Mengungkap 5 Strategi Watsons Hingga Raih Gelar “The Omni Marketing Campaign of The Year”

Mengungkap 5 Strategi Watsons Hingga Raih Gelar “The Omni Marketing Campaign of The Year”

Sep-17-2023

Hani Subakti

Dibalik kesuksesan mendapatkan gelar ‘The Omni Marketing Campaign of The Year’, Watsons telah menerapkan lima strategi cerdas yang mendorong mereka menjadi pemimpin dalam pemasaran serba ada. Ingin tahu lebih lanjut tentang rahasia mereka? Simak dengan seksama dalam artikel ini yang akan membuka pintu ke dunia pemasaran yang begitu menarik, dan mengungkap kisah keberhasilan yang luar biasa!

Sejarah Singkat Watsons

Watsons, yang berawal dari pendiriannya di Hong Kong pada tahun 1841, telah menjadi salah satu pemain utama dalam industri ritel produk kesehatan dan kecantikan di Asia. Di Indonesia, perwakilan resmi Watsons dikelola oleh PT. Duta Intidaya Tbk (DAYA), sebuah perusahaan yang didirikan pada tanggal 16 Juni 2005. Pada tahun 2006, mereka memasuki pasar Indonesia dengan membuka gerai pertama yang diberi nama “Watsons” melalui perjanjian lisensi eksklusif dengan A.S. Watson Group, perusahaan ritel kesehatan dan kecantikan terbesar di Asia dan Eropa.

Kantor pusat Watsons Indonesia terletak di EightyEight@Kasablanka Office Tower, Tower A, Lantai 37, Jl. Casablanca Kav. 88, Jakarta 12960 – Indonesia. Sejak awal berdirinya, Watsons Indonesia telah mengalami perjalanan yang sangat sukses dalam industri yang sangat kompetitif di Asia.

A.S. Watson Group, sebagai induk perusahaan dari Watsons, adalah salah satu kelompok bisnis terbesar yang berbasis di Hong Kong dan dikenal luas dengan merek Watsons, yang selama sepuluh tahun berturut-turut mendapatkan gelar “Brand Pharmacy Drugs Store No. 1” di seluruh Asia. Keberhasilan yang diperoleh oleh Watsons dan A.S. Watson Group tidak hanya terbatas pada wilayah Indonesia, melainkan telah merambah ke pasar-pasar di seluruh Asia dan Eropa.

Hingga tahun 2019, Watsons telah mengoperasikan sekitar 15.000 gerai ritel dan apotek di berbagai negara, termasuk China, Hongkong, Taiwan, Makau, Singapura, Thailand, Malaysia, Filipina, Korea, Indonesia, Turki, dan Ukraina. Keberhasilan ini menjadi bukti nyata tentang dominasi mereka dalam industri ritel produk kesehatan dan kecantikan, serta komitmen mereka dalam memperluas jangkauan global.

Watsons bukan hanya sekedar gerai ritel konvensional; mereka telah menerapkan berbagai strategi inovatif yang mengakar dalam model bisnis mereka. Salah satu ciri khas Watsons adalah konsep “one-stop solution center” yang menggambarkan kemampuan mereka untuk menyediakan beragam produk yang mencakup berbagai kebutuhan kesehatan dan kecantikan dalam satu tempat. Ini mencakup produk-produk K-Beauty, Japan Beauty, Celebrity Make Up, dan banyak lagi yang secara eksklusif tersedia di Watsons. Mereka selalu berada di garis depan dalam mengikuti tren terbaru dalam industri kecantikan dan kesehatan, memastikan bahwa pelanggan mereka selalu mendapatkan akses ke produk-produk terbaru dan paling dicari.

Selain itu, Watsons juga dikenal dengan komitmennya untuk memperkenalkan inovasi dalam layanan pelanggan mereka. Mereka secara rutin menerapkan sistem pilot project, yang merupakan wadah bagi seluruh gerai Watsons di Indonesia untuk mencoba inovasi baru dalam pelayanan pelanggan. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa pengalaman berbelanja di Watsons terus menjadi yang terbaik dalam kategori produk kesehatan dan kecantikan.

Untuk memahami sejarah kesuksesan Watsons di Indonesia, tidak bisa tidak kita harus merujuk kepada tokoh-tokoh penting di balik perusahaan ini. Salah satunya adalah Nidaaul Khasanah, yang bekerja sama dengan Kyutae Park, seorang eksekutif berkebangsaan Korea yang memiliki visi besar untuk pertumbuhan Watsons di Indonesia. Kyutae Park sendiri lahir pada tahun 1971 dan menyampaikan tekadnya untuk menjadikan Watsons sebagai retail market nomor satu di Asia, sebagaimana yang telah berhasil mereka raih di beberapa negara seperti China, Malaysia, Singapura, dan Thailand.

Untuk menunjukkan seberapa besar kesuksesan Watsons dalam ekspansi globalnya, pada tahun 2019, A.S. Watson Group merayakan pencapaian penting dengan membuka gerai ritel ke-15.000 mereka yang berlokasi di Central i-City, sebuah pusat perbelanjaan baru di Malaysia. Hal ini adalah bukti konkret tentang komitmen Watsons untuk terus memperluas jangkauan mereka dan menjadi pemimpin dalam industri kesehatan dan kecantikan global. Tidak hanya itu, dalam empat tahun berturut-turut, A.S. Watson Group terus membuka gerai Watsons baru dengan kecepatan yang luar biasa, yaitu rata-rata satu gerai setiap tujuh jam di 25 pasar Asia dan Eropa.

