Digital Ads vs TV Placement, Mana yang Terbaik untuk Promosikan Brand di Tahun 2023

Digital Ads vs TV Placement, Mana yang Terbaik untuk Promosikan Brand di Tahun 2023

Jan-16-2023

Adil

Siapapun pasti setuju bahwa promosi merupakan faktor penting dalam meningkatkan awareness dan menarik perhatian calon konsumen untuk brand yang dipromosikan.

Dalam era teknologi yang semakin maju seperti saat ini, ada dua pilihan utama untuk melakukan promosi, yaitu melalui digital ads atau melalui TV placement. Namun jika Anda bertanya, manakah yang lebih efektif? mari Anda simak artikel ini, yang kami buat untuk mengetahui mana yang lebih baik antara digital ads dan TV placement, dan menentukan siapa yang terbaik dalam mempromosikan brand Anda di Tahun 2023.

Berikut artikel mengenai Digital Ads vs TV Placement, Mana yang Terbaik untuk Promosikan Brand di Tahun 2023.

Pengertian Digital Ads dan TV Placement

Digital Ads atau iklan digital adalah iklan yang ditampilkan di internet, termasuk di dalamnya adalah iklan di media sosial, mesin pencari, atau website. Digital ads dapat diterbitkan dalam berbagai bentuk, seperti iklan banner, video, atau iklan interaktif, yang akan ditampilkan di situs web atau aplikasi.

Yang membuat digital ads menarik adalah ia dapat menargetkan secara spesifik target konsumen yang Anda tuju, seperti menargetkan audiens berdasarkan lokasi, demografi, minat, dan lain-lain. Platform yang digunakan untuk membuat dan menayangkan iklan digital Anda pun ada beraneka macam, antara lain: Google Adwords, Facebook Ads, Instagram Ads, dan lain-lain.

Berbeda dengan digital ads atau iklan digital, TV Placement adalah iklan yang ditayangkan di televisi. TV placement dapat diterbitkan dalam berbagai jenis format, seperti iklan cepat yang berdurasi sekitar 30 detik atau 60 detik.

Iklan ini ditayangkan di berbagai saluran televisi yang dapat diakses oleh berbagai jenis audiens. Hal inilah yang membuat iklan TV menarik, karena ia dapat menjangkau audiens dari berbagai usia dan latar belakang yang sangat luas. Namun, jika Anda ingin menggunakan jenis iklan yang satu ini, Anda harus bersiap untuk mengeluarkan biaya produksi dan publikasinya yang cukup tinggi, dan juga Anda harus paham bahwa iklan TV memiliki jangkauan audiens yang terbatas pada jam tayang iklan dan saluran televisi yang dipilih.

Untuk memudahkan Anda memilih antara mau menggunakan digital ads atau tv placement, barikut ini kami sudah merangkum beberapa kelebihan dan kekurangan digital ads dan tv placement.

Kelebihan Digital Ads

Digital Ads vs TV Placement, Mana yang Terbaik untuk Promosikan Brand di Tahun 2023
Sumber: henryharvin.com

Berikut adalah beberapa kelebihan dari digital ads yang telah kamoi rangkum untuk Anda.

1. Target Konsumen yang Spesifik

Kelebihan yang dimiliki oleh digital ads yang pertama adalah dapat menentukan target konsumen Anda secara spesifik. Dengan menggunakan digital ads, Anda dapat dengan mudah menentukan target konsumen Anda berdasarkan lokasi, demografi, minat, dan hal spesifik lainnya. Hal ini akan meningkatkan kemungkinan untuk mengarahkan iklan dari brand Anda ke audiens yang paling mungkin tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

2. Dapat Diukur dengan Mudah

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh digital ads adalah data yang diperoleh dapat diukur dengan mudah melalui tools analytics. Platform iklan digital seperti Google Adwords dan Facebook Ads menyediakan data yang berguna, seperti jumlah klik, tingkat konversi, dan lain-lain, yang dapat membantu brand Anda untuk mengevaluasi efektivitas iklan yang diterbitkan.

