3 Strategi Pemasaran Rahasia Lenovo Dalam Hadapi Persaingan Sengit di Industri Laptop

3 Strategi Pemasaran Rahasia Lenovo Dalam Hadapi Persaingan Sengit di Industri Laptop

15 min to read

Sep-15-2023

Hani Subakti

Industri laptop adalah medan pertempuran yang sengit, di mana para pemain utama berjuang untuk merebut perhatian konsumen yang semakin cerdas. Dalam medan perang yang demikian, Lenovo, salah satu pemimpin global dalam industri ini, telah menggali rahasia strategi pemasaran yang kuat untuk mempertahankan dan memperluas pangsa pasarnya. Ingin tahu bagaimana Lenovo mampu meraih kesuksesan dalam persaingan sengit ini? Mari kita ungkap bersama tiga strategi pemasaran rahasia yang telah menjadi kunci keberhasilan mereka.

Sejarah Singkat Lenovo

Pada tahun 1984, sekelompok pionir, yang dipimpin oleh Liu Chuanzi, memulai perjalanan yang akan mengubah industri teknologi. Mereka mendirikan sebuah perusahaan yang awalnya dikenal sebagai Legend, dan sekarang kita kenal sebagai Lenovo. Ini adalah awal yang sangat sederhana, dengan modal yang sangat terbatas dan kantor yang terletak di ruang satpam kecil. Namun, apa yang dimulai sebagai mimpi kecil tumbuh menjadi kisah sukses besar yang telah mencapai tingkat global.

Legend, seperti yang dikenal pada awalnya, memulai bisnis komputer mereka dengan langkah yang hati-hati. Tapi dengan tekad dan kerja keras, mereka mulai mendapatkan pengakuan di seluruh negeri China. China sendiri mengalami pertumbuhan ekonomi yang pesat, dan Legend pun tumbuh bersamanya. Pada tahun 2001, ketika China bergabung dengan World Trade Organization (WTO), ini membuka pintu bagi perusahaan China untuk bersaing di pasar global.

Perubahan besar datang pada tahun 2004 ketika Liu Chuanzi mengambil langkah berani untuk mengganti nama perusahaan dari Legend menjadi Lenovo. Perubahan ini, meskipun tampak sepele, ternyata menjadi tonggak keberuntungan bagi perusahaan ini dan orang-orang di dalamnya. Lenovo terus tumbuh, dan pada tahun 2005, mereka meraih perhatian dunia dengan berhasil mengakuisisi IBM, salah satu perusahaan teknologi terkemuka di Amerika Serikat.

Kolaborasi dengan IBM membawa Lenovo ke level yang lebih tinggi. Mereka bersama-sama merilis ThinkPad series, yang kemudian mendapat respon positif dan meningkatkan penjualan mereka. Namun, seperti dalam banyak perjalanan bisnis, kesuksesan tersebut tidak datang tanpa tantangan.

Tahun 2009 adalah masa sulit bagi Lenovo. Persaingan dalam industri komputer semakin ketat, dan tren perangkat mobile yang sedang booming membuat penjualan laptop Lenovo mengalami penurunan. Namun, CEO Liu Chuanzi dan timnya tidak menyerah begitu saja. Mereka mengejar inovasi dengan gigih dan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas produk mereka.

Lenovo menyadari bahwa untuk bertahan dalam persaingan yang semakin sengit, mereka perlu mengembangkan portofolio produk mereka. Ini mendorong mereka untuk mengambil langkah berani dengan mengakuisisi Motorola Mobility pada awal tahun 2014. Motorola Mobility, yang sebelumnya dimiliki oleh Google, adalah pemain utama dalam industri telekomunikasi. Akuisisi ini adalah langkah besar kedua terbesar dalam sejarah Lenovo setelah akuisisi IBM sembilan tahun sebelumnya.

Akuisisi Motorola Mobility membantu Lenovo memasuki pasar perangkat mobile dengan kuat. Mereka mulai merilis beragam produk yang mencakup ponsel pintar, tablet, dan perangkat wearable. Ini adalah langkah strategis yang memungkinkan Lenovo untuk bersaing dengan para pemain utama di pasar perangkat mobile global.

Selain mengakuisisi Motorola Mobility, Lenovo terus fokus pada inovasi produk dan pengembangan teknologi. Mereka berinvestasi dalam riset dan pengembangan untuk menciptakan perangkat yang lebih canggih dan memenuhi kebutuhan pelanggan.