Watsons adalah bukti nyata bagaimana sebuah merek mampu tumbuh dan menjadi dominan di pasar yang kompetitif dengan berbagai strategi yang inovatif dan pelayanan pelanggan yang unggul. Kesuksesan mereka telah mengukuhkan posisi mereka sebagai salah satu pemimpin dalam industri ritel produk kesehatan dan kecantikan di seluruh dunia dan tetap menjadi pilihan utama bagi banyak pelanggan yang mencari produk-produk berkualitas dalam kategori kesehatan dan kecantikan.

Target Audiens Watsons

Dalam dunia bisnis, memahami target audiens adalah langkah yang sangat penting untuk merancang strategi pemasaran yang efektif. Salah satu merek yang telah berhasil dalam memahami dan melayani target audiensnya adalah Watsons, peritel produk kesehatan dan kecantikan terkemuka di Asia.

1. Pelanggan Berusia Muda yang Peduli tentang Kesehatan dan Kecantikan

Salah satu segmen utama target audiens adalah pelanggan yang berusia muda, terutama mereka yang berusia antara 18 hingga 35 tahun. Ini adalah kelompok yang aktif secara sosial, sering berinteraksi dengan berbagai platform media sosial, dan peduli tentang penampilan fisik dan kesehatan mereka. Watsons menawarkan berbagai produk kecantikan, perawatan kulit, dan suplemen kesehatan yang sangat sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka. Selain itu, Watsons juga terlibat dalam berbagai kampanye pemasaran yang bertujuan untuk memotivasi generasi muda ini untuk berinvestasi dalam perawatan diri mereka.

2. Orang yang Membutuhkan Produk Kesehatan dan Kecantikan Berkualitas

Watsons juga menyasar pelanggan yang mencari produk kesehatan dan kecantikan berkualitas. Ini termasuk pelanggan yang memiliki kebutuhan spesifik, seperti produk perawatan kulit yang mengatasi masalah kulit tertentu atau suplemen makanan yang mendukung kesehatan mereka. Produk-produk berkualitas dan beragam menjadikannya tujuan utama bagi mereka yang mengutamakan kualitas dalam perawatan pribadi mereka.

3. Individu yang Aktif Secara Sosial dan Digital

Sejalan dengan tren yang terus berkembang dalam perilaku konsumen juga menargetkan individu yang aktif secara sosial dan digital. Mereka yang terhubung dengan media sosial, sering mencari informasi online tentang produk kesehatan dan kecantikan, serta melakukan pembelian secara daring. Watsons telah merespons kebutuhan mereka dengan berpartisipasi aktif dalam platform media sosial dan dengan memiliki toko daring yang memudahkan pembelian produk.

4. Keluarga dan Individu yang Memiliki Kebutuhan Kesehatan Tertentu

Watsons juga melayani keluarga dan individu yang memiliki kebutuhan kesehatan tertentu. Ini bisa termasuk orang tua yang mencari produk perawatan lanjut usia, ibu-ibu yang membutuhkan produk bayi, atau individu yang menghadapi masalah kesehatan khusus. Brand ini memiliki beragam produk yang sesuai dengan berbagai kebutuhan kesehatan ini dan seringkali menyediakan layanan konsultasi yang membantu pelanggan menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

5. Pencari Kemudahan dan Kecepatan

Pelanggan yang mencari kemudahan dan kecepatan dalam berbelanja juga termasuk dalam target audiens Watsons. Mereka yang ingin mendapatkan produk kesehatan dan kecantikan dengan cepat tanpa perlu berkunjung ke toko fisik. Layanan pengiriman yang efisien dan sistem pembayaran yang mudah diakses memenuhi kebutuhan konsumen ini.

6. Penggemar Tren Kecantikan

Menarik perhatian penggemar tren kecantikan yang selalu mencari produk-produk terbaru dan inovatif. Mereka yang ingin selalu terdepan dalam mengikuti tren kecantikan terkini dan mencoba produk-produk dari merek terkenal di seluruh dunia. Watsons sering menyediakan produk-produk eksklusif dan mengadakan promosi untuk memenuhi hasrat penggemar kecantikan ini.

7. Kelompok yang Mencari Value for Money

Terakhir, tetapi tidak kalah penting, Watsons menargetkan kelompok konsumen yang mencari nilai terbaik. Mereka yang ingin mendapatkan produk berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau. Watsons telah mengembangkan reputasi sebagai tempat yang menyediakan berbagai produk dengan harga yang kompetitif.

Watsons adalah salah satu merek yang telah berhasil dalam memahami dan melayani berbagai segmen target audiens. Dari pelanggan muda yang peduli tentang kesehatan dan kecantikan hingga individu yang mencari produk berkualitas telah merespons kebutuhan beragam ini melalui produk dan layanan mereka. Dengan memahami siapa target audiens mereka terus berkembang dan menjadi salah satu pemimpin dalam industri produk kesehatan dan kecantikan di Asia dan Eropa. Peran mereka dalam memenuhi kebutuhan konsumen telah membantu mereka membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan mereka dan mempertahankan posisi mereka dalam pasar yang kompetitif.

