Mengungkap 3 Strategi Penjualan BMW, Bagaimana Mereka Meraih Keunggulan Kompetitif!

Mengungkap 3 Strategi Penjualan BMW, Bagaimana Mereka Meraih Keunggulan Kompetitif!

Aug-25-2023

Hani Subakti

Dalam dunia otomotif yang penuh persaingan, ada satu nama yang selalu menonjol yaitu BMW. Bagaimana raksasa otomotif Jerman ini berhasil meraih keunggulan kompetitif yang begitu mengesankan? Rahasia dibalik kesuksesan penjualan terletak pada tiga strategi utama yang mereka terapkan dengan cermat. Dalam artikel ini, kita akan mengungkap dengan detail bagaimana BMW memanfaatkan strategi penjualan ini untuk mendominasi pasar dan mengukir nama mereka dalam sejarah industri otomotif. Siap untuk menyelami dunia strategi penjualan yang mengantarkan BMW meraih puncak keunggulan kompetitif?

Sejarah Singkat BMW

BMW, atau Bayerische Motoren Werke AG, sebuah nama yang melegenda dalam dunia otomotif. Tidak sekadar kendaraan, melainkan simbol prestise dan performa. Namun, dibalik kemegahan ini, ada kisah panjang dan perubahan yang membentuk BMW menjadi apa yang kita kenal hari ini. Berdiri di bawah nama Bayerische Motoren Werke Aktiengesellschaft yang dalam bahasa Inggris berarti Bavarian Engine Works Company, perjalanan BMW dimulai dari tempat berdirinya, Bavaria, Jerman. Namun, keunggulan dan popularitas BMW tidak terbentuk dalam semalam, melainkan melalui perjalanan sejarah dan strategi yang teliti.

Perusahaan ini bukan hanya berasal dari dunia otomotif, tetapi dari industri pesawat. Pada 1916, hasil dari merger Rapp-Motorenwerke GmbH dan Flugmaschinenfabrik Gustav Otto membentuk BMW AG yang awalnya memproduksi mesin pesawat untuk Kekaisaran Jerman. Logo baling-baling ikonik BMW muncul setahun kemudian sebagai identitas merek yang kuat.

Tapi perubahan tak terhindarkan, terutama setelah PD I. Beralih dari mesin pesawat ke pembuatan mesin kereta api dan mobil. Produksi mobil BMW dimulai pada 1928, hanya untuk beralih lagi menjadi produsen kendaraan militer saat PD II melanda. Jerman yang kalah dalam PD II juga berdampak pada pabrik BMW, yang diambil alih oleh sekutu. Namun, semangat bertahan brand ini tetap menyala, dan mobil BMW 501 muncul pada 1949, mengawali era perusahaan sebagai produsen mobil kembali.

Namun, tantangan datang di awal 1950-an, ketika krisis keuangan hampir meruntuhkan BMW. Pabrik di Allach dan Munich dilucuti, alat-alatnya diambil oleh sekutu. Nyaris bangkrut dan diakuisisi oleh Mercedes. Namun, perusahaan ini tetap tegar dan pada 1960-an, meluncurkan BMW 507 atau yang dikenal dengan Elvis 507, mobil yang dikendarai oleh Elvis Presley.

Tahun 1972 menjadi tonggak sejarah bagi BMW dengan diluncurkannya BMW E12, generasi pertama Seri 5. Tahun ini menandai era sedan eksekutif dengan sistem penomoran 3-digit, yang masih digunakan hingga kini. Pada tahun 2013, BMW F22 diperkenalkan sebagai generasi pertama Seri 2, menegaskan fokus BMW pada sedan mewah dengan kegesitan ala mobil sport.

Tak hanya itu, BMW terus berevolusi dengan mendirikan pabrik di berbagai belahan dunia dan menghadirkan inovasi teknologi dalam setiap produknya. Desain yang segar dan modern, serta performa mesin yang tak tertandingi, membuat BMW tetap menjadi pilihan para pecinta otomotif di seluruh dunia.

Kesuksesan BMW bukan hanya berkat produk-produk hebatnya, tetapi juga karena strategi yang cerdas. Keunggulan kompetitif mereka dihasilkan melalui sejarah panjang ini. Dari produksi mesin pesawat hingga kendaraan militer, dari krisis hingga inovasi tak henti-hentinya, BMW telah membuktikan diri sebagai pemain utama dalam industri otomotif global.

