5+ Perbedaan Loyalty dan Referral Program yang Wajib Marketer Tahu!

5+ Perbedaan Loyalty dan Referral Program yang Wajib Marketer Tahu!

Dec-1-2022

Adil

Loyalty dan Referral Program adalah salah satu dari dua program paling efektif untuk mendorong penjualan untuk bisnis Anda. Tapi banyak marketer yang bingung akan perbedaan Loyalty dan Referral Program.

Jika anda seorang marketer atau pebisnis yang sedang ingin mencari tau perbedaan antara loyalty program dan referral program tersebut, Mari simak artikel ini hingga selesai.

Pengertian Loyalty Program

5+ Perbedaan Loyalty dan Referral Program yang Wajib Marketer Tahu!
Sumber: pandagila.com/loyalty-program/

Loyalty Program atau Program loyalitas adalah strategi pemasaran yang membantu mempertahankan pelanggan dan meningkatkan penjualan. Program ini digunakan oleh banyak perusahaan dan organisasi untuk memberi penghargaan kepada pelanggan mereka atas kesetiaan mereka kepada perusahaan.

Program loyalitas sendiri hadir dalam berbagai bentuk, diantaranya adalah penawaran cash back, akumulasi poin dan miles, dan banyak lagi. tetapi dari berbagai bentuk program loyalitas, mereka masih memiliki satu kesamaan. Kesamaan tersebut adalah dapat menciptakan manfaat bagi perusahaan dan pelanggannya dengan mendorong bisnis yang berulang sambil memperkuat ikatan dengan klien yang sudah ada.

Pengertian Referral Program

5+ Perbedaan Loyalty dan Referral Program yang Wajib Marketer Tahu!
Sumber: www.freepik.com/free-photos-vectors/referral

Program referral atau biasa dikenal program referral adalah strategi pemasaran yang memberi penghargaan kepada konsumen berupa insentif khusus. seperti diskon dan poin untuk dibelanjakan pada pembelian di masa mendatang. Insentif tersebut diberikan pada pelanggan yang dapat merujuk teman, keluarga, dan kolega mereka ke suatu bisnis.

Program refferal ini, sebenarnya merupakan cara yang efektif untuk mengembangkan bisnis Anda dengan mendapatkan lebih banyak pelanggan dan membangun loyalitas merek. Namun Anda harus ingat, saat ingin menawarkan insentif, perhatikan jenis insentif yang ingin Anda berikan.

Misalnya, jika itu produk fisik maka mungkin Anda ingin menawarkan pengiriman gratis, atau jika itu produk digital maka mungkin Anda bisa menawarkan sesuatu yang lain, seperti diskon.

Cara Kerja Loyalty Program

Jika anda bertanya bagaimana cara kerja dari program loyalitas, kurang lebih Program loyalitas bekerja seperti beriut ini:

Setiap kali Anda membeli sesuatu dari toko, Anda akan mendapatkan poin untuk setiap dolar yang dibelanjakan (atau setiap pembelian). Ketika Anda telah mencapai poin yang cukup, Anda dapat menukarkannya dengan hadiah seperti uang kembali, diskon untuk pembelian di masa mendatang, dan manfaat lain yang diberikan oleh toko.

Anda mungkin juga mendengar jenis program ini disebut program “afinitas” karena biasanya ditujukan untuk kelompok yang cenderung saling mendukung berdasarkan minat atau pengalaman bersama (seperti kelompok alumni).

Cara Kerja Referral Program

Program referral adalah cara yang bagus untuk menemukan pelanggan baru yang mirip dengan pelanggan setia Anda yang sudah ada. Serta ini juga merupakan cara yang bagus untuk membangun komunitas merek Anda.

Program referral bekerja dengan memberi penghargaan kepada pelanggan dengan imbalan. Dimana imbalan tersebut dapat diterima jika mereka berhasil merujuk orang lain dan orang-orang itu menjadi pelanggan yang mendatangkan pendapatan bagi Anda, pemilik bisnis atau pemasar.