Keunggulan Yang Dimiliki Watsons

Sebagai salah satu ritel produk kesehatan dan kecantikan terkemuka di Asia, telah berhasil menciptakan keunggulan yang membedakannya dari pesaingnya. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa aspek kunci yang menjadi keunggulan Watsons dan mengapa merek ini tetap menjadi pilihan utama bagi banyak pelanggan yang mencari produk-produk berkualitas dalam kategori kesehatan dan kecantikan.

1. Ragam Produk yang Luas dan Berkualitas Tinggi

Salah satu keunggulan utamanya adalah keragaman produk yang mereka tawarkan kepada pelanggan. Watsons menyediakan beragam produk yang mencakup kesehatan, kecantikan, perawatan kulit, rambut, perawatan tubuh, suplemen, produk bayi, dan banyak lagi. Dalam setiap kategori ini, mereka menyediakan produk-produk berkualitas tinggi dari merek-merek terkemuka di seluruh dunia. Hal ini memungkinkan pelanggan untuk menemukan semua yang mereka butuhkan dalam satu tempat, menciptakan pengalaman berbelanja yang nyaman dan efisien.

2. Produk Kecantikan dan Kesehatan yang Terkini

Watsons dikenal sebagai destinasi utama untuk tren terkini dalam industri kecantikan dan kesehatan. Mereka selalu menghadirkan produk-produk terbaru dan inovatif yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan yang ingin selalu tampil terdepan dalam hal kecantikan. Selain itu, mereka seringkali memiliki produk eksklusif yang tidak dapat ditemukan di tempat lain, menjadikannya tujuan bagi penggemar kecantikan yang mencari hal-hal baru untuk dicoba.

3. Layanan Konsultasi dan Informasi yang Membantu

Watsons bukan hanya sekedar toko, tetapi juga sumber informasi dan layanan konsultasi yang membantu pelanggan dalam memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Mereka memiliki staf yang terlatih dan berpengetahuan di berbagai toko mereka yang siap memberikan saran dan panduan kepada pelanggan. Ini termasuk konsultasi tentang produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit, pemilihan suplemen yang tepat, dan banyak lagi. Hal ini menciptakan pengalaman berbelanja yang lebih informatif dan personal.

4. Promosi dan Diskon Menarik

Watsons sering mengadakan promosi dan memberikan diskon yang menarik kepada pelanggan mereka. Ini termasuk penawaran beli satu gratis satu, diskon besar-besaran, dan banyak lagi. Mereka juga memiliki program loyalitas pelanggan yang memberikan keuntungan tambahan kepada pelanggan setia mereka. Promosi dan diskon ini membantu pelanggan menghemat uang dan merasa bahwa mereka mendapatkan nilai yang baik untuk produk-produk yang mereka beli.

5. Kecepatan dan Kemudahan Dalam Berbelanja

Dalam era digital yang berkembang pesat telah mengadopsi teknologi untuk memberikan pengalaman berbelanja yang lebih cepat dan lebih mudah kepada pelanggan mereka. Mereka memiliki toko daring yang memungkinkan pelanggan untuk berbelanja kapan saja dan di mana saja. Selain itu, mereka juga menawarkan layanan pengiriman yang efisien, yang memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan produk mereka dengan cepat tanpa harus datang ke toko fisik. Ini sangat memudahkan pelanggan yang memiliki jadwal sibuk atau yang tinggal jauh dari toko fisik Watsons.

6. Kesadaran Lingkungan dan Kesehatan

Watsons juga telah berkomitmen untuk mendukung kesadaran lingkungan dan kesehatan. Mereka menawarkan produk-produk yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, serta produk-produk kesehatan yang mendukung gaya hidup sehat. Mereka juga terlibat dalam berbagai kampanye yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan dan kecantikan.

7. Kemitraan dengan Merek-Merek Terkemuka

Watsons memiliki kemitraan yang kuat dengan merek-merek terkemuka di berbagai industri. Hal ini mencakup merek-merek terkenal dalam produk perawatan kulit, kosmetik, suplemen, dan banyak lagi. Kemitraan ini membantu Watsons dalam menyediakan produk-produk berkualitas tinggi yang dipercayai oleh pelanggan.

8. Keberadaan Global yang Kuat

Watsons adalah bagian dari A.S. Watson Group, yang memiliki keberadaan global yang kuat di berbagai pasar di Asia dan Eropa. Keberadaan ini membantu mereka dalam mendapatkan akses ke produk-produk terbaru dan menjalin kemitraan dengan merek-merek terkemuka di seluruh dunia. Ini juga memungkinkan mereka untuk terus berkembang dan memperluas operasi mereka.

9. Komitmen Terhadap Kualitas dan Keamanan

Watsons mengutamakan kualitas dan keamanan produk mereka. Mereka bekerja sama dengan berbagai otoritas dan organisasi yang mengatur kesehatan dan kecantikan untuk memastikan bahwa produk yang mereka jual memenuhi standar yang ketat. Ini memberikan kepercayaan kepada pelanggan bahwa produk yang mereka beli dari Watsons adalah produk berkualitas tinggi dan aman digunakan.