Kesuksesan Lenovo sebagai perusahaan teknologi global adalah hasil dari kombinasi kerja keras, visi yang kuat, dan kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan pasar yang dinamis. Dari awal yang sederhana hingga posisi terdepan di pasar teknologi saat ini, Lenovo adalah contoh nyata bahwa mimpi besar dapat menjadi kenyataan dengan tekad dan dedikasi.

Target Audiens Lenovo

Sebagai salah satu pemimpin dalam industri teknologi global, memiliki target audiens yang beragam. Mereka telah mengembangkan strategi pemasaran yang cerdas untuk menjangkau berbagai segmen konsumen dengan berbagai kebutuhan dan preferensi. Di bawah ini, kita akan menjelaskan berbagai segmen audiens yang menjadi fokus dalam strategi pemasaran mereka.

  1. Profesional dan Pengguna Bisnis: Salah satu segmen utama adalah profesional dan pengguna bisnis. Menyediakan serangkaian laptop, desktop, dan perangkat kerja lainnya yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan komputasi dalam dunia bisnis. Para profesional ini mencakup eksekutif, manajer, pekerja kantoran, dan banyak lagi. Mereka mencari keandalan, kecepatan, dan performa tinggi dalam perangkat mereka untuk menyelesaikan tugas-tugas sehari-hari mereka dengan efisien.
  2. Pengguna Kreatif:Segmen ini mencakup desainer grafis, animator, fotografer, dan para profesional kreatif lainnya. Menawarkan produk-produk dengan spesifikasi tinggi yang ideal untuk tugas-tugas berat seperti pengeditan video, rendering gambar, dan desain grafis. Mereka juga dapat menjangkau siswa di bidang seni dan desain yang mencari perangkat berkualitas untuk keperluan akademis mereka.
  3. Gamer: Gaming adalah industri yang berkembang pesat, dan tidak ingin ketinggalan. Mereka menargetkan para gamer dengan lini produk khusus, termasuk laptop gaming dan desktop. Para gamer mencari perangkat yang dapat memberikan performa tinggi, grafis yang memukau, dan pengalaman bermain yang mulus. Brand ini berusaha memenuhi semua kebutuhan ini untuk audiens ini.
  4. Pengguna Rumahan: Menawarkan berbagai produk yang cocok untuk pengguna rumahan. Dari laptop ringan hingga tablet, merancang perangkat yang sesuai untuk keluarga dan keperluan sehari-hari. Mereka mencakup berbagai anggota keluarga, mulai dari anak-anak yang memerlukan perangkat untuk belajar hingga orang tua yang ingin menjelajahi internet atau bekerja dari rumah.
  5. Pendidikan: Memiliki fokus yang kuat pada sektor pendidikan. Mereka menyediakan solusi teknologi untuk sekolah-sekolah, perguruan tinggi, dan lembaga pendidikan lainnya. Ini termasuk laptop dan tablet yang dirancang khusus untuk keperluan akademis. Pendidikan adalah pasar yang penting, terutama dengan perkembangan pendidikan jarak jauh.
  6. Kesehatan dan Layanan Kesehatan:Dalam era digital saat ini, teknologi juga memainkan peran penting dalam industri kesehatan. Menargetkan lembaga kesehatan, rumah sakit, dan penyedia layanan kesehatan dengan produk dan solusi teknologi untuk mendukung praktik medis, pencatatan pasien, dan analisis data kesehatan.
  7. Pemerintah dan Instansi Publik:Lenovo juga menghadirkan produk dan solusi untuk pemerintah dan instansi publik. Mereka mencakup berbagai kebutuhan, mulai dari komputer pribadi hingga infrastruktur jaringan dan keamanan data. Lenovo berusaha untuk memenuhi persyaratan yang ketat dalam sektor ini.
  8. Konsumen Global: Merek global yang mencoba menjangkau konsumen di seluruh dunia. Mereka memiliki berbagai produk yang dapat menarik pengguna di berbagai negara dan budaya. Strategi pemasaran mereka harus mencakup aspek-aspek internasional yang mempertimbangkan perbedaan budaya dan bahasa.

Dalam menjangkau berbagai segmen audiens ini mengandalkan berbagai strategi pemasaran, termasuk kampanye iklan yang disesuaikan dengan target pasar, kehadiran online yang kuat melalui situs web dan media sosial, serta kemitraan dengan pelaku industri terkait. Mereka juga berinvestasi dalam riset pasar untuk memahami kebutuhan dan preferensi audiens mereka dengan lebih baik. Dengan pendekatan yang sangat beragam ini, berhasil mengejar dan memenangkan hati berbagai segmen audiens di pasar global yang kompetitif dalam industri teknologi.