Imbalannya bisa berupa apa saja mulai dari diskon produk, diskon layanan, sampel produk gratis, kupon atau penawaran khusus atau bahkan barang dagangan gratis seperti kaos atau topi dll.

Perbedaan Loyalty dan Referral Program

Ada beberapa perbedaan antara program referral dan program royalti. Salah satu perbedaan di antara keduanya adalah tujuannya. Penjelasan lebih lengkap dari berbagai perbedaan antara royalty program dan referral program ialah sebagai berikut:

Perbedaan Niat

Program loyalitas dirancang untuk mempertahankan pelanggan. Program referral dirancang untuk memperoleh pelanggan baru.

Program referral dapat digunakan untuk meningkatkan basis pelanggan perusahaan dan belum tentu untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Oleh karena itu, program referral tidak harus memiliki fitur yang sama dengan program loyalitas seperti hadiah, poin, atau manfaat untuk mendaftar dan mengambil bagian di dalamnya.

Memang benar bahwa program loyalitas dan rujukan dapat digunakan untuk memperoleh pelanggan baru. Namun, program loyalitas tidak perlu mereferensikan orang agar dapat bekerja. Program loyalitas dapat bekerja dengan sendirinya dengan memberi penghargaan kepada pelanggan atas pembelian atau tindakan mereka dengan poin, hadiah, dan manfaat lainnya.

Perbedaan dalam Eksekusi

Meskipun program loyalitas dan rujukan dapat sama-sama mendorong pertumbuhan, keduanya melakukannya dengan eksekusi yang berbeda.

Program loyalitas memberi insentif kepada pelanggan untuk terus kembali lagi dengan menawarkan hadiah untuk riwayat pembelian mereka, tetapi program referral melakukan yang sebaliknya. Dimana Program referral ini memberi insentif kepada pelanggan untuk memperkenalkan teman dan keluarga yang mungkin tertarik dengan apa yang Anda tawarkan dengan imbalan hadiah.

Meskipun kedua program memiliki tujuan yang sama, cara mereka mencapai hasil tersebut cukup berbeda sehingga pemasar harus merencanakan setiap program mereka dengan hati-hati. Selain itu, Program loyalitas biasanya dilaksanakan oleh pihak ketiga, sedangkan program referral biasanya dilaksanakan oleh perusahaan itu sendiri.

Perbedaan dalam Biaya

Selain perbedaan eksekusi, kedua program tersebut memiliki perbedaan dari segi biaya yang dikeluarkan. Dimana program loyalitas memerlukan biaya yang lebih tinggi untuk melaksanakannya.

Hal itu karena mereka memerlukan penggunaan penyedia eksternal atau perantara untuk pengelolaan dan penukaran poin. Di sisi lain, program referral memiliki biaya yang lebih rendah untuk dikelola karena semuanya dilakukan secara internal dalam satu perusahaan.

Perbedaan dalam Jenis-Jenis Hadiah

Perbedaan dalam jenis hadiah yang diberikan dari kedua jenis program tersebut juga merupakan aspek lain yang perlu dipahami oleh marketer. Program loyalitas dan rujukan bisa sama atau berbeda berdasarkan apa yang mereka tawarkan kepada pelanggan mereka.

Berikut ini beberapa contoh hadiah yang dapat diberikan:

1. Cashback/Diskon: Pengguna akan menerima uang setelah melakukan pembelian, biasanya sebagai persentase dari pesanan mereka. Misalnya, jika mereka membeli barang dagangan senilai $ 100 di sebuah toko dan mendapatkan $ 5 kembali, mereka telah mendapatkan cashback 5% pada transaksi tertentu.

Jenis hadiah ini populer di situs e-commerce di mana Anda dapat membeli barang secara online dengan kartu kredit atau akun PayPal Anda. Hal ini juga digunakan oleh banyak bisnis tertentu yang menawarkan diskon ketika Anda membayar barang menggunakan kartu hadiah Anda saat checkout.

