Impression Rendah? Berikut Cara Mudah Membuat Copywriting SEO yang Efektif

Impression Rendah? Berikut Cara Mudah Membuat Copywriting SEO yang Efektif

Feb-6-2023

Adil

Mengutip dari laman American Writers and Artist Institute, copywriting adalah proses penulisan materi promosi dan pemasaran persuasif yang mampu membuat para pembaca termotivasi untuk melakukan suatu tindakan (action) tertentu. Seperti tindakan pembelian, memberikan sumbangan, meng-klik tautan, dan sebagainya.

Atau Copywriting juga dapat didefinisikan sebagai proses menulis teks untuk tujuan persuasi dan mempengaruhi pemikiran serta tindakan pembaca yang dapat meningkatkan penjualan dari suatu produk. Dunia dunia website sendiri, copywriting memainkan peran penting dalam membantu website memperoleh traffic dan meningkatkan nilai SEO dari website tersebut.

Melalui penggunaan copywriting yang baik, hal itu dapat membantu website tersebut menjadi lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari seperti Google. Untuk itu, dalam artikel ini kami akan memberikan panduan yang mudah dan praktis untuk Anda, khususnya bagi Anda yang memiliki website bisnis ataupun brand, dalam membuat copywriting yang berkualitas dan Google friendly, sehingga Anda dapat meningkatkan impression dan traffic dari website Anda.

Cara Membuat Copywriting SEO yang Efektif

Impression Rendah? Berikut Cara Mudah Membuat Copywriting SEO yang Efektif

Membuat copywriting sebenarnya bukanlah tindakan yang mudah, karena membutuhkan beberapa keterampilan khusus dalam mengolah kata dan juga memainkan emosi para pembaca atau audiensnya. Selain itu, seringkali ketentuan yang dimiliki Google dalam copywriting juga membatasi kreativitas yang dimiliki oleh seorang copywriter dalam mengolah kata.

Untuk itu, kami akan memberikan beberapa cara mudah yang dapat membuat copywriting Anda menjadi lebih Google Frindly namun tetap dapat menarik perhatian audiens Anda. Berikut beberapa cara yang sudah kami rangkum khusus untuk Anda:

1. Mengetahui Audience yang Akan Dituju

Cara pertama yang perlu Anda lakukan untuk membuat copywriting yang Google frinedly adalah dengan mengetahui siapa target audience dari website atau produk yang akan ditawarkan. Mengetahui audience yang akan dituju adalah salah satu hal penting dalam copywriting. Hal ini karena konten yang dibuat harus sesuai dengan kebutuhan dan minat target audience.

Dengan mengetahui audience, copywriter dapat membuat konten yang relevan dan menarik bagi mereka, sehingga lebih efektif dalam mempengaruhi mereka. Untuk mengetahui audience yang tepat, Anda dapat melakukan riset sederhana seperti dengan menganalisis data demografis pelanggan yang Anda tuju, seperti usia, jenis kelamin, lokasi geografis, pendidikan, dan tingkat pendapatan. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui minat dan kebutuhan mereka melalui survei atau menganalisis perilaku mereka di media sosial.

Contohnya, jika Anda memiliki sebuah toko online yang menjual produk kesehatan, maka target audience Anda mungkin adalah orang yang berusia 35 tahun ke atas yang memiliki minat terhadap kesehatan dan wellness.

Dalam hal ini, Anda dapat membuat konten yang menjelaskan manfaat produk kesehatan dan caranya untuk memperbaiki gaya hidup dan kesehatan mereka. Anda juga dapat menambahkan testimonial dari pelanggan yang sudah mencoba produk Anda dan merasa puas, sehingga dapat membangun kepercayaan dan mempengaruhi target audience untuk membeli produk tersebut.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan bahasa yang sesuai dengan target audience dan membuat desain yang menarik bagi mereka. Misalnya, jika target audience Anda adalah profesional yang sibuk, maka Anda dapat membuat konten yang singkat dan padat namun tetap informatif dan relevan bagi mereka.

Dengan memahami dan mengetahui target audience melalui beberapa cara tersebut, Anda dapat membuat copywriting yang lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan mereka, sehingga dapat mempengaruhi mereka untuk melakukan tindakan yang diinginkan, seperti membeli produk atau mengunjungi website Anda.