Sehingga jika Anda merasa bahwa target iklan Anda sudah terpenenuhi, Anda dapat memutuskan akan menggunakan strategi iklan yang sama atau akan menghentikan startegi tersebut dan menggantinya dengan startegi yang lain.

3. Biaya yang Lebih Rendah

Dibandingkan beriklan melalui televisi, untuk membuat dan menayangkan digital ads atau iklan digital hanya perlu mengeluarkan biaya yang jauh lebih rendah. Selain itu, perusahaan atau brand Anda dapat mengubah atau menghentikan iklan mereka dengan cepat dan mudah tanpa biaya tambahan sehingga mempermudah Anda ketika ingin melakukan evaluasi atau perubahan pada iklan Anda.

4. Interaktif

Iklan digital dapat memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan bagi audiens atau target konsumen Anda, hal itu karena iklan tersebut dapat di interaksikan dengan audiens.

Sebagai contoh, seperti iklan video yang memungkinkan audiens untuk mengklik tombol “learn more” atau iklan interaktif yang memungkinkan audiens untuk berinteraksi dengan produk melalui teknologi AR atau VR. Ini dapat meningkatkan engagement audiens dengan iklan dan meningkatkan efektivitas dari iklan yang diterbitkan.

5. Real Time Monitoring

Real time monitoring mengacu pada kemampuan untuk mengukur dan menganalisis hasil dari iklan digital secara real-time. Hal ini memiliki arti bahwa brand Anda dapat mengetahui hasil yang didapat dari iklan Anda segera setelah iklan diterbitkan,

Anda dapat mengetahui berbagai hasil yang diperoleh iklan Anda mulai dari bagaimana tanggapan audiens tentang iklan tersebut hingga berapa banyak audiens yang memberikan engagement mereka pada iklan tersebut. Hal ini tentunya akan memungkinkan perusahaan untuk dapat dengan cepat menyesuaikan dan mengoptimalkan iklan mereka sesuai dengan hasil yang diperoleh, sehingga membuat iklan lebih efektif dalam mencapai tujuan yang diinginkan.

Contohnya seperti menggunakan analytic tools, perusahaan dapat melacak jumlah klik, tayangan, dan konversi yang dihasilkan dari iklan digital yang diterbitkan. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengevaluasi efektivitas iklan dan membuat perubahan yang diperlukan untuk meningkatkan hasil yang diperoleh.

6. Dapat di Akses Secara Global

digital ads atau iklan digital dapat di akses oleh audiens dari seluruh dunia, sehingga memungkinkan perusahaan untuk menjangkau pasar global.

iklan digital juga memiliki potensi untuk diakses oleh audiens di seluruh dunia melalui internet. Hal ini menandakan bahwa perusahaan dapat menjangkau audiens di seluruh dunia dengan menempatkan iklan digital mereka di situs web atau platform media sosial yang memiliki jangkauan global. Hal ini sangat bermanfaat bagi perusahaan yang ingin menjangkau pasar global atau mempromosikan produk atau jasa yang dapat diakses oleh audiens di seluruh dunia.

Contohnya seperti menggunakan Google Ads, perusahaan dapat menempatkan iklan mereka di hasil pencarian Google di seluruh dunia. Atau menggunakan platform media sosial seperti Facebook atau Instagram, perusahaan dapat menjangkau audiens di seluruh dunia dengan menempatkan iklan di dalam platform tersebut. Ini memungkinkan perusahaan untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan potensi pemasaran global.

7. Pemasangan Iklan dapat Dilakukan dengan Cepat

Kelebihan terakhir yang dimiliki oleh iklan digital adalah dapat diterbitkan dengan cepat dan mudah. sehingga perusahaan dapat segera meningkatkan awareness dan menarik perhatian konsumen.

