Organic Ads vs Paid Ads, Inilah Terbaik

Organic Ads vs Paid Ads, Inilah Terbaik

Jun-15-2024

Adil

Pada era digital seperti sekarang, pemasaran melalui internet menjadi semakin kompleks dengan berbagai strategi yang tersedia. Dua strategi utama yang sering digunakan adalah Organic Ads dan Paid Ads. Namun, apa sebenarnya perbedaan antara keduanya dan mana yang terbaik untuk brand gunakan? Jika Anda ingin mengetahuinya lebih lanjut mari simak penjelasan mengenai organic ads vs paid ads berikut ini.

Digital Agency Marketing

Pengertian Organic Ads vs Paid Ads

Organic Ads dan Paid Ads merupakan dua konsep utama dalam strategi pemasaran digital yang memiliki perbedaan mendasar dalam cara implementasinya dan hasil yang dihasilkan. Organic Ads mengacu pada konten yang muncul secara alami di hasil pencarian mesin telusur atau media sosial, tanpa memerlukan biaya langsung untuk penempatannya. Konten ini sering kali diperoleh melalui optimasi SEO (Search Engine Optimization), yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat organik suatu halaman web.

Di sisi lain, Paid Ads adalah bentuk iklan yang ditempatkan dengan membayar, baik itu di platform pencarian seperti Google atau sosial media seperti Facebook dan Instagram. Biaya untuk Paid Ads bisa bervariasi tergantung pada jenis dan ukuran iklan serta target audiens yang dituju. Keuntungan utama dari Paid Ads adalah kontrol yang lebih besar terhadap penempatan iklan dan kemampuan untuk menargetkan secara spesifik audiens yang diinginkan.

Perbedaan mendasar antara keduanya terletak pada cara mereka muncul di depan audiens. Organic Ads muncul sebagai hasil pencarian alami berdasarkan relevansi konten dengan kata kunci yang dicari pengguna, sementara Paid Ads tampil di bagian atas atau samping halaman hasil pencarian atau feed media sosial dengan label iklan atau sponsor.

Manfaat Menggunakan Organic Ads dan Paid Ads

Ada beberapa manfaat yang dapat brand peroleh ketika menggunakan strategi marketing organic ads maupun paid ads. Beberapa manfaat tersebut antara lain:

Digital Agency Marketing

1. Meningkatkan Kepercayaan

Meningkatkan kepercayaan merupakan salah satu manfaat utama dari penggunaan baik Organic Ads maupun Paid Ads dalam strategi pemasaran digital. Pertama, Organic Ads dapat meningkatkan kepercayaan karena muncul secara alami di hasil pencarian atau media sosial, tanpa label iklan atau promosi yang mencolok. Konten organik yang muncul berdasarkan relevansi dan kualitasnya terhadap pencarian pengguna cenderung dianggap lebih otoritatif dan dapat dipercaya oleh audiens. Misalnya, ketika sebuah artikel muncul sebagai hasil pencarian organik di peringkat teratas, pengguna cenderung melihatnya sebagai sumber informasi yang lebih terpercaya dan kredibel.

Kedua, Paid Ads juga dapat berkontribusi dalam meningkatkan kepercayaan dengan cara yang berbeda. Meskipun tampil sebagai iklan berbayar, pengguna sering kali mempercayai iklan yang muncul di platform pencarian atau media sosial karena sering kali disesuaikan dengan minat dan preferensi mereka. Kontrol yang lebih besar terhadap penempatan iklan memungkinkan perusahaan untuk menargetkan audiens yang relevan, yang pada gilirannya dapat meningkatkan tingkat kepercayaan pengguna terhadap brand atau produk yang diiklankan.

Kombinasi antara Organic Ads dan Paid Ads sering kali dapat menciptakan efek sinergis yang lebih besar dalam meningkatkan kepercayaan. Misalnya, konten organik yang teroptimasi dengan baik dapat membantu membangun reputasi dan otoritas merek secara bertahap, sementara Paid Ads dapat digunakan untuk mempercepat eksposur dan mendapatkan pengakuan merek yang lebih luas di kalangan audiens target. Dengan memanfaatkan kedua strategi ini secara cerdas, perusahaan dapat membangun fondasi yang kuat dalam memperoleh kepercayaan konsumen dan mempertahankan hubungan jangka panjang yang berkelanjutan.

