5 Tips Market Research Yang Harus Kamu Lakukan Untuk Baca Pikiran Pelanggan

5 Tips Market Research Yang Harus Kamu Lakukan Untuk Baca Pikiran Pelanggan

10 min to read

Jul-13-2023

Hani Subakti

Dalam era persaingan bisnis yang semakin ketat, memahami dengan tepat apa yang ada dalam pikiran pelanggan menjadi kunci penting dalam mencapai keunggulan kompetitif. Dengan begitu banyak pilihan produk dan layanan yang tersedia, riset pasar yang efektif dapat memberikan wawasan berharga tentang preferensi, kebutuhan, dan harapan pelanggan. Untuk membantu kamu menggali lebih dalam ke dalam dunia pikiran pelanggan, kami telah mengumpulkan “5 Tips Market Research Yang Harus Kamu Lakukan.”

Dalam artikel ini, kami akan membagikan panduan praktis yang akan membantu kamu memperoleh informasi penting yang dapat mengarah pada pengambilan keputusan yang lebih cerdas, pengembangan produk yang lebih sesuai, serta penyempurnaan strategi pemasaran yang lebih efektif. Dengan menerapkan tips-tips ini, kamu akan dapat memahami pelanggan dengan lebih baik, membina hubungan yang kuat, dan memperoleh keunggulan yang berarti di pasar yang kompetitif.

Pengertian Market Research

Market research atau penelitian pasar adalah proses sistematis untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasi informasi tentang pasar target atau konsumen tertentu, pesaing, dan industri secara umum. Tujuannya adalah untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan, preferensi, dan perilaku pelanggan, serta tren pasar, persaingan, dan faktor lain yang dapat memengaruhi bisnis.

Penelitian pasar dilakukan dengan mengumpulkan data dan wawasan untuk membantu pengambilan keputusan bisnis, seperti mengembangkan strategi pemasaran, meluncurkan produk atau layanan baru, mengidentifikasi target pasar, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan tetap bersaing di pasar.

Metode penelitian pasar dapat bervariasi dan meliputi survei, wawancara, kelompok diskusi, observasi, analisis data, dan teknik lainnya untuk mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dan diinterpretasikan untuk mendapatkan wawasan yang berarti dan membuat keputusan bisnis yang terinformasi.

Dengan melakukan penelitian pasar, bisnis dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang pasar dan pelanggan mereka, serta mendapatkan wawasan yang diperlukan untuk mengambil langkah-langkah strategis yang tepat dalam mengembangkan bisnis mereka.

Tujuan Market Research

Tujuan dari market research atau penelitian pasar adalah untuk memberikan informasi yang berharga kepada bisnis dalam mengambil keputusan yang lebih baik. Berikut ini adalah beberapa tujuan utama dari market research:

  1. Memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan: Market research membantu bisnis memahami kebutuhan, preferensi, dan perilaku pelanggan mereka. Dengan memahami hal ini, bisnis dapat mengembangkan produk atau layanan yang lebih sesuai dengan kebutuhan pasar dan meningkatkan kepuasan pelanggan.
  2. Mengidentifikasi peluang pasar: Melalui penelitian pasar, bisnis dapat mengidentifikasi peluang-peluang baru di pasar. Ini dapat mencakup segmen pasar yang belum terpenuhi, tren baru, atau permintaan yang belum terpenuhi. Dengan mengetahui peluang-peluang ini, bisnis dapat mengembangkan strategi yang tepat untuk memasuki pasar yang potensial.
  3. Menganalisis pesaing: Penelitian pasar membantu bisnis dalam memahami pesaing mereka. Hal ini meliputi pemahaman tentang produk atau layanan yang ditawarkan oleh pesaing, strategi pemasaran yang digunakan, dan keunggulan kompetitif yang dimiliki. Dengan mempelajari pesaing, bisnis dapat mengembangkan strategi yang lebih efektif untuk membedakan diri dan tetap bersaing di pasar.
  4. Mengukur kepuasan pelanggan: Market research dapat digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. Ini membantu bisnis dalam mengetahui area yang perlu diperbaiki dan membuat perubahan yang diperlukan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.
  5. Menginformasikan pengembangan produk dan inovasi: Dengan memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan, market research dapat memberikan wawasan yang berharga untuk pengembangan produk baru atau inovasi. Bisnis dapat mengidentifikasi fitur atau manfaat baru yang diinginkan oleh pelanggan dan merespon dengan mengembangkan produk yang sesuai.
  6. Mendukung pengambilan keputusan strategis: Market research memberikan data dan wawasan yang dapat mendukung pengambilan keputusan strategis bisnis. Informasi yang diperoleh dari penelitian pasar dapat membantu bisnis dalam merencanakan strategi pemasaran, penetapan harga, segmentasi pasar, dan pengembangan bisnis secara keseluruhan.
  7. Memprediksi tren dan perubahan dalam perilaku konsumen: Memprediksi tren dan perubahan dalam perilaku konsumen adalah salah satu tujuan penting dari market research. Dengan melakukan analisis data yang terkait dengan preferensi, kebutuhan, dan kebiasaan konsumen, perusahaan dapat mengidentifikasi pola dan tren yang mungkin mempengaruhi perilaku konsumen di masa depan. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengantisipasi perubahan pasar, mengembangkan strategi yang relevan, dan menghadapi persaingan dengan lebih baik

