Bongkar Strategi Marketing Mix Puma, Bagaimana Cara Mereka Dapat Meningkatkan Penjualan

Bongkar Strategi Marketing Mix Puma, Bagaimana Cara Mereka Dapat Meningkatkan Penjualan

6 min to read

Mar-14-2023

Adil

Dalam artikel ini Anda akan mempelajari strategi marketing mix Puma yang berhasil meningkatkan penjualan mereka dan bagaimana mereka memanfaatkan elemen marketing mix untuk mencapai kesuksesan mereka di pasar global.

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, pemilihan strategi marketing merupakan salah satu hal yang sangat penting dipertimbangkan oleh sebuah bisnis. Hal itu dikarenakan tidak semua bisnis memiliki pola strategi marketing yang sama satu dengan yang lainnya.

Namun, ada beberapa strategi marketing yang dapat diterapkan oleh sebagian besar bisnis, salah satu strategi tersebut adalah strategi marketing mix atau biasa dikenal dengan bauran pemasaran. Strategi ini telah banyak dibuktikan sebagai strategi marketing yang efektif dalam menjadi kunci sukses bagi sebuah bisnis dalam melakukan pemasaran.

Salah satu brand yang telah membuktikan ke efektifan strategi marketing mix dalam mensukseskan pemasaran suatu bisnis adalah Puma. Dengan menggabungkan keempat elemen yang ada dalam marketing mix yang terdiri dari product, price, place, dan promotion dengan cara yang tepat, Puma berhasil meningkatkan penjualan mereka secara signifikan.

Untuk itu dalam artikel ini kami akan menganalisa bagaimana penerapan strategi marketing mix pada brand Puma agar mereka dapat menggunakan strategi tersebut untuk meningkatkan penjualan dan mensukseskan bisnis mereka, Jika Anda ingin tahu pembahasan lengkapnya mari simak artikel artikel berikut ini sampai habis.

Penerapan Strategi Marketing Mix Puma

Penerapan strategi marketing mix yang efektif sangat penting bagi kesuksesan bisnis Puma. Berikut adalah beberapa contoh penerapan strategi marketing mix Puma:

1. Product (Produk)

Bongkar Strategi Marketing Mix Puma, Bagaimana Cara Mereka Dapat Meningkatkan Penjualan

Elemen penting pertama dari strategi marketing mix Puma adalah produk, dimana dalam hal ini berfokus pada produk yang mereka tawarkan.

Dalam elemen ini, Puma dikenal dengan produk-produk yang inovatif dan fungsional, serta desain yang menarik dan stylish. Mereka terus memperbarui dan meningkatkan desain produk mereka dengan menggabungkan teknologi terbaru untuk menciptakan produk yang lebih fungsional dan nyaman bagi pengguna.

Selain itu, Puma juga menawarkan berbagai produk dengan kisaran harga yang berbeda, dari produk kelas atas hingga produk dengan harga yang lebih terjangkau. Dalam menghadapi persaingan yang ketat di pasar, Puma memastikan bahwa produk-produk mereka dapat menjangkau pasar yang lebih luas dengan memperhatikan kebutuhan dan budget dari berbagai segmen konsumen.

Puma juga memperluas jangkauan produk mereka dengan menawarkan produk dari berbagai kategori, seperti olahraga, fashion, dan lifestyle. Hal ini membuat Puma dapat menjadi pilihan bagi konsumen yang mencari produk olahraga, sepatu, pakaian, aksesoris, dan sebagainya.

Dengan memperhatikan desain dan teknologi terbaru, serta memperluas kisaran produk dan harga, Puma mampu menciptakan produk yang diinginkan oleh konsumen dan memperkuat brand mereka di pasar sehingga dapat mempengaruhi jumlah penjualan yang mereka peroleh.

2. Price (Harga)

Pricing strategy atau strategi harga merupakan salah satu elemen penting dalam marketing mix Puma. Dalam hal ini Puma menawarkan produk mereka dengan harga yang wajar dan kompetitif, sehingga dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Selain itu, mereka juga memberikan diskon khusus pada saat tertentu, seperti pada saat event olahraga besar atau musim liburan, untuk menarik perhatian konsumen dan meningkatkan penjualan mereka.

Puma juga menawarkan berbagai produk dengan kisaran harga yang berbeda, mulai dari produk kelas atas hingga produk dengan harga yang lebih terjangkau. Hal ini memungkinkan konsumen dengan berbagai macam anggaran untuk membeli produk Puma sesuai dengan kemampuan finansial mereka. Ini membuktikan bahwa Puma memperhatikan persaingan di pasar dan menyesuaikan harga mereka dengan pesaing utama mereka untuk tetap menjadi opsi yang kompetitif dan menarik bagi konsumen.

3. Place (Tempat)

Elemen penting berikutnya dari strategi marketing mix Puma adalah place atau distribusi. Puma memastikan produk mereka tersedia di tempat yang tepat dan mudah dijangkau oleh konsumen. Puma memiliki jaringan toko yang luas di berbagai negara dan kota-kota besar di seluruh dunia.

Selain itu, Puma juga memanfaatkan toko online mereka sendiri serta berbagai platform e-commerce terkemuka seperti Zalora dan Lazada untuk menjual produk mereka. Hal ini memungkinkan konsumen untuk membeli produk Puma secara online dengan mudah, kapan saja dan di mana saja.