2. Mampu Mengukur ROI Secara Akurat

Mampu mengukur Return on Investment (ROI) secara akurat adalah salah satu manfaat kunci dari menggunakan baik Organic Ads maupun Paid Ads dalam strategi pemasaran digital. Pertama, Paid Ads memungkinkan perusahaan untuk mengukur ROI dengan lebih langsung dan terukur. Platform seperti Google Ads atau Facebook Ads menyediakan alat analisis yang detail, memungkinkan pengiklan untuk melacak setiap aspek kampanye mulai dari jumlah klik, konversi, hingga biaya per tindakan (Cost Per Action/CPA). Dengan informasi ini, perusahaan dapat mengevaluasi efektivitas kampanye mereka secara real-time dan melakukan penyesuaian strategis jika diperlukan untuk meningkatkan ROI.

Di sisi lain, meskipun tidak selangsung Paid Ads, Organic Ads juga dapat membantu dalam pengukuran ROI secara akurat dalam jangka panjang. Konten organik yang dioptimalkan dengan baik dapat memberikan hasil yang berkelanjutan dan meningkatkan lalu lintas organik ke situs web atau media sosial perusahaan. Melalui alat analisis seperti Google Analytics, perusahaan dapat melacak seberapa efektif konten organik dalam menarik pengunjung, memperoleh lead, atau meningkatkan tingkat konversi dari pengunjung menjadi pelanggan. Meskipun proses ini mungkin memerlukan lebih banyak waktu untuk dianalisis dibandingkan Paid Ads, hasilnya dapat memberikan gambaran yang komprehensif tentang efektivitas strategi pemasaran organik.

Kombinasi antara Paid Ads dan Organic Ads sering kali memberikan manfaat yang lebih besar dalam pengukuran ROI. Dengan memanfaatkan keduanya secara bersamaan, perusahaan dapat memperoleh gambaran yang lebih lengkap tentang bagaimana investasi pemasaran digital mereka menghasilkan hasil. Misalnya, penggunaan Paid Ads untuk meningkatkan kesadaran merek secara instan dapat diikuti dengan strategi organik untuk mempertahankan minat dan keterlibatan jangka panjang dari audiens yang sudah dikenal. Dengan demikian, kemampuan untuk mengukur ROI secara akurat dari kedua jenis iklan ini tidak hanya memberikan pengembalian investasi yang terukur, tetapi juga memungkinkan perusahaan untuk membuat keputusan strategis yang lebih cerdas dalam mengarahkan sumber daya pemasaran mereka ke arah yang paling menguntungkan.

3. Potensi Lalu Lintas Organik yang Berkelanjutan

Potensi lalu lintas organik yang berkelanjutan menjadi salah satu manfaat utama dari menggunakan Organic Ads dalam strategi pemasaran digital. Organic Ads, yang sering kali terhubung dengan praktik SEO (Search Engine Optimization), dirancang untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat konten secara alami di hasil pencarian mesin telusur seperti Google. Konten yang dioptimalkan dengan baik untuk SEO cenderung mendapatkan posisi yang lebih baik dalam hasil pencarian, baik itu untuk kata kunci spesifik atau topik yang relevan dengan bisnis atau produk perusahaan. Seiring waktu, hal ini dapat menghasilkan lalu lintas organik yang stabil dan berkelanjutan ke situs web perusahaan, tanpa memerlukan biaya tambahan untuk setiap klik atau tayangan.

Dalam konteks lalu lintas organik yang berkelanjutan, Organic Ads juga memungkinkan perusahaan untuk membangun basis pengunjung yang lebih stabil dan terpercaya. Karena konten organik biasanya memberikan informasi yang bermanfaat atau solusi atas masalah yang dicari pengguna, pengunjung yang datang melalui pencarian organik cenderung memiliki tingkat keterlibatan yang lebih tinggi. Mereka juga lebih cenderung untuk kembali lagi ke situs web perusahaan di masa mendatang, terutama jika konten yang disajikan terus memberikan nilai tambah atau solusi yang relevan.

Di sisi lain, meskipun Paid Ads dapat memberikan lonjakan lalu lintas yang instan dan terukur, lalu lintas ini sering kali bersifat sementara dan tergantung sepenuhnya pada anggaran yang dialokasikan. Dalam jangka panjang, perusahaan mungkin perlu terus menginvestasikan dana untuk menjaga tingkat lalu lintas yang konsisten. Dengan menggunakan kombinasi yang cerdas antara Organic Ads dan Paid Ads, perusahaan dapat mengoptimalkan strategi pemasaran mereka untuk memaksimalkan lalu lintas organik yang berkelanjutan sambil memanfaatkan Paid Ads untuk meningkatkan visibilitas instan dan hasil segera.