Target Audiens BMW

  • Kelompok Masyarakat Berkualitas: Target utama BMW adalah individu dengan gaya hidup yang mewah dan mencari kualitas tinggi dalam segala aspek. Mereka adalah orang-orang yang mengutamakan prestise dan citra pribadi serta mencari merek yang menggambarkan status dan keberhasilan mereka.
  • Pencinta Teknologi: Audiens yang mengapresiasi inovasi dan teknologi juga menjadi fokus BMW. Mereka tertarik pada fitur-fitur canggih, konektivitas, dan pengalaman mengemudi yang modern. Mobil BMW sering menawarkan teknologi mutakhir yang memenuhi kebutuhan pelanggan ini.
  • Penggemar Performa: Individu yang mengejar performa tinggi dalam berkendara juga termasuk dalam target audiens BMW. Mereka mencari kendaraan yang tidak hanya memberikan kenyamanan, tetapi juga memiliki kekuatan mesin dan kemampuan yang menarik. Mobil BMW sering kali menggabungkan desain elegan dengan performa yang luar biasa.
  • Pemilih Gaya Hidup Aktif: Orang-orang yang memiliki gaya hidup aktif dan dinamis juga termasuk dalam target pasar BMW. Mereka mencari kendaraan yang sesuai dengan aktivitas sehari-hari mereka, baik itu dalam perjalanan ke tempat kerja, berkendara dengan keluarga, atau menjalani petualangan akhir pekan.
  • Individu yang Menghargai Kualitas dan Kecanggihan: Audiensnya adalah mereka yang menghargai kualitas tinggi dan kecanggihan dalam setiap detail. Mereka mencari kendaraan yang dirancang dengan teliti dan memiliki fitur-fitur premium yang memberikan pengalaman berkendara yang istimewa.
  • Kelas Sosial Menengah Ke Atas: Sering menarik perhatian kelompok sosial menengah ke atas. Individu yang telah mencapai kesuksesan dalam karier atau bisnis cenderung tertarik pada merek ini. Mereka mencari mobil yang mencerminkan prestise dan keberhasilan mereka.
  • Pemilih yang Menghargai Keamanan: Audiens yang mengutamakan keamanan juga termasuk dalam target. Mereka mencari kendaraan dengan fitur keamanan canggih dan sistem pengemudi yang membantu untuk memastikan keselamatan mereka dan penumpang.

Dalam ringkasan, target audiens BMW meliputi individu dengan gaya hidup mewah, peminat teknologi, pecinta performa, pemilik gaya hidup aktif, peminat kualitas dan kecanggihan, serta kelompok sosial menengah ke atas yang menghargai kualitas dan keamanan. Kendaraan BMW menghadirkan kombinasi kelas, kualitas, performa, dan inovasi yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan audiens ini.

Keunggulan Yang Dimiliki BMW

BMW (Bayerische Motoren Werke AG) adalah produsen mobil mewah yang terkenal dengan reputasi dan inovasinya di industri otomotif. Berdiri sejak awal abad ke-20, BMW telah mencapai keunggulan kompetitif melalui berbagai aspek yang membuatnya tetap menjadi salah satu merek paling dihormati dan diinginkan di dunia. Berikut adalah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh BMW:

1. Kualitas dan Keandalan Tinggi: Salah satu keunggulan utamanya adalah kualitas dan keandalan produknya. BMW dikenal dengan standar produksi yang ketat dan material berkualitas tinggi yang digunakan dalam pembuatan mobil mereka. Proses produksi yang cermat dan pengujian yang ketat memastikan bahwa setiap kendaraan BMW memiliki daya tahan yang luar biasa dan kinerja yang handal.

2. Inovasi Teknologi: selalu menjadi pelopor dalam menghadirkan teknologi terbaru dalam industri otomotif. Mereka terus berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan untuk mengintegrasikan fitur-fitur canggih seperti sistem infotainment, konektivitas, pengemudi otomatis, dan teknologi ramah lingkungan. Teknologi iDrive mereka, yang mengendalikan berbagai fungsi kendaraan melalui antarmuka yang intuitif, menjadi standar dalam industri.