Sebagai contoh, perusahaan dapat menggunakan platform iklan online seperti Google Adwords, Facebook Ads, atau LinkedIn Ads untuk membuat dan menerbitkan iklan mereka. Proses ini dapat dilakukan dengan mudah dan cepat, sehingga perusahaan dapat segera mengarahkan iklan ke audiens yang diinginkan.

Selain itu, perusahaan juga dapat dengan mudah mengubah atau mengoptimalkan iklan yang diterbitkan sesuai dengan hasil yang diperoleh, tanpa harus menunggu proses produksi yang lama seperti iklan televisi.

Kekurangan Digital Ads

Berikut adalah beberapa kekurangan dari digital ads:

1. Konten Iklan yang Terlalu Banyak

Secara sederhana, jika terlalu banyak iklan yang diterbitkan dalam jangka waktu tertentu, ini dapat membuat audiens merasa jenuh dan kehilangan minat terhadap iklan yang diterima. Hal ini dapat menyebabkan rendahnya efektivitas iklan dan menurunnya hasil yang diperoleh dari iklan yang diterbitkan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memperhatikan konten jumlah iklan yang akan diterbitakan oleh brand Anda.

2. Overload Informasi

Banyaknya iklan yang ditampilkan di internet dapat menyebabkan audiens kehilangan minat untuk melihat iklan. Atau secara sederhana, dapat dijelaskan bahwa poin ini mengacu pada jumlah informasi yang diterima oleh audiens atau target market Anda yang terlalu banyak.

Sehingga hal itu dapat menyebabkan audiens kewalahan atau tidak dapat mencerna informasi yang diterima. Hal ini nantinya dapat menyebabkan rendahnya efektivitas iklan dan menurunnya hasil yang diperoleh dari iklan yang diterbitkan.

3. Memerlukan Skill Digital yang Baik

Perusahaan perlu memiliki seseorang yang punya skill digital yang baik untuk mengoptimalkan pemasangan iklan digital dan membuat iklan yang efektif. Hal itu dibutuhkan karena untuk dapat mengelola iklan digital dengan baik, perlu ada pengetahuan dan keterampilan yang cukup mengenai teknologi digital.

Contohnya seperti menggunakan platform iklan online, analisis data, atau teknologi interaktif. Jika individu atau perusahaan tidak memiliki skill digital yang baik, ia mungkin kesulitan dalam mengelola iklan digital dengan efektif dan mencapai hasil yang diinginkan.

4. Biaya yang Cenderung Meningkat

Biaya iklan digital dapat cenderung meningkat dari waktu ke waktu, terutama jika perusahaan ingin meningkatkan visibilitas iklannya atau menargetkan audiens yang lebih spesifik. Dimana semakin spesifik audiens atau target konsumen yang dituju, biasanya biaya yang perlu dikeluarkan oleh perusahaan Anda atau brand Anda juga akan semakin besar.

Hal ini dapat terjadi karena beberapa faktor seperti kompetisi yang semakin tinggi di ruang iklan digital, atau karena perusahaan harus mengeluarkan lebih banyak biaya untuk mencapai audiens yang diinginkan.

5. Privacy Concern

Privacy Concern yang dimaksud disini adalah kekhawatiran akan privasi pengguna yang mungkin terganggu oleh iklan digital yang diterima. Hal ini dapat terjadi karena iklan digital seringkali ditargetkan berdasarkan data personal penggunanya, seperti lokasi, minat, atau aktivitas online. Oleh sebab itu, beberapa orang mungkin merasa tidak nyaman dengan pengumpulan dan penggunaan data personal mereka untuk tujuan iklan.

Kelebihan TV Placement

Digital Ads vs TV Placement, Mana yang Terbaik untuk Promosikan Brand di Tahun 2023
Sumber: yam112003.com

Berikut adalah kelebihan dari TV placement yang dapat disebutkan secara lengkap:

1. Dapat Mencapai Audiens yang Luas

TV placement dapat menjangkau audiens yang luas karena sifatnya yang masif dan ditonton oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan televisi adalah salah satu media yang paling banyak digunakan di seluruh dunia dan dapat diakses oleh berbagai kelompok usia dan latar belakang.

