Pahami Marketing Mix 7P KFC, Strategi Jitu untuk Lebih Maju dalam Bisnis

Pahami Marketing Mix 7P KFC, Strategi Jitu untuk Lebih Maju dalam Bisnis

Feb-9-2023

Adil

Dalam era persaingan bisnis yang semakin ketat, memahami strategi marketing sangat penting bagi keberlangsungan dan kemajuan sebuah bisnis. Salah satu model strategi marketing yang sering digunakan adalah marketing mix 7P, yaitu kombinasi dari produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang bagaimana KFC menggunakan strategi marketing mix 7P untuk memajukan bisnis mereka. Kita akan mempelajari bagaimana produk KFC diterima oleh pasar, strategi harga yang digunakan, kanal distribusi yang efektif, dan bagaimana promosi dan layanan yang diberikan mempengaruhi pengalaman pelanggan. Selain itu, kita juga akan menganalisis proses bisnis dan lingkungan KFC untuk menilai tingkat efisiensi dan kenyamanan bagi pelanggan. Langsung saja, berikut pembahasan mengenai marketing mix 7P KFC untuk mamajukan bisnis.

Baca Juga:

  1. 10+ Strategi Pemasaran KFC Untuk Bersaing Dengan McDonald’s Di Industri Fast Food
  2. Mengenal Strategi Pemasaran McDonald’s yang Membuat Brand Tersebut Mendunia

Sejarah Singkat KFC

Pahami Marketing Mix 7P KFC, Strategi Jitu untuk Lebih Maju dalam Bisnis

KFC (Kentucky Fried Chicken) adalah salah satu jaringan restoran cepat saji terkemuka di dunia yang menawarkan menu utama berbahan dasar ayam goreng renyah. Bisnis ini didirikan pada tahun 1930 oleh Colonel Harland Sanders, seorang yang tinggal di Corbin, Kentucky. Pada awalnya, Sanders memulai bisnis dengan menjual ayam goreng dari sebuah stan yang ia miliki di pinggir jalan.

Tahun 1940-an, Sanders memperluas bisnisnya dengan membuka sejumlah restoran di sepanjang jalur utama di seluruh AS. Dalam waktu singkat, restoran ini menjadi sangat populer dan terkenal karena rasa ayam goreng renyah yang unik. Pada tahun 1952, Sanders memperkenalkan sistem franchising pertama, yang memungkinkan orang lain membuka restoran KFC dengan memakai nama, resep, dan sistem usaha miliknya.

Seiring dengan tumbuhnya jaringan franchise, KFC mulai berkembang dengan cepat dan menjadi salah satu merek terkenal di dunia. Pada tahun 1964, Sanders menjual saham perusahaannya kepada sekelompok investor dan memulai proses ekspansi global. Sejak saat itu, KFC berkembang menjadi jaringan restoran cepat saji dengan jaringan lebih dari 22.000 cabang di seluruh dunia, termasuk lebih dari 700 cabang di Indonesia.

Hari ini, KFC masih menjadi merek terkemuka dalam industri restoran cepat saji dan terus berinovasi untuk menyediakan pengalaman makan yang lezat dan memuaskan bagi pelanggan di seluruh dunia. Dengan konsep “finger-lickin’ good”, KFC terus memperkenalkan menu baru dan berinovasi untuk mempertahankan posisinya sebagai restoran cepat saji pilihan bagi konsumen di seluruh dunia.

Apa Itu Marketing Mix 7P

Marketing Mix 7P adalah sebuah konsep yang membantu perusahaan dalam menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk mencapai keberhasilan bisnis. Unsur 7P dalam Marketing Mix 7P meliputi Product, Price, Place, Promotion, People, Process, dan Physical Evidence. Dimana setiap elemen tersebut memiliki peran yang sangat penting dalam membantu perusahaan mencapai tujuannya.