2. Produk atau Layanan Gratis: Jenis program loyalitas ini melibatkan penerimaan produk atau layanan gratis dari organisasi sebagai imbalan untuk terlibat dengan mereka secara sosial atau berbisnis dengan mereka (misalnya, mendaftarkan akun).

Contohnya adalah ketika Anda mendaftar Netflix. Anda mendapatkan akses ke semua acara TV mereka secara gratis sampai masa percobaan Anda berakhir dan kemudian membayar layanan setiap bulan jika Anda terus menggunakannya melewati 30 hari setelah pendaftaran.

3. Hadiah Eksperiensial: Jenis hadiah ini biasanya digunakan dalam program loyalitas. Dimana sebuah bisnis akan menawarkan pengalaman kepada penggunanya daripada barang berwujud seperti pakaian atau gadget. Mereka lebih memilih memberikan hadiah seperti kartu hadiah senilai $100 untuk biaya perjalanan sehingga mereka dapat mengambil cuti kerja saat bepergian ke luar negeri.

Jangka Waktu Pelaksanaan

Jangka waktu pelaksanaan dari kedua program tersebut juga berbeda. Dimana program loyalitas dilaksanakan secara berkelanjutan dan dapat dilakukan kapan saja. Hal itu karena program loyalitas dirancang untuk memberi insentif bagi pembelian berulang.

Sementara program referral hanya cenderung berfokus pada acara satu kali yang meningkatkan akuisisi pelanggan. Namun meskipun begitu, Program referral dapat dibuat untuk mempromosikan loyalitas berkelanjutan dari pelanggan yang sudah ada dan membantu menarik klien baru. Akan tetapi program ini juga bekerja dengan baik walaupun hanya acara satu kali yang mana dapat menghasilkan hasil langsung.

Perbedaan dalam Evaluasi dan Pengukuran Keberhasilan

Dalam hal mengukur keberhasilan, program referral diukur dengan jumlah rujukan. Program loyalitas diukur dengan jumlah pelanggan yang tetap bersama Anda ketika mereka merujuk orang lain kepada Anda.

Program referral lebih sulit diukur daripada program loyalitas karena tidak ada cara bagi pemasar untuk melacak berapa banyak rujukan yang dibuat pelanggan melalui program mereka dan berapa banyak pelanggan yang diperoleh dari rujukan tersebut. Namun, program loyalitas dapat dengan mudah diukur dengan melihat tingkat retensi pelanggan dan nilai seumur hidup pelanggan (CLV).

Manfaat Royalty Program

Beberapa manfaat yang dapat diperoleh ketika menggunakan royalty program ialah sebagai berikut:

  1. Memberi penghargaan kepada pelanggan setia
  2. Meningkatkan retensi pelanggan
  3. Meningkatkan nilai seumur hidup pelanggan
  4. Menciptakan rasa kebersamaan
  5. Membangun kesadaran merek
  6. Meningkatkan penjualan -meningkatkan pangsa pasar

Manfaat Referral Program

Sementara itu program referral juga merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan basis pelanggan Anda dan meningkatkan loyalitas merek. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