2. Penggunaan Kata Kunci yang Tepat

Cara selanjutnya untuk membuat copywriting yang Google friendly adalah dengan melakukan identifikasi kata kunci yang relevan dengan produk atau website yang akan diterangkan. Penggunaan kata kunci yang tepat disini merujuk pada teknik optimasi SEO yang memfokuskan pada penggunaan kata kunci yang relevan dan sesuai dengan topik yang dibahas pada sebuah halaman website. Kata kunci yang tepat akan membantu mesin pencari untuk mengidentifikasi topik dan mempertinggi peringkat halaman website.

Contoh penerapan penggunaan kata kunci yang tepat adalah, jika Anda memiliki sebuah toko online yang menjual produk makanan sehat, maka kata kunci yang tepat untuk digunakan adalah “makanan sehat”, “toko makanan sehat online”, “beli makanan sehat”, dll. Kata kunci ini harus ditempatkan pada judul, headline, dan body teks pada halaman website secara alami dan tidak berlebihan.

Penggunaan kata kunci yang tepat akan membantu mesin pencari untuk memahami topik yang dibahas pada halaman website dan memberikan hasil yang lebih relevan untuk pengguna yang mencari informasi terkait. Ini akan meningkatkan tingkat klik dan tingkat konversi pada website, dan pada gilirannya akan meningkatkan tingkat impression dan peringkat website di mesin pencari.

Dalam membantu Anda menemukan kata kunci yang tepat, Anda dapat menggunakan bantuan beberapa tools khusus seperti Google Keyword Planner, Semrush atau yang lainnya untuk mengetahui secara pasti volume pencarian dan kompetisi dalam kata kunci tersebut. Namun jika Anda belum memiliki pengalaman serta pengetahuan yang cukup dalam menemukan kata kunci yang tepat bagi website Anda, cobalah untuk meminta bantuan jasa profesioanal dalam dunia marketing seperti Bithour Production.

3. Studi Kompetitor dan Analisis Kata Kunci

Setelah menentukan kata kunci target yang tepat, lakukan analisis kompetitor untuk mengetahui bagaimana cara mereka mengoptimalkan copywriting mereka dan apa saja kata kunci yang mereka gunakan. Bagian ini sebenarnya merupakan bagian penting dari strategi copywriting yang sering dilewatkan karena dianggap hal sepele.

Padahal dengan melakukan studi kompetitor, hal itu akan membantu Anda mengetahui bagaimana pesaing Anda dapat memasarkan produk atau layanannya, dan apa yang membuat mereka berbeda dari Anda. Ini akan memungkinkan Anda untuk memperbaiki kelemahan dari produk ataupun bisnis Anda dan memanfaatkan informasi dari hasil analisis tersebut sebagai peluang untuk memperbaiki kekurangan produk atau layanan Anda sehingga dapat menonjol daripada pesaing Anda.

Selain itu, dalam analisis kata kunci, hal ini akan dapat membantu Anda untuk menemukan kata kunci yang tepat yang dapat digunakan dalam copywriting di website Anda. tentunya ini berkaitan dengan identifikasi kata kunci yang relevan dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan di bisnis Anda serta mengevaluasi popularitas kata kunci tersebut untuk mengetahui mana yang paling efektif dalam menjangkau audiens Anda.

Dengan melakukan analisis kata kunci Anda dapat dengan mudah menentukan kata kunci yang paling sesuai untuk difokuskan dalam copywriting Anda sehingga membantu mesin pencari menemukan dan mempertinggi peringkat website Anda.

Contohnya, jika kita memiliki bisnis online yang menjual makanan sehat, maka Anda bisa melakukan studi kompetitor pada situs web lain yang menjual produk yang sama. Kita dapat menemukan kata kunci yang digunakan oleh pesaing kita, seperti “makanan sehat murah” atau “produk makanan sehat”, dan mengevaluasi popularitas kata kunci tersebut melalui tools seperti Google Keyword Planner. Setelah itu, Anda dapat bisa fokus pada kata kunci yang paling relevan dan populer untuk digunakan dalam copywriting Anda.

4. Struktur Halaman yang Jelas

Struktur halaman yang jelas adalah bagian penting dari copywriting yang baik dan mempengaruhi pengalaman pengguna dan peringkat mesin pencari. Struktur halaman yang baik membantu pengguna menemukan informasi yang mereka cari dengan mudah dan membuat konten mudah dibaca dan dipahami.

Contoh penerapan struktur halaman yang jelas adalah sebagai berikut:

  • 1. Headline: Gunakan headline yang jelas dan menarik untuk memberikan gambaran singkat tentang isi halaman.
  • 2. Subheadline: Gunakan subheadline untuk membagi konten menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan mