10 Kesalahan Penggunaan Poster Sebagai Strategi Marketing yang Merugikan Brand Kamu

10 Kesalahan Penggunaan Poster Sebagai Strategi Marketing yang Merugikan Brand Kamu

Jan-14-2023

Adil

Poster adalah salah satu bentuk media promosi yang masih efektif dan juga efisien digunakan dalam strategi marketing. Namun, meskipun begitu, banyak perusahaan atau bisnis tertentu yang masih salah dalam menggunakan poster sebagai strategi marketing mereka.

Hal itu membuat strategi marketing mereka dengan menggunakan poster akan sulit mencapai target yang diharapkan. Beberapa kesalahan umum dalam menerapkan poster sebagai strategi marketing diantaranya adalah desain poster yang tidak relevan, bahan yang tidak berkualitas atau bahkan sesederhana salah dalam menempatkannya.

Hal ini tentunya akan sangat merugikan brand Anda dan menyebabkan kerugian baik dari uang maupun waktu. Untuk itu, demi membantu Anda agar tidak mengalami kerugian yang serupa, kami akan membantu Anda melalui artikel ini yang akan membahas 5 kesalahan yang sering dilakukan dalam penggunaan poster sebagai strategi pemasaran dan bagaimana Anda bisa menghindarinya untuk menjaga efektivitas promosi bisnis yang akan Anda lakukan.

Jika Anda ingin tahu pembahasan nya seperti apa, mari simak artikel berikut ini hingga habis.

Kesalahan Penggunaan Poster dalam Strategi Marketing

Berikut ini adalah beberapa kesalahan dalam penggunaan poster yang telah kami rangkum berdasarkan pengalaman dan juga pengetahuan yang kami miliki dalam mengoptimalkan poster untuk strategi marketing suatu bisnis.

1. Desain yang Buruk

Kesalahan pertama yang sering dilakukan ketika menggunakan poster sebagi startegi marketing adalah penggunaan desain yang buruk.

Desain yang buruk akan menyebabkan poster Anda tidak menarik perhatian atau tidak menyampaikan pesan yang Anda inginkan dengan baik. Untuk mencegah kesalahan ini terjadi pada Anda, pastikan desain poster Anda menarik perhatian dan mampu menyampaikan pesan yang Anda inginkan dengan jelas.

Jika tidak memiliki kemampuan desain yang baik alangkah lebih baik gunakan jasa profesional atau Anda juga dapat meminta bantuan Bithour Produciton selaku agency marketing yang dapat membantu Anda menciptakan desain poster yang menarik untuk bisnis Anda.

2. Penempatan yang Salah

10 Kesalahan Penggunaan Poster Sebagai Strategi Marketing yang Merugikan Brand Kamu
Sumber: detik.com

Kesalahan berikutnya yang umum dilakukan dalam menerapkan poster sebagai strategi marketing adalah penempatan yang salah.

Hal ini sering dilakukan oleh banyak brand karena marasa bahwasanya poster dapat ditempatkan dimana saja selama terlihat oleh mata. Namun hal ini jelas sangat salah, karena pada dasarnya dalam menempatkan poster perlu ada sebuah perencanaan yang matang untuk menentukan dimana poster itu akan diletakan.

Jika Anda ingin memasang suatu poster untuk mempromosikan bisnis Anda, pastikan tempat tersebut memenuhi beberapa kriteria seperti dapat poster Anda dilihat dengan jelas, banyak orang yang lewat dan juga ditempatkan sesuai dengan target konsumen Anda. Maksud dari target konsumen disini ialah menempatkan poster ditempat dimana target konsumen Anda berkumpul.

Sebagai contoh, jika Anda adalah brand yang menawarkan produk berupa barang-barang fashion dikalangan anak muda, maka pastikan poster tersebut Anda tempat atau pasang di daerah yang banyak anak mudanya, seperti cave ataupun taman tempat mereka biasa berkumpul.

3. Tidak Memperbaharui Poster

Kesalahan berikutnya yang umum dilakukan ketika menggunakan poster sebagai startegi marketing bisnis adalah tidak memperbaharui poster secara berkala.

Hal ini merupakan kesalahan yang cukup fatal bagi pelaku bisnis yang ingin menggunakan poster sebagai startegi marketing mereka, sebab pastinya produk ataupun brand Anda seiring berjalannya waktu akan mengalami perubahan baik dari segi inovasi, ide atau pesan yang ingin disampaikan kepada pelanggan. Selain itu, poster yang tidak diperbaharui juga membuat poster Anda terlihat ketinggalan zaman dan membosankan sehingga poster Anda malah akan diacuhkan oleh orang-orang yang melihatnya.

Oleh sebab itu, Untuk menghindari kesalahan ini, pastikan Anda memperbarui poster Anda secara teratur agar tetap relevan dan up-to-date.

4. Mengabaikan Analisis Data

10 Kesalahan Penggunaan Poster Sebagai Strategi Marketing yang Merugikan Brand Kamu
Sumber: unsplash.com

Kesalahan berikutnya yang sering dilakukan adalah mengabaikan analisis data.

