutuhkan sekali barang tersebut. Oleh karena itu Anda dapat menawarkan beberapa promo menarik bagi pelanggan baru Anda tersebut agar ia mau menggunakan produk atau layanan Anda kembali hingga Anda dapat meyakinkan pelanggan tersebut bahwa produk Anda adalah solusi dari apa yang sedang ia cari.

Hal ini tentunya akan menambah kepercayaan dari pelanggan Anda, karena setelah sekian kali bertransaksi dengan bisnis Anda tidak menimbulkan masalah apapun. Oleh karena itulah penjualan dapat meningkat secara signifikan. Bahkan juga dikatakan bahwa sebuah bisnis yang sudah banyak dipercaya banyak orang maka akan membuat orang lain tidak segan membelanjakan uang mereka untuk produk atau layanan dari brand tersebut dengan jumlah yang besar.

2. Membangun Hubungan Baik dengan Pelanggan

Manfaat berikutnya dari program loyalitas adalah dapat membangun hubungan baik dengan pelanggan.

Melalui program loyalitas, Anda dapat memanjakan pelanggan Anda melalui program loyalitas yang menarik. Sehingga hal tersebut akan membuat bisnis atau brand Anda akan dikenal sebagai sebuah brand yang sangat loyal terhadap pelanggannya. Dan tentunya hal ini juga akan membuat hubungan baik antara brand Anda dengan pelanggan Anda tercipta.

Selain itu u=hubungan baik antara bisnis Anda dengan pelanggan Anda juga dapat mendorong mereka untuk terus bertransaksi dengan brand Anda yang nantinya akan membuat penjualan dari bisnis Anda meningkat.

3. Menjadikan Produk Berbeda dengan Kompetitor

Saya yakin ketika Anda ingin membuat bisnis suatu produk atau layanan, pasti kebanyakan produk atau layanan tersebut sudah pernah ada dipasaran saat ini. Oleh karena itu program loyalitas dapat dijadikan pembeda antara produk atau layanan yang Anda tawarkan kepada pelanggan Anda dibandingkan dengan produk atau layanan milik kompetitor.

Hal ini tentunya akan berpengaruh terhadap awarness dari brand Anda. dengan kata lain semakin menarik program loyalitas yang Anda buat maka akan semakin unik produk atau layanan yang Anda tawarkan di mata para pelanggan Anda. Sehingga secara tidak langsung Anda telah meningkatkan awareness dari produk atau layanan milik brand Anda.

Strategi Program Loyalitas Brand Gojek

Setelah mengetahui pengertian dan manfaat dari program loyalitas, kini kami akan melakukan bedah brand strategi marketing program loyalitas yang dilakukan oleh brand transportasi online Gojek.

Mengetahui pentingnya program loyalitas bagi perkembangan sebuah bisnis, Gojek akhirnya berupaya dalam membuat program loyalitas yang menarik untuk dapat membangun hubungan baik dengan pelanggan dan juga agar dapat menarik perhatian para pelanggan melalui program loyalitas bernama GoClub.

Apa itu GoClup

GoClub adalah sebuah program loyalitas yang dibuat oleh Gojek yang dapat di ikuiti oleh para pengguna layanan Gojek yang telah memenuhi beberapa ketentuan yang berlaku untuk mendapatkan XP agar bisa ditukarkan dengan berbagai hadiah (reward) yang menarik.

Melalui program loyalitas tersebut Gojek berupaya untuk menarik pelanggan lama yang sudah pernah menggunakan layanan dari Gojek untuk terus menggunakan layanan tersebut bahkan diharapkan dapat meningkatkan jumlah transaksi layanan yang mereka lakukan. Selain itu program loyalitas ini juga dapat membantu Gojek untuk menarik perhatian pelanggan baru yang belum pernah menggunakan layanan dari Gojek.

Namun satu hal yang pasti diperoleh dari program loyalitas GoClub ini ialah berhasil meningkatkan citra merek Gojek sebagai merek yang dikenal loyal kepada para pelanggannya. Dengan menawarkan banyak promo menarik melalui program GoClub, Gojek seakan-akan membangun citra positif yang terkesan sangat memperhatikan kebutuhan para pelanggannya.