Secara keseluruhan, potensi lalu lintas organik yang berkelanjutan dari penggunaan Organic Ads tidak hanya mengurangi ketergantungan perusahaan pada anggaran iklan yang terus-menerus, tetapi juga membangun fondasi yang kuat untuk pertumbuhan jangka panjang. Dengan fokus pada konten yang relevan, SEO yang baik, dan pengoptimalan yang terus-menerus, perusahaan dapat memanfaatkan kekuatan algoritma mesin telusur untuk mempertahankan dan meningkatkan posisi mereka dalam hasil pencarian, menciptakan lalu lintas organik yang stabil dan bermanfaat bagi kesuksesan bisnis mereka.

4. Meningkatkan Reputasi Merek

Meningkatkan reputasi merek adalah manfaat penting yang dapat diperoleh dengan menggunakan baik Organic Ads maupun Paid Ads dalam strategi pemasaran digital. Pertama, Organic Ads memberikan kesempatan untuk membangun reputasi merek secara alami melalui konten yang berkualitas dan relevan. Dengan fokus pada optimasi SEO, konten organik yang baik dapat menarik pengunjung yang berminat dan memberikan nilai tambah kepada audiens. Ketika sebuah merek konsisten dalam menyediakan informasi yang bermanfaat, solusi, atau pengalaman yang memuaskan melalui konten organik, reputasi merek dapat secara bertahap meningkat dalam benak konsumen sebagai sumber yang terpercaya dan berkualitas.

Selain itu, Paid Ads juga berkontribusi dalam meningkatkan reputasi merek dengan cara yang lebih terukur dan langsung. Dengan menggunakan platform seperti Google Ads atau Facebook Ads, perusahaan dapat menargetkan audiens yang tepat dan menyajikan pesan yang konsisten dan positif tentang merek mereka. Iklan berbayar memungkinkan perusahaan untuk mengontrol pesan yang disampaikan kepada konsumen, sehingga memastikan bahwa nilai-nilai merek dan keunggulannya terjaga dengan baik. Misalnya, iklan yang dirancang dengan baik dapat menyoroti keunikan produk atau layanan perusahaan serta mencerminkan komitmen mereka terhadap kualitas dan kepuasan pelanggan.

Kombinasi strategis antara Organic Ads dan Paid Ads dapat memperkuat upaya untuk meningkatkan reputasi merek secara menyeluruh. Dengan menggunakan Organic Ads untuk membangun fondasi reputasi dan kredibilitas melalui konten yang terbukti dan berdaya ungkit SEO, sementara Paid Ads untuk mengamplifikasi pesan positif dan meningkatkan eksposur merek, perusahaan dapat menciptakan kesan yang positif dan tahan lama di benak konsumen. Penting untuk ditekankan bahwa menjaga reputasi merek yang baik membutuhkan komitmen jangka panjang dalam menyediakan nilai tambah kepada konsumen dan konsistensi dalam setiap interaksi dan komunikasi dengan mereka.

Jenis Organic Ads

Organic Ads dapat berasal dari berbagai sumber, termasuk:

1. Konten Artikel

Salah satu jenis Organic Ads yang paling umum dan efektif adalah konten artikel. Konten artikel dalam konteks pemasaran digital merujuk pada tulisan yang dibuat dengan tujuan memberikan informasi bermanfaat, memecahkan masalah, atau memberikan wawasan yang relevan kepada audiens target. Konten artikel sering kali dioptimalkan dengan menggunakan teknik SEO (Search Engine Optimization) agar dapat muncul di peringkat teratas hasil pencarian mesin telusur seperti Google. Dengan kata lain, konten artikel dirancang untuk menarik pengunjung organik yang mencari informasi terkait topik tertentu.

Manfaat utama dari menggunakan konten artikel sebagai Organic Ads adalah kemampuannya untuk membangun otoritas dan reputasi merek secara bertahap. Ketika sebuah perusahaan secara konsisten menghasilkan konten artikel yang informatif dan berkualitas, mereka dapat dianggap sebagai ahli dalam industri atau bidang tertentu oleh audiens mereka. Artikel-artikel ini tidak hanya membantu dalam menarik perhatian audiens potensial tetapi juga membangun hubungan jangka panjang dengan mereka, meningkatkan loyalitas dan kepercayaan terhadap merek.