Analisis data sendiri merupakan sebuah proses pengumpulan, pengorganisasian, dan penginterpretasian data untuk mengekstrak informasi yang berguna. Tujuan dari analisis data adalah untuk mencari pola, frekuensi, atau korelasi dalam data, serta untuk menemukan informasi yang dapat digunakan untuk membuat keputusan atau mengambil tindakan.

Atau secara sederhana dapat dijelaskan bahwa analisis data dalam hal ini berkaitan dengan tindakan evaluasi mengenai efektivitas poster dalam mencapai tujuan marketing yang Anda inginkan.

Contohnya, jika tujuan dari poster tersebut adalah meningkatkan jumlah pengunjung toko, maka data yang harus di analisis adalah jumlah pengunjung toko sebelum dan sesudah poster diterapkan. Jika terdapat peningkatan jumlah pengunjung toko setelah poster diterapkan, maka dapat dikatakan bahwa poster tersebut efektif dalam mencapai tujuan.

Jika tidak melakukan analisis data, Anda tidak akan tahu apakah poster Anda efektif atau tidak dalam mencapai tujuan marketing Anda. Oleh karena itu, melakukan analisis data adalah hal penting yang harus Anda lakukan agar dapat menentukan apakah perubahan harus dibuat atau tidak dalam strategi marketing Anda.

5. Tidak Mengikuti Trend

Faktanya marketing merupakan suatu hal yang selalu berubah dan berkembang sesuai trend yang terjadi saat itu. Hal itu membuat Anda harus selalu mengikuti trend yang sedang berkembang di masyarakat. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk selalu mengikuti trend yang sedang berkembang di masyarakat, karena jika tidak hal tersebut akan membuat poster Anda ketinggalan jaman dan tidak efektif dalam menjangkau audiens Anda.

Contoh, jika trend saat ini adalah penggunaan visual yang menarik, maka poster yang dibuat harus mengikuti trend ini dengan menggunakan desain yang menarik dan visual yang atraktif. Namun jika poster yang dibuat masih menggunakan desain yang ketinggalan zaman atau tidak menarik, maka poster tersebut tidak akan efektif dalam menjangkau audiens.\

6. Tidak Mengoptimalkan Warna

Kesalahan berikutnya adalah tidak mengoptimalkan penggunaan warna dalam poster.

Dalam poster, Anda tidak bisa sembarangan memadupadankan warna, hal itu karena jika warna yang Anda padukan ternyata tidak sesuai atau tidak konsisten, hal itu malah dapat menyebabkan poster Anda tidak menarik perhatian atau tidak mudah dikenali. Selain itu, pemilihan warna yang sembarangan juga dapat membuat poster Anda terlihat tidak profesional sehingga dapat membuat citra brand Anda terlihat tidak prefesional juga.

Oleh karena itu, untuk menghindari kesalahan ini, pastikan Anda menggunakan warna yang sesuai dengan brand Anda dan konsisten dalam setiap poster yang dibuat. Jika Anda merasa kesulitan dalam menentukan warna yang sesuai dalam poster Anda, cobalah untuk meminta bantuan pada jasa profesional agency marketing seperti Bithour Production.

7. Konten yang Kurang Kuat

Konten yang lemah atau tidak kuat yang dimaksud disini adalah konten yang tidak menarik. Sedangkan konten yang kuat adalah konten yang menarik dan memiliki pesan yang jelas yang dapat membuat audiens tertarik untuk melihat lebih jauh informasi yang ada dalam poster Anda.

Sebagai contoh, jika poster yang dibuat menawarkan produk baru yang inovatif, maka konten yang kuat yang dapat diterapkan adalah menampilkan fitur unik dari produk tersebut dan manfaat yang dapat diperoleh dari produk tersebut, ditambah dengan ilustrasi atau gambar yang menarik dari produk itu sendiri.

Penggunaan konten yang kuat dalam poster sangat penting untuk dilakukan, karena jika tidak menggunakan konten yang kuat, poster yang dibuat tidak akan efektif dalam menyampaikan pesan atau menarik perhatian audiens. Oleh karena itu penting untuk membuat konten yang kuat dan menarik agar poster dapat menyampaikan pesan dengan baik dan membuat audiens tertarik untuk melihat lebih jauh apa yang Anda tawarkan dalam bisnis Anda.

8. Tidak Menyertakan CTA

Kesalahan berikutnya yang sering dilakukan dan juga memiliki akibat yang fatal adalah tidak menyertakan CTA atau call to action yang jelas.

Call to Action sendiri adalah istilah dalam dunia pemasaran berupa kalimat perintah atau ajakan untuk mengarahkan audiens untuk melakukan tindakan tertentu. Tindakan ini dapat berupa mengunjungi website, mengisi formulir, membeli produk atau layanan, menghubungi perusahaan, atau melakukan tindakan lain yang diinginkan.