3. Desain Elegan dan Berkelas: Desain adalah elemen utama dalam daya tarik mobil BMW. Mobil-mobil BMW memiliki gaya yang elegan, berkelas, dan khas, menggabungkan garis-garis tajam dengan elemen-elemen aerodinamis yang memberikan penampilan yang menarik dan dinamis. Desain yang mencerminkan prestise dan kepribadian yang kuat membuat mobil BMW menjadi ikon dalam hal estetika otomotif.

4. Performa Luar Biasa: Dikenal karena menghadirkan mobil dengan performa yang luar biasa. Mesin-mesin memiliki tenaga yang kuat dan respon gas yang cepat, memberikan pengalaman mengemudi yang menyenangkan dan dinamis. Merek ini juga menawarkan varian M Performance yang dirancang khusus untuk menghadirkan performa yang lebih tinggi.

5. Pengalaman Berkendara yang Menarik: Filosofi “Freude am Fahren” atau “Joy of Driving” mewakili pengalaman berkendara yang dihadirkan. Mereka mengutamakan kualitas pengemudian, memberikan respons yang tajam, pengendalian yang presisi, dan kenyamanan yang tetap terjaga. BMW berusaha untuk menghadirkan kesenangan dalam setiap momen di balik kemudi.

6. Pemikiran Ramah Lingkungan: Selain fokus pada performa, BMW juga berinvestasi dalam inovasi yang ramah lingkungan. Mereka mengembangkan teknologi efisiensi bahan bakar, hibrida, dan kendaraan listrik seperti seri iPerformance dan iNEXT. Berkomitmen untuk berkontribusi pada keberlanjutan lingkungan dengan mengurangi dampak lingkungan dari operasi dan produk-produk mereka.

7. Jaringan Layanan dan Dukungan: Memiliki jaringan layanan dan dukungan yang luas di seluruh dunia. Layanan purna jual mereka mencakup perawatan, perbaikan, dan suku cadang asli yang tersedia dengan mudah. Dengan demikian, pemilik BMW dapat merasakan kenyamanan dan kepercayaan bahwa kendaraan mereka akan dirawat dengan baik.

8. Citra Merek yang Prestisius: Memiliki reputasi yang kuat sebagai produsen mobil mewah dengan citra prestisius. Merek ini diakui secara global dan sering kali dihubungkan dengan gaya hidup sukses, kecanggihan, dan inovasi. Sebagai akibatnya, memiliki mobil BMW adalah simbol status yang diakui oleh banyak orang.

Dalam kesimpulannya, BMW memiliki keunggulan yang mencakup kualitas tinggi, inovasi teknologi, desain elegan, performa luar biasa, pengalaman berkendara yang menarik, komitmen ramah lingkungan, jaringan layanan yang luas, serta citra merek prestisius. Keunggulan ini telah menjadikan BMW sebagai pemimpin dalam industri otomotif dan merek yang diidamkan oleh banyak orang di seluruh dunia.

Strategi Yang Digunakan BMW

1. Fokus Pada Digitalisasi

BMW telah mengadopsi strategi fokus pada digitalisasi sebagai bagian integral dari upayanya untuk meningkatkan penjualan dan memberikan pengalaman pelanggan yang unik. Dalam konteks ini, BMW Indonesia memiliki tekad yang optimis untuk terus mengembangkan strategi penjualan dengan mengintegrasikan digitalisasi sebagai salah satu pilar utamanya. Transformasi digital telah menjadi salah satu kunci sukses dalam menghadapi tantangan dan peluang dalam dunia otomotif yang terus berkembang.

Salah satu pendekatan utama dalam strategi digitalisasi adalah menggabungkan pengalaman online dan offline yang disebut sebagai “Shameless Experience.” Ini berarti bahwa pelanggan dapat mengalami dan berinteraksi dengan merek BMW secara mulus baik melalui platform online maupun di lingkungan fisik. Di Indonesia, BMW telah merancang berbagai inisiatif untuk mengaktualisasikan konsep ini, dengan fokus pada tahun 2020 dan melanjutkannya hingga tahun 2021.