Selain itu, konten artikel juga memiliki daya tahan yang baik dalam jangka panjang. Meskipun artikel mungkin memerlukan waktu untuk memperoleh peringkat yang baik di mesin telusur, mereka sering kali tetap relevan dan dapat menghasilkan lalu lintas organik yang stabil dalam jangka waktu yang lama. Konten yang dioptimalkan dengan baik juga cenderung di-share di media sosial atau di-link dari situs-situs lain, yang semakin meningkatkan visibilitas dan pengaruh merek di dunia digital.

2. SEO

SEO (Search Engine Optimization) merupakan strategi kunci dalam ranah pemasaran digital yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat suatu halaman web di hasil pencarian mesin telusur organik seperti Google. Dalam konteks Organic Ads, SEO berperan penting karena memungkinkan konten atau halaman web perusahaan untuk muncul di peringkat tinggi hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang relevan dengan bisnis atau produk mereka. SEO melibatkan berbagai teknik seperti optimasi kata kunci, peningkatan kualitas konten, pengoptimalan struktur situs, dan membangun tautan (backlink) dari situs-situs otoritatif lainnya.

Salah satu manfaat utama dari menggunakan SEO sebagai jenis Organic Ads adalah biaya jangka panjang yang lebih rendah dibandingkan dengan Paid Ads. Meskipun memerlukan investasi waktu dan upaya untuk melaksanakan strategi SEO yang efektif, hasilnya dapat berlanjut dalam jangka waktu yang lama tanpa biaya tambahan untuk setiap klik atau tayangan. Ini membuat SEO menjadi pilihan yang ekonomis dan berkelanjutan untuk perusahaan yang ingin membangun lalu lintas organik dan meningkatkan visibilitas mereka secara bertahap.

Selain itu, SEO juga memungkinkan perusahaan untuk menargetkan audiens yang spesifik dan relevan dengan lebih baik. Dengan memahami perilaku pencarian dan preferensi pengguna, perusahaan dapat mengoptimalkan konten mereka untuk kata kunci yang paling sering dicari oleh audiens target mereka. Hal ini tidak hanya meningkatkan kemungkinan konten mereka muncul di peringkat tinggi hasil pencarian, tetapi juga membantu menarik pengunjung yang lebih tertarik dan terkualifikasi ke situs web mereka. Dengan demikian, SEO bukan hanya tentang meningkatkan jumlah pengunjung tetapi juga memastikan bahwa pengunjung tersebut relevan dengan tujuan bisnis perusahaan.

Jenis Paid Ads

Paid Ads juga bervariasi dalam bentuknya, termasuk:

1. Google Ads

Google Ads adalah salah satu platform iklan berbayar yang paling populer dan efektif dalam pemasaran digital saat ini. Platform ini memungkinkan perusahaan untuk menayangkan iklan mereka di hasil pencarian Google, serta di jaringan Display Network Google yang luas yang mencakup ribuan situs web dan aplikasi. Salah satu keunggulan utama Google Ads adalah kemampuannya untuk menargetkan audiens berdasarkan kata kunci pencarian yang relevan, lokasi geografis, perilaku online, dan banyak lagi. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk menjangkau pengguna yang sedang mencari produk atau layanan yang mereka tawarkan, meningkatkan peluang konversi secara signifikan.

Keuntungan lain dari menggunakan Google Ads adalah fleksibilitas dan kontrol yang dimilikinya terhadap anggaran dan penempatan iklan. Perusahaan dapat menyesuaikan biaya per klik (Cost Per Click/CPC) atau biaya per tayangan (Cost Per Impression/CPI) sesuai dengan anggaran yang tersedia, serta menentukan jadwal dan lokasi penayangan iklan untuk mencapai hasil yang optimal. Selain itu, Google Ads juga menyediakan alat analisis yang kuat, seperti Google Analytics, untuk melacak kinerja kampanye secara detail dan mengukur Return on Investment (ROI) dengan akurat.

2. Social Media Paid Ads

Social Media Paid Ads adalah bentuk iklan berbayar yang ada di platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, dan platform lainnya. Jenis iklan ini memungkinkan perusahaan untuk menargetkan audiens berdasarkan demografi, minat, perilaku online, dan data pengguna lainnya yang terkait dengan profil mereka di media sosial. Salah satu keunggulan utama dari Social Media Paid Ads adalah kemampuannya untuk mencapai audiens yang sangat spesifik dan terukur, memastikan bahwa iklan disajikan kepada mereka yang paling mungkin tertarik dengan produk atau layanan yang ditawarkan.

