Cara Membangun Branding Melalui Iklan TV yang Lucu Khas Gojek

Cara Membangun Branding Melalui Iklan TV yang Lucu Khas Gojek

Jan-11-2023

Adil

Saat ini banyak perusahaan yang sedang berupaya menawarkan produk yang menarik dan juga unik kepada para pelanggan mereka. Salah satu cara mereka untuk menawarkan produk mereka adalah melalui iklan, baik melalui social media maupun iklan daring lainnya.

Akan tetapi saat ini iklan dalam Televisi (TV) juga masih banyak dimintai sebagai upaya untuk mempromosikan suatu produk. Selain itu iklan di TV juga sampai saat ini masih banyak digunakan untuk membangun branding baik untuk produk ataupun perusahaan penyedia produk itu sendiri.

Oleh sebab itu banyak perusahaan yang berupaya untuk membuat iklan TV yang menarik ataupun lucu, sehingga dapat menarik perhatian audiens mereka. Salah satu iklan suatu perusahaan atau merek yang selalu berhasil menarik banyak orang untuk menontonya ialah iklan Gojek. Jika Anda ingin tau cara membangun branding melalui iklan TV yang lucu khas Gojek? Berikut ini kami sajikan beberapa pembahasannya menurut pendapat kami.

Latar Belakang Gojek

Gojek adalah sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia yang menyediakan layanan transportasi, pengiriman barang, dan jasa kebutuhan sehari-hari melalui aplikasi ponsel.

Perusahaan ini didirikan pada tahun 2010 oleh Nadiem Makarim dan beroperasi di sejumlah negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Vietnam, Filipina, dan Thailand. Gojek menjadi salah satu perusahaan teknologi terbesar di Indonesia dan telah mengantongi pendanaan dari berbagai investor, termasuk Google, Tencent, dan KKR.

Apa itu Branding?

Branding adalah proses pembuatan identitas unik sebuah perusahaan, produk, atau layanan yang membedakannya dari pesaing. Identitas tersebut dapat dibuat melalui berbagai elemen, seperti nama, logo, slogan, warna, dan desain. Tujuan dari branding sendiri adalah untuk membangun loyalitas pelanggan dan meningkatkan nilai perusahaan di mata pasar.

Branding juga bisa digunakan untuk meningkatkan citra perusahaan di mata pelanggan dan calon pelanggan. Dengan membangun citra yang positif dan menarik, perusahaan bisa meningkatkan kepercayaan dan preferensi pelanggan terhadap produk atau layanan yang ditawarkan.

Sebenarnya branding tidak hanya terbatas pada perusahaan atau produk saja, tapi juga bisa diterapkan pada individu atau bahkan kota. Seorang selebriti misalnya, bisa membangun personal brand untuk meningkatkan citra pribadi dan memperluas jangkauan keberhasilan di bidang yang dipilih. Demikian juga dengan kota, yang bisa membangun citra dan identitas unik untuk menarik wisatawan dan investasi.

Dalam era digital saat ini, branding juga bisa dilakukan melalui media sosial dan iklan daring. Dengan menggunakan platform-platform tersebut, perusahaan bisa lebih mudah menyebarluaskan pesan dan membangun citra di mata pelanggan. Namun, perlu diingat bahwa branding tidak hanya terbatas pada promosi, tetapi juga harus didukung oleh kualitas produk atau layanan yang baik untuk membangun kepercayaan pelanggan yang tahan lama.

Manfaat Branding

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari branding untuk peruasahaan ataupun merek Anda.

1. Menciptakan Loyalitas Pelanggan

Salah satu manfaat utama dari branding ialah dapat menciptakan loyalitas pelanggan terhadap perusahaan atau merek Anda. Dengan membangun citra dan identitas yang unik dan menarik, perusahaan bisa meningkatkan kepercayaan dan preferensi pelanggan terhadap produk atau layanan yang ditawarkan.

Hal ini terntunya akan membuat pelanggan lebih cenderung untuk terus membeli produk atau layanan dari perusahaan tersebut, karena merasa puas dengan kualitas yang ditawarkan.

2. Meningkatkan Nilai Perusahaan

Branding juga bisa membantu meningkatkan nilai perusahaan di mata pasar. Dengan membangun citra yang positif dan menarik, perusahaan bisa meningkatkan kepercayaan investor dan menarik minat investor baru untuk berinvestasi.

