Konsumen Tidak Kembali? Berikut Cara Membuat Loyalty Program, 100% Tingkatkan Loyalitas

Konsumen Tidak Kembali? Berikut Cara Membuat Loyalty Program, 100% Tingkatkan Loyalitas

10 min to read

Nov-14-2022

Adil

Dalam dunia bisnis yang kompetitif saat ini, menjaga kesetiaan atau loyalitas pelanggan merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam menjalankan bisnis. Namun, sering kali, suatu bisnis menghadapi tantangan dalam mempertahankan pelanggan yang telah mereka dapatkan. Dimana pelanggan dapat dengan mudah beralih ke pesaing atau kompetitor jika mereka tidak merasa dihargai atau jika mereka menemukan tawaran yang lebih menarik dari yang ditawarkan oleh bisnis Anda.

Untuk mengatasi tantangan ini, saat ini banyak perusahaan yang telah mengadopsi sebuah program loyalitas atau dikenal dengan loyalty program. Dimana, dalam program ini suatu perusahaan bermaksud untuk membangun ikatan yang lebih kuat antara perusahaan dan pelanggan, mendorong mereka untuk tetap setia, dan memberikan insentif untuk terus bertransaksi dengan bisnis mereka.

Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan membahas cara membuat loyalitas program yang baik serta kami juga akan membahas mengapa loyalty program sangat penting bagi bisnis Anda. Tanpa berlama-lama lagi mari simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Apa Itu Loyalty Program

Konsumen Tidak Kembali? Berikut Cara Membuat Loyalty Program, 100% Tingkatkan Loyalitas

Loyalty program adalah sebuah program yang dirancang oleh bisnis untuk mendorong dan mempertahankan loyalitas pelanggan. Program ini menawarkan berbagai insentif, hadiah, atau manfaat khusus kepada pelanggan yang sering bertransaksi atau melakukan interaksi dengan bisnis tersebut. Tujuan utama dari loyalty program adalah untuk membangun hubungan yang kuat antara pelanggan dan bisnis, mendorong pelanggan untuk tetap setia, dan meningkatkan frekuensi pembelian atau penggunaan produk atau layanan.

Loyalty program umumnya melibatkan penggunaan kartu keanggotaan, program poin, atau sistem level yang memberikan penghargaan berdasarkan aktivitas pelanggan. Contohnya, pelanggan dapat mengumpulkan poin setiap kali mereka melakukan pembelian dan kemudian menukar poin tersebut dengan diskon, hadiah, atau layanan tambahan. Program ini juga dapat menawarkan keanggotaan eksklusif dengan manfaat seperti akses awal ke produk baru, penawaran khusus, atau pengalaman unik yang tidak tersedia untuk pelanggan biasa.

Dengan memanfaatkan loyalty program, suatu dapat mencapai beberapa manfaat. mulai dari membantu mengurangi tingkat churn atau pelanggan yang beralih ke pesaing ataupun memungkinkan mereka untuk mengumpulkan data dan wawasan pelanggan yang berharga.

Tujuan Loyalty Program

Konsumen Tidak Kembali? Berikut Cara Membuat Loyalty Program, 100% Tingkatkan Loyalitas

Suatu bisnis atau perusahaan umumnya harus memiliki tujuan khusus ketika mengadakan loyalty program. Hal ini bertujuan agar dapat membantu mereka menentukan apakah hasil dari loyalty program yang mereka adakan sudah sesuai dengan yang diharapakan atau tidak. Beberapa tujuan yang umum digunakan oleh perusahaan atau bisnis dalam loyalty program diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Penjualan

Tujuan utama dari loyalty program adalah meningkatkan penjualan melalui peningkatan loyalitas pelanggan. Dengan mengimplementasikan program yang efektif, bisnis dapat membangun hubungan yang lebih erat dengan pelanggan dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian lebih sering dan dalam jumlah yang lebih besar.

Melalui loyalty program, pelanggan diberikan insentif dan manfaat khusus sebagai penghargaan atas kesetiaan mereka. Hal ini menciptakan motivasi tambahan bagi pelanggan untuk tetap memilih produk atau layanan dari bisnis tersebut daripada beralih ke pesaing. Insentif seperti diskon eksklusif, poin yang dapat ditukar dengan hadiah, atau akses ke penawaran khusus memberikan dorongan kepada pelanggan untuk memanfaatkan manfaat yang mereka peroleh dengan tetap bertransaksi dengan bisnis tersebut.

Dengan adanya program loyalitas yang berhasil, pelanggan merasa dihargai dan terhubung secara emosional dengan merek. Mereka cenderung memiliki kecenderungan untuk memprioritaskan bisnis tersebut dalam keputusan pembelian mereka. Ini berarti mereka lebih mungkin untuk melakukan pembelian berulang dan meningkatkan frekuensi pembelian mereka. Selain itu, pelanggan juga dapat cenderung meningkatkan nilai rata-rata pembelian mereka, terinspirasi oleh manfaat yang mereka terima melalui program loyalitas.

2. Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan

Tujuan lain dari loyalty program adalah meningkatkan keterlibatan pelanggan. Dengan keterlibatan yang lebih tinggi, pelanggan cenderung lebih terikat secara emosional dan aktif berinteraksi dengan bisnis Anda, menghasilkan hubungan yang lebih kuat dan berkelanjutan.

Melalui program loyalitas, pelanggan diberikan kesempatan untuk terlibat dalam berbagai aktivitas dan pengalaman yang relevan dengan merek Anda. Ini dapat mencakup partisipasi dalam program poin, kompetisi atau kontes, akses ke acara khusus atau penawaran eksklusif, atau bahkan pengalaman pribadi yang dibuat khusus untuk mereka.