  • 1. Product merupakan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Dalam hal ini, perusahaan harus mempertimbangkan faktor-faktor seperti kualitas, fitur, desain, dan paket produk.
  • 2. Price adalah harga yang ditetapkan oleh perusahaan untuk produk atau jasa yang ditawarkan. Harga harus dipilih dengan cermat agar sesuai dengan target pasar dan memberikan nilai tambah bagi konsumen.
  • 3. Place adalah tempat penjualan produk atau jasa. Perusahaan harus memastikan bahwa produk tersedia di tempat-tempat yang sesuai dengan target pasar, seperti toko, supermarket, atau online.
  • 4. Promotion meliputi segala bentuk promosi dan komunikasi yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengenalkan produk atau jasa kepada konsumen. Bentuk promosi dapat berupa iklan, pemasaran suara, atau event-event spesial.
  • 5. People adalah tim manajemen dan karyawan perusahaan. Mereka harus memahami produk dan jasa yang ditawarkan, serta memiliki sikap yang positif dan profesional.
  • 6. Process adalah proses produksi dan distribusi produk. Perusahaan harus memastikan bahwa proses produksi dan distribusi berlangsung dengan efisien dan efektif.
  • 7. Physical Evidence adalah bentuk fisik dari produk atau jasa. Contohnya, toko ritel, website perusahaan, atau paket produk. Physical Evidence harus menyediakan pengalaman yang positif bagi konsumen.

Mengapa Marketing Mix 7P Penting untuk Bisnis

Marketing Mix 7P penting untuk bisnis karena membantu perusahaan menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk mencapai tujuan bisnis. Beberapa alasan mengapa Marketing Mix 7P penting untuk bisnis adalah:

  • 1. Memberikan pandangan holistik – Marketing Mix 7P mencakup seluruh aspek yang terkait dengan pemasaran, seperti produk, harga, tempat, promosi, tim, proses, dan evidence fisik. Ini membantu perusahaan memahami bagaimana setiap elemen saling terkait dan mempengaruhi keberhasilan bisnis.
  • 2. Meningkatkan kepuasan konsumen – Dengan memperhatikan setiap elemen dari Marketing Mix 7P, perusahaan dapat memastikan bahwa produk atau jasa yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan konsumen dan meningkatkan tingkat kepuasan konsumen.
  • 3. Menetapkan posisi bisnis – Marketing Mix 7P membantu perusahaan menetapkan posisi bisnis dan membedakan diri dari pesaing. Ini memungkinkan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pasar dan memenangkan pangsa pasar.
  • 4. Mempermudah perencanaan pemasaran – Marketing Mix 7P membantu perusahaan membuat rencana pemasaran yang jelas dan terarah. Ini mempermudah perusahaan untuk memastikan bahwa seluruh aspek pemasaran berjalan dengan efisien dan efektif.
  • 5. Meningkatkan hasil bisnis – Dengan menerapkan Marketing Mix 7P, perusahaan dapat memastikan bahwa produk atau jasa yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan konsumen dan memenuhi tujuan bisnis. Hal ini dapat meningkatkan hasil bisnis secara signifikan.

Dengan demikian, Marketing Mix 7P sangat penting bagi keberhasilan bisnis karena membantu perusahaan menentukan strategi pemasaran yang tepat dan memastikan bahwa produk atau jasa yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Penerapan Strategi Marketing Mix 7P di Brand KFC

Setelah mengetahui beberapa informasi dasar mengenai marketing mix 7P, mulai dari pengertian hingga mengapa marketing mix 7P penting untuk bisnis, berikut contoh penerapan strategi marketing mix 7P di brand KFC:

1. Product

Product atau produk adalah elemen penting yang pertama dari 7P dalam marketing mix. Dalam hal ini, product mencakup segala hal yang berkaitan dengan produk yang ditawarkan, termasuk kualitas, desain, fitur, packaging, merek, dan waranty.

Penerapan elemen product pada brand KFC sendiri terletak pada produk makanan yang ia tawarkan kepada pelanggannya berupa makanan berbahan dasar ayam yang disajikan dalam berbagai variasi, seperti ayam goreng, ayam crispy, dan ayam panggang. Selain itu, KFC juga menawarkan berbagai macam produk makanan pendamping seperti nasi, kentang goreng, dan salad.