Keunggulan Lenovo

Lenovo adalah salah satu pemain utama dalam industri komputer dan teknologi global. Sebagai pemimpin yang telah lama berkecimpung dalam pasar ini, Lenovo memiliki sejumlah keunggulan yang membedakannya dari kompetitor sejenis. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan beberapa keunggulan utama yang menjadikan Lenovo sebagai merek yang berdiri di puncak industri teknologi.

  1. Inovasi Berkelanjutan: Salah satu keunggulan terbesarnya adalah kemampuannya untuk terus berinovasi. Perusahaan ini tidak pernah berhenti mencari cara untuk memperbaiki produk-produknya dan menghadirkan teknologi terbaru kepada pelanggan. Mereka menginvestasikan sejumlah besar sumber daya dalam riset dan pengembangan, yang memungkinkan mereka untuk merancang produk-produk yang inovatif dan berkinerja tinggi.Contohnya, Lenovo adalah pelopor dalam pengembangan laptop hibrida yang dapat berfungsi sebagai tablet dan laptop sekaligus. Produk seperti seri Yoga mereka telah mengubah cara kita memandang laptop, memberikan fleksibilitas yang belum pernah ada sebelumnya.
  2. Diversifikasi Portofolio Produk: Memiliki portofolio produk yang sangat beragam, mencakup laptop, desktop, server, workstation, tablet, smartphone, dan berbagai solusi perusahaan. Diversifikasi ini memungkinkan mereka untuk menjangkau berbagai segmen pasar dan memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan. Tidak hanya itu, Lenovo juga memiliki merek anak seperti Motorola untuk ponsel pintar, yang memperluas cakupan mereka dalam pasar perangkat mobile.Keberagaman ini memungkinkan untuk bersaing di berbagai sektor industri teknologi, dari bisnis hingga konsumen, dari pendidikan hingga perusahaan. Ini adalah salah satu aspek yang membedakannya dari banyak pesaingnya yang lebih terfokus.
  3. Kualitas Produk yang Konsisten:Salah satu hal yang menjadikan brand ini unggul adalah kualitas produk yang konsisten. Merek ini dikenal dengan ketahanan dan keandalan produk-produknya. Lenovo melakukan uji ketahanan yang ketat dan pengendalian kualitas untuk memastikan bahwa setiap perangkat yang mereka produksi memenuhi standar yang tinggi. Kualitas ini telah membuat dikenal di seluruh dunia sebagai merek yang dapat diandalkan. Kebijakan ini juga mengurangi jumlah perangkat yang mengalami kerusakan atau masalah teknis, yang pada gilirannya meningkatkan kepuasan pelanggan.
  4. Harga yang Kompetitif: Berhasil mencapai keseimbangan yang sempurna antara kualitas dan harga yang kompetitif. Mereka tidak hanya menyediakan produk-produk premium dengan harga yang bersaing, tetapi juga memiliki lini produk yang terjangkau bagi konsumen dengan anggaran terbatas.Fleksibilitas dalam penawaran harga ini memungkinkan Lenovo untuk menjangkau berbagai segmen pasar, dari konsumen yang mencari nilai terbaik hingga bisnis yang membutuhkan solusi teknologi tingkat atas.
  5. Keberlanjutan Lingkungan: Telah berkomitmen untuk mengurangi dampak lingkungan mereka. Mereka telah mengambil langkah-langkah menuju keberlanjutan, seperti mengurangi limbah elektronik dan menggunakan material yang ramah lingkungan dalam produk mereka.Langkah-langkah ini penting karena konservasi lingkungan semakin menjadi perhatian global. Dengan berfokus pada keberlanjutan dapat menarik pelanggan yang peduli tentang dampak lingkungan dari produk-produk yang mereka beli.
  6. Dukungan Pelanggan yang Kuat: Dikenal dengan layanan pelanggan yang kuat. Mereka memiliki pusat dukungan pelanggan yang tersedia 24/7, serta program garansi yang baik. Ini memberikan rasa aman kepada pelanggan yang tahu bahwa mereka akan mendapatkan dukungan yang mereka butuhkan jika menghadapi masalah dengan perangkat Lenovo mereka.
  7. Kemitraan Strategis: Telah membangun kemitraan strategis dengan berbagai perusahaan teknologi lainnya. Salah satu kemitraan paling terkenal adalah akuisisi Motorola Mobility dari Google. Ini memungkinkan Lenovo untuk memasuki pasar perangkat mobile dengan kuat.Selain itu, mereka memiliki kemitraan dengan perusahaan seperti Microsoft, Intel, dan banyak lagi. Kemitraan semacam ini memungkinkan mereka untuk menghadirkan solusi yang lebih baik kepada pelanggan mereka.