Cara Menjadi Member GoCLub

Untuk Anda yang tertarik menjadi mmeber GoClub atau ingin mencoba program loyalitas yang satu ini, Anda perlu mendaftarkan diri menjadi member terlebih dahulu. Berikut ini beberapa langkah untuk menjadi member GoClub:

  • 1. Yang pertama perlu Anda lakukan adalah mengakses menu GoClub dari menu Layanan lainnya’ di beranda, halaman Promo’, atau halaman Profil yang ada pada aplikasi Gojek.
  • Note:
  • Jika Anda ingin mengakses berbagai layanan mengenai GoClub dan komunikasi mengenai GoClub, hal itu hanya bisa Anda lihat dan didapatkan oleh pengguna aplikasi Gojek versi 4.12 ke atas yang memenuhi ketentuan.
  • 2. Langkag berikutnya Anda akan melihat menu ‘Ikutan Gratis’ lalu klik menu tersebut
  • 3. Setelah mengikuti berbagai arahan yang diberikan maka Anda telah resmi menjadi member dari GoClub.

Dilihat dari langkah-langkah diatas, terlihat bahwa sangat mudah untuk menjadi member program loyalitas Gojek yaitu GoClub. Hal ini merupakan keunggulan tersendiri bagi program loyalitas tersebut, Kenapa? karena pada dasarnya semakin mudah para pelanggan ikut serta dalam program loyalitas maka ketertarikan mereka pun akan meningkat untuk ikut serta dalam program loyalitas tersebut.

Berbeda jika program loyalitas yang memiliki beberapa langkah atau persyaratan yang cukup sulit dilakukan oleh kebanyakan orang, seperti contohnya harus mendaftar menggunakan kartu kredit. Hal tersebut malah akan berujung pada hasil program loyalitas yang kurang maksimal.

Namun hal ini juga tergantung kepada target market atau pelanggan potensial yang suatu bisnis tuju. Jika pelanggan potensial mereka adalah para pebisnis mungkin hal tersebut tidak terlalu menjadi masalah, namun apabila pelanggan potensial yang dituju adalah mahasiswa atau para pelajar maka persyaratan tersebut akan sangat mempersulit pelanggan mereka untuk ikut serta dalam program loyalitas yang diadakan.

Kembali lagi pada pembahasan mengenai GoClub, setelah Anda mengetahui beberapa langkah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menjadi member GoClub. Kini saatnya bagi Anda untuk mulai perbanyak transaksi menggunakan layanan Gojek untuk mengumpulkan banyak XP agar dapat ditukar Kamu juga bisa mendapatkan hadiah kejutan yang disebut sebagai Harta Karun di sepanjang perjalanan GoClub-mu.

Penutup

itulah pembahasan singkat mengenai Strategi Program Loyalitas Brand Gojek untuk Meningkatkan Loyalitas Pelangganya. Jika Anda tertarik juga untuk menggunakan program loyalitas untuk mengembangkan bisnis Anda, Anda dapat menghubungi agency marketing terpercaya seperti Bithour Production.

Bithour Production sendiri merupakan agency marketing yang telah terbukti mampu membantu banyak brand dalam mengembangkan awareness hingga meningkatkan penjualan dari berbagai produk dari banyak yang telah bekerja sama dengan dirinya.

Jika Anda ingin tau lebih lanjut mengenai kami atau langsung ingin bekerja sama dengan kami, silahkan hubungi kami melalui website resmi kami bithourproduction.com atau Anda dapat klik di sini! Kami akan senang jika Anda segera menghubungi kami, karena kami sedang memiliki banyak penawaran menarik khusus untuk Anda!

What’s your Reaction?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
GoClub Gojek loyalitas loyalty program loyalitas strategi program loyalitas
By Adil

Saya seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi yang sedang mendalami bidang digital marketing, serta memiliki keahlian dalam menulis berbagai berbagai jenis konten di berbagai media sosial

Give us your Reaction!

book

Brands in 2024 (How to Ride the HottesT Trend)

Bikin campaign sampai burn out? Kelas ini jawaban buat lo! Speaker yang expert as BM dengan pengalaman 7 tahun di 3 idustri berbeda. Dapatkan diskon 50% yang akan kita kirim ke email lo (Free 3 pdf marketing hacks)