Salah satu inisiatif digital yang signifikan adalah pendirian “BMW Virtual Showroom” dan “Virtual Launch.” Ini memungkinkan calon pelanggan untuk menjelajahi model-model BMW terbaru, melihat fitur-fitur yang tersedia, dan bahkan mengikuti peluncuran kendaraan baru, semuanya dalam lingkungan virtual yang menarik. Langkah ini membuktikan komitmen BMW untuk menjadikan pengalaman pelanggan sebagai hal yang terus berkembang dan relevan dengan perkembangan teknologi.

Meskipun inisiatif digital menjadi sorotan, BMW Indonesia juga mengenali pentingnya pengalaman offline bagi pelanggan. Oleh karena itu, strategi digitalisasi tidak hanya sebatas platform online, tetapi juga melibatkan peningkatan kualitas pengalaman pelanggan dalam dealer fisik. Salah satu langkah penting yang dilakukan adalah penambahan showroom dan dealer yang lebih strategis. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pelanggan dalam mengakses produk BMW dan mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai kendaraan yang mereka minati.

Namun, fokus pada digitalisasi bukan berarti mengabaikan pengalaman offline. Sebagai bentuk kesinambungan strategi, brand tetap berkomitmen untuk menyediakan pengalaman pelanggan terbaik mulai dari pra-pembelian hingga pasca-penjualan. Ini mencakup memberikan layanan konsultasi yang terpersonalisasi, memberikan informasi mendalam tentang produk, serta memberikan layanan purna jual yang memuaskan.

Kegiatan promosi dan penjualan juga akan menjadi bagian integral dari strategi dalam meningkatkan penjualan melalui pendekatan digital. Perusahaan ini akan terus menghadirkan berbagai promosi menarik dan kegiatan yang dapat menggaet minat pelanggan potensial. Dengan menjalankan kampanye pemasaran yang cerdas dan efektif, ingin memastikan bahwa produk-produk mereka tidak hanya menjadi pilihan utama, tetapi juga menjangkau audiens yang lebih luas melalui platform digital.

Dalam rangka menjaga kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan, BMW juga akan fokus pada pelatihan dan pengembangan para profesional di dealer mereka. Ini bertujuan untuk memastikan bahwa para pelanggan mendapatkan informasi yang akurat dan berkualitas ketika mereka mengunjungi dealer fisik atau berinteraksi dalam lingkungan digital.

Secara keseluruhan, fokus pada digitalisasi sebagai bagian dari strategi penjualan adalah langkah yang cerdas dan progresif. Melalui integrasi antara pengalaman online dan offline, serta inisiatif inovatif seperti virtual showroom dan virtual launch menciptakan ekosistem yang holistik dan menyeluruh untuk pelanggan. Dengan terus meningkatkan layanan, menjaga kualitas pengalaman, dan memanfaatkan teknologi digital, BMW berusaha untuk mempertahankan posisi sebagai pemimpin dalam industri otomotif dan memberikan nilai tambah yang luar biasa bagi para pelanggan.

2. Melakukan Inovasi Pada Layanan

Dalam menghadapi perubahan dunia yang dipicu oleh pandemi Covid-19, telah menunjukkan komitmen yang luar biasa terhadap pelanggan dengan menerapkan strategi inovatif dalam layanan mereka. Perusahaan ini tidak hanya berfokus pada menghadirkan produk berkualitas tinggi, tetapi juga mengutamakan keamanan, kenyamanan, dan pengalaman pelanggan yang optimal. Dalam rangka itu, BMW Indonesia telah merancang serangkaian layanan yang dirancang khusus untuk menghadirkan solusi baru dalam era “normal baru.”

Salah satu langkah inovatif yang diambil oleh brand adalah penerapan layanan “Home Service” dan penjemputan. Dalam kondisi di mana mobilitas terbatas dan kehati-hatian lebih diperlukan, pelanggan BMW dapat memanfaatkan layanan ini untuk melakukan perawatan atau perbaikan pada kendaraan mereka tanpa harus keluar rumah. Tim teknisi BMW yang terlatih akan datang langsung ke rumah pelanggan untuk melaksanakan perawatan yang diperlukan. Ini tidak hanya memberikan kenyamanan, tetapi juga memastikan keselamatan pelanggan dalam menghadapi situasi pandemi yang masih berlangsung.