Dengan memberikan peluang ini, loyalty program mendorong pelanggan untuk lebih aktif berinteraksi dengan bisnis Anda. Mereka dapat memantau poin mereka, mengikuti perkembangan program, dan berpartisipasi dalam promosi atau kegiatan yang ditawarkan. Hal ini meningkatkan keterlibatan mereka dengan merek Anda, membuat mereka merasa lebih terlibat dan terlibat secara langsung dengan bisnis Anda.

Keterlibatan yang lebih tinggi juga menciptakan peluang untuk berinteraksi secara lebih mendalam dengan pelanggan. Misalnya, melalui program loyalitas, Anda dapat mengumpulkan data dan umpan balik dari pelanggan, mempelajari preferensi mereka, dan memahami kebutuhan mereka dengan lebih baik. Informasi ini dapat digunakan untuk mempersonalisasi pengalaman pelanggan, menawarkan rekomendasi yang lebih relevan, atau mengembangkan produk atau layanan baru yang sesuai dengan keinginan mereka.

Dengan meningkatnya keterlibatan pelanggan melalui loyalty program, Anda membangun hubungan yang lebih erat dengan mereka. Sehingga nantinya, mereka akan lebih merasa dihargai dan terlibat dalam perjalanan bisnis Anda, yang pada gilirannya dapat meningkatkan loyalitas mereka. Keterlibatan pelanggan yang tinggi juga dapat menciptakan peluang untuk menghasilkan “advocates” atau penggemar merek yang setia, yang secara aktif merekomendasikan dan mempromosikan bisnis Anda kepada orang lain.

3. Meningkatkan Retensi Pelanggan

Tujuan ketiga dari loyalty program adalah meningkatkan retensi pelanggan. Retensi pelanggan adalah kemampuan untuk mempertahankan pelanggan dalam jangka waktu yang lebih lama dan mengurangi tingkat churn atau pelanggan yang beralih ke pesaing.

Melalui program loyalitas, bisnis dapat menciptakan insentif dan manfaat khusus yang dirancang untuk membuat pelanggan tetap setia. Pelanggan yang merasa dihargai dan mendapatkan nilai tambahan dari bisnis cenderung lebih mungkin untuk tetap memilih produk atau layanan tersebut daripada mencari alternatif di tempat lain.

Program loyalitas dapat menawarkan keanggotaan eksklusif yang memberikan akses ke penawaran khusus, diskon atau harga istimewa, atau hadiah berkelanjutan. Dengan memberikan manfaat ini secara konsisten kepada pelanggan yang loyal, bisnis menciptakan alasan kuat bagi mereka untuk tetap bertransaksi dengan bisnis tersebut.

Selain itu, program loyalitas juga membangun ikatan emosional antara pelanggan dan merek. Pelanggan merasa terhubung secara lebih mendalam dengan bisnis dan merasa diakui sebagai bagian dari komunitas yang setia. Hal ini menciptakan hubungan yang lebih erat dan membuat pelanggan cenderung untuk memilih kembali bisnis tersebut dalam jangka waktu yang lebih lama.

Dengan meningkatnya retensi pelanggan melalui loyalty program, bisnis dapat mengurangi biaya akuisisi pelanggan baru. Menarik pelanggan baru seringkali membutuhkan upaya dan sumber daya yang lebih besar daripada mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Dengan mempertahankan pelanggan setia, bisnis dapat mengoptimalkan efisiensi operasional dan meningkatkan profitabilitas jangka panjang.

Meningkatkan retensi pelanggan melalui loyalty program juga berdampak positif pada citra merek dan reputasi bisnis. Pelanggan yang loyal memiliki kecenderungan untuk memberikan testimonial positif, merekomendasikan bisnis kepada orang lain, dan menciptakan dampak positif pada citra merek secara keseluruhan.

Ketika Anda telah menentukan tujuan program loyalitas Anda, Anda kemudian dapat mulai memikirkan jenis insentif apa yang akan menarik bagi pelanggan dan membuatnya sepadan dengan waktu mereka. Namun, penting untuk diingat bahwa insentif untuk program loyalitas tidak perlu terbatas pada diskon atau poin. Faktanya, banyak perusahaan telah menemukan kesuksesan dengan jenis hadiah lainnya, seperti pengiriman gratis atau akses ke konten eksklusif.

Oleh karena itu, Jika Anda berpikir untuk menerapkan program loyalitas, kami sarankan Anda untuk melihat contoh sukses dari merek atau industri lain yang mungkin dapat menjadi inspirasi untuk menentukan jenis hadiah apa yang paling cocok untuk bisnis dan basis pelanggan Anda.

Manfaat Loyalty Program Bagi Bisnis

Konsumen Tidak Kembali? Berikut Cara Membuat Loyalty Program, 100% Tingkatkan Loyalitas

Program loyalitas telah menjadi strategi yang sangat efektif dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat. Bisnis dari berbagai sektor telah mengakui nilai penting yang dimiliki oleh program ini dimana mereka dapat memperoleh banyak manfaat dengan mengadakan loyalty program yang baik. Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh suatu bisnis ketika mengadakan loyalty program yang baik:

1. Peningkatan Penjualan

Manfaat loyalty program yang pertama adalah peningkatan penjualan. Melalui program loyalitas, suatu bisnis dapat mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian lebih sering dan dalam jumlah yang lebih besar.

Dengan memberikan insentif dan manfaat khusus kepada pelanggan yang aktif, program ini membangun hubungan yang lebih erat antara bisnis dan pelanggan. Hal ini tentunya dapat meningkatkan loyalitas pelanggan, membuat mereka lebih cenderung untuk memilih bisnis tersebut daripada pesaing. Yang pada akhirnya, bisnis dapat mencapai pertumbuhan penjualan yang signifikan dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

2. Kepuasan Pelanggan

Manfaat loyalty program yang kedua adalah peningkatan kepuasan pelanggan. Melalui program loyalitas yang efektif, bisnis dapat memberikan nilai tambah kepada pelanggan, seperti insentif, hadiah, atau pengalaman khusus. Hal ini nantinya akan membuat pelanggan merasa dihargai dan diperhatikan oleh bisnis tersebut.