Kesimpulannyaa brand ini adalah pemimpin dalam industri teknologi dengan sejumlah keunggulan yang membedakannya dari kompetitor sejenis. Inovasi berkelanjutan, diversifikasi portofolio produk, kualitas produk yang konsisten, harga yang kompetitif, keberlanjutan lingkungan, dukungan pelanggan yang kuat, dan kemitraan strategis adalah beberapa faktor kunci yang telah menjadikan Lenovo sebagai merek yang dikenal dan diandalkan di seluruh dunia. Dalam dunia teknologi yang terus berubah membuatnya terus berupaya untuk tetap menjadi pemimpin dan memenuhi tuntutan pelanggan masa kini dan masa depan.

Strategi Yang Digunakan Oleh Lenovo

1. Customer Centrity Atau Berpihak Pada Konsumen

Lenovo, perusahaan teknologi global terkemuka, mengadopsi strategi utama bisnis yang dikenal sebagai “customer centrity” atau berfokus pada konsumen. Hal ini menjadi pembeda utama Lenovo dari pesaing-pesaingnya dalam industri teknologi. Peter Yeung, Executive Director – Consumer Business APAC Lenovo, dengan tegas menyatakan bahwa misi inti Lenovo adalah “menghadirkan Smarter Technology for All” dan berkomitmen untuk mendengarkan umpan balik pelanggan guna menciptakan inovasi dan layanan baru yang dapat memenuhi kebutuhan produktivitas harian pelanggan.

Dalam konteks pasar Indonesia, Yeung mencatat bahwa brand ini memiliki beragam produk, mulai dari kelas entry level, mainstream, hingga premium. Hal ini berarti pelanggan di Indonesia dapat dengan mudah memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran masing-masing. Pendekatan ini mencerminkan komitmen Lenovo untuk memberikan pilihan yang beragam kepada konsumen, sehingga mereka dapat memenuhi kebutuhan teknologi mereka dengan tepat.

Selain itu juga memberikan perhatian serius terhadap layanan purna jual. Perusahaan ini mengklaim memiliki mitra terpercaya yang siap mendukung layanan purna jual untuk pelanggan mereka. Salah satu layanan purna jual yang Lenovo tawarkan adalah Premium Care, yang dijanjikan akan memberikan garansi tanpa kerumitan.

Pendekatan “customer centrity” yang dipegang teguh oleh Lenovo adalah langkah yang bijak dalam menghadapi pasar yang kompetitif. Mari kita bahas lebih detail mengenai strategi ini.

  1. Misi Inti: “Smarter Technology for All” Mengambil langkah proaktif untuk memahami dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Misinya adalah memberikan teknologi yang lebih cerdas kepada semua orang. Ini menunjukkan kesadaran Lenovo tentang pentingnya teknologi dalam kehidupan sehari-hari pelanggan dan tekad mereka untuk menjadikan teknologi lebih mudah diakses oleh semua orang.
  2. Inovasi Berdasarkan Umpan Balik Pelanggan: Memahami bahwa inovasi yang sukses harus berasal dari pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan pelanggan. Oleh karena itu, mereka secara aktif mendengarkan umpan balik dari pelanggan mereka. Ini tidak hanya mencakup fitur dan spesifikasi produk, tetapi juga pengalaman pengguna secara keseluruhan.
  3. Portofolio Produk yang Beragam: Menawarkan produk dari berbagai segmen pasar, mulai dari entry level hingga premium. Hal ini memungkinkan pelanggan Indonesia untuk memilih laptop yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan mereka. Keberagaman dalam portofolio produk juga menunjukkan fleksibilitas Lenovo dalam merespons kebutuhan pelanggan yang beragam.
  4. Layanan Purna Jual yang Terpercaya: Lenovo telah menjalin kemitraan dengan penyedia layanan purna jual yang dapat diandalkan, menjamin bahwa pelanggan akan mendapatkan dukungan yang diperlukan jika menghadapi masalah dengan produk mereka. Layanan purna jual yang termasuk dalam penawaran Lenovo, seperti Premium Care, menambahkan nilai tambah bagi pelanggan dengan memberikan garansi tanpa kerumitan.
  5. Diferensiasi Dari Pes konkurrent: Melalui pendekatan ini, Lenovo berhasil membedakan diri dari pesaingnya. Mereka tidak hanya berfokus pada penjualan produk, tetapi juga pada pengalaman pelanggan secara keseluruhan. Ini menciptakan hubungan jangka panjang antara perusahaan dan pelanggan, yang merupakan aset berharga dalam bisnis.