Selain itu, branding yang baik juga bisa meningkatkan harga jual produk atau layanan, karena pelanggan merasa lebih siap untuk membayar lebih tinggi untuk produk atau layanan berkualitas yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut.

3. Mempermudah Pemasaran Produk

Branding juga bisa membantu memudahkan proses memasarkan produk atau layanan. Dengan membangun citra yang positif dan menarik, perusahaan bisa lebih mudah menyebarluaskan pesan dan menarik perhatian pelanggan.

Selain itu, branding yang baik juga bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap produk atau layanan yang ditawarkan, sehingga lebih mudah untuk meyakinkan pelanggan untuk membeli.

4. Membantu Menarik Karyawan Berkualitas

Branding yang baik juga bisa membantu menarik karyawan berkualitas untuk bergabung dengan perusahaan. Dengan membangun citra yang positif dan menarik, perusahaan bisa menjadi pilihan yang lebih menarik bagi karyawan yang ingin bergabung dengan perusahaan yang memiliki visi dan misi yang sesuai dengan minat dan keinginan mereka.

5. Menciptakan Diferensiasi dari Pesaing

Branding juga bisa membantu menciptakan diferensiasi dari pesaing. Dengan membangun citra yang unik dan menarik, perusahaan bisa membedakan diri dari pesaing dan menjadi pilihan yang lebih menarik bagi pelanggan.

Selain itu, branding yang baik juga bisa membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap produk atau layanan yang ditawarkan, sehingga lebih sulit untuk ditiru oleh pesaing.

Apa Itu Iklan?

Iklan adalah sebuah pesan promosi yang dibuat oleh perusahaan atau individu untuk menjual atau memperkenalkan produk ataupun layanan. Iklan bisa dibuat dalam berbagai bentuk, seperti iklan cetak, iklan radio, iklan daring, iklan outdoor atau iklan televisi.

Tujuan dari iklan sendiri sebenarnya adalah untuk menarik perhatian audiens dan meyakinkan mereka untuk membeli produk atau layanan yang ditawarkan. Cara membuat iklan sendiri sebenarnya dapat dilakukan melalui berbagai teknik persuasi, seperti memberikan keuntungan atau manfaat yang diperoleh dengan membeli produk atau layanan, membuat janji-janji tertentu, atau menggunakan bintang iklan yang terkenal.

Namun, perlu untuk Anda ingat bahwasanya dalam membuat iklan, Anda harus mematuhi beberapa peraturan yang berlaku dan tidak boleh menyesatkan atau mengelabui audiens ataupun melanggar copyright. Jika hal itu terjadi, maka hal tersebut dapat membuat Anda ataupun perusahaan Anda berada dalam masalah yang berkaitan dengan hukum.

Jenis-Jenis Iklan

Setelah mengetahui pengertian dari iklan, Anda juga perlu tau jenis-jenis dari iklan. Berikut jenis-jenis dari iklan yang populer digunakan oleh berbagai bisnis hingga saat ini.

1. Iklan Cetak

Iklan cetak adalah iklan yang ditayangkan di media cetak, seperti surat kabar, majalah, atau brosur. Iklan cetak biasanya terdiri dari teks dan gambar yang dicetak di atas kertas atau karton, dan bisa dibuat dalam ukuran yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan.

Kelebihan dari iklan cetak adalah bahwa iklan tersebut bisa dilihat oleh audiens yang terfokus pada jenis audiens tertentu, karena pada dasarnya media cetak saat ini hanya dibaca oleh orang-orang yang masih menikmati sensasi membaca melalui media cetak.

Namun, pastinya media cetak juga memiliki kekurangan, diantaranya adalah iklan cetak tidak bisa diupdate ataupun dirubah dengan mudah, perlu melalui berbagai proses yang rumit jika hal itu mau dilakukan. Selain itu biaya iklan melalui media cetak juga biayanya relatif lebih mahal dibandingkan jenis iklan lainnya.

2. Iklan Radio

Iklan radio pastinya merupakan jenis iklan yang ditayangkan di saluran radio. Iklan radio biasanya terdiri dari suara yang menjelaskan produk atau layanan yang ditawarkan, disertai dengan musik atau efek suara yang menarik.