10. Penghargaan dan Reputasi yang Kuat

Telah menerima berbagai penghargaan dan mendapatkan reputasi yang kuat dalam industri kesehatan dan kecantikan. Penghargaan-penghargaan ini mencakup pengakuan sebagai merek terkemuka dalam kategori produk kesehatan dan kecantikan. Reputasi yang kuat ini memperkuat posisi Watsons sebagai salah satu pemimpin dalam industri ini.

Watsons adalah salah satu merek yang berhasil menciptakan keunggulan yang signifikan dalam industri kesehatan dan kecantikan. Dengan ragam produk berkualitas tinggi, layanan konsultasi yang membantu, promosi menarik, dan komitmen terhadap nilai-nilai lingkungan dan kesehatan, Watsons terus menjadi destinasi utama bagi mereka yang mencari produk-produk kesehatan dan kecantikan berkualitas. Keberhasilan mereka dalam menjaga standar tinggi dalam layanan dan produk mereka telah membantu mereka membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan mereka dan mempertahankan posisi terdepan dalam pasar yang kompetitif.

Strategi Yang Digunakan Watsons

1. Melakukan Pemasaran Di Ruang Publik

Pemasaran adalah elemen kunci dalam kesuksesan bisnis, dan di era digital ini, pendekatan yang terpadu antara dunia offline dan online menjadi semakin penting. Sebagai salah satu pemain utama dalam industri kesehatan dan kecantikan, telah memahami dengan baik kekuatan penyasarannya ke ruang-ruang publik fisik seperti stasiun dan kereta api, serta kemampuannya mengintegrasikan strategi ini dengan dunia digital. Dalam upaya mereka untuk menghadirkan merek dan produk mereka kepada audiens yang lebih luas telah menjalankan taktik-taktik yang efektif dan inovatif yang mencakup media beriklan di ruang publik dan aktivitas digital yang terintegrasi.

Pemasaran di Ruang Publik: Menyasar Stasiun dan Kereta Api

Watsons telah sukses menyusup ke dalam ruang-ruang publik yang seringkali menjadi tempat transit dan aktivitas harian banyak orang. Salah satu tempat yang mereka manfaatkan adalah stasiun-stasiun kereta api. Ini adalah lokasi yang sangat strategis karena mengakomodasi lalu lintas penumpang yang besar setiap hari. Dalam lingkungan ini, Watsons telah menggunakan berbagai media beriklan untuk meningkatkan visibilitas merek mereka.

Iklan Hand Grip: Iklan melalui pegangan tangan (hand grip) telah menjadi pilihan yang sangat efektif. Penumpang kereta yang berpegangan akan secara otomatis melihat iklan saat mereka menunggu atau dalam perjalanan mereka. Iklan ini bisa mencakup berbagai pesan, termasuk promosi produk terbaru, penawaran eksklusif, atau pesan-pesan branding yang memperkuat citra Watsons sebagai merek yang peduli akan kesehatan dan kecantikan.

Poster Dinding: Dengan memanfaatkan poster dinding di stasiun-stasiun. Poster ini merupakan medium yang sangat baik untuk menyampaikan informasi lebih rinci tentang produk atau panduan perawatan kecantikan. Selain itu, mereka juga bisa digunakan untuk menyampaikan pesan merek yang lebih mendalam, seperti kesadaran akan kesehatan dan kecantikan yang berkelanjutan.

Poster Gantung di Dalam Gerbong Kereta: Poster gantung di dalam gerbong kereta merupakan taktik lain yang sangat efektif. Penumpang kereta yang memiliki waktu lebih lama untuk merenung saat di dalam gerbong dapat secara efektif menyerap pesan dari poster gantung ini. Ini menciptakan kesan yang mendalam dan bisa menjadi topik pembicaraan di antara penumpang yang berbagi gerbong.

Integrasi Digital dan Offline: Menciptakan Pengalaman Holistik

Tidak hanya berfokus pada pemasaran di ruang publik fisik, tetapi juga mengintegrasikan strategi ini dengan aktivitas digital mereka. Ini adalah pendekatan yang bijaksana mengingat bagaimana dunia saat ini semakin terhubung secara digital. Integrasi ini menciptakan pengalaman yang lebih holistik dan konsisten bagi pelanggan Watsons.

Media Sosial: Watsons memiliki kehadiran yang kuat di berbagai platform media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Mereka tidak hanya menggunakan platform ini untuk mempromosikan produk-produk terbaru, tetapi juga untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan. Media sosial memberikan Watsons kesempatan untuk menjaga hubungan yang erat dengan pelanggan mereka di luar lingkungan toko fisik.

Situs Web dan Aplikasi Mobile: Situs web dan aplikasi mobile resmi Watsons memainkan peran penting dalam upaya digital mereka. Pelanggan dapat mengakses informasi produk, melakukan pembelian online, dan mendapatkan penawaran eksklusif melalui platform ini. Ini memberikan pelanggan fleksibilitas untuk berbelanja kapan saja dan di mana saja.