  • Program referral membantu mendorong penjualan dengan memanfaatkan jaringan sosial pelanggan Anda. Rujukan adalah cara yang efektif untuk menyebarkan pemasaran dari mulut ke mulut, yang dapat meningkatkan akuisisi pelanggan dan persepsi merek yang lebih kuat.
  • Program referral mendorong bisnis berulang dari pelanggan yang sudah ada. Hal ini sangat bermanfaat bagi merek yang menjual barang atau layanan tiket tinggi dengan siklus pembelian yang panjang (seperti mobil atau renovasi rumah). Ini membantu Anda mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan membangun nilai seumur hidup mereka (LTV).
  • Program referral mendorong pelanggan anda merujuk orang lain. Semakin banyak pelanggan yang Anda miliki, semakin besar kemungkinan mereka merujuk merek Anda. Hal ini terutama berlaku jika produk atau layanan Anda sangat bagus sehingga membuat orang ingin membagikannya dengan teman dan keluarga mereka. Ini dapat membantu Anda membangun pengikut media sosial dengan memberi insentif kepada pelanggan untuk memposting tentang merek Anda di Facebook dan Twitter.
  • Program referral juga dapat mengarahkan lalu lintas dari situs web lain (seperti blog atau situs berita). Misalnya, jika Anda menjalankan situs web kupon dan memiliki program referral, pelanggan Anda dapat membagikan kode diskon mereka dengan teman atau keluarga mereka. Hal ini akan mendorong lalu lintas dari situs web lain ke situs Anda dan meningkatkan konversi.

Anda dapat menggunakan data rujukan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Misalnya, jika banyak pelanggan yang mereferensikan merek Anda karena mereka menginginkan opsi pengiriman yang lebih cepat atau pengembalian gratis, maka mungkin ada baiknya menawarkan fasilitas ini kepada semua pelanggan.

Kesimpulan

Pelanggan senang menerima hadiah atas kesetiaan mereka, dan program referral dapat berfungsi sebagai perpanjangan dari program loyalitas Anda yang sudah ada.

Anda dapat menggunakan program referral untuk mendorong pelanggan Anda untuk merujuk teman dan keluarga mereka. Anda juga dapat menggunakan program referral untuk meningkatkan jumlah pelanggan baru yang berasal dari pemasaran dari mulut ke mulut. Ini akan membantu Anda memenuhi target audiens Anda dan meningkatkan bisnis Anda.

Sedangkan dengan program loyalitas yang terstruktur dengan baik, Anda juga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dengan memberi mereka poin atau cashback pada setiap pembelian yang mereka lakukan di toko Anda, yang mendorong mereka untuk terus berbelanja dengan Anda daripada pindah ke toko lain di mana mereka mungkin akan menghabiskan lebih banyak uang.

Namun Beberapa orang berpendapat bahwa lebih baik untuk tidak menjalankan kedua program ini secara bersamaan, Hal tersebut dinilai tidak efektif. Oleh karena itu cobalah tentukan program apa yang ingin Anda buat terlebih dahulu dengan menyesuaikan kebutuhan bisnis yang sedang Anda jalani saat ini.

Penutup

Sebagai kesimpulan, penting untuk diperhatikan perbedaan antara program loyalitas dan program referral. Setiap program memiliki tujuan, sasaran, dan hasil yang diharapkannya sendiri. Namun, kedua program ini bisa berhasil jika diimplementasikan dengan benar dan selaras dengan strategi perusahaan Anda.

Jika anda ingin tau saran marketing yang terbaik yang dapat Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis anda, anda dapat menghubungi kami disini. Dengan menghubungi kami, Anda juga dapat memperoleh buku panduan mengenai marketing secara Gratis!!!

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan jasa marketing kami yang sudah dipercaya oleh banyak brand dalam mengembangkan bisnis mereka. Untuk lebih tau tentang kami anda dapat mengunjungi blog resmi kami di bithourproduction.com

Sumber:

https://referralrock.com/blog/referral-vs-loyalty-programs

What’s your Reaction?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
loyalty program adalah manfaat loyalty program manfaat referral program referral program adalah Referral royalty Referral vs Loyalty
By Adil

Saya seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi yang sedang mendalami bidang digital marketing, serta memiliki keahlian dalam menulis berbagai berbagai jenis konten di berbagai media sosial

Give us your Reaction!

book

Brands in 2024 (How to Ride the HottesT Trend)

Bikin campaign sampai burn out? Kelas ini jawaban buat lo! Speaker yang expert as BM dengan pengalaman 7 tahun di 3 idustri berbeda. Dapatkan diskon 50% yang akan kita kirim ke email lo (Free 3 pdf marketing hacks)