Dalam mengambil langkah-langkah ini, Lenovo membuktikan bahwa mereka bukan hanya perusahaan teknologi yang berorientasi pada produk, tetapi juga perusahaan yang memiliki visi yang kuat tentang bagaimana teknologi dapat mengubah kehidupan pelanggan mereka menjadi lebih baik. Dengan strategi “customer centrity” ini, Lenovo tidak hanya berusaha memenangkan pasar, tetapi juga hati dan kepercayaan pelanggan.

2. Melakukan Inovasi Untuk Mengikuti Tren

Lenovo adalah salah satu perusahaan teknologi terkemuka di dunia yang telah berhasil mengukuhkan dirinya dalam pasar dengan mengadopsi strategi inovasi yang kuat. Strategi ini melibatkan dua aspek penting: pertama, fokus pada inovasi sebagai inti dari bisnis mereka, dan kedua, kemampuan untuk selalu mengikuti dan mengantisipasi tren kemajuan teknologi dengan meluncurkan berbagai perangkat terbaru yang sesuai dengan target pasarnya.

Inovasi Sebagai Fondasi Utama

Inovasi adalah pondasi utama dari strategi Lenovo. Perusahaan ini menyadari bahwa dalam dunia teknologi yang terus berkembang, keberhasilan jangka panjang bergantung pada kemampuan untuk selalu berinovasi. Inovasi tidak hanya dilihat sebagai aspek tambahan dalam bisnis mereka, tetapi sebagai elemen inti yang membentuk seluruh pandangan mereka tentang teknologi. Inovasi di Lenovo mencakup berbagai aspek, termasuk desain produk, fitur, efisiensi, dan pengalaman pengguna.

Inovasi Produk

Lenovo terkenal dengan beragam produk yang mereka tawarkan, termasuk laptop, desktop, tablet, smartphone, server, dan banyak lagi. Mereka berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan untuk menciptakan produk-produk yang unggul dalam hal teknologi. Ini termasuk pengembangan prosesor khusus untuk produk mereka, seperti seri ThinkPad yang telah menjadi pilihan utama di dunia bisnis.

Selain itu, Lenovo telah memimpin dalam kategori baru seperti perangkat hibrida, yang menggabungkan fitur laptop dan tablet dalam satu perangkat. Contohnya adalah lini produk Yoga yang inovatif, yang menampilkan desain yang fleksibel dan kemampuan layar sentuh yang canggih.

Inovasi Desain

Inovasi desain merupakan bagian integral dari produk Lenovo. Mereka telah menciptakan desain produk yang ikonik dan ergonomis. Laptop ThinkPad, misalnya, dikenal dengan keyboard kualitas tinggi dan TrackPoint merah yang mudah digunakan. Desain tersebut telah menjadi standar dalam industri dan menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan merek ThinkPad.

Lenovo juga mengambil inisiatif dalam inovasi keberlanjutan dengan mengembangkan produk yang lebih ramah lingkungan. Mereka berkomitmen untuk mengurangi dampak lingkungan dari produksi dan penggunaan perangkat mereka. Ini mencakup penggunaan bahan-bahan yang lebih ramah lingkungan, pengemasan yang dapat didaur ulang, dan upaya untuk mengurangi konsumsi energi pada perangkat mereka.

Selain menjadi pemimpin dalam inovasi, Lenovo juga memiliki kemampuan yang kuat dalam mengikuti dan mengantisipasi tren kemajuan teknologi. Mereka memahami bahwa teknologi terus berubah, dan untuk tetap relevan, mereka harus selalu berada di garis depan tren tersebut.