Dengan mencapai tujuan-tujuan ini, market research memberikan manfaat yang signifikan bagi bisnis dalam menghadapi persaingan pasar, mengidentifikasi peluang, dan menciptakan nilai yang lebih baik untuk pelanggan mereka.

5 Tips Market Research

1. Survei Pelanggan

Survei pelanggan merupakan salah satu metode paling efektif dalam market research untuk mendapatkan wawasan langsung mengenai preferensi, kebutuhan, dan harapan pelanggan terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. Melalui survei, kamu dapat mengumpulkan data yang berharga yang membantu membaca pikiran pelanggan dengan lebih baik.

Ada beberapa cara untuk melakukan market research dengan survei pelanggan, termasuk penggunaan kuesioner online, wawancara langsung, atau interaksi melalui media sosial. Dengan menggunakan kuesioner online, kamu dapat menyusun pertanyaan yang relevan dan mendistribusikannya kepada pelanggan melalui platform online. Hal ini memungkinkan pelanggan untuk memberikan tanggapan mereka secara anonim dan dengan mudah.

Selain itu, wawancara langsung juga merupakan metode yang efektif dalam mendapatkan wawasan mendalam tentang pikiran pelanggan. Dengan melakukan wawancara langsung, kamu dapat mengajukan pertanyaan spesifik kepada pelanggan dan mendapatkan jawaban yang lebih terperinci. Interaksi melalui media sosial juga dapat digunakan untuk mengumpulkan umpan balik pelanggan, baik melalui komentar, pesan langsung, atau melalui survei online yang diunggah di platform media sosial.

Melalui survei pelanggan, kamu dapat mengidentifikasi preferensi yang paling penting bagi pelanggan, mengetahui kelemahan atau kekurangan produk atau layanan yang dapat ditingkatkan, dan mengidentifikasi peluang baru untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Informasi yang diperoleh dari survei pelanggan ini dapat menjadi landasan penting dalam mengembangkan strategi pemasaran yang tepat dan meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan.

Dengan melibatkan pelanggan melalui survei, kamu mendapatkan wawasan langsung yang dapat membantu kamu membaca pikiran mereka dengan lebih akurat, mengoptimalkan produk atau layanan yang kamu tawarkan, dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan yang berpotensi meningkatkan kepuasan dan loyalitas merek.

2. Analisis Data Demografis

Analisis data demografis merupakan langkah penting dalam market research untuk membaca pikiran pelanggan dengan lebih baik. Mengumpulkan data demografis, seperti usia, jenis kelamin, lokasi geografis, dan pendapatan, memberikan wawasan yang berharga dalam mengidentifikasi pola dan tren yang relevan dalam preferensi pelanggan.