KFC sendiri sangat memperhatikan kualitas produk yang mereka tawarkan kepada pelanggannya, dimana mereka menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi dan diproses dengan baik untuk dapat memberikan pengalaman yang baik pada pelanggan mereka. Selain itu, KFC juga menawarkan menu-menu khusus untuk segmen pasar tertentu, seperti menu vegetarian dan menu untuk anak-anak. KFC juga terus berinovasi untuk menambahkan item-item baru ke dalam menu mereka, seperti burger dan makanan baru lainnya, untuk memenuhi permintaan pelanggan yang berkembang.

Secara keseluruhan, produk yang ditawarkan oleh KFC memiliki kualitas tinggi dan desain yang menarik, serta memenuhi harapan pelanggan akan makanan cepat saji yang lezat dan bergizi. KFC juga memperhatikan aspek keamanan makanan dan memastikan bahwa produk mereka memenuhi standar keamanan makanan yang ketat. Dengan ini, dapat diketahui bahwa dengan produk yang berkualitas dan beragam, KFC dapat mempertahankan dan meningkatkan loyalitas pelanggan dan memperluas basis pelanggan mereka.

Hal ini bisa menjadi contoh baik bagi Anda yang sedang berupaya mengembangkan bisnis Anda, Dimana Anda dapat mencontoh KFC dalam hal menyajikan produk mereka kepada pelanggan. Hal ini akan menjadi langkah efektif untuk membuat bisnis Anda semakin mudah berkembang.

Karena pada dasarnya, walaupun marketing yang Anda lakukan bagus, namun kualitas produk yang Anda tawarkan tidak bagus, hal tersebut malah akan membuat citra brand bisnis Anda buruk. Sehingga, hal itu akan membuat pelanggan Anda enggan untuk membeli produk Anda kembali.

2. Price

Dalam strategi marketing mix 7P, Price atau hrag adalah salah satu faktor penting lainnya yang harus diperhatikan dalam mengembangkan bisnis. Dimana dalam bisnis, harga menentukan seberapa banyak pelanggan yang akan membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Oleh karena itu, KFC selalu mempertimbangkan segala aspek dalam penentuan harga, mulai dari biaya produksi, biaya operasional, dan juga target pasar yang ingin dicapai. Dimana untuk menentukan harga, KFC juga memperhitungkan kompetitor dan tren pasar. Mereka melakukan analisis pasar secara rutin untuk memastikan bahwa harga yang ditawarkan sesuai dengan kualitas dan nilai yang diterima oleh pelanggan.

Selain itu, KFC juga memiliki strategi harga fleksibel, dengan menawarkan promosi dan diskon pada saat-saat tertentu, seperti hari libur atau musim tertentu. Namun, KFC tetap fokus pada kualitas produk dan pelayanan yang baik. Mereka memahami bahwa harga yang tinggi tidak selalu menjamin kualitas yang baik, dan sebaliknya harga yang murah juga tidak menjamin kualitas yang buruk.

Oleh karena itu, KFC berusaha untuk menjaga keseimbangan antara harga dan kualitas, agar dapat memberikan nilai yang baik bagi pelanggan dan tetap bersaing dalam bisnis.

Dengan penerapan strategi harga yang tepat, KFC dapat memastikan bahwa produk dan jasa yang mereka tawarkan dapat diterima dengan baik oleh pelanggan dan membuat mereka lebih maju dalam bisnis. Hal ini bisa menjadi contoh juga bagi Anda yang ingin memajukan bisnis Anda, dimana Anda harus menerapkan harga yang tepat terhadap produk yang Anda tawarkan kepada para pelanggan Anda.

Untuk dapat menerapkan harga yang tepat, kami sarankan bagi Anda untuk mengetahui terlebih dahulu segmentasi pasar dan tingkat persaingan pada produk Anda di pasar. Segmentasi pasar dapat digunakan untuk menentukan target pasar dan menentukan harga yang sesuai untuk target pasar tersebut. Tingkat persaingan pasar juga harus diperhatikan, agar bisnis Anda dapat menentukan harga yang kompetitif dan sesuai dengan tingkat persaingan pasar.