TV placement dapat menjangkau audiens yang luas dengan menayangkan iklan selama acara yang ditonton oleh banyak orang, seperti acara berita, acara olahraga, atau acara hiburan populer. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengarahkan iklan ke audiens yang lebih luas dan meningkatkan efektivitas promosi brand. Selain itu, TV placement juga dapat menjangkau audiens yang tidak dapat dijangkau melalui media digital seperti orang yang tidak memiliki akses internet atau orang yang lebih suka menonton televisi daripada menggunakan internet.

2. Dapat Mencapai Audiens yang Berbeda

mengacu pada kemampuan TV placement untuk menjangkau audiens yang berbeda dari berbagai usia, gender, lingkungan sosial dan ekonomi, atau latar belakang. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengarahkan iklan yang sesuai dengan target audiens yang diinginkan, sehingga meningkatkan efektivitas promosi brand.

Contohnya, jika perusahaan ingin menjangkau pasar anak-anak, mereka dapat menempatkan iklan pada program televisi yang ditujukan untuk anak-anak. Sebaliknya, jika perusahaan ingin menjangkau pasar dewasa, mereka dapat menempatkan iklan pada program televisi yang ditujukan untuk dewasa.

Meskipun target audiens yang dapat ditargetkan tidak terlalu spesifik seperti menggunakan digital ads, akan tetapi hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan lain ketika ingin menggunakan digital ads atau TV placement dalam iklan promosi brand Anda.

3. Dapat memberikan kesan profesional

fakta bahwa TV placement dapat memberikan kesan yang profesional pada audiens karena iklan yang diterbitkan di media televisi dianggap sebagai media yang serius dan terpercaya.

Media televisi dianggap sebagai salah satu media paling kredibel dan dipercayai oleh banyak audiens, dan karena itu iklan yang diterbitkan di televisi dianggap sebagai iklan yang serius dan memiliki kualitas yang baik. Hal ini dapat meningkatkan citra perusahaan atau brand Anda dan meningkatkan kepercayaan audiens Anda terhadap produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan Anda.

Selain itu, iklan televisi juga dapat digabungkan dengan teknologi produksi yang canggih seperti efek visual yang menarik dan musik yang menyenangkan, membuat iklan menjadi terlihat lebih menarik dan lebih profesional. Ini dapat meningkatkan kesan yang baik bagi para audiens yang menonton iklan brand Anda sehingga kesan yang ditinggalkan pada audiens akan meningkatkan efektivitas promosi brand Anda.

4. Menayangkan Iklan dengan Durasi yang Panjang

Kelebihan TV placement yang terakhir dari daftar kami ialah ia mampu menayangkan iklan dengan durasi yang lebih panjang dibandingkan dengan iklan digital. Ini meruapakan kesempatan yang bagus bagi perusahaan Anda untuk menyampaikan pesan yang lebih detail dan kompleks kepada audiens Anda mengenai produk yang ingin Anda tawarkan pada mereka.

Selain itu, durasi yang lebih panjang juga memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk menciptakan iklan yang lebih kreatif dan menarik, yang dapat meningkatkan brand awareness dan membuat iklan lebih efektif dalam meningkatkan penjualan.

Contohnya, sebuah perusahaan mobil dapat menayangkan iklan dengan durasi 1 menit yang menunjukkan fitur-fitur mobil, menampilkan mobil dalam aksi, dan menampilkan testimoni pelanggan yang merasa puas dengan mobil tersebut. Dengan durasi yang lebih panjang, perusahaan dapat menyampaikan informasi lainnya juga yang lebih detail dan kompleks tentang mobil, sehingga audiens dapat lebih memahami keunggulan produk dan alasan mengapa mereka harus membeli produk tersebut.