Data demografis dapat memberikan gambaran yang lebih jelas dalam market research tentang karakteristik pelanggan dan membantu kamu memahami kelompok target dengan lebih baik. Misalnya, dengan mengetahui usia pelanggan, kamu dapat mengadaptasi strategi pemasaran yang lebih sesuai dengan preferensi generasi tertentu. Selain itu, data jenis kelamin dapat memberikan wawasan tentang perbedaan preferensi dan kebutuhan antara pria dan wanita, memungkinkan kamu untuk menyesuaikan produk atau layanan dengan lebih baik.

Informasi mengenai lokasi geografis pelanggan juga sangat berharga, karena preferensi dan kebutuhan dapat berbeda antara daerah yang berbeda. Dengan memahami geografis pelanggan, kamu dapat mengarahkan upaya pemasaran dengan lebih efektif dan mengoptimalkan segmentasi pasar.

Selain itu, data pendapatan dapat memberikan pandangan tentang kemampuan pembelian pelanggan dan memberikan indikasi terhadap preferensi dan prioritas mereka dalam membeli produk atau layanan. Hal ini membantu kamu dalam mengembangkan strategi penetapan harga yang sesuai dan menyesuaikan produk atau layanan dengan kebutuhan pelanggan berdasarkan tingkat pendapatan.

Dengan menganalisis data demografis, kamu dapat mengidentifikasi pola dan tren yang relevan dalam preferensi pelanggan. Hal ini memungkinkan kamu untuk mengarahkan upaya pemasaran dengan lebih efektif, mengembangkan produk atau layanan yang lebih sesuai dengan kebutuhan pelanggan, dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan segmen pasar yang spesifik.

Dengan memahami demografi pelanggan, kamu dapat membaca pikiran mereka dengan lebih baik dan mengambil langkah yang lebih tepat dalam pengembangan strategi pemasaran yang sukses.

3. Observasi Langsung

Melakukan market research dengan observasi langsung terhadap pelanggan saat mereka menggunakan produk atau berinteraksi dengan layananmu adalah pendekatan yang sangat berharga dalam memahami pikiran pelanggan dengan lebih baik dalam tahapan market research. Observasi ini memberikan wawasan langsung tentang perilaku dan tanggapan mereka secara nyata.

Dengan mengamati langsung bagaimana pelanggan berinteraksi dengan produk atau layananmu, kamu dapat melihat dengan jelas elemen-elemen yang mereka sukai atau tidak sukai. Observasi ini dapat memberikan petunjuk berharga tentang fitur yang paling diminati, kendala yang mungkin dihadapi, serta peluang untuk meningkatkan atau mengembangkan produk atau layanan.

Melalui observasi langsung, kamu dapat memperhatikan ekspresi wajah, gerakan tubuh, dan reaksi pelanggan saat menggunakan produk atau mengalami layananmu. Hal ini dapat memberikan gambaran tentang tingkat kepuasan, kenyamanan, dan kebutuhan yang belum terpenuhi.

Observasi langsung juga memungkinkan kamu untuk melihat interaksi antara pelanggan dengan staf atau petugas layananmu. Hal ini dapat memberikan wawasan tentang dinamika komunikasi, masalah yang mungkin timbul, dan peluang untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.

Penting untuk menjadi pengamat yang objektif dan tidak memengaruhi perilaku pelanggan saat melakukan observasi langsung. Observasi dapat dilakukan di lokasi fisik tempat penjualanmu, melalui video rekaman, atau bahkan melalui pengamatan online seperti melalui platform media sosial.

Dengan melakukan market research observasi langsung, kamu dapat memperoleh wawasan yang langsung tentang perilaku dan tanggapan pelanggan. Hal ini dapat memberikan petunjuk berharga dalam memahami preferensi pelanggan, meningkatkan kualitas produk atau layananmu, serta menciptakan pengalaman yang lebih baik untuk pelanggan.

4. Analisis Persaingan

Analisis persaingan adalah langkah kunci market research dalam memahami bagaimana pelanggan merespons produk atau layanan dari pesaingmu . Dengan melakukan penelitian terhadap produk atau layanan serupa yang ditawarkan oleh pesaing, kamu dapat memperoleh wawasan tentang preferensi dan harapan pelanggan, serta mengidentifikasi keunggulan yang dapat kamu tawarkan.