Selain itu, Anda juga harus memahami biaya produksi dan menentukan harga jual yang memungkinkan bisnis Anda untuk memperoleh keuntungan. Namun, jangan lupa bahwa Anda juga harus memperhitungkan faktor-faktor lain seperti promosi, distribusi, dan lain-lain yang mempengaruhi harga.

Sebagai solusi untuk memastikan bahwa harga yang ditentukan sesuai dengan kebutuhan dan target pasar, Anda dapat melakukan survei pasar dan melakukan tes harga dengan target pasar tersebut. Anda juga dapat bekerja sama dengan agency marketing profesional untuk dapat membantu mencari tahu harga yang tepat bagi bisnis Anda.

3. Place

Place mengacu pada kanal distribusi yang digunakan untuk menjangkau pelanggan. Dalam hal KFC, kanal distribusi yang digunakan meliputi toko-toko fisik KFC, drive-thru, dan juga layanan pemesanan dan pengantaran melalui aplikasi makan dan jasa pengantaran makanan seperti GrabFood dan GoFood.

Dalam hal ini, KFC menawarkan beberapa pilihan kanal distribusi untuk memudahkan pelanggan membeli produk mereka, seperti toko fisik resmi mereka. Toko-toko fisik KFC sendiri sudah tersedia di berbagai lokasi, termasuk pusat perbelanjaan, jalan raya, dan bandara. Selain itu, tersedia juga Drive-thru KFC yang memungkinkan pelanggan untuk memesan dan mengambil makanan mereka tanpa harus turun dari kendaraan mereka. Tak berhenti sampai disitu, pelanggan juga dapat memesan makanan KFC melalui aplikasi makan dan jasa pengantaran makanan seperti GrabFood dan GoFood.

Hal ini membuat kanal distribusi yang dimiliki KFC memiliki banyak keunggulan, seperti aksesibilitas yang luas, kenyamanan, dan kemudahan dalam memesan dan menerima makanan. Pelanggan juga dapat memesan makanan mereka melalui toko-toko fisik, drive-thru, atau aplikasi makan, sesuai dengan preferensi mereka. Ini membuat KFC sangat mudah diakses dan mempermudah proses pemesanan dan pengantaran makanan.

Namun, ada juga beberapa kelemahan dari kanal distribusi KFC. Salah satu kelemahan adalah bahwa toko-toko fisik KFC hanya tersedia di beberapa lokasi tertentu, sehingga mungkin tidak tersedia bagi semua pelanggan. Selain itu, jika pelanggan memesan makanan melalui jasa pengantaran makanan, harga yang dikenakan mungkin lebih tinggi dibandingkan memesan langsung melalui toko fisik atau drive-thru.

4. Promotion

Promosi adalah bagian dari marketing mix yang membantu perusahaan untuk memperkenalkan produk atau jasa mereka kepada pasar. Dalam hal KFC, mereka menggunakan berbagai strategi promosi untuk menarik perhatian pelanggan dan meningkatkan penjualan. Strategi promosi yang digunakan KFC meliputi pemasaran online, iklan televisi, promosi lokal, program loyalty, dan banyak lagi.

Selain itu, KFC juga menggunakan media sosial seperti Instagram dan Twitter untuk mempromosikan menu baru dan menjaga koneksi dengan pelanggan. Mereka juga sering mengadakan aktivitas lokal seperti pembagian sample menu gratis dan event-event spesial. Program loyalty yang diterapkan KFC juga membantu untuk mempertahankan hubungan baik dengan pelanggan setia dan menarik pelanggan baru dengan memberikan penawaran spesial dan diskon.

Melalui promosi yang beragam dan tepat sasaran, KFC dapat meningkatkan brand awareness dan membantu untuk mempertahankan posisi mereka sebagai salah satu waralaba makanan cepat saji terbesar di dunia. Hal ini dapat menjadi sebuah contoh bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis agar lebih maju, dimana dengan memahami dan mengimplementasikan strategi promosi yang efektif, sebuah brand dapat memperkuat posisi mereka di pasar dan mencapai tujuan bisnis yang lebih baik.