Program Loyalitas Pelanggan: Watsons memiliki program loyalitas pelanggan yang terintegrasi dengan dunia digital mereka. Program ini memungkinkan pelanggan untuk mengumpulkan poin dengan setiap pembelian dan mendapatkan diskon atau hadiah eksklusif. Dengan cara ini, Watsons mendorong pelanggan untuk berbelanja lebih sering dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan merek mereka.

Kampanye Online: Kampanye online Watsons seringkali terkait erat dengan kampanye offline mereka. Misalnya, mereka dapat memulai kompetisi di media sosial yang berkaitan langsung dengan iklan di stasiun kereta api. Ini menciptakan kesinambungan antara dua dunia dan melibatkan pelanggan di berbagai platform.

Manfaat Strategi Terpadu

Penggabungan strategi pemasaran di ruang publik dengan upaya digital memberikan sejumlah manfaat penting bagi Watsons:

Meningkatkan Kesadaran Merek: Pemasaran di ruang publik membantu meningkatkan kesadaran tentang merek Watsons di kalangan penumpang kereta api, pelanggan stasiun, dan orang-orang yang berlalu-lalang di tempat-tempat tersebut.

Penyampaian Pesan yang Kuat: Iklan di stasiun, poster dinding, dan poster gantung menciptakan pesan yang kuat dan mudah diingat di benak pelanggan.

Interaksi Pelanggan: Strategi digital memungkinkan Watsons untuk berinteraksi secara langsung dengan pelanggan, menjawab pertanyaan mereka, dan memberikan rekomendasi produk yang sesuai.

Penjualan Online: Melalui situs web dan aplikasi mobile, Watsons dapat menghasilkan penjualan online yang signifikan, memperluas jangkauan merek dan meningkatkan pendapatan.

Loyalitas Pelanggan: Program loyalitas pelanggan menciptakan pelanggan setia yang terus berbelanja di Watsons, yang berdampak positif pada pendapatan jangka panjang dan memastikan pelanggan tetap terlibat dengan merek.

Kesinambungan Antara Dunia Fisik dan Digital: Integrasi kampanye online dengan kampanye offline menciptakan pengalaman yang mulus bagi pelanggan, memungkinkan mereka untuk terlibat dengan merek di berbagai platform.

Watsons telah berhasil menciptakan strategi pemasaran yang cerdas dengan menyasar ruang publik, seperti stasiun dan kereta api, dan mengintegrasikannya dengan dunia digital mereka. Hal ini membantu mereka dalam meningkatkan kesadaran merek, berinteraksi dengan pelanggan, dan menciptakan pengalaman berbelanja yang konsisten dan mendalam. Dengan strategi yang efektif ini, Watsons tetap menjadi salah satu pemimpin dalam industri kesehatan dan kecantikan yang sangat kompetitif. Mereka telah membuktikan bahwa penyatuan antara dunia offline dan online adalah kunci keberhasilan dalam dunia pemasaran modern.

2. Menggunakan Catalog Cetak

Watsons, sebagai salah satu pemain terkemuka dalam industri kesehatan dan kecantikan, telah memahami pentingnya mengintegrasikan berbagai strategi pemasaran untuk memenuhi kebutuhan pelanggan mereka. Salah satu strategi yang masih mereka pertahankan adalah penggunaan katalog cetak. Dalam era digital yang semakin dominan, keputusan untuk tetap menggunakan katalog cetak bisa menjadi pilihan yang menarik. Dalam pandangan Watsons, katalog cetak tetap relevan dan efektif dalam berbagai aspek pemasaran mereka.

Seiring dengan kemajuan teknologi dan pergeseran konsumen ke platform digital, banyak perusahaan memutuskan untuk meninggalkan penggunaan katalog cetak. Namun, Watsons adalah salah satu pengecualian yang masih mempertahankan strategi ini. Mengapa mereka memilih untuk tetap menggunakan katalog cetak?

1. Pelanggan yang Beragam

Watsons memiliki beragam pelanggan, termasuk yang lebih suka berbelanja secara online dan yang lebih nyaman dengan pengalaman berbelanja di toko fisik. Dengan menyediakan katalog cetak, mereka memungkinkan untuk menciptakan koneksi yang lebih kuat dengan kedua kelompok pelanggan ini.

2. Sentuhan Pribadi

Katalog cetak memberikan sentuhan pribadi yang sulit dicapai oleh promosi digital. Saat pelanggan mendapatkan katalog cetak di tangan mereka, itu menciptakan pengalaman fisik yang dapat memicu respons emosional yang lebih kuat. Pelanggan dapat merasa lebih terhubung dengan merek ketika mereka memiliki sesuatu yang dapat mereka sentuh dan pegang.

3. Kemudahan Akses Informasi

Katalog cetak juga memberikan kemudahan akses informasi. Beberapa pelanggan mungkin lebih suka membaca katalog cetak daripada menjelajahi situs web atau aplikasi mobile. Mereka dapat dengan mudah menelusuri halaman-halaman katalog untuk menemukan produk-produk dan penawaran yang menarik bagi mereka.