Selain itu, Social Media Paid Ads juga menawarkan berbagai format iklan yang kreatif dan interaktif, seperti iklan gambar, video, karusel, dan iklan yang ditempatkan di feed atau di cerita (stories). Keberagaman format ini memungkinkan perusahaan untuk menyesuaikan pesan dan kreativitas iklan mereka sesuai dengan tujuan kampanye pemasaran mereka. Misalnya, iklan video dapat digunakan untuk menarik perhatian dan membangun keterlibatan yang lebih dalam dengan audiens, sedangkan iklan karusel dapat digunakan untuk memperkenalkan berbagai produk atau fitur yang berbeda.

Selain dari aspek targeting yang kuat dan format iklan yang beragam, Social Media Paid Ads juga menyediakan alat analisis yang mendalam untuk mengukur kinerja kampanye. Perusahaan dapat melacak metrik seperti jumlah klik, tayangan, tingkat keterlibatan, dan konversi untuk mengevaluasi efektivitas iklan mereka dan mengoptimalkan strategi pemasaran secara berkelanjutan. Dengan kombinasi keunggulan ini, Social Media Paid Ads menjadi salah satu pilihan yang populer dan efektif dalam strategi pemasaran digital modern, membantu perusahaan untuk mencapai tujuan mereka dalam meningkatkan kesadaran merek, pertumbuhan penjualan, dan interaksi dengan audiens secara langsung di platform media sosial.

3. Youtube Ads

YouTube Ads adalah bentuk iklan berbayar yang ditayangkan di platform video terbesar di dunia, YouTube. Jenis iklan ini memanfaatkan basis pengguna YouTube yang luas dan beragam untuk menjangkau audiens potensial dengan berbagai tujuan pemasaran, mulai dari meningkatkan kesadaran merek hingga mengarahkan lalu lintas ke situs web atau mendapatkan lebih banyak pelanggan untuk kanal YouTube. Salah satu keunggulan utama dari YouTube Ads adalah kemampuannya untuk menargetkan audiens berdasarkan demografi, minat, perilaku tontonan, dan kata kunci video yang relevan.

YouTube Ads menawarkan beberapa format iklan yang berbeda, termasuk iklan video yang diputar sebelum video utama (skippable atau non-skippable), iklan overlay yang muncul di tengah video, iklan display di samping video, dan iklan di halaman hasil pencarian YouTube. Keberagaman format ini memungkinkan perusahaan untuk memilih jenis iklan yang paling sesuai dengan tujuan kampanye pemasaran mereka dan mengoptimalkan pengalaman pengguna dalam mengeksplorasi konten di platform YouTube.

Selain dari targeting yang canggih dan format iklan yang beragam, YouTube Ads juga menyediakan alat analisis yang kuat untuk mengukur kinerja kampanye secara mendetail. Perusahaan dapat melacak metrik seperti jumlah tayangan, tingkat penyelesaian iklan (view-through rate), tingkat interaksi, dan konversi yang dihasilkan dari iklan mereka. Dengan informasi ini, perusahaan dapat mengevaluasi efektivitas kampanye mereka dan melakukan penyesuaian strategis untuk meningkatkan ROI dan mencapai tujuan pemasaran mereka dengan lebih efisien.

Penutup

Dengan memahami perbedaan dan kelebihan masing-masing, strategi pemasaran yang efektif seringkali memadukan Organic Ads dan Paid Ads untuk hasil yang optimal. Jika Anda mencari bantuan dalam merancang kampanye pemasaran digital yang sukses, tim ahli kami di Bithour Production siap membantu. Dengan pengalaman dalam mengoptimalkan kedua jenis iklan ini, kami dapat membantu meningkatkan visibilitas dan keberhasilan kampanye digital Anda.

Anda tertarik? Jangan ragu untuk hubungi kami sekarang juga di sini! Selain itu, Anda juga bisa temukan rahasia sukses strategi marketing dari brand ternama di Instagram FBTV. Klik untuk Mulai Cari Tahu!

Digital Agency Marketing
What’s your Reaction?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
organic ads organic ads vs paid ads organic dan paid ads organic vs paid Paid Ads
By Adil

Saya seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi yang sedang mendalami bidang digital marketing, serta memiliki keahlian dalam menulis berbagai berbagai jenis konten di berbagai media sosial

Give us your Reaction!

book

Brands in 2024 (How to Ride the HottesT Trend)

Bikin campaign sampai burn out? Kelas ini jawaban buat lo! Speaker yang expert as BM dengan pengalaman 7 tahun di 3 idustri berbeda. Dapatkan diskon 50% yang akan kita kirim ke email lo (Free 3 pdf marketing hacks)