Dengan mendapatkan manfaat yang eksklusif, pelanggan akan menjadi lebih puas dengan pengalaman mereka dan lebih cenderung kembali bertransaksi dengan bisnis tersebut. Selain itu, kepuasan pelanggan yang tinggi membawa dampak positif, seperti peningkatan retensi, peningkatan rekomendasi kepada orang lain, dan citra merek yang lebih positif. Tidak hanya itu, pelanggan yang puas cenderung lebih loyal, menghasilkan pendapatan yang berkelanjutan dan pertumbuhan bisnis yang lebih baik.

3. Peningkatan Loyalitas Merek

Manfaat loyalty program ketiga adalah peningkatan loyalitas merek. Dengan membangun program loyalitas yang efektif, bisnis dapat menciptakan ikatan emosional yang kuat antara pelanggan dan merek. Dimana dalam program ini, bisnis akan memberikan insentif, penghargaan, dan pengalaman khusus kepada pelanggan yang tetap setia, sehingga dapat menciptakan rasa keterikatan yang mendalam terhadap bisnis tersebut.

Melalui tindakan tersebut, pelanggan akan cenderung menjadi lebih loyal pada mereka sehingga akan memilih produk atau layanan dari bisnis tersebut secara konsisten dan bukan tidak mungkina, mereka akan merekomendasikan bisnis tersebut kepada orang lain disekitar mereka. Hal ini, tentunya dapat membantu meningkatkan kesadaran merek, memperluas basis pelanggan, dan menciptakan promosi positif yang berkelanjutan, yang pada gilirannya memperkuat posisi bisnis di pasar dan meningkatkan pertumbuhan bisnis dengan lebih baik.

4. Peningkatan Produktivitas & Tingkat Retensi Karyawan

Manfaat loyalty program keempat adalah peningkatan produktivitas dan tingkat retensi karyawan. Dengan adanya program loyalitas yang efektif, bisnis dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan karyawan. Karyawan yang merasa dihargai dan diberikan penghargaan atas kontribusi mereka lebih cenderung tetap bekerja dengan bisnis dalam jangka panjang.

Hal ini, tuntunya dapat mengurangi tingkat pergantian karyawan, meminimalkan biaya perekrutan dan pelatihan, serta mempertahankan keahlian dan pengetahuan yang berharga di dalam organisasi. Selain itu, karyawan yang merasa dihargai dan memiliki ikatan emosional dengan perusahaan cenderung lebih termotivasi, berdedikasi, dan produktif, yang pada akhirnya berdampak positif pada kinerja dan kesuksesan bisnis secara keseluruhan.

5. Mengurangi Kemungkinan Hilangnya Pelanggan

Manfaat loyalty program yang terakhir adalah mengurangi kemungkinan hilangnya pelanggan. Dengan memberikan insentif dan manfaat kepada pelanggan yang setia, program loyalitas membantu mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

Hal itu dikarenakan, pelanggan akan cenderung merasa dihargai dan terikat emosional dengan bisnis yang memberikan penghargaan atas kesetiaan mereka. Hal ini tentunya akan mengurangi risiko kehilangan pelanggan ke pesaing dan mempertahankan pangsa pasar yang stabil. Dengan mempertahankan pelanggan yang sudah ada, nantinya bisnis dapat menghindari biaya akuisisi pelanggan baru yang lebih tinggi dan meningkatkan keuntungan jangka panjang.

Efek Tidak Mengadakan Loyalty Program

Walaupun mengadakan loyalty program bukanlah keharusan, akan tetapi akan ada dampak yang cukup signifikan jika Anda tidak mengadakannya, khsusnya bagi bisnis yang sudah memiliki cukup banyak pelanggan. Beberapa efek yang dapat muncul tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Resiko Kehilangan Pelanggan

Dalam lingkungan bisnis yang kompetitif, pelanggan memiliki banyak pilihan dan dapat dengan mudah beralih ke pesaing jika tidak ada insentif atau keuntungan khusus yang ditawarkan. Untuk itu, tanpa adanya loyalty program, suatu bisnis berisiko semakin besar untuk kehilangan pelanggan yang telah berinvestasi waktu dan uang dalam hubungan dengan bisnis.

Hal ini nantinya dapat menyebabkan penurunan pendapatan, penurunan pangsa pasar, dan menimbulkan biaya yang tinggi untuk mencari pelanggan baru. Oleh karena itu, mengadakan loyalty program menjadi penting untuk meminimalkan risiko kehilangan pelanggan dan menjaga kestabilan bisnis.

2. Memperoleh Citra Buruk

Efek negatif dari tidak mengadakan loyalty program berikutnya adalah dapat memperoleh citra buruk. Dimana ketika bisnis Anda tidak memiliki program loyalitas yang kompetitif, pelanggan dapat merasa kurang dihargai dan tidak mendapatkan manfaat tambahan untuk tetap setia pada merek tersebut. Hal ini, tentunya dapat mengakibatkan ketidakpuasan pelanggan, yang pada gilirannya dapat menyebabkan mereka mencari alternatif dari pesaing yang menawarkan program loyalitas yang lebih menarik.

Initnya, dengan tidak memiliki program loyalitas, bisnis Anda akan kehilangan pelanggan yang seharusnya setia pada Anda. Namun, beberapa upaya pemasaran dari mulut ke mulut yang baik mungkin dapat berhasil membujuk mereka untuk kembali… tetapi itu juga tidak dijamin!