Meskipun banyak yang bilang iklan radio sudah ketinggalan jaman, akan tetapi nyatanya banyak perusahaan atau merek baik dalam skala kecil maupun besar yang masih menggunakan jenis iklan ini untuk mempromosikan produk mereka.

Selain itu, iklan radio juga memiliki kelebihan dibandingkan jenis iklan lainnya, dimana iklan tersebut bisa mencapai jangkauan yang luas, dan biayanya relatif lebih murah dibandingkan iklan lain, seperti iklan televisi. Namun, kekurangan dari iklan radio adalah bahwa iklan tersebut tidak bisa memberikan visual yang membantu meningkatkan daya tarik, dan tidak semua orang memiliki akses ke radio.

3. Iklan Daring (Iklan Online)

Iklan daring adalah iklan yang ditayangkan di internet, baik di website maupun di platform media sosial. Iklan daring bisa ditayangkan dalam berbagai bentuk, seperti banner iklan, iklan video, atau iklan suara.

Kelebihan dari iklan daring adalah bahwa iklan tersebut bisa mencapai jangkauan yang luas, dan bisa disesuaikan dengan audiens yang diinginkan dengan menggunakan targeting yang tepat. Selain itu, biaya iklan daring juga relatif lebih murah dibandingkan iklan cetak atau televisi.

Namun, kekurangan dari iklan daring adalah bahwa iklan tersebut bisa terkena adblocker atau tidak bisa dilihat oleh orang-orang yang tidak terhubung dengan internet. Selain itu iklan daring cenderung memiliki target audiens yang sangat spesifik, jadi sulit untuk menjangkau target konsumen dalam kategori yang luas sekaligus.

4. Iklan Outdoor

Iklan outdoor adalah iklan yang ditayangkan di luar ruangan, seperti di billboard, spanduk, atau baliho. Iklan outdoor bisa ditayangkan di berbagai tempat yang mudah terlihat oleh orang banyak, seperti di jalan raya, di terminal, atau di stasiun kereta.

Kelebihan dari iklan outdoor adalah bahwa iklan tersebut bisa mencapai audiens dengan jangkauan yang luas, dan bisa terlihat oleh orang-orang yang sedang bepergian atau melakukan aktivitas di luar ruangan. Namun, kekurangan dari iklan outdoor adalah bahwa iklan tersebut tidak bisa memberikan informasi yang terlalu rinci, dan tidak bisa memberikan interaksi langsung dengan audiens.

5. Iklan Televisi

Jenis iklan yang terakhir adalah Iklan televisi, iklan televisi sendiri adalah iklan yang ditayangkan di saluran televisi. Iklan televisi bisa ditayangkan selama program-program yang sedang berlangsung, atau bahkan sebagai program utama sendiri. Iklan televisi biasanya terdiri dari video yang menampilkan produk atau layanan yang ditawarkan, disertai dengan teks atau suara yang memberikan informasi tambahan.

Kelebihan dari iklan televisi adalah bahwa iklan tersebut bisa mencapai jangkauan yang luas dan bisa memberikan kesan yang kuat kepada audiens. Namun, kekurangan dari iklan televisi adalah bahwa biayanya relatif lebih tinggi dibandingkan iklan jenis lainnya.

Manfaat Iklan

Berikut ini adalah beberapa manfaat iklan bagi perusahaan atau individu yang menggunakannya:

1. Menarik Perhatian Audiens

Iklan bisa membantu menarik perhatian audiens terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. Dengan menggunakan teknik persuasi yang tepat, iklan bisa membuat audiens tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk atau layanan tersebut.

2. Meyakinkan Audiens untuk Membeli

Iklan juga bisa membantu meyakinkan audiens untuk membeli produk atau layanan yang ditawarkan. Dengan memberikan informasi yang cukup dan menggunakan teknik persuasi yang tepat, iklan bisa membuat audiens merasa yakin bahwa produk atau layanan tersebut akan memberikan keuntungan atau manfaat yang diinginkan.

3. Memperluas Jangkauan Pasar

Iklan juga bisa membantu memperluas jangkauan pasar perusahaan atau individu. Dengan menggunakan iklan di media yang tepat, perusahaan atau individu bisa menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan peluang untuk mendapatkan pelanggan baru.