Lenovo secara rutin meluncurkan produk terbaru yang sesuai dengan perkembangan teknologi terkini. Mereka memiliki lini produk yang komprehensif, mulai dari perangkat yang cocok untuk penggunaan sehari-hari hingga produk kelas premium untuk pengguna yang lebih menuntut. Ini memungkinkan Lenovo untuk memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan mereka.

Menjalin kemitraan strategis dengan perusahaan-perusahaan teknologi terkemuka lainnya. Misalnya, mereka bekerja sama dengan Intel untuk mengintegrasikan prosesor terbaru ke dalam produk-produk mereka. Ini memungkinkan mereka untuk memanfaatkan teknologi terkini yang diperkenalkan oleh mitra mereka.

Tidak hanya mengikuti tren saat ini, tetapi juga berinvestasi dalam teknologi masa depan seperti kecerdasan buatan (AI), komputasi kuantum, dan teknologi 5G. Mereka memiliki pusat penelitian dan pengembangan yang fokus pada pengembangan solusi-solusi inovatif dalam bidang ini, sehingga mereka dapat tetap berada di depan dalam menghadapi perkembangan teknologi yang sedang datang.

Strategi Lenovo yang mencakup inovasi sebagai fondasi utama dan kemampuan untuk mengikuti dan mengantisipasi tren kemajuan teknologi adalah kunci keberhasilan mereka dalam industri teknologi yang kompetitif. Dengan fokus pada inovasi produk, desain, dan keberlanjutan, serta komitmen untuk meluncurkan produk terbaru yang sesuai dengan perkembangan teknologi terkini, Lenovo terus memenuhi kebutuhan pelanggan mereka dan memimpin dalam membentuk masa depan teknologi. Dengan pendekatan ini, Lenovo tidak hanya memenangkan pasar, tetapi juga menjaga posisinya sebagai pemimpin dalam industri teknologi global.

3. Mempertahankan Keberadaan Komunitas

Lenovo telah sukses mengintegrasikan strategi memelihara keberadaan komunitas pemakai sebagai salah satu elemen kunci dalam pendekatan bisnis mereka. Strategi ini membantu Lenovo tidak hanya untuk menjaga kepercayaan pelanggan, tetapi juga untuk meningkatkan inovasi, memperoleh masukan berharga, dan tetap relevan dalam pasar yang kompetitif. Dalam konteks ini, mari kita eksplorasi bagaimana Lenovo memelihara keberadaan komunitas pemakai dan bagaimana hal ini memengaruhi produk mereka, dengan fokus pada produk netbook tipis (“thin and light”).

Memelihara keberadaan komunitas pemakai adalah strategi yang cerdas dalam era teknologi saat ini. Komunitas ini terdiri dari individu yang memiliki pengalaman nyata dengan produk dan layanan Lenovo. Mereka adalah sumber informasi berharga yang dapat memberikan wawasan mendalam tentang apa yang berfungsi dengan baik dan apa yang perlu diperbaiki. Ada beberapa alasan mengapa strategi ini penting bagi Lenovo:

1. Mendapatkan Masukan Langsung dari Pengguna Aktual:

Komunitas pemakai Lenovo adalah sumber informasi langsung tentang bagaimana produk mereka digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Ini mencakup masukan tentang masalah yang mereka hadapi, solusi yang mereka temukan, dan fitur yang mereka hargai. Informasi ini sulit didapatkan melalui survei atau laporan konsumen, dan dapat membantu Lenovo dalam merancang produk yang lebih baik.

2. Meningkatkan Tingkat Kepuasan Pelanggan:

Dengan mendengarkan komunitas pemakai dan merespons kebutuhan dan kekhawatiran mereka, Lenovo dapat meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan. Ketika pelanggan merasa didengar dan melihat perbaikan berdasarkan masukan mereka, mereka lebih cenderung untuk tetap setia kepada merek dan merekomendasikan produk Lenovo kepada orang lain.

3. Meningkatkan Inovasi Produk:

Komunitas pemakai dapat menjadi sumber inovasi yang berharga. Mereka mungkin memiliki ide-ide tentang cara-cara baru untuk memperbaiki produk atau mengembangkan fitur-fitur baru yang dapat mengatasi kebutuhan mereka. Dengan berkolaborasi dengan komunitas pemakai, Lenovo dapat menghasilkan produk yang lebih inovatif dan relevan.