Cara Membuat Loyalty Program Untuk Tingkatkan Loyalitas

Setelah mengetahui beberapa hal dasar mengenai loyalty program kini saatnya Anda mengetahui beberapa cara membuat loyalty program yang baik untuk dapat meningkatkan loyalitas pelanggan Anda. Berikut kami telah merangkum beberapa cara sederhana untuk membuat loyalty program:

1. Melakukan Polling Pada Pengikut Anda

Cara pertama untuk membuat loyalty program adalah dengan melakukan polling pada pengikut atau pelanggan Anda. Ini melibatkan interaksi langsung dengan pelanggan dan meminta masukan mereka tentang preferensi, kebutuhan, dan harapan mereka terhadap program loyalitas. Dengan melakukan polling, Anda dapat memperoleh wawasan yang berharga tentang apa yang penting bagi pelanggan Anda, jenis insentif yang mereka inginkan, dan bagaimana mereka ingin terlibat dalam program.

Langkah pertama untuk melakukan polling pada pelanggan Anda adalah dengan menentukan pertanyaan yang relevan dan bermakna untuk dimasukkan dalam polling. Pertanyaan dapat berkaitan dengan jenis insentif yang paling menarik bagi mereka, apakah itu diskon, hadiah, penawaran eksklusif, atau fitur lainnya. Anda juga dapat menanyakan sejauh mana mereka ingin terlibat dalam program, apakah mereka ingin mengumpulkan poin, menjadi anggota level atau mendapatkan manfaat tambahan.

Setelah menentukan pertanyaan, Anda dapat meluncurkan polling kepada pengikut Anda melalui berbagai saluran komunikasi, seperti media sosial, email, atau survei online. Pastikan memberikan penjelasan yang jelas tentang tujuan polling dan memberikan insentif kecil, seperti kupon diskon atau hadiah kecil, sebagai apresiasi atas partisipasi mereka.

Ketika polling sudah selesai, Anda dapat menganalisis dan tinjau hasilnya. Identifikasi tren, preferensi umum, dan keinginan pelanggan berdasarkan data yang diperoleh. Gunakan hasil polling ini sebagai pedoman untuk merancang dan mengembangkan program loyalitas yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan Anda.

Dengan melakukan polling pada pengikut Anda, hal ini akan membantu Anda memastikan bahwa program loyalitas yang Anda buat benar-benar memenuhi ekspektasi dan keinginan mereka. Dengan melibatkan pelanggan dalam proses pengambilan keputusan, Anda membangun ikatan yang lebih kuat dengan mereka dan meningkatkan peluang keberhasilan program loyalitas Anda.

2. Buat Penawaran Unik

Cara kedua untuk membuat loyalty program yang menarik adalah dengan menciptakan penawaran unik. Penawaran unik sendiri adalah fitur atau manfaat khusus yang hanya tersedia bagi pelanggan yang tergabung dalam program loyalitas Anda. Ini memberikan dorongan ekstra bagi pelanggan untuk tetap setia pada bisnis Anda dan membedakan program Anda dari pesaing.

Pertama, Anda perlu mengidentifikasi penawaran yang dapat menarik minat pelanggan Anda. Pertimbangkan apa yang dapat Anda berikan kepada pelanggan yang tidak mereka dapatkan secara umum. Misalnya, Anda dapat menawarkan diskon eksklusif untuk produk tertentu, akses awal ke penjualan atau produk baru, pengiriman gratis, layanan pelanggan prioritas, atau program referral yang memberikan hadiah tambahan.

Setelah Anda mengidentifikasi penawaran yang unik, pastikan untuk mengkomunikasikannya secara jelas dan menarik kepada pelanggan. Gunakan saluran komunikasi yang relevan, seperti email, media sosial, atau pesan teks, untuk mengumumkan dan menjelaskan penawaran tersebut. Berikan rincian tentang cara pelanggan dapat memanfaatkan penawaran, batasan waktu atau jumlah yang berlaku, dan manfaat yang akan mereka dapatkan.

Selanjutnya, pastikan untuk memonitor dan melacak penggunaan penawaran unik ini. Analisis data untuk melihat seberapa efektif penawaran tersebut dalam meningkatkan partisipasi pelanggan, frekuensi pembelian, atau retensi. Jika ada penawaran yang tidak memberikan hasil yang diharapkan, Anda dapat melakukan penyesuaian atau mencoba penawaran baru untuk memperbaiki program loyalitas Anda.

Dengan menciptakan penawaran unik tersebut, Anda dapat memberikan insentif yang kuat bagi pelanggan untuk tetap setia pada bisnis Anda. Penawaran ini menciptakan nilai tambahan dan keunggulan yang membedakan program loyalitas Anda dari yang lain. Dalam lingkungan persaingan yang sengit, penawaran unik adalah salah satu kunci keberhasilan program loyalitas dalam menarik dan mempertahankan pelanggan.

3. Aktif di Media Sosial

cara efektif untuk membuat loyalty program adalah dengan aktif di media sosial. Media sosial telah menjadi platform yang sangat penting dalam berinteraksi dengan pelanggan dan membangun hubungan yang kuat. Dengan memanfaatkan media sosial, Anda dapat menciptakan program loyalitas yang menarik dan terjangkau.

Baca Juga:

  1. 20+ Tools Instagram Terbaik untuk Meningkatkan Followers Untuk Sukseskan Strategi Marketing
  2. 7+ Cara Menambah Followers Instagram Bisnis yang Marketer Wajib Tau!

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan dalam tahap ini adalah memilih platform media sosial yang sesuai dengan target pasar Anda. Identifikasi di mana pelanggan Anda aktif secara online dan hadir di platform tersebut. Apakah itu Facebook, Instagram, Twitter, atau platform lainnya, pastikan Anda fokus pada platform yang paling relevan untuk bisnis Anda.