4. Meningkatkan Brand Awareness

Iklan juga bisa membantu meningkatkan brand awareness, yaitu kemampuan audiens untuk mengingat dan mengenali produk atau layanan yang ditawarkan. Dengan terus-menerus menayangkan iklan di media yang tepat, perusahaan atau individu bisa meningkatkan citra dan kesadaran akan brand yang dimiliki.

5. Meningkatkan Penjualan

Tujuan utama dari iklan adalah untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan yang ditawarkan. Dengan menggunakan iklan yang tepat dan sesuai dengan target audiens yang diinginkan, perusahaan atau individu bisa meningkatkan penjualan dan mencapai keuntungan yang lebih besar.

Namun, perlu diingat bahwa iklan sendiri tidak akan berhasil meningkatkan penjualan jika produk atau layanan yang ditawarkan tidak memenuhi kebutuhan atau tidak memiliki keunggulan dibandingkan dengan produk atau layanan pesaing.

6. Mengurangi Risiko Gagal

Iklan juga bisa membantu mengurangi risiko gagal dari produk atau layanan yang dijual. Dengan menggunakan iklan, perusahaan atau individu bisa mengetahui apakah produk atau layanan tersebut diterima dengan baik oleh audiens atau tidak, sehingga bisa mengambil tindakan yang tepat jika terjadi kegagalan.

7. Membangun Hubungan dengan Audiens

Iklan juga bisa membantu membangun hubungan yang lebih dekat dengan audiens. Dengan terus-menerus menayangkan iklan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan audiens, perusahaan atau individu bisa membangun kepercayaan dan loyalitas dari audiens terhadap produk atau layanan yang ditawarkan.

Cara Membangun Branding Melalui Iklan TV yang lucu Khas Gojek?

Setelah mengetahui berbagai hal dasar mengenai branding hingga iklan, saatnya bagi Anda untuk tahu cara membangun branding melalui iklan TV yang lucu atau menarik khas Gojek. Berikut pembahasan lengkapnya.

1. Menentukan Target Audiens yang Tepat

Hal pertama yang bisa Anda lakukan ketika ingin membuat iklan yang lucu atau menarik seperti Gojek adalah menentukan target audiens yang tepat. Anda perlu menargertkan siapa audiens yang ingin Anda tuju untuk melihat iklan Anda, apakah remaja, orang tua, ataupun masyarakat umum dengan kategori tertentu.

Dalam kasus Gojek, ia dapat dikatakan menargetkan audiens yang tepat untuk melihat iklan mereka adalah masyarakat urban yang memiliki jam kerja atau aktivitas yang padat (sibuk). Untuk itu mereka membuat konsep iklan dengan tema yang sesuai dengan kepribadian dan juga gaya hidup audiens tersebut.

2. Membuat Konsep Iklan yang Unik dan Menarik

Cara Membangun Branding Melalui Iklan TV yang Lucu Khas Gojek
Sumber: gojek.com

Setelah Anda membuat target audiens yang tepat untuk perusahaan Anda, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah membuat konsep iklan yang unik dan menarik.

Dalam kasus Gojek misalnya, iklan yang mereka sajikan terkenal dengan ciri khas kampanye iklannya yang lucu dan juga menarik. Selain itu mereka juga berhasil membuat iklan yang sangat relate dengan kehidupan audiens mereka dalam sehari-hari.

Hal itu diperkuat dengan pemilihan tokoh-tokoh yang kocak dalam iklan mereka serta penggunaan tagline yang menggugah tawa untuk menarik perhatian audiens mereka dengan cara yang unik. Selain itu, Gojek juga seringkali menggunakan animasi yang menarik dan musik yang catchy untuk memperkuat pesan yang disampaikan dalam iklan tersebut.

3. Menyiapkan Budget yang Sesuai

Langkah berikutnya setelah Anda membuat konsep iklan yang akan dibuat, langkah selanjutnya adalah menyiapkan budget yang sesuai. Anda harus ingat bahwa Biaya produksi iklan TV cukup mahal, terutama jika iklan tersebut akan ditayangkan di stasiun TV nasional.

Oleh karena itu, Anda perlu memikirkan hal ini dengan sangat matang tentang berapa budget yang akan dikeluarkan untuk produksi iklan tersebut. Namun Anda juga sebaiknya jangan memaksakan untuk menggunakan semua sumber daya yang perusahaan Anda miliki saat ini, karena kembali lagi sebuah rencana yang telah dipersiapkan secara matang pun seringkali bisa gagal.