Kekurangan TV Placement

Berikut adalah kekurangan dari TV placement yang dapat disebutkan secara lengkap:

1. Biaya yang Tinggi

Fakta bahwa biaya produksi dan tayang iklan di televisi cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan iklan digital memang bukan rahasia umum lagi. Hal inilah yang malah dapat menyebabkan perusahaan yang memiliki anggaran yang terbatas kesulitan untuk mengeluarkan biaya yang dibutuhkan untuk menayangkan iklan di televisi.

Dimana ada banyak biaya yang perlu dipersiapkan dalam produksi iklan televisi, yang meliputi biaya produksi iklan itu sendiri, seperti biaya penulisan naskah, pengambilan gambar, pengeditan, dan pembuatan efek visual. Dan juga ada biaya tayang iklan di televisi, yang dapat meliputi biaya sewa waktu siaran, yang dapat variatif tergantung pada jenis acara yang iklan ditayangkan dan slot waktu yang dipilih.

Selain itu, jika perusahaan ingin menayangkan iklan di beberapa stasiun televisi secara bersamaan, maka biaya yang dibutuhkan akan semakin tinggi. Hal ini dapat menyebabkan perusahaan yang memiliki anggaran yang terbatas kesulitan untuk mengeluarkan biaya yang dibutuhkan untuk menayangkan iklan di televisi.

Dalam beberapa kasus, bahkan perusahaan juga harus membayar biaya tambahan seperti biaya untuk menyewa studio atau peralatan tambahan lainnya, yang dapat menambah biaya produksi dan tayang iklan di televisi.

Karena itu, bagi Anda yang tertarik untuk membuat iklan di TV placement untuk perusahaan atau brand Anda, sebaiknya Anda harus mulai mempertimbangkan hal tersebut dengan matang, karena biaya yang dibutuhkan untuk menayangkan iklan di televisi seringkali tidak sebanding dengan potensi hasil yang diharapkan.

2. Targeting yang Kurang Spesifik

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, TV placement kurang dapat ditargetkan ke audiens yang spesifik seperti iklan digital. Hal ini yang dapat membuat iklan yang Anda terbitkan tidak selalu dapat mencapai target sesuai dengan target audience yang Anda inginkan.

3. Kontrol yang Kurang

Perusahaan yang menayangkan iklan di televisi memiliki kontrol yang lebih sedikit atas waktu tayang, jenis acara yang iklan ditayangkan, dan jumlah tayangan iklan yang diterima oleh audiens.

Perusahaan yang menayangkan iklan di televisi harus menyesuaikan jadwal tayang iklan dengan jadwal acara televisi yang tersedia. Ini berarti perusahaan mungkin harus menunggu beberapa waktu sebelum iklan dapat ditayangkan. Selain itu, perusahaan juga harus menyesuaikan jenis acara yang iklan ditayangkan dengan target audiencenya. Misalnya, jika perusahaan ingin mengarahkan iklan kepada audiens yang menyukai olahraga, maka iklan harus ditayangkan pada acara olahraga.

Selain itu, perusahaan juga kurang dapat mengontrol jumlah tayangan iklan yang diterima oleh audiens. Beberapa audiens mungkin menonton acara televisi pada saat iklan ditayangkan, sementara yang lain mungkin tidak. Hal ini dapat menyebabkan variasi dalam jumlah audiens yang dapat dijangkau oleh iklan.

4. Mekanisme Monitoring yang Lebih Sulit

Mekanisme monitoring atau evaluasi hasil dari iklan televisi lebih sulit dilakukan dibandingkan dengan iklan digital. Hal ini dapat menyebabkan perusahaan Anda kurang dapat mengevaluasi efektivitas iklan yang diterbitkan.

Contohnya, pada iklan digital, perusahaan dapat dengan mudah melacak jumlah klik, tayangan, dan konversi yang dihasilkan oleh iklan. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk dengan mudah mengevaluasi efektivitas iklan dan membuat perubahan jika diperlukan. Namun, pada TV placement, perusahaan kurang dapat melacak jumlah audiens yang menonton iklan dan interaksi yang dihasilkan oleh iklan. Hal ini dapat menyulitkan perusahaan dalam mengevaluasi efektivitas iklan dan mengambil tindakan jika diperlukan.