Selanjutnya, gunakan media sosial sebagai sarana untuk memberikan informasi tentang program loyalitas Anda. Buat posting secara teratur yang menyampaikan manfaat dan insentif program, serta cara-cara pelanggan dapat terlibat dan mendapatkan manfaat darinya. Gunakan konten yang menarik seperti gambar, video, atau cerita pelanggan yang berhasil untuk meningkatkan daya tarik dan keterlibatan pengikut.

Selain itu, gunakan media sosial untuk memberikan penawaran eksklusif kepada pengikut Anda. Berikan kode promo atau diskon spesial yang hanya tersedia melalui media sosial. Ini memberikan insentif tambahan bagi pelanggan untuk tetap terhubung dengan bisnis Anda dan mengikuti perkembangan program loyalitas.

Selama program berjalan, libatkan pengikut Anda dengan konten yang menarik dan interaktif. Buat kontes atau tantangan yang meminta mereka berpartisipasi aktif dalam program. Misalnya, minta mereka untuk berbagi pengalaman mereka menggunakan hashtag khusus, atau mengajak teman mereka untuk bergabung dengan program loyalitas Anda.

Tetap responsif dan aktif dalam berinteraksi dengan pengikut Anda di media sosial. Jawab pertanyaan mereka, berikan dukungan, atau terima umpan balik dengan cepat. Ini memperlihatkan komitmen Anda terhadap kepuasan pelanggan dan memperkuat ikatan dengan mereka.

Dengan menjadi aktif di media sosial, Anda dapat menciptakan kesadaran yang lebih besar tentang program loyalitas Anda, membangun keterlibatan dengan pelanggan, dan meningkatkan loyalitas mereka. Media sosial memberikan platform yang efektif untuk memperluas jangkauan bisnis Anda dan menciptakan hubungan yang lebih dalam dengan pelanggan Anda.

4. Berikan Produk Gratis atau Sampel

Cara berikutnya untuk membuat loyalty program adalah dengan memberikan produk gratis atau sampel kepada pelanggan. Ini adalah strategi yang terbukti untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dengan memberikan pengalaman positif dan memberi mereka kesempatan untuk mencoba produk Anda tanpa risiko finansial.

Dalam tahap ini, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan produk yang akan Anda berikan secara gratis atau sampel. Pilih produk yang populer, memiliki nilai tinggi, atau baru dalam portofolio Anda yang ingin Anda promosikan kepada pelanggan. Pastikan produk tersebut relevan dengan minat dan kebutuhan pelanggan Anda.

Selanjutnya, tentukan bagaimana pelanggan dapat memperoleh produk gratis atau sampel. Anda dapat memilih untuk memberikannya sebagai hadiah kepada pelanggan setia yang telah mencapai tingkat pembelian tertentu, atau Anda dapat membuat program di mana pelanggan mengumpulkan poin atau mencapai batas pembelian tertentu untuk mendapatkan produk gratis atau sampel.

Komunikasikan program kepada pelanggan Anda melalui berbagai saluran komunikasi, seperti email, media sosial, atau materi promosi di toko fisik. Berikan penjelasan yang jelas tentang mekanisme program, bagaimana pelanggan dapat memperoleh produk gratis atau sampel, dan batasan atau persyaratan yang mungkin ada.

Pastikan juga bahwa Anda memiliki persediaan yang cukup dari produk gratis atau sampel untuk memenuhi permintaan pelanggan. Anda dapat mengatur periode waktu tertentu di mana program ini berlaku, atau memberikan kuota harian atau mingguan untuk setiap pelanggan.

Memberikan produk gratis atau sampel adalah cara yang efektif untuk memperkenalkan produk baru, menghidupkan kembali minat pelanggan, dan membangun hubungan yang lebih dekat dengan mereka. Dengan memberikan pengalaman positif dan kesempatan bagi pelanggan untuk mencoba produk Anda, Anda dapat meningkatkan loyalitas mereka dan membangun kepercayaan dalam jangka panjang.

5. Berikan Hadiah

Konsumen Tidak Kembali? Berikut Cara Membuat Loyalty Program, 100% Tingkatkan Loyalitas

Hadiah adalah cara yang bagus untuk menghargai pelanggan dan meningkatkan loyalitas. Anda dapat memberikan hadiah pada waktu yang berbeda dalam setahun dan dapat dipersonalisasi, sehingga hadiah tersebut akan selalu menjadi sesuatu yang istimewa. Hadiah juga dapat membantu mendorong keterlibatan berulang dengan merek Anda dengan memberikan hadiah untuk tindakan atau pembelian tertentu yang membedakan Anda dari perusahaan lain.

Hadiah juga merupakan cara yang bagus untuk memberi penghargaan kepada pelanggan yang telah bersama Anda lebih lama daripada yang lain, yang akan membantu Anda membangun loyalitas di antara mereka yang telah menginvestasikan lebih banyak waktu dan uang dengan bisnis Anda daripada orang lain yang mungkin datang belakangan.

Anda harus mulai memikirkan waktu terbaik untuk memberikan hadiah ini berdasarkan kapan pelanggan Anda membeli dari Anda, seperti jika seseorang membeli sesuatu selama acara atau musim liburan maka kemungkinan besar mereka akan menghargai sesuatu yang terkait sekitar waktu itu juga!

6. Tingkatkan Layanan Pelanggan Anda

Untuk membuat loyalty program yang efektif, salah satu strategi yang dapat digunakan adalah meningkatkan layanan pelanggan Anda. Memperbaiki dan meningkatkan pengalaman pelanggan adalah kunci untuk menciptakan loyalitas jangka panjang. Berikut adalah cara-cara untuk meningkatkan layanan pelanggan dalam konteks loyalty program:

Pertama, pastikan pelanggan merasa dihargai dan diperhatikan. Berikan layanan yang ramah, responsif, dan personal. Pelanggan harus merasa bahwa mereka diperlakukan secara individu dan bahwa kebutuhan mereka diprioritaskan. Ini bisa dilakukan dengan menyediakan saluran komunikasi yang mudah dijangkau, seperti layanan pelanggan yang responsif melalui telepon, email, atau chat online. Tanggaplah dengan cepat terhadap pertanyaan, masukan, atau keluhan mereka.