Selain itu, juga meluncurkan layanan “Online Aftersales Updates” yang memanfaatkan teknologi video untuk memberikan informasi seputar kendaraan yang diperbaiki. Dengan cara ini, pelanggan bisa mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang perbaikan yang sedang dilakukan pada kendaraan mereka tanpa harus secara fisik berada di lokasi service center. Informasi yang lengkap dan jelas melalui video ini tidak hanya meningkatkan transparansi, tetapi juga memungkinkan pelanggan untuk tetap terlibat dalam proses perawatan kendaraan mereka.

Aspek kebersihan dan sanitasi juga menjadi fokus utama dalam inovasi layanan BMW. Perusahaan ini memahami pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan dalam berinteraksi dengan kendaraan. Oleh karena itu, BMW Indonesia menawarkan layanan sanitasi tanpa biaya untuk setiap pengiriman unit baru, unit test drive, dan kendaraan yang diperbaiki di service center resmi mereka. Langkah ini menunjukkan komitmen dalam menjaga kesejahteraan pelanggan dan memberikan rasa percaya diri saat berinteraksi dengan kendaraan mereka.

Lebih dari sekadar inovasi teknologi, langkah-langkah tersebut mencerminkan dedikasi brand untuk memberikan pengalaman pelanggan yang tak tertandingi. Dalam situasi yang tidak pasti seperti pandemi Covid-19, telah mengambil langkah ekstra untuk memastikan bahwa pelanggan mereka tetap merasa diutamakan dan didukung dalam setiap aspek kepemilikan kendaraan.

Penting juga untuk diingat bahwa inovasi layanan yang dilakukan oleh BMW tidak hanya berfokus pada kondisi pandemi saat ini. Lebih dari itu, langkah-langkah ini menjadi contoh tentang bagaimana BMW selalu berusaha untuk memahami dan merespons kebutuhan pelanggan, bahkan dalam situasi yang penuh tantangan. Dengan terus menghadirkan layanan yang relevan dan bermanfaat, BMW membuktikan bahwa mereka adalah perusahaan yang tidak hanya berkembang dalam inovasi teknologi, tetapi juga dalam memberikan nilai tambah yang nyata bagi pelanggan mereka.

Secara keseluruhan, strategi inovatif brand dalam menghadapi pandemi Covid-19 menunjukkan komitmen mereka untuk menjaga hubungan yang kuat dengan pelanggan. Dengan layanan seperti “Home Service,” “Online Aftersales Updates,” dan layanan sanitasi, BMW memastikan bahwa pelanggan mereka dapat tetap merasa aman, nyaman, dan didukung dalam perjalanan kepemilikan kendaraan. Inovasi ini bukan hanya respons terhadap situasi darurat, tetapi juga mencerminkan prinsip inti BMW dalam memberikan pengalaman pelanggan yang unggul dalam setiap situasi.

3. Fokus Terhadap Pengembangan Produk

Dalam menghadapi era perubahan yang semakin cepat di industri otomotif telah merancang strategi yang kuat untuk memastikan mereka tetap menjadi pemimpin dalam pengembangan mobil masa depan. Perusahaan ini memahami pentingnya terus berinovasi dan menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi, regulasi lingkungan, dan harapan konsumen terhadap kendaraan yang lebih ramah lingkungan, canggih, dan aman. Salah satu pilar utama dari strategi ini adalah fokus yang tajam pada pengembangan mobil masa depan yang mencakup berbagai aspek inovasi.

Sebagai langkah awal dalam strategi pengembangan mobil masa depan telah memberikan perhatian khusus pada kendaraan listrik (EV). Perusahaan ini menyadari bahwa pasar kendaraan listrik semakin berkembang pesat dan memiliki potensi besar untuk mengubah paradigma industri otomotif. Brand ini telah mengumumkan rencana ambisius untuk menghadirkan serangkaian kendaraan listrik yang mencakup berbagai segmen pasar, mulai dari mobil penumpang hingga SUV mewah. Rangkaian ini akan mencakup mobil baterai sepenuhnya dan kendaraan hybrid plug-in, yang tidak hanya mendukung upaya pengurangan emisi gas rumah kaca, tetapi juga memberikan performa yang canggih dan pengalaman berkendara yang unik.