Beberapa metode yang digunakan untuk melacak efektivitas iklan televisi adalah melalui survei audiens, rating acara televisi, atau melalui analisis data pasar. Namun, metode-metode ini dapat memberikan hasil yang kurang akurat dibandingkan dengan metode yang digunakan dalam iklan digital.

Digital Ads vs TV Placement, Mana yang Terbaik?

Pemilihan antara digital ads atau TV placement untuk promosi brand di tahun 2023 tergantung pada tujuan dan target audience yang ingin dicapai oleh perusahaan.

Digital ads memiliki kelebihan dalam targeting audiens yang spesifik dan biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan TV placement. Perusahaan dapat mengarahkan iklan ke audiens yang paling mungkin tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Selain itu, perusahaan juga dapat dengan mudah mengukur efektivitas iklan yang diterbitkan melalui analytics. Namun, masalah fraud atau penipuan, overload informasi dan kebutuhan akan device dan koneksi internet yang stabil dapat menjadi kekurangan dari digital ads.

TV placement memiliki kelebihan dalam jangkauan audiens yang luas dan konten iklan yang dapat dirasakan secara emosional. Iklan televisi dapat menyampaikan pesan dengan lebih visual dan meninggalkan kesan yang kuat pada konsumen. Selain itu, TV placement dapat digunakan untuk iklan produk baru dan meningkatkan brand awareness. Namun, biaya produksi dan tayangan yang tinggi dan konten iklan yang kurang dapat diukur dapat menjadi kekurangan dari TV placement.

Jadi, dalam menentukan pilihan antara digital ads atau TV placement, perusahaan harus mempertimbangkan tujuan dan target audience yang ingin dicapai.

Kesimpulan

Dalam mengejar tujuan dan mencapai target audience yang diinginkan, pemilihan antara digital ads atau TV placement dapat menjadi tantangan. Namun, dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari kedua jenis iklan, perusahaan dapat membuat keputusan yang tepat untuk meningkatkan efektivitas promosi brand.

Di Bithour Production, kami menawarkan layanan agency marketing yang dapat membantu perusahaan dalam menentukan pilihan antara digital ads atau TV placement. Kami dapat membantu dalam mengevaluasi tujuan dan target audience, serta membuat strategi iklan yang tepat untuk mencapai hasil yang diinginkan. Selain itu, kami juga dapat menyediakan layanan produksi iklan untuk mendukung kampanye iklan yang diterbitkan.

Jika Anda tertarik untuk bekerja sama dengan kami, maka jangan ragu untuk menghubungi kami melalui website resmi kami bithourproduction.com atau klik di sini agar kami dapat segera membantu Anda untuk mempromosikan brand Anda di tahun 2023 dan mencapai kesuksesan yang seperti Anda inginkan.

Penutup

Itulah pembahasan singkat mengenai Digital Ads vs TV Placement, Mana yang Terbaik untuk Promosikan Brand di Tahun 2023. semoga artikel ini dapat membantu Anda menentukan strategi promosi yang tepat untuk mempromosikan bisnis Anda.

What’s your Reaction?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
adsense agency marketing Digital ads digital ads vs iklan tv iklan digital Iklan Tv iklan tv dan digital ads MArketing periklanan teknik iklan teknik marketing TV tv placement vs digital ads tvc vs digital ads
By Adil

Saya seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi yang sedang mendalami bidang digital marketing, serta memiliki keahlian dalam menulis berbagai berbagai jenis konten di berbagai media sosial

Give us your Reaction!

book

Brands in 2024 (How to Ride the HottesT Trend)

Bikin campaign sampai burn out? Kelas ini jawaban buat lo! Speaker yang expert as BM dengan pengalaman 7 tahun di 3 idustri berbeda. Dapatkan diskon 50% yang akan kita kirim ke email lo (Free 3 pdf marketing hacks)