Selanjutnya, pertimbangkan untuk memberikan pelanggan manfaat eksklusif yang terkait dengan layanan. Ini bisa berupa akses ke tim dukungan khusus, prioritas dalam antrean atau waktu tunggu yang lebih singkat, atau kemudahan pembelian atau pengiriman. Dengan memberikan manfaat tambahan yang relevan, pelanggan akan merasa dihargai dan terdorong untuk terus menggunakan layanan Anda.

Selain itu, lakukan upaya untuk memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan secara mendalam. Gunakan data pelanggan yang Anda kumpulkan melalui loyalty program, interaksi sebelumnya, atau survei pelanggan untuk mendapatkan wawasan tentang apa yang mereka inginkan dan harapkan. Dengan pemahaman yang baik tentang preferensi pelanggan, Anda dapat menyesuaikan layanan dan memberikan pengalaman yang lebih personal dan memuaskan.

Selanjutnya, berikan pelanggan kesempatan untuk memberikan umpan balik dan evaluasi. Dengan memperhatikan masukan dan saran pelanggan, Anda dapat terus meningkatkan layanan Anda secara proaktif. Berikan saluran yang jelas untuk pelanggan memberikan umpan balik, seperti survei kepuasan pelanggan atau ulasan online. Selanjutnya, tindaklanjuti dan tanggapi dengan serius masukan pelanggan, baik untuk memperbaiki masalah yang ada maupun untuk mengimplementasikan perbaikan yang diusulkan.

Dengan fokus pada peningkatan layanan pelanggan, Anda dapat menciptakan pengalaman yang positif dan memuaskan bagi pelanggan. Ini membantu membangun loyalitas yang kuat dan menginspirasi mereka untuk terus menggunakan layanan Anda. Selain itu, dengan mendengarkan dan merespons kebutuhan pelanggan, Anda juga dapat mengidentifikasi peluang untuk inovasi produk atau peningkatan layanan yang lebih lanjut, yang dapat memberikan keunggulan kompetitif dan pertumbuhan jangka panjang bagi bisnis Anda.

7. Berikan Poin di Setiap Rupiah yang Dibelanjakan

Cara lainnya untuk membuat loyalty program yang efektif adalah dengan memberikan poin kepada pelanggan berdasarkan setiap rupiah yang mereka belanjakan. Pendekatan ini mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian lebih sering dan dengan nilai yang lebih tinggi, karena mereka akan mengumpulkan poin yang dapat ditukarkan dengan manfaat atau hadiah di masa depan.

Pertama, tetapkan besaran poin yang akan diberikan kepada pelanggan untuk setiap rupiah yang mereka belanjakan. Misalnya, Anda dapat menetapkan bahwa setiap 1.000 rupiah yang dibelanjakan akan memberikan 1 poin kepada pelanggan. Jumlah poin yang diberikan dapat disesuaikan dengan jenis produk atau layanan yang dibeli, memberikan insentif ekstra untuk pembelian kategori tertentu yang ingin Anda promosikan.

Selanjutnya, buatlah sistem pelacakan dan penghitungan poin yang akurat. Pastikan Anda memiliki sistem yang dapat mengidentifikasi dan mengakumulasi poin pelanggan secara otomatis setiap kali mereka melakukan transaksi. Hal ini dapat melibatkan penggunaan teknologi seperti aplikasi mobile, kartu keanggotaan, atau program komputerisasi lainnya.

Selain memberikan poin untuk setiap rupiah yang dibelanjakan, Anda juga perlu merancang mekanisme yang memungkinkan pelanggan menukarkan poin tersebut dengan manfaat atau hadiah yang menarik. Misalnya, Anda dapat menghadirkan katalog hadiah yang beragam, di mana pelanggan dapat memilih hadiah sesuai dengan jumlah poin yang mereka kumpulkan.

Untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan, pertimbangkan untuk mengadakan promosi khusus, seperti “Double Points Day” atau “Bonus Points Weekend”, di mana pelanggan akan mendapatkan poin ekstra untuk setiap pembelian yang mereka lakukan selama periode waktu tertentu. Hal ini dapat meningkatkan minat dan motivasi pelanggan untuk berbelanja lebih banyak dalam jangka waktu yang ditentukan.

Dengan memberikan poin berdasarkan setiap rupiah yang dibelanjakan, Anda memberikan insentif yang jelas kepada pelanggan untuk menjadi pelanggan yang setia. Mereka akan merasa dihargai dan diberikan imbalan atas setiap pembelian yang mereka lakukan, yang pada gilirannya akan meningkatkan loyalitas mereka terhadap bisnis Anda.

8. Menggunakan Program Rujukan

Cara berikutnya untuk membuat loyalty program adalah dengan menggunakan program rujukan. Program rujukan melibatkan pelanggan yang ada untuk merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain, dan sebagai imbalannya, mereka akan menerima insentif atau manfaat tambahan.

Pertama-tama, Anda perlu merancang sistem rujukan yang mudah dipahami dan mudah diikuti oleh pelanggan. Pastikan program rujukan memiliki mekanisme yang jelas tentang bagaimana pelanggan dapat mengajak orang lain, seperti melalui kode rujukan yang dapat dibagikan atau tautan unik yang dapat dibagikan melalui media sosial atau email.

Selanjutnya, tentukan insentif atau manfaat yang akan diberikan kepada pelanggan yang merujuk dan pelanggan baru yang direferensikan. Insentif ini dapat berupa diskon, hadiah, atau keuntungan khusus lainnya. Pastikan insentif tersebut cukup menarik sehingga pelanggan merasa termotivasi untuk merekomendasikan bisnis Anda.