Oleh karena itu jangan sampai sumber daya yang Anda miliki habis, karena jika iklan TV tidak berhasil memenuhi target yang Anda mau, Anda bisa membuat strategi lain yang mungkin lebih cocok untuk mempromosikan produk dari perusahaan Anda. Dan untuk menetukan startegi yang paling tepat dalam mempromosikan produk dari perusahaan Anda, Anda dapat meminta bantuan pada jasa agency marketing yang telah dipercaya banyak brand dalam mengembangkan bisnis mereka seperti Bithour Production.

4. Memilih Jalur Distribusi yang Tepat

Langkan selanjutnya setelah Anda mempersiapkan budget yang sesuai ialah memilih jalur distribusi yang tepat. Dalam kasus iklan Gojek misalnya, mereka memilih untuk menayangkan iklannya di berbagai tempat salah satu yang paling starategi ialah melalui stasiun TV nasional yang memiliki audiens yang luas dan tersebar di seluruh Indonesia. Dengan demikian, iklan Gojek bisa terlihat oleh audiens secara lebih luas.

5. Mengukur Hasil dan Mengevaluasi Keberhasilan Iklan

Jika Anda telah berhasil membuat iklan Anda tayang di saluran distribusi yang Anda inginkan, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengukur hasil dan mengevaluasi keberhasilan iklan tersebut.

Hal ini bisa dilakukan dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber, seperti jumlah tayangan iklan, tingkat engagement audiens, tingkat brand recall yang dicapai atau bahkan mungkin tingkat penjualan yang berhasil diperoleh. Dengan demikian, perusahaan Anda bisa mengetahui seberapa efektif iklan tersebut dalam membangun branding perusahaan Anda.

Jika hasil dari iklan tersebut sudah sesuai dengan yang Anda harapkan maka Anda dapat melanjutkan strategi marketing melalui iklan TV kembali dengan berbagai variasi lainnya. Namun jika dirasa iklan TV tidak efektif untuk memenuhi target yang Anda harapkan, maka lebih baik bagi Anda untuk mancari jenis atau cara branding lainnya yang dapat Anda lakukan.

Kesimpulan

Iklan TV masih merupakan cara yang efektif untuk membangun branding perusahaan, terutama jika iklan tersebut unik dan menarik. Anda dapat melihat bukti dari penyataan di atas melalui brand Gojek, yang mana terkenal dengan kampanye iklannya yang lucu dan khas, yang mampu menarik perhatian audiens dan membangun branding perusahaan secara efektif.

Namun, perlu Anda ingat bahwa membangun branding melalui iklan TV tidak hanya bergantung pada konsep iklan yang unik dan menarik, tetapi juga pada budget yang disiapkan, jalur distribusi yang dipilih, serta evaluasi yang terus dilakukan terhadap hasil iklan tersebut. Jika Anda masih bingung memikirkan berbagai hal yang perlu disiapkan ketika membangun iklan, Anda dapat menghubungi Bithour Production, selaku agency marketing yang sudah dipercaya banyak brand dalam mengembangkan bisnis mereka, mulai dari membangun branding perusahaan hingga meningkatkan penjualan produk dari perusahaan mereka.

Jika Anda tertarik untuk bekerja sama dengan kami, Anda dapat menghubungi kami langsung melalui website resmi kami bithourproduction.com atau melalui link di sini. Kami akan sangat senang dalam membantu Anda untuk mengembangkan bisnis Anda secepat mungkin.

Penutup

Itulah tadi pembahasan mengenai Cara membangun branding melalui iklan TV yang lucu khas Gojek. Sekian, terima kasih.

What’s your Reaction?
+1
1
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
bedah brand gojek Branding cara membangun branding Gojek Iklan Gojek Iklan Tv membangun branding TV
By Adil

Saya seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi yang sedang mendalami bidang digital marketing, serta memiliki keahlian dalam menulis berbagai berbagai jenis konten di berbagai media sosial

Give us your Reaction!

book

Brands in 2024 (How to Ride the HottesT Trend)

Bikin campaign sampai burn out? Kelas ini jawaban buat lo! Speaker yang expert as BM dengan pengalaman 7 tahun di 3 idustri berbeda. Dapatkan diskon 50% yang akan kita kirim ke email lo (Free 3 pdf marketing hacks)