Melalui analisis persaingan, kamu dapat mempelajari bagaimana pesaingmu mengarahkan strategi pemasaran mereka, bagaimana mereka memposisikan diri dalam pasar, dan bagaimana pelanggan merespons produk atau layanan mereka. Dengan membandingkan produk atau layananmu dengan pesaing, kamu dapat mengidentifikasi kelebihan yang membedakan kamu dari pesaing dan menawarkan nilai tambah yang lebih baik kepada pelanggan.

Dalam melakukan analisis persaingan, penting untuk meneliti segmen pasar yang sama atau mirip dengan produk atau layananmu. Melihat ulasan pelanggan, mengamati strategi pemasaran yang digunakan, dan menganalisis fitur dan manfaat produk atau layanan pesaing dapat memberikan pandangan yang komprehensif tentang preferensi pelanggan.

Dengan melakukan market research dalam memahami bagaimana pelanggan merespons produk atau layanan pesaing, kamu dapat mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan atau mengembangkan produk atau layananmu. Misalnya, jika pesaingmu belum memenuhi kebutuhan tertentu pelanggan, kamu dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menghadirkan solusi yang lebih baik.

Analisis persaingan juga membantu kamu untuk terus mengikuti tren pasar dan mengidentifikasi perubahan kebutuhan pelanggan. Dengan memahami preferensi dan harapan pelanggan melalui analisis persaingan, kamu dapat mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif dan mengoptimalkan produk atau layananmu untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Dengan melakukan analisis persaingan secara komprehensif, kamu akan mendapatkan wawasan berharga tentang preferensi pelanggan dan keunggulan yang dapat kamu tawarkan. Hal ini memungkinkan kamu untuk mengambil langkah-langkah strategis yang tepat dalam pengembangan produk atau layananmu, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan menghadapi persaingan dengan lebih baik.

5. Menggunakan Alat Analisis Data

Menggunakan alat analisis data merupakan langkah penting marketi research dalam memahami pikiran pelanggan dengan lebih baik. Dengan alat-alat ini, seperti analisis statistik, teknik segmentasi pelanggan, atau analisis teks, kamu dapat menganalisis data yang telah dikumpulkan secara efektif.

Analisis statistik memungkinkan kamu untuk mengidentifikasi pola, tren, dan hubungan yang signifikan dalam data pelanggan. Melalui teknik statistik, kamu dapat menguji hipotesis, melakukan analisis regresi, dan menggali informasi yang tersembunyi di dalam data.

Teknik segmentasi pelanggan membantu kamu dalam mengelompokkan pelanggan ke dalam segmen yang berbeda berdasarkan karakteristik dan preferensi mereka. Dengan menerapkan teknik ini, kamu dapat mengidentifikasi segmen yang berbeda dalam basis pelangganmu, memahami kebutuhan dan preferensi masing-masing segmen, dan mengembangkan strategi pemasaran yang lebih tersegmentasi dan efektif.

Analisis teks, seperti analisis sentimen, membantu kamu dalam menganalisis data berbasis teks, seperti ulasan pelanggan atau tanggapan dalam media sosial. Dengan menggunakan algoritma dan metode analisis teks, kamu dapat mengidentifikasi sentimen positif, negatif, atau netral dalam teks, serta mendapatkan wawasan tentang preferensi dan tanggapan pelanggan secara lebih rinci.

Dengan menggunakan alat analisis data ini, kamu dapat menggali wawasan yang mungkin tersembunyi dalam data pelanggan. Analisis yang lebih mendalam dan terperinci membantu kamu memahami preferensi pelanggan dengan lebih baik, mengidentifikasi tren yang relevan, dan membuat keputusan yang lebih cerdas dalam pengembangan produk, strategi pemasaran, dan pengalaman pelanggan.

Memanfaatkan alat analisis data memungkinkan kamu untuk mendapatkan wawasan yang lebih dalam dan lebih terarah dalam memahami pikiran pelanggan. Dengan demikian, kamu dapat meningkatkan keefektifan strategi pemasaran, mengoptimalkan pengalaman pelanggan, dan memenuhi kebutuhan mereka dengan lebih baik.