Studi Kasus: Produk Netbook Tipis “Thin and Light”

Contoh produk netbook tipis “thin and light” adalah ilustrasi yang baik tentang bagaimana Lenovo telah memanfaatkan keberadaan komunitas pemakai untuk kesuksesan produk mereka. Meskipun persaingan dalam kategori ini sangat ketat dan permintaannya menurun karena preferensi untuk tablet dan perangkat serupa, Lenovo berhasil mempertahankan kinerja positif produk ini.

1. Mendengarkan Masukan Komunitas Pemakai:

Lenovo aktif mendengarkan komunitas pemakai produk netbook tipis mereka. Pengguna memberikan umpan balik tentang kelebihan dan kekurangan produk, serta masalah yang mereka alami dalam penggunaan sehari-hari. Informasi ini membantu Lenovo untuk memahami apa yang penting bagi pengguna dan untuk mengidentifikasi area di mana produk mereka perlu ditingkatkan.

2. Merespons Masukan dengan Perbaikan Produk:

Salah satu keberhasilan Lenovo adalah kemampuannya untuk merespons masukan komunitas pemakai dengan melakukan perbaikan produk yang konkret. Mereka mungkin merilis pembaruan perangkat lunak, perbaikan perangkat keras, atau peningkatan desain berdasarkan saran dari komunitas pemakai. Hal ini membantu mempertahankan kinerja positif produk “thin and light.”

3. Memperkuat Loyalitas Pelanggan:

Dengan terus mendengarkan komunitas pemakai dan memperbaiki produk mereka, Lenovo telah berhasil mempertahankan loyalitas pelanggan di tengah persaingan yang ketat. Pelanggan merasa dihargai dan didengarkan, yang menciptakan hubungan yang kuat antara merek dan pengguna.

4. Menghadapi Tren Teknologi yang Berubah:

Dengan bantuan komunitas pemakai, Lenovo dapat mengantisipasi tren teknologi yang berubah. Mereka mungkin menerima saran tentang cara menghadapi perubahan tren, seperti meningkatkan konektivitas atau fleksibilitas produk mereka untuk menanggapi preferensi pengguna yang berkembang.

Strategi Lenovo untuk memelihara keberadaan komunitas pemakai adalah salah satu pilar keberhasilan bisnis mereka. Dengan mendengarkan masukan, merespons perubahan, dan memperkuat hubungan dengan komunitas pemakai, Lenovo telah berhasil menjaga kinerja positif produk mereka, bahkan dalam kategori yang kompetitif seperti netbook tipis “thin and light.” Strategi ini juga membantu Lenovo untuk tetap relevan dalam pasar yang terus berubah dan untuk terus berinovasi demi memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan mereka. Dengan pendekatan ini, Lenovo bukan hanya menjual produk, tetapi juga membangun hubungan jangka panjang dengan komunitas pemakai mereka.

4. Diversifikasi Portofolio Produk Lenovo

Salah satu strategi yang digunakan oleh Lenovo adalah “Diversifikasi Portofolio Produk.” Diversifikasi portofolio produk adalah pendekatan yang penting dalam strategi bisnis Lenovo, dan ini mencakup berbagai produk yang mencakup laptop, desktop, tablet, smartphone, server, dan berbagai perangkat lainnya. Strategi ini berfokus pada pengembangan dan penawaran produk yang beragam untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di berbagai segmen pasar.

Lenovo mengadopsi strategi diversifikasi portofolio produk untuk beberapa alasan kunci:

1. Memenuhi Kebutuhan Pelanggan yang Beragam: Lenovo memahami bahwa pasar teknologi memiliki beragam pelanggan dengan kebutuhan yang berbeda-beda. Dalam era di mana teknologi berperan penting dalam berbagai aspek kehidupan, seperti bisnis, pendidikan, hiburan, dan produktivitas, perusahaan ini berupaya untuk memenuhi kebutuhan beragam pelanggan dengan menawarkan berbagai produk. Dari laptop yang kuat untuk pekerjaan berat hingga tablet ringan untuk konsumsi media, Lenovo memiliki produk untuk setiap jenis pengguna.

2. Fleksibilitas dan Adopsi Teknologi Terbaru: Diversifikasi portofolio memungkinkan Lenovo untuk tetap fleksibel dalam mengadopsi teknologi terbaru. Mereka dapat mengintegrasikan inovasi dan perubahan pasar lebih cepat dengan merilis produk yang sesuai dengan perkembangan teknologi terbaru. Misalnya, Lenovo dapat merespons tren seperti laptop dengan layar sentuh atau perangkat 2-in-1 dengan cepat karena memiliki produk di berbagai segmen pasar.