Namun jika Anda mengalami kesulitan dalam menemukan strategi promosi yang efektif untuk brand Anda, maka sebaiknya Anda menggunakan jasa agency marketing profesional seperti Bithour Production.

Bithour Production sendiri adalah agency marketing yang memiliki pengalaman dan kompetensi dalam berbagai bidang pemasaran, seperti strategi branding, digital marketing, dan pemasaran tradisional. Tim Bithour Production akan bekerja sama dengan baik bersama dengan bisnis yang meminta bantuan mereka untuk menentukan strategi promosi yang tepat dan membantu bisnis tersebut memperkenalkan produk atau jasa mereka kepada target pasar dengan efektif.

Jika Anda tertarik untuk meningkatkan strategi promosi dalam bisnis Anda, Bithour Production siap untuk membantu. Tim profesional kami akan memastikan bahwa produk dan jasa Anda dikenal dan diterima dengan baik oleh target pasar melalui promosi yang efektif dan inovatif. Hubungi kami sekarang melalui link yang ada di sini untuk membicarakan bagaimana kami dapat membantu bisnis Anda berkembang lebih lanjut.

5. People

Dalam hal ini, People mencakup semua orang yang terlibat dalam bisnis, mulai dari karyawan, manajemen, hingga pelanggan. KFC, sebagai salah satu merek fast food terkenal di dunia, memahami betul betapa pentingnya faktor ini dalam menentukan keberhasilan bisnis mereka.

Untuk memastikan bahwa pelanggan merasa puas dan merasa dihargai, KFC mempekerjakan karyawan yang ramah dan profesional untuk melayani pelanggan. Mereka juga memastikan bahwa karyawan mereka selalu terlatih dengan baik dan memahami budaya dan nilai-nilai perusahaan. Selain itu, KFC juga menyediakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman bagi karyawan mereka.

Pada tingkat manajemen, KFC memastikan bahwa mereka memiliki tim yang kompeten dan berpengalaman untuk mengelola bisnis mereka. Mereka memastikan bahwa mereka memiliki strategi jitu untuk memajukan bisnis dan memenuhi kebutuhan pelanggan.

Secara keseluruhan, KFC memahami bahwa People adalah aset terpenting dalam bisnis mereka dan mereka berinvestasi dengan baik untuk memastikan bahwa karyawan, manajemen, dan pelanggan merasa puas dan terlayani dengan baik. Strategi ini telah membantu KFC mempertahankan posisinya sebagai salah satu merek fast food terkemuka di dunia.

6. Process

Proses dalam strategi marketing mix 7P KFC merupakan bagian yang sangat penting dalam memajukan bisnis mereka. Proses dalam hal ini meliputi bagaimana KFC memproduksi, memasarkan, dan menyediakan produk dan layanannya kepada pelanggan. KFC memiliki proses yang terstruktur dan terorganisir yang memastikan bahwa setiap tahap produksi dan distribusi dilakukan dengan baik dan efisien.

Misalnya, dalam hal produksi, KFC memiliki sistem produksi yang tertata dengan baik dan memastikan bahwa setiap produk yang diproduksi memenuhi standar kualitas yang ditentukan. Selain itu, KFC juga memiliki sistem distribusi yang efisien untuk memastikan bahwa produk yang diproduksi dapat tersedia dengan cepat dan tepat waktu kepada pelanggan.

Dalam hal layanan, KFC memastikan bahwa setiap pelanggan menerima layanan yang baik dan memenuhi harapan mereka. Hal ini dilakukan melalui sistem pelatihan yang baik untuk setiap karyawan dan memastikan bahwa setiap karyawan memiliki pengetahuan yang baik mengenai produk dan layanan yang ditawarkan.

Dengan proses yang terstruktur dan terorganisir, KFC dapat memastikan bahwa produk dan layanannya dapat tersedia dengan baik dan memenuhi harapan pelanggan, sehingga membantu memajukan bisnis mereka dan mempertahankan posisi mereka sebagai salah satu merek makanan cepat saji terkemuka di dunia.