Kelebihan Market Research

Market research memiliki beberapa kelebihan yang signifikan dalam pengembangan strategi pemasaran dan pengambilan keputusan bisnis. Berikut adalah beberapa kelebihan utama dari market research:

  1. Pengetahuan yang Mendalam tentang Pasar dan Konsumen: Market research memungkinkan perusahaan untuk memperoleh pengetahuan yang mendalam tentang pasar mereka dan perilaku konsumen. Dengan mengumpulkan data dan informasi yang relevan, perusahaan dapat memahami preferensi, kebutuhan, dan sikap konsumen terhadap produk atau layanan mereka. Hal ini membantu perusahaan untuk mengembangkan produk yang lebih sesuai dengan pasar dan mengoptimalkan strategi pemasaran mereka.
  2. Identifikasi Peluang dan Tantangan: Melalui market research, perusahaan dapat mengidentifikasi peluang dan tantangan di pasar. Mereka dapat melihat tren pasar, mengamati perilaku pesaing, dan memahami kebutuhan yang belum terpenuhi. Dengan pemahaman ini, perusahaan dapat mengambil langkah-langkah yang tepat, mengoptimalkan strategi pemasaran, dan menghadapi persaingan dengan lebih baik.
  3. Pengembangan Strategi Pemasaran yang Efektif: Market research membantu perusahaan dalam mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif. Data dan wawasan yang diperoleh dari penelitian pasar memungkinkan perusahaan untuk memahami segmen pasar yang paling berpotensi, mengidentifikasi elemen penting yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen, dan menyesuaikan pesan pemasaran mereka dengan tepat. Hal ini membantu perusahaan untuk mencapai target pasar dengan lebih efektif dan meningkatkan tingkat keberhasilan kampanye pemasaran mereka.
  4. Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik: Market research memberikan landasan yang kuat bagi pengambilan keputusan bisnis yang informasional dan rasional. Dengan data dan analisis yang akurat, perusahaan dapat membuat keputusan yang lebih terinformasi tentang pengembangan produk baru, penetapan harga, penetrasi pasar, segmentasi pasar, dan strategi promosi. Keputusan yang didasarkan pada penelitian pasar yang mendalam memiliki peluang yang lebih tinggi untuk mencapai hasil yang sukses dan mengurangi risiko yang tidak perlu.
  5. Evaluasi dan Pemantauan Kinerja: Market research juga memungkinkan perusahaan untuk mengevaluasi dan memantau kinerja produk, kampanye pemasaran, dan inisiatif bisnis lainnya. Dengan melibatkan pelanggan dalam penelitian pasar, perusahaan dapat memperoleh umpan balik langsung tentang kepuasan konsumen, persepsi merek, dan harapan konsumen. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan, mengukur efektivitas strategi pemasaran, dan melakukan perubahan yang diperlukan untuk mencapai tujuan bisnis.

Dengan demikian, market research memberikan kelebihan dalam membantu perusahaan memahami pasar, mengembangkan strategi pemasaran yang efektif, mengambil keputusan yang terinformasi, dan memantau kinerja bisnis mereka. Dengan memanfaatkan penelitian pasar dengan baik, perusahaan dapat mencapai keunggulan kompetitif dan meraih kesuksesan dalam pasar yang kompetitif.

Kendala Yang Kamu Dapatkan Ketika Tidak Lakukan Market Research

Ketika tidak dilakukan market research, perusahaan dapat menghadapi beberapa kendala yang dapat mempengaruhi keberhasilan strategi pemasaran dan pengambilan keputusan bisnis. Berikut adalah beberapa kendala yang mungkin terjadi:

  1. Ketidakpahaman tentang Pasar dan Konsumen: Tanpa melakukan market research, perusahaan akan memiliki pengetahuan yang terbatas tentang pasar dan konsumen. Mereka mungkin tidak memahami preferensi, kebutuhan, dan perilaku konsumen dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan kesalahan dalam pengembangan produk, penetapan harga yang tidak sesuai, atau pemilihan saluran distribusi yang tidak efektif.
  2. Tidak Mengetahui Persaingan: Market research membantu perusahaan untuk memahami pesaing di pasar. Tanpa penelitian pasar yang memadai, perusahaan mungkin tidak mengetahui taktik pemasaran yang digunakan oleh pesaing, tren pasar terkini, atau keunggulan kompetitif yang dimiliki pesaing. Hal ini dapat membuat perusahaan kehilangan peluang untuk bersaing secara efektif dan membuat keputusan strategis yang tepat.
  3. Risiko Mengembangkan Produk yang Tidak Sesuai: Market research membantu perusahaan dalam mengidentifikasi kebutuhan yang belum terpenuhi di pasar dan mengembangkan produk yang sesuai dengan permintaan konsumen. Tanpa melakukan penelitian pasar, perusahaan berisiko mengembangkan produk yang tidak relevan atau tidak diinginkan oleh konsumen. Hal ini dapat mengakibatkan penurunan penjualan dan kerugian finansial.
  4. Keputusan yang Tidak Terinformasi: Market research memberikan data dan wawasan yang penting dalam pengambilan keputusan bisnis. Tanpa melakukan penelitian pasar, perusahaan mungkin mengambil keputusan berdasarkan asumsi atau pendapat subyektif. Hal ini dapat mengakibatkan pengambilan keputusan yang tidak terinformasi dan berpotensi merugikan bisnis.
  5. Ketidakmampuan Mengukur Kinerja: Market research membantu perusahaan untuk memantau dan mengevaluasi kinerja produk, kampanye pemasaran, dan inisiatif bisnis lainnya. Tanpa penelitian pasar yang sistematis, perusahaan mungkin sulit untuk mengukur efektivitas strategi pemasaran, kepuasan konsumen, atau tingkat keberhasilan inisiatif bisnis. Hal ini menghambat kemampuan perusahaan untuk mengidentifikasi kekurangan dan membuat perbaikan yang diperlukan.
  6. Mengevaluasi efektivitas strategi pemasaran dan program promosi:

Dengan demikian, tidak melakukan market research dapat menyebabkan ketidakpahaman tentang pasar dan konsumen, ketidakmampuan mengukur kinerja, risiko mengembangkan produk yang tidak sesuai, keputusan yang tidak terinformasi, dan kurangnya pemahaman tentang persaingan. Oleh karena itu, market research merupakan langkah penting dalam menginformasikan strategi pemasaran dan pengambilan keputusan yang efektif.

Kesimpulan

Dalam artikel ini kami membahas dan memberitahu mengenai bagaimana tips market research yang bisa bikin kamu mudah dalam membaca pikiran pelanggan. Tapi selain itu market research tuh bener-bener memberikan banyak manfaat ketika kamu menjalankan sebuah bisnis atau ketika kamu sedang memegang sebuah brand. Tanpa market research yang benar, brand kamu bakalan susah untuk ngembangin berbagai strategi marketing yang kamu lakukan. Itulah alasan mengapa market research memiliki peran yang penting dalam usaha, brand, dan bisnis kamu. Namun jika kamu masih merasa kesusahan dalam melakukan market research kamu juga bisa menggunakan jasa agency advertising profesional seperti Bithour Production.

Kami memiliki tim ahli yang siap membantu kamu dalam meningkatkan kinerja strategi pemasaran brand kamu dengan lebih efektif menggunakan strategi pemasaran terbaru. Selain itu, tim ahli kami juga dapat memberikan feedback atau masukan yang dapat kamu terapkan pada strategi marketing brand kamu. Untuk itu, jika kamu tertarik untuk menggunakan jasa kami, segera hubungi kami sekarang melalui link yang ada disini, atau kamu juga dapat mengunjungi website resmi di bithourproduction.com kami untuk dapat mengetahui lebih lanjut informasi mengenai layanan kami.

Sumber Gambar:

  1. Photo by Lukas Blazek on Unsplash
What’s your Reaction?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
MArketing strategi marketing strategi pemasaran tips tips market research
By Hani Subakti

Give us your Reaction!

book

Brands in 2024 (How to Ride the HottesT Trend)

Bikin campaign sampai burn out? Kelas ini jawaban buat lo! Speaker yang expert as BM dengan pengalaman 7 tahun di 3 idustri berbeda. Dapatkan diskon 50% yang akan kita kirim ke email lo (Free 3 pdf marketing hacks)