4. Voucher dan Promosi yang Terukur

Salah satu keunggulan katalog cetak adalah kemampuannya untuk menyertakan voucher dan informasi promosi yang dapat diukur. Watsons sering menyertakan selipan-selipan voucher dalam katalog cetak mereka. Voucher ini dapat memberikan insentif kepada pelanggan untuk melakukan pembelian, dan karena itu, tingkat efektivitasnya dapat diukur dengan lebih baik. Pelanggan dapat langsung membawa voucher tersebut ke toko fisik atau menggunakannya saat berbelanja online.

5. Integrasi Multiplatform

Watsons telah mengambil langkah cerdas dengan mengintegrasikan katalog cetak dengan platform digital mereka. Ini menciptakan kesinambungan antara dunia fisik dan digital. Sebagai contoh, ketika pelanggan datang ke toko fisik Watsons dan menerima voucher dari katalog cetak, mereka mungkin menemukan bahwa voucher tersebut hanya bisa digunakan untuk berbelanja di e-Commerce Watsons. Hal ini mendorong pelanggan untuk menjelajahi platform digital mereka dan menciptakan peluang bagi Watsons untuk meningkatkan penjualan online mereka.

Manfaat Integrasi Katalog Cetak

Integrasi strategi katalog cetak dalam model bisnis Watsons membawa sejumlah manfaat yang signifikan:

1. Pengalaman Pelanggan yang Terintegrasi

Pelanggan dapat mengalami perpaduan yang mulus antara dunia fisik dan digital. Mereka dapat menerima katalog cetak di toko fisik dan menggunakan voucher tersebut saat berbelanja online. Ini menciptakan kesan bahwa Watsons adalah merek yang peduli tentang preferensi pelanggan mereka.

2. Pengukuran yang Lebih Akurat

Dengan voucher dan informasi promosi yang terukur dalam katalog cetak, Watsons dapat lebih akurat mengukur efektivitas kampanye mereka. Mereka dapat melacak seberapa banyak voucher yang ditebus dan berapa banyak penjualan yang dihasilkan dari promosi tersebut.

3. Fleksibilitas dalam Penawaran

Watsons memiliki fleksibilitas untuk menyesuaikan penawaran mereka berdasarkan preferensi pelanggan. Mereka dapat menawarkan diskon atau promosi yang berbeda untuk pembelian di toko fisik dan online, sehingga memenuhi kebutuhan pelanggan di dua platform tersebut.

4. Peningkatan Interaksi Pelanggan

Katalog cetak menciptakan alasan tambahan bagi pelanggan untuk berinteraksi dengan merek. Mereka mungkin menunggu dengan antusias setiap kali katalog cetak baru dirilis untuk melihat penawaran apa yang akan diberikan oleh Watsons.

Watsons adalah salah satu perusahaan yang telah sukses memadukan strategi pemasaran katalog cetak dengan model bisnis digital mereka. Keputusan ini didasarkan pada pemahaman yang kuat tentang pelanggan mereka yang beragam dan keinginan untuk memberikan pengalaman yang lengkap. Dengan menyediakan katalog cetak yang terintegrasi dengan platform digital, mereka menciptakan kesinambungan antara dunia fisik dan digital, yang menguntungkan baik bagi pelanggan maupun bisnis mereka. Dengan strategi ini, Watsons terus membuktikan diri sebagai pemimpin dalam industri kesehatan dan kecantikan yang sangat kompetitif.

3. Bekerjasama Dengan Banyak Suppliers dan Principles

Sebagai salah satu pemimpin dalam industri ritel, telah mengembangkan strategi yang sangat efektif dalam bekerjasama dengan berbagai pihak, termasuk prinsipal dan pemasok, untuk menjual produk eksklusif di toko mereka. Pendekatan ini telah membantu mereka mengukuhkan posisi mereka di pasar dan mencapai keberhasilan yang luar biasa. Salah satu contoh menarik dari strategi ini adalah kerjasama mereka dengan brand perawatan kulit asal Korea Selatan, Mediheal, yang juga telah menjadikan grup penyanyi populer BTS sebagai duta merek mereka. Kerjasama ini dengan Watsons Indonesia telah menghasilkan peluncuran produk eksklusif yang mengguncang pasar.

Kerjasama ini tidak hanya sebatas pada produk, tetapi juga mencakup strategi aktivasi yang kuat di dunia digital dan fisik. Ini berarti Watsons tidak hanya menjual produk Mediheal X BTS, tetapi juga mengambil langkah-langkah untuk memastikan produk ini mencapai target pasar dengan cara yang paling efektif. Mereka memahami pentingnya integrasi antara platform digital dan toko fisik dalam mempromosikan produk eksklusif seperti ini.

Kerjasama antara Mediheal dan BTS adalah salah satu contoh bagaimana Watsons dapat menghasilkan lalu lintas yang tinggi ke toko mereka. BTS, sebagai salah satu grup musik paling terkenal di dunia, memiliki penggemar yang sangat antusias. Dengan menjadikan mereka sebagai duta merek, Mediheal berhasil menarik perhatian jutaan penggemar BTS yang ingin memiliki produk yang mereka dukung. Ketika produk eksklusif Mediheal X BTS diluncurkan di toko-toko Watsons, antusiasme penggemar BTS membawa ribuan orang ke lima lokasi Watsons yang menjadi tempat peluncuran.