Dengan memastikan produk mereka tersedia di tempat yang tepat, Puma dapat memperluas jangkauan pasar mereka dan memudahkan konsumen untuk membeli produk Puma. Hal ini juga memungkinkan Puma untuk mengoptimalkan potensi penjualan mereka dan memperkuat brand mereka di pasar global.

4. Promotion (Promosi)

Bongkar Strategi Marketing Mix Puma, Bagaimana Cara Mereka Dapat Meningkatkan Penjualan

Promosi merupakan elemen penting terakhir dalam strategi marketing mix Puma. Dimana dalam hal promosi, Puma mengadopsi pendekatan yang kreatif dan inovatif untuk memperkenalkan produk mereka kepada konsumen dan membangun brand awareness. Berikut adalah beberapa contoh penerapan strategi promosi Puma:

  1. Sponsorship pada event olahraga terkemuka: Puma seringkali menjadi sponsor pada event olahraga terkemuka seperti Olimpiade, Piala Dunia, dan lainnya. Selain itu, Puma juga menjadi sponsor pada beberapa klub sepak bola terkenal seperti Manchester City, Borussia Dortmund, dan AC Milan.
  2. Brand Ambassador: Puma menandatangani kontrak dengan atlet terkenal seperti Usain Bolt, Sergio Aguero, dan Antoine Griezmann untuk menjadi brand ambassador mereka. Hal ini membantu meningkatkan brand awareness dan menarik perhatian konsumen yang menyukai atlet tersebut.
  3. Media sosial: Puma memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk mereka kepada konsumen. Mereka membuat konten yang menarik dan mengundang interaksi dengan konsumen melalui penggunaan hashtag yang kreatif. Selain itu, Puma juga seringkali mengadakan giveaway pada media sosial mereka untuk memperkenalkan produk mereka kepada konsumen yang belum pernah mencoba produk Puma sebelumnya.
  4. Kampanye iklan kreatif: Puma seringkali menghadirkan kampanye iklan yang kreatif dan inovatif, dengan memanfaatkan teknologi terbaru dan pemain-pemain sepak bola terkenal. Salah satu contoh kampanye iklan Puma yang sukses adalah kampanye Puma Future yang menampilkan Antoine Griezmann dan Sergio Aguero.

Dengan memperhatikan keempat elemen marketing mix secara seimbang, Puma mampu menciptakan nilai tambah bagi konsumen dan memperkuat brand mereka di pasar global. Selain itu, penerapan strategi marketing mix pada brand Puma juga telah membantu mereka untuk tetap relevan di pasar yang berubah-ubah dan secara signifikan meningkatkan penjualan mereka.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang strategi marketing mix Puma yang efektif dalam meningkatkan penjualan mereka. Dari pembahasan di atas dapat diketahui bahwa Puma telah berhasil memadukan keempat elemen marketing mix dengan seimbang, yaitu produk, harga, tempat, dan promosi.

Dimana dalam hal produk, Puma terus mengembangkan dan memperbarui desain produk mereka dengan teknologi terbaru. Harga yang kompetitif dan diskon khusus pada saat tertentu membuat konsumen merasa bahwa mereka mendapatkan nilai yang baik.

Selain itu, Puma juga memastikan produk mereka tersedia di tempat yang tepat, dengan memperluas jaringan toko mereka dan hadir di platform e-commerce terkemuka. Dalam hal promosi, Puma sendiri menggunakan berbagai cara untuk memperkenalkan produk mereka kepada konsumen, seperti menjadi sponsor pada event olahraga terkemuka dan menandatangani kontrak dengan atlet terkenal untuk menjadi brand ambassador mereka.

melalui penjelasan diatas, Anda juga seharusnya sudah paham bahwa penerapan strategi marketing mix yang efektif dapat membantu sebuah brand untuk tetap relevan dan meningkatkan penjualan mereka. Oleh karena itu, jika Anda membutuhkan bantuan dalam merancang strategi marketing mix yang tepat untuk bisnis Anda, Anda dapat menghubungi kami Bithour Production.

Bithour Production sendiri adalah agency marketing yang terpercaya dan berpengalaman dalam membantu bisnis untuk mencapai tujuan mereka dengan mengembangkan strategi marketing mix yang efektif. Kami memiliki tim ahli yang siap membantu Anda dalam menyusun strategi marketing mix paling sesuai untuk bisnis Anda.

Untuk itu, jangan ragu untuk menghubungi kami segera melalui link yang ada disini untuk dapat berkonsultasi secara gratis dengan kami dan mengetahui lebih lanjut tentang layanan kami yang sesuai untuk bisnis Anda.

Sumber Gambar:

  1. https://www.zalora.com.my/men/puma/
  2. https://www.vrunvride.com/tag/puma-store/
What’s your Reaction?
+1
265
+1
231
+1
194
+1
286
+1
269
+1
195
+1
120
4p marketing mix contoh 4p marketing mix contoh marketing mix produk contoh strategi marketing puma Marketing mix puma strategi marketing mix puma strategi marketing puma
By Adil

Saya seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi yang sedang mendalami bidang digital marketing, serta memiliki keahlian dalam menulis berbagai berbagai jenis konten di berbagai media sosial

Give us your Reaction!

book

Brands in 2024 (How to Ride the HottesT Trend)

Bikin campaign sampai burn out? Kelas ini jawaban buat lo! Speaker yang expert as BM dengan pengalaman 7 tahun di 3 idustri berbeda. Dapatkan diskon 50% yang akan kita kirim ke email lo (Free 3 pdf marketing hacks)