Untuk mempromosikan program rujukan, gunakan berbagai saluran komunikasi yang tersedia, seperti email, media sosial, atau iklan online. Berikan penjelasan yang jelas tentang bagaimana program rujukan bekerja, manfaatnya, dan bagaimana pelanggan dapat mengambil bagian dalamnya. Buat pesan yang menarik dan kreatif untuk mendorong pelanggan untuk berpartisipasi dalam program rujukan.

Selama program rujukan berlangsung, pantau dan kelola dengan cermat. Catat rujukan yang masuk dan pastikan bahwa insentif atau manfaat diberikan kepada pelanggan yang memenuhi syarat. Berikan penghargaan yang tepat waktu dan jangan lupakan pengakuan kepada pelanggan yang aktif dalam mereferensikan bisnis Anda.

Menggunakan program rujukan dalam loyalty program Anda memiliki manfaat ganda. Pertama, ini membantu meningkatkan loyalitas pelanggan yang ada karena mereka merasa dihargai dan diberikan kesempatan untuk mendapatkan insentif tambahan. Kedua, program rujukan memperluas jangkauan bisnis Anda dengan memanfaatkan jaringan pelanggan yang ada untuk merekomendasikan bisnis kepada orang lain.

Dengan menggunakan program rujukan, Anda dapat memanfaatkan kekuatan pengaruh sosial dan memperluas basis pelanggan Anda dengan biaya pemasaran yang relatif rendah. Selain itu, program rujukan juga memperkuat hubungan antara bisnis Anda dan pelanggan, menciptakan ikatan yang lebih kuat dan meningkatkan loyalitas mereka dalam jangka panjang.

9. Berikan Akses Eksklusif

Cara lain yang efektif untuk membuat loyalty program yang menarik adalah dengan memberikan akses eksklusif kepada pelanggan setia Anda. Dengan memberikan akses eksklusif, Anda memberikan perlakuan istimewa kepada pelanggan yang terlibat dalam program loyalitas, membuat mereka merasa lebih bernilai dan diperhatikan.

Untuk menerapkan cara ini, hal pertama yang Anda harus lakukan adalah identifikasi jenis akses eksklusif yang dapat Anda berikan kepada pelanggan. Ini bisa mencakup akses ke penawaran khusus, produk atau layanan eksklusif, acara khusus atau preview produk, diskon tambahan, atau hadiah eksklusif yang tidak tersedia untuk pelanggan biasa.

Selanjutnya, tentukan kriteria atau syarat yang harus dipenuhi pelanggan untuk memperoleh akses eksklusif tersebut. Misalnya, Anda dapat memberikan akses eksklusif kepada pelanggan yang telah mencapai level tertentu dalam program loyalitas, pelanggan yang telah mencapai ambang batas pembelian tertentu, atau pelanggan yang telah menjadi anggota loyalitas selama jangka waktu tertentu.

Setelah menentukan akses eksklusif yang ingin Anda berikan, komunikasikan dengan jelas kepada pelanggan mengenai manfaat ini. Gunakan berbagai saluran komunikasi, seperti email, newsletter, atau aplikasi mobile, untuk memberi tahu mereka tentang kesempatan eksklusif yang mereka dapatkan sebagai anggota loyalitas. Berikan instruksi tentang bagaimana mereka dapat mengakses dan memanfaatkan akses eksklusif ini.

Terakhir, pastikan untuk memonitor dan mengelola akses eksklusif dengan baik. Pastikan pelanggan yang memenuhi syarat menerima manfaat yang dijanjikan dengan tepat waktu. Selain itu, tetap berkomunikasi dengan pelanggan tentang keuntungan baru yang tersedia dan berikan pembaruan reguler tentang akses eksklusif yang mereka dapatkan.

Dengan memberikan akses eksklusif kepada pelanggan yang setia, Anda memberikan dorongan ekstra untuk tetap terlibat dan loyal pada bisnis Anda. Hal ini memberikan nilai tambahan bagi mereka dan membuat mereka merasa dihargai, yang pada gilirannya meningkatkan loyalitas pelanggan dan memperkuat hubungan antara bisnis dan pelanggan.

10. Buat Program yang Menyenangkan dengan Gamifikasi

Salah satu cara yang kreatif dan menarik untuk membuat loyalty program adalah dengan menerapkan gamifikasi. Gamifikasi adalah pendekatan yang menggunakan elemen permainan dalam konteks non-permainan, dengan tujuan untuk meningkatkan keterlibatan dan motivasi pengguna. Dengan menerapkan konsep ini dalam program loyalitas, Anda dapat menciptakan pengalaman yang menyenangkan dan menarik bagi pelanggan.

Pertama, tentukan tujuan dan manfaat program loyalitas Anda. Selanjutnya, identifikasi elemen permainan yang dapat diintegrasikan ke dalam program. Misalnya, Anda dapat memberikan poin kepada pelanggan setiap kali mereka melakukan pembelian atau menyelesaikan tugas tertentu. Poin ini dapat dikumpulkan dan ditukarkan dengan hadiah atau manfaat khusus. Anda juga dapat membangun sistem level, di mana pelanggan naik ke level yang lebih tinggi dengan mencapai target atau mencapai prestasi tertentu, dan mendapatkan hadiah yang semakin berharga seiring dengan kenaikan level.

Selain itu, Anda dapat menggunakan elemen kompetisi dengan menyediakan peringkat atau leaderboard. Hal ini memungkinkan pelanggan bersaing satu sama lain untuk mendapatkan peringkat tertinggi berdasarkan aktivitas atau pencapaian mereka dalam program. Anda juga dapat mengadakan kontes atau tantangan berkala dengan hadiah menarik bagi pelanggan yang berhasil mencapai target tertentu atau memenuhi syarat khusus.