Selain itu, brand juga memiliki komitmen yang kuat dalam mengembangkan teknologi otonom atau self-driving. Industri otomotif mengalami revolusi besar dalam hal kendaraan otonom, dan BMW berusaha untuk tetap berada di garis depan inovasi ini. Perusahaan ini sedang mengembangkan sistem kemudi otomatis yang akan memungkinkan kendaraan untuk mengemudi sendiri dalam berbagai kondisi. Tujuannya adalah untuk memberikan tingkat kenyamanan dan keselamatan yang lebih tinggi kepada pengemudi serta mengurangi risiko kecelakaan dan kesalahan manusia dalam berkendara.

Selain mengembangkan teknologi otonom, brand juga mengarahkan perhatiannya pada pengembangan perangkat mengemudi bagi kendaraan kelas premium. Ini termasuk berbagai fitur canggih seperti sistem infotainment yang terintegrasi, konektivitas yang canggih, dan penggunaan kecerdasan buatan untuk meningkatkan pengalaman pengemudi. Brand ini memahami bahwa konsumen mobil kelas premium memiliki harapan yang lebih tinggi terhadap kenyamanan, kemewahan, dan fitur-fitur canggih dalam kendaraan mereka. Oleh karena itu, pengembangan teknologi ini merupakan langkah strategis dalam menjaga daya tarik merek BMW di segmen pasar yang sangat kompetitif.

Kunci dari strategi pengembangan mobil masa depan ini adalah mengintegrasikan inovasi teknologi dengan nilai-nilai inti seperti performa, kualitas, dan kenyamanan. Perusahaan ini memiliki komitmen untuk memastikan bahwa inovasi yang diterapkan pada kendaraan masa depan tidak hanya menghadirkan teknologi yang canggih, tetapi juga menjaga karakteristik unik yang telah menjadi ciri khas BMW selama bertahun-tahun.

Selain itu juga berfokus pada pengembangan solusi mobilitas berkelanjutan yang lebih luas. Mereka terus menjajaki cara-cara baru untuk mengintegrasikan teknologi, layanan, dan model bisnis yang mendukung mobilitas yang lebih efisien dan ramah lingkungan. Ini termasuk peluncuran layanan mobilitas berbagi seperti car sharing dan penyediaan layanan mobilitas yang terhubung secara digital.

Dalam menghadapi tantangan masa depan, BMW tidak hanya melihatnya sebagai peluang untuk berkembang, tetapi juga sebagai tanggung jawab untuk membentuk arah masa depan industri otomotif. Dengan strategi yang kuat dan komitmen yang mendalam terhadap inovasi bertujuan untuk tetap menjadi pemimpin dalam pengembangan mobil masa depan yang tidak hanya mengubah cara kita berkendara, tetapi juga menginspirasi perubahan positif dalam dunia transportasi dan lingkungan.

Manfaat Yang Didapatkan BMW Dari Strateginya

BMW telah meraih berbagai manfaat yang signifikan dari implementasi strategi-strategi yang mereka terapkan dalam pengembangan mobil dan layanan mereka. Berikut adalah beberapa manfaat yang diperoleh BMW dari seluruh strateginya:

  1. Keunggulan Kompetitif: Strategi fokus pada pengembangan mobil masa depan, termasuk kendaraan listrik, teknologi otonom, dan inovasi berbasis teknologi, memberikan keunggulan kompetitif di pasar otomotif. Mereka dapat memenuhi tuntutan konsumen yang semakin tinggi terhadap kendaraan yang lebih canggih, ramah lingkungan, dan berkualitas tinggi.
  2. Pertahankan Citra Merek: BMW telah lama dikenal sebagai merek otomotif yang menonjolkan performa, kemewahan, dan inovasi. Dengan terus berinovasi dan menghadirkan teknologi-teknologi baru dalam produk mereka berhasil mempertahankan citra merek yang kuat dan menjadi pilihan utama bagi konsumen yang mencari kendaraan berkualitas tinggi dan berperforma tinggi.
  3. Tanggap terhadap Perubahan Industri: Dalam menghadapi perubahan cepat di industri otomotif, BMW telah membuktikan diri sebagai pemain yang tanggap terhadap perubahan. Dengan fokus pada mobil listrik dan teknologi otonom siap untuk menghadapi masa depan di mana pasar otomotif semakin berorientasi pada kendaraan berkelanjutan dan berinteligensia buatan.
  4. Peningkatan Penjualan dan Pangsa Pasar: Dengan menghadirkan produk-produk inovatif yang sesuai dengan kebutuhan dan ekspektasi konsumen, brand mampu mempertahankan dan meningkatkan penjualan serta pangsa pasar. Permintaan yang tinggi terhadap mobil listrik dan teknologi terbaru juga memberikan kontribusi positif terhadap kinerja finansial perusahaan.
  5. Pengalaman Pelanggan yang Lebih Baik: Brand ini juga meraih manfaat dalam hal pengalaman pelanggan. Dengan layanan pelanggan yang dioptimalkan, termasuk layanan jemput antar dan pembaruan aftersales online mampu memberikan pengalaman yang lebih nyaman dan praktis bagi konsumennya. Ini dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan citra positif merek.
  6. Diversifikasi Produk dan Layanan: Melalui fokus pada teknologi otonom, mobil listrik, dan layanan mobilitas berkelanjutan, BMW berhasil melakukan diversifikasi produk dan layanan. Ini memungkinkan mereka untuk menjangkau berbagai segmen pasar dan memberikan solusi mobilitas yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi konsumen.
  7. Respons terhadap Tantangan Lingkungan: Strategi pengembangan mobil listrik dan upaya menuju mobilitas berkelanjutan membantu brand dalam merespons tantangan lingkungan. Dengan mengurangi emisi gas rumah kaca dan menghadirkan teknologi yang lebih efisien, mereka berkontribusi dalam menjaga lingkungan dan mendukung upaya global dalam mengatasi perubahan iklim.
  8. Inovasi dan Penelitian: Fokus pada inovasi dan pengembangan teknologi memberikan manfaat jangka panjang bagi BMW. Penelitian dan pengembangan yang dilakukan dalam pengembangan mobil listrik, teknologi otonom, dan layanan mobilitas berkelanjutan akan menghasilkan penemuan dan solusi yang dapat digunakan dalam produk masa depan dan mungkin juga di industri lain.

Dengan keseluruhan strategi yang mereka terapkan brand berhasil menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan inovasi berkelanjutan. Manfaat-manfaat ini membantu perusahaan dalam menjaga posisi mereka sebagai pemimpin di industri otomotif global dan memberikan kontribusi positif terhadap keberlanjutan merek BMW di masa depan.

Kesimpulan

Dalam artikel ini kami membahas mengenai strategi yang digunakan oleh BMW dalam pengembangan bisnisnya serta persaingan yang semakin kometitif. Kalian bisa banget nih contoh strategi yang mereka gunakan. Namun, buat kalian yang masih bingung dengan strategi marketing atau lainnya kamu juga bisa menggunakan jasa agency advertising profesional seperti Bithour Production.

Kami memiliki tim ahli yang siap membantu kamu dalam meningkatkan kinerja strategi pemasaran brand kamu dengan lebih efektif menggunakan strategi pemasaran terbaru. Selain itu, tim ahli kami juga dapat memberikan feedback atau masukan yang dapat kamu terapkan pada strategi marketing brand kamu. Untuk itu, jika kamu tertarik untuk menggunakan jasa kami, segera hubungi kami sekarang melalui link yang ada disini, atau kamu juga dapat mengunjungi website resmi di bithourproduction.com kami untuk dapat mengetahui lebih lanjut informasi mengenai layanan kami.

What’s your Reaction?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
BMW Keunggulan BMW MArketing Strategi BMW strategi marketing strategi pemasaran
By Hani Subakti

Give us your Reaction!

book

Brands in 2024 (How to Ride the HottesT Trend)

Bikin campaign sampai burn out? Kelas ini jawaban buat lo! Speaker yang expert as BM dengan pengalaman 7 tahun di 3 idustri berbeda. Dapatkan diskon 50% yang akan kita kirim ke email lo (Free 3 pdf marketing hacks)