Tidak hanya itu, dedikasi para penggemar juga terlihat dari kenyataan bahwa banyak dari mereka rela mengantre sejak pukul lima pagi. Ini adalah bukti nyata dari betapa kuatnya ikatan antara BTS dan penggemar mereka, serta keberhasilan strategi pemasaran yang digunakan oleh Watsons. Antusiasme yang tinggi ini menciptakan atmosfer yang begitu ramai di lokasi peluncuran, dengan lebih dari 1.000 orang yang hadir untuk menjadi bagian dari momen ini.

Kunci dari keberhasilan kerjasama ini adalah integrasi yang sempurna antara brand populer, seperti BTS, dengan produk perawatan kulit berkualitas tinggi dari Mediheal. Sebagai perantara, berhasil menjembatani kesenjangan antara produsen dan konsumen dengan cara yang menguntungkan semua pihak. Ini adalah contoh nyata bagaimana strategi kolaborasi dengan berbagai principles dan pemasok dapat menciptakan nilai tambah yang signifikan dalam industri ritel.

Selain itu, keberhasilan ini juga menunjukkan betapa pentingnya aktivasi yang kuat di dunia digital. Dalam era yang semakin terhubung secara digital, promosi melalui platform online memiliki peran yang sangat besar dalam mencapai audiens yang lebih luas. Watsons Indonesia dengan bijak menggunakan saluran digital untuk memperkenalkan produk eksklusif ini kepada penggemar BTS dan pengguna internet secara keseluruhan. Ini menciptakan buzz yang tak terhindarkan di media sosial dan platform online lainnya.

Pentingnya kolaborasi dan aktivasi yang kuat ini adalah pelajaran berharga bagi industri ritel. Ini menunjukkan bahwa tidak hanya tentang menjual produk, tetapi juga tentang bagaimana menciptakan pengalaman yang luar biasa bagi pelanggan. Dengan bekerja sama dengan principles dan pemasok yang tepat, serta menggabungkan elemen-elemen digital dan fisik dengan cerdas, telah berhasil menciptakan peluang yang menguntungkan semua pihak dalam industri ritel yang sangat kompetitif.

4. Menyediakan Watsons Membership Atau Watsons Flazz BCA

Watsons telah mengambil langkah proaktif dalam memperkuat loyalitas pelanggan mereka dengan menghadirkan berbagai strategi yang berfokus pada pemberian nilai tambah kepada pelanggan. Salah satu langkah kunci dalam upaya ini adalah peluncuran Watsons Membership, yang telah menjadi pilar penting dalam strategi mereka untuk mempertahankan dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Selain itu, mereka juga menjalin kerjasama strategis dengan Bank BCA untuk meluncurkan kartu Watsons Flazz BCA, sebuah inovasi yang memperluas manfaat dan kenyamanan bagi pelanggan Watsons.

Watsons Membership adalah program loyalitas yang memungkinkan pelanggan Watsons untuk merasakan sejumlah manfaat eksklusif. Program ini dirancang untuk membina hubungan yang lebih erat antara Watsons dan pelanggan mereka, serta memberikan penghargaan kepada mereka atas kesetiaan mereka selama berbelanja di toko. Dengan menjadi anggota Watsons, pelanggan dapat menikmati berbagai insentif yang meningkatkan pengalaman berbelanja mereka secara signifikan.

Manfaat membership meliputi diskon dan penawaran eksklusif. Anggota Watsons memiliki akses prioritas ke berbagai diskon dan penawaran eksklusif yang tidak tersedia bagi pelanggan biasa. Ini mencakup diskon besar-besaran, hadiah pembelian, dan diskon tambahan di berbagai produk.

Selain itu, program Watsons Membership juga menawarkan poin reward. Setiap kali anggota berbelanja di Watsons, mereka akan mendapatkan poin reward yang dapat mereka tukarkan dengan berbagai hadiah menarik. Poin-poin ini memberikan nilai tambah kepada pelanggan dan memberikan insentif tambahan untuk tetap berbelanja di Watsons.

Langkah berikutnya dalam strategi Watsons untuk meningkatkan loyalitas pelanggan adalah kerjasama dengan Bank BCA untuk meluncurkan kartu Watsons Flazz BCA. Kartu ini tidak hanya dapat digunakan di Watsons, tetapi juga saat berbelanja kebutuhan sehari-hari. Ini adalah langkah yang sangat cerdas karena memperluas cakupan penggunaan kartu dan memberikan pelanggan lebih banyak alasan untuk menjadikannya pilihan utama mereka.

Kartu Watsons Flazz BCA menggabungkan kemudahan berbelanja dengan fleksibilitas penggunaan. Pelanggan dapat menggunakan kartu ini untuk berbelanja di toko Watsons, membayar tagihan, atau berbelanja di berbagai merchant yang menerima kartu Flazz BCA. Hal ini memberikan kenyamanan luar biasa kepada pelanggan, yang sekarang dapat menggabungkan semua transaksi mereka dalam satu kartu.

Selain itu, kartu Flazz BCA juga menawarkan manfaat tambahan seperti promo eksklusif, diskon khusus, dan penawaran istimewa bagi pemegang kartu. Ini adalah cara lain untuk mendorong pelanggan untuk tetap berbelanja di Watsons dan menggunakan kartu Flazz BCA mereka.