Penting untuk membuat tugas atau aktivitas dalam program gamifikasi ini terjangkau dan dapat dicapai oleh sebagian besar pelanggan. Juga, pastikan untuk memberikan umpan balik positif dan penghargaan yang langsung ketika pelanggan mencapai target atau mencapai prestasi. Ini akan meningkatkan kepuasan dan motivasi pelanggan untuk terus berpartisipasi dalam program loyalitas Anda.

Dengan menerapkan gamifikasi dalam loyalty program Anda, Anda menciptakan pengalaman yang menyenangkan, menantang, dan memuaskan bagi pelanggan. Pendekatan ini dapat meningkatkan keterlibatan, motivasi, dan loyalitas pelanggan. Selain itu, elemen permainan juga dapat menciptakan interaksi sosial antara pelanggan, membangun komunitas, dan meningkatkan kesadaran merek. Dengan menggabungkan kesenangan dan manfaat, program gamifikasi dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dan kesuksesan bisnis Anda.

11. Tetap Setia Pada Merek

Tetap konsisten pada pesan merek adalah salah satu cara penting dalam membuat loyalty program yang efektif. Konsistensi dalam pesan merek mencakup penggunaan elemen identitas merek, nilai-nilai inti, dan komunikasi yang seragam di seluruh program loyalitas dan saluran komunikasi Anda.

Dalam hal ini, hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan memastikan bahwa loyalty program Anda secara visual mencerminkan identitas merek yang konsisten. Ini termasuk penggunaan logo, warna, dan elemen desain merek Anda yang khas. Dengan konsistensi visual, pelanggan akan mudah mengenali program loyalitas sebagai bagian integral dari merek Anda.

Selanjutnya, pastikan nilai-nilai inti merek Anda tercermin dalam program loyalitas. Program ini harus sejalan dengan misi, visi, dan filosofi merek Anda. Jika merek Anda fokus pada pelayanan pelanggan yang superior, pastikan program loyalitas Anda menawarkan manfaat yang menghargai pelanggan dan memberikan pengalaman yang unggul.

Selain itu, konsistensi dalam komunikasi sangat penting. Gunakan pesan merek yang konsisten di semua materi promosi, email, pesan teks, dan media sosial yang terkait dengan program loyalitas. Hal ini akan membantu membangun kesan yang kuat dan kohesif pada pelanggan, serta mengingatkan mereka tentang manfaat dan nilai yang mereka dapatkan dari program.

Selama menyusun strategi komunikasi, pastikan juga untuk menyampaikan pesan yang jelas tentang tujuan dan manfaat program loyalitas. Berikan panduan yang jelas tentang cara bergabung, cara mengumpulkan poin, dan cara menukarkan hadiah. Hal ini akan membantu pelanggan memahami dan memanfaatkan program dengan lebih baik.

Dengan tetap konsisten pada pesan merek, Anda membangun kepercayaan dan keterikatan emosional dengan pelanggan. Mereka akan merasakan kesatuan dan kesinambungan antara merek Anda dan program loyalitas, yang dapat memperkuat loyalitas mereka dan motivasi untuk terus berinteraksi dengan bisnis Anda.

Tetap konsisten pada pesan merek juga membantu membedakan program loyalitas Anda dari pesaing. Dengan mempertahankan pesan yang khas dan konsisten, Anda menciptakan pengalaman yang khas dan mengingatkan pelanggan tentang nilai-nilai merek Anda yang unik.

Kesimpulan

Itulah tadi pembahasan mengenai bagaimana membuat loyalty program yang dapat meningkatan loyalitas pelanggan bisnis kamu. Dengan program loyalitas yang tepat, Anda dapat meningkatkan retensi pelanggan dan nilai seumur hidup. Pelanggan akan lebih sering kembali ke bisnis Anda, yang berarti peningkatan penjualan dan keuntungan bagi Anda! Jika Anda belum membuat program loyalitas, sekaranglah saatnya untuk memulainya.

Namun, jika Anda mengalamai kesulitan dalam membuat loyalty program yang baik serta efektif untuk meningkatkan loyalitas dari pelanggan Anda. Kami sebagai agency marketing Bithour Production siap untuk membantu Anda.

Kenapa Anda harus memilih kami? Kami memiliki tim ahli yang sudah berpengalaman dalam bidang marketing. Selain itu, kami juga dapat memberikan berbagai insight terkait program loyalitas yang akan Anda adakan. Tidak hanya itu, kami juga dapat membantu mengelola strategi loyalty program yang akan Anda buat.

Untuk itu, jangan ragu untuk menghubungi kami segera melalui link yang ada disini. Kami akan selalu siap membantu Anda dalam mengelola dan mengoptimalkan strategi loyalty program yang akan Anda adakan.

Sumber Gambar:

  1. https://pandagila.com/loyalty-program/
  2. https://performanceloyaltygroup.com/dealership-loyalty-rewards-program-dealer-loyalty-program/
  3. https://netmera.com/increase-customer-loyalty-with-customer-loyalty-programs/
  4. https://www.apexloyalty.com/what-is-dealer-loyalty/
What’s your Reaction?
+1
0
+1
35
+1
19
+1
13
+1
8
+1
11
+1
0
cara meningkatkan loyalitas pelanggan company loyalitas adalah loyalitas pelanggan loyalty loyalty adalah loyalty program
By Adil

Saya seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi yang sedang mendalami bidang digital marketing, serta memiliki keahlian dalam menulis berbagai berbagai jenis konten di berbagai media sosial

Give us your Reaction!

book

Brands in 2024 (How to Ride the HottesT Trend)

Bikin campaign sampai burn out? Kelas ini jawaban buat lo! Speaker yang expert as BM dengan pengalaman 7 tahun di 3 idustri berbeda. Dapatkan diskon 50% yang akan kita kirim ke email lo (Free 3 pdf marketing hacks)