Jika poster Anda tidak menyertakan CTA yang jelas didalamnya, audiens mungkin tidak tahu tindakan yang harus dilakukan setelah melihat poster Anda. Hal Ini tentu sangat merugikan karena dapat menyebabkan kurangnya konversi atau efektivitas promosi yang rendah.

Oleh karena itu, penting untuk menyertakan CTA yang jelas dan mudah dipahami dalam poster yang akan Anda publikasikan, agar audiens tahu tindakan yang harus dilakukan setelah melihat poster Anda sehingga dapat meningkatkan konversi dari bisnis Anda.

9. Tidak Mengoptimalkan Ukuran dan Resolusi

Kesalahan berikutnya yang cukup fatal dilakukan adalah tidak mengoptimalkan ukuran dan resolusi dari poster.

Hal ini merupakan hal yang terkadang sering disepelekan banyak orang, padahal ukuran dan resolusi yang tidak sesuai dapat menyebabkan poster Anda tidak terlihat jelas dan tidak menarik perhatian. Untuk itu, Agar Anda dapat memaksimalkan poster untuk strategi marketing Anda, cobalah untuk memastikan ukuran dan resolusi poster Anda sesuai dengan lokasi yang akan digunakan dan tujuan yang ingin dicapai.

10. Tidak Menyediakan Dukungan Online

Kesalahan terakhir yang sering dilakukan dalam menggunakan poster untuk strategi marketing adalah tidak menyediakan dukungan online.

Tidak menyediakan dukungan online yang dimaksud disini ialah tidak memanfaatkan media digital seperti website, media sosial, atau email marketing untuk mendukung promosi yang dilakukan melalui poster.

Sebagai contoh, jika poster yang diterapkan pada toko fisik, maka dukungan online yang dapat diberikan adalah dengan menyediakan link website atau akun media sosial yang terkait dengan toko tersebut. Sehingga audiens yang melihat poster dapat mengetahui informasi lebih lanjut tentang produk atau layanan yang ditawarkan dan mempermudah audiens dalam proses pembelian.

Tanpa dukungan online, audiens mungkin kesulitan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang produk atau layanan yang ditawarkan dari poster yang mereka lihat. Oleh karena itu, penting untuk menyediakan dukungan online agar audiens dapat dengan mudah mengakses informasi lebih lanjut dan memudahkan proses pembelian.

Kesimpulan

Kami telah membahas 10 kesalahan yang sering dilakukan dalam penggunaan poster sebagai strategi pemasaran. Kesalahan-kesalahan ini meliputi desain yang buruk, penempatan yang salah, tidak memperbarui poster secara teratur, tidak menyediakan dukungan online dan masih banyak lagi.

Dengan mengetahui dan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat menjaga efektivitas promosi Anda dan memastikan bahwa poster Anda dapat mencapai tujuan marketing Anda dengan baik. Dan jika anda ingin memastikan promosi anda efektif dan tidak terkena kesalahan yang telah kami sebutkan di atas, Bithour Production sebagai agency marketing siap membantu anda dalam meningkatkan efektivitas promosi anda.

Kenapa Anda harus memilih kami? Jawaban sederhana nya ialah kami memiliki tim profesional yang akan membuat desain poster Anda menjadi lebih menarik, memastikan penempatan yang tepat, dan menganalisis data untuk memastikan bahwa poster anda dapat mencapai tujuan marketing sesuai keinginan Anda. Selain itu, kami juga akan memberikan berbagai referensi marketing untuk membantu Anda mengembangkan bisnis Anda sesuai dengan trend terbaru dalam bidang marketing.

Bithour Production juga menjamin akan memberikan solusi pemasaran yang inovatif dan efektif untuk membantu Anda mencapai tujuan bisnis Anda. Kami siap untuk bekerja sama dengan Anda untuk meningkatkan brand Anda dan membantu Anda mencapai kesuksesan. Untuk itu jangan ragu untuk menghubungi kami sekarang melalui link di sini! Untuk berdiskusi lebih lanjut tentang bagaimana kami dapat membantu Anda dalam mempromosikan bisnis Anda.

Penutup

Sekian informasi mengenai 10 kesalahan yang sering dilakukan dalam penggunaan poster sebagai strategi pemasaran, Sekian, terimakasih.

What’s your Reaction?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
agency marketing Bithour production brand Branding esalahan Penggunaan Poster Sebagai Strategi Marketing kesalahan marketing kesalahan poster marketing MArketing poster strategi psoter tips and trik
By Adil

Saya seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi yang sedang mendalami bidang digital marketing, serta memiliki keahlian dalam menulis berbagai berbagai jenis konten di berbagai media sosial

Give us your Reaction!

book

Brands in 2024 (How to Ride the HottesT Trend)

Bikin campaign sampai burn out? Kelas ini jawaban buat lo! Speaker yang expert as BM dengan pengalaman 7 tahun di 3 idustri berbeda. Dapatkan diskon 50% yang akan kita kirim ke email lo (Free 3 pdf marketing hacks)