7. Physical Evidence

Physical evidence adalah unsur dari marketing mix 7P yang mencakup segala hal yang bisa dilihat dan dirasakan oleh pelanggan saat berinteraksi dengan produk atau jasa suatu perusahaan. Dalam konteks KFC, physical evidence terdiri dari fasilitas, peralatan, dan suasana dalam restoran. Ini termasuk tampilan luar dari restoran, desain interior, tata letak meja, penataan produk dan peralatan masak, serta bahan-bahan baku dan produk jadi.

Dengan mempertimbangkan physical evidence, KFC memastikan bahwa pelanggan memiliki pengalaman yang nyaman dan memuaskan saat mengunjungi restoran mereka. Dimana restoran KFC memiliki desain yang modern dan menarik, memiliki area parkir yang luas dan aksesibilitas yang baik, serta memastikan bahwa produk dan peralatan masak selalu bersih dan terawat. KFC juga menyediakan lingkungan yang nyaman dan memikat bagi pelanggan, termasuk penerangan yang baik dan suasana yang tenang.

Physical evidence menjadi bagian penting dalam pengalaman pelanggan dan memegang peran yang sangat besar dalam mempengaruhi citra perusahaan dan menciptakan loyalitas pelanggan. Oleh karena itu, KFC terus berinovasi dan memperbaharui fasilitas dan peralatan restoran mereka untuk memastikan pengalaman pelanggan yang terbaik. Dengan mempertimbangkan physical evidence sebagai bagian dari strategi marketing mix 7P mereka, hal itu yang menyebabkan KFC terus memimpin pasar dan menjadi salah satu merek fast food terkemuka di dunia.

Kesimpulan

Setelah mempelajari analisis marketing mix 7P dari KFC, dapat disimpulkan bahwa strategi marketing mix 7P adalah salah satu faktor kunci keberhasilan dalam bisnis. Dengan memahami dan menerapkan strategi ini dengan baik, bisnis dapat meningkatkan produk dan layanannya serta memikat hati pelanggan.

Namun, memahami dan menerapkan strategi marketing mix 7P tidaklah mudah. Banyak hal yang harus diperhatikan, mulai dari segmentasi pasar, posisi produk, harga, promosi, dan lain-lain. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang memutuskan untuk bekerja sama dengan agency marketing untuk membantu mereka dalam memahami dan menerapkan strategi marketing mix 7P dengan baik.

Salah satu agency marketing yang dapat Anda percayai untuk membantu Anda dalam menerapkan strategi marketing 7P adalah Bithour Production. Bithour Production sendiri adalah salah satu agency marketing yang sangat memahami dan berpengalaman dalam membantu perusahaan dalam memahami dan menerapkan strategi marketing mix 7P.

Dengan menggunakan jasa Bithour Production, kami dapat memastikan bahwa kami akan membuat strategi marketing mix 7P yang sesuai dengan tujuan bisnis Anda. Kami juga akan memastikan bahwa Anda dapat menerapkan strategi marketing mix 7P yang kami sarankan pada Anda dengan mudah. Untuk itu, jangan ragu menghubungi kami melalui website resmi kami bithourproduction.com agar kami dapat segera membantu Anda untuk memajukan bisnis Anda dengan lebih mudah!

Sumber Foto:

The KFC Logo and the History Behind the Company

What’s your Reaction?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
7P agency pemasaran bauran pemasaran Bithour production kfc MArketing marketing mix pemasaran Promosi strategi strategi marketing mix 7p strategi marketing mix 7p kfc
By Adil

Saya seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi yang sedang mendalami bidang digital marketing, serta memiliki keahlian dalam menulis berbagai berbagai jenis konten di berbagai media sosial

Give us your Reaction!

book

Brands in 2024 (How to Ride the HottesT Trend)

Bikin campaign sampai burn out? Kelas ini jawaban buat lo! Speaker yang expert as BM dengan pengalaman 7 tahun di 3 idustri berbeda. Dapatkan diskon 50% yang akan kita kirim ke email lo (Free 3 pdf marketing hacks)