Dalam rangka meningkatkan penggunaan kartu Flazz BCA di Watsons, Watsons juga telah mengadakan berbagai program promosi dan aktivasi. Mereka telah meluncurkan berbagai program cashback dan diskon eksklusif bagi pemegang kartu Flazz BCA, yang membuat penggunaan kartu ini semakin menarik.

Selain itu juga terus meningkatkan pengalaman pelanggan mereka dengan berinvestasi dalam teknologi dan layanan pelanggan yang unggul. Mereka telah mengembangkan aplikasi seluler yang memudahkan pelanggan untuk mengakses informasi produk, melacak poin reward, dan berbelanja secara online. Dengan memanfaatkan teknologi ini dapat memenuhi kebutuhan pelanggan modern yang mencari kenyamanan dan fleksibilitas dalam berbelanja.

Dalam rangka meningkatkan layanan pelanggan, Watsons juga telah melatih staf mereka untuk memberikan pelayanan yang ramah dan informatif kepada pelanggan. Mereka memahami pentingnya pengalaman pelanggan yang positif dalam membangun kesetiaan jangka panjang.

Dalam keseluruhan, strategi untuk meningkatkan loyalitas pelanggan adalah contoh yang sangat baik tentang bagaimana perusahaan ritel dapat memahami dan merespons kebutuhan pelanggan mereka. Dengan menghadirkan program Watsons Membership, kerjasama dengan Bank BCA untuk meluncurkan kartu Watsons Flazz BCA, investasi dalam teknologi, dan peningkatan layanan pelanggan, telah berhasil menciptakan ekosistem yang memberikan nilai tambah kepada pelanggan mereka dan memperkuat hubungan mereka dengan pelanggan yang setia. Ini adalah langkah yang cerdas dalam menghadapi persaingan sengit dalam industri ritel saat ini.

5. Mengintegrasikan Aktivitas Online dan Offline

Pentingnya Layanan Pelanggan menjadi fokus utama. Mereka memahami bahwa pengalaman pelanggan adalah prioritas utama, baik ketika berbelanja di toko fisik maupun online. Telah melatih staf mereka untuk memberikan pelayanan yang ramah dan informatif di toko fisik. Di sisi lain, platform e-Commerce mereka juga dirancang untuk memberikan kemudahan berbelanja dan akses yang cepat ke produk-produk yang diinginkan.

Keberadaan Toko Fisik juga menjadi aspek penting dalam strategi ini. Saat ini, Watsons telah memiliki 100 toko fisik yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Ini memungkinkan pelanggan yang lebih memilih berbelanja langsung merasakan produk secara fisik dan mendapatkan panduan dari staf toko.

Watsons e-Commerce juga telah mencakup lima besar pulau di Indonesia, mencapai sekitar 93% populasi di negara ini. Ini memastikan bahwa pelanggan di berbagai wilayah dapat mengakses layanan online mereka dengan mudah, memperluas jangkauan mereka secara signifikan.

Dalam rangka menciptakan pengalaman berbelanja yang terintegrasi juga telah menghadirkan program promosi dan penawaran eksklusif yang berlaku baik di toko fisik maupun online. Ini memungkinkan pelanggan untuk merasakan manfaat dari integrasi ini, seperti diskon, promo bundling, atau hadiah khusus.

Integrasi antara platform online dan offline ini adalah langkah bijak dalam menghadapi persaingan dalam dunia ritel yang semakin kompleks. Telah sukses mengambil manfaat dari kedua dunia ini untuk memberikan nilai tambah kepada pelanggan mereka dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan mereka. Kesuksesan mereka dalam menciptakan pengalaman berbelanja yang istimewa adalah cerminan dari komitmen mereka untuk selalu berinovasi dan memahami kebutuhan pelanggan modern.

Kesimpulan

Kalian bisa banget pake strategi atau belajar dari strategi yang digunakan oleh brand ini. Namun, buat kalian yang masih bingung dengan strategi marketing atau lainnya kamu juga bisa menggunakan jasa agency advertising profesional seperti Bithour Production.

Kami memiliki tim ahli yang siap membantu kamu dalam meningkatkan kinerja strategi pemasaran brand kamu dengan lebih efektif menggunakan strategi pemasaran terbaru. Selain itu, tim ahli kami juga dapat memberikan feedback atau masukan yang dapat kamu terapkan pada strategi marketing brand kamu. Untuk itu, jika kamu tertarik untuk menggunakan jasa kami, segera hubungi kami sekarang melalui link yang ada disini, atau kamu juga dapat mengunjungi website resmi di bithourproduction.com kami untuk dapat mengetahui lebih lanjut informasi mengenai layanan kami.

What’s your Reaction?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
keunggulan watsons MArketing strategi marketing strategi pemasaran strategi watsons the omni marketing campaign of the year watsons
By Hani Subakti

Give us your Reaction!

book

Brands in 2024 (How to Ride the HottesT Trend)

Bikin campaign sampai burn out? Kelas ini jawaban buat lo! Speaker yang expert as BM dengan pengalaman 7 tahun di 3 idustri berbeda. Dapatkan diskon 50% yang akan kita kirim ke email lo (Free 3 pdf marketing hacks)