3. Menghadapi Persaingan yang Kompleks: Pasar teknologi adalah arena yang sangat kompetitif dengan berbagai pesaing. Dengan memiliki portofolio produk yang beragam, Lenovo dapat bersaing dalam berbagai kategori produk dan menjangkau pelanggan yang berbeda-beda. Ini membantu mereka memitigasi risiko terkait dengan perubahan dalam tren pasar dan persaingan.

4. Meningkatkan Dampak Ekosistem: Dapat membangun ekosistem yang lebih kuat dengan beragam produk. Misalnya, laptop dapat dengan mudah terhubung dengan perangkat Lenovo lainnya seperti smartphone atau tablet, menciptakan pengalaman pengguna yang terintegrasi.

5. Membangun Brand Global: Diversifikasi portofolio memungkinkan Lenovo untuk membangun merek global yang dikenal di berbagai segmen pasar. Ini memungkinkan mereka untuk menjadi pemimpin dalam kategori produk tertentu, seperti ThinkPad dalam dunia bisnis atau Yoga dalam produk 2-in-1.

Manfaat Diversifikasi Portofolio Produk Lenovo

Strategi diversifikasi portofolio produk Lenovo memiliki beberapa manfaat yang signifikan:

1. Penjangkauan Pasar yang Luas: Mencapai berbagai pelanggan di seluruh dunia dengan produk-produk yang sesuai dengan berbagai kebutuhan. Dari pengusaha hingga konsumen rumahan, Lenovo memiliki sesuatu untuk semua orang.

2. Resiliensi Terhadap Perubahan Pasar: Diversifikasi portofolio membantu untuk lebih fleksibel dalam menghadapi perubahan dalam permintaan pasar. Mereka dapat mengalihkan fokus ke produk-produk yang sedang berkembang atau merilis produk baru yang merespons tren yang berkembang.

3. Membangun Loyalitas Pelanggan: Pelanggan yang puas dengan satu produk cenderung lebih cenderung memilih produk Lenovo dalam kategori lain. Ini memungkinkan perusahaan untuk membangun loyalitas pelanggan yang kuat.

4. Pemimpin dalam Inovasi: Dengan beragam produk dapat mengambil risiko dalam inovasi. Mereka dapat menguji konsep baru pada produk tertentu tanpa harus mengganggu inti bisnis mereka.

Strategi diversifikasi portofolio produk Lenovo adalah salah satu pilar keberhasilan bisnis mereka. Dengan memahami keberagaman pasar, Lenovo telah berhasil mengembangkan dan menawarkan berbagai produk yang memenuhi kebutuhan pelanggan dengan baik. Ini membantu mereka untuk tetap relevan dalam industri teknologi yang cepat berubah dan menjaga posisinya sebagai pemimpin global dalam berbagai kategori produk. Diversifikasi portofolio produk juga memungkinkan Lenovo untuk meningkatkan inovasi, memperluas jangkauan pasar, dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan.

Kesimpulan

Kalian bisa banget pake strategi atau belajar dari strategi yang digunakan oleh brand ini. Namun, buat kalian yang masih bingung dengan strategi marketing atau lainnya kamu juga bisa menggunakan jasa agency advertising profesional seperti Bithour Production.

Kami memiliki tim ahli yang siap membantu kamu dalam meningkatkan kinerja strategi pemasaran brand kamu dengan lebih efektif menggunakan strategi pemasaran terbaru. Selain itu, tim ahli kami juga dapat memberikan feedback atau masukan yang dapat kamu terapkan pada strategi marketing brand kamu. Untuk itu, jika kamu tertarik untuk menggunakan jasa kami, segera hubungi kami sekarang melalui link yang ada disini, atau kamu juga dapat mengunjungi website resmi di bithourproduction.com kami untuk dapat mengetahui lebih lanjut informasi mengenai layanan kami.

Sumber Gambar:

  1. Lenovo
What’s your Reaction?
+1
0
+1
1
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
Branding Lenovo MArketing Sejarah Lenovo Strategi Lenovo strategi marketing strategi pemasaran
By Hani Subakti

Give us your Reaction!

book

Brands in 2024 (How to Ride the HottesT Trend)

Bikin campaign sampai burn out? Kelas ini jawaban buat lo! Speaker yang expert as BM dengan pengalaman 7 tahun di 3 idustri berbeda. Dapatkan diskon 50% yang akan kita kirim ke email lo (Free 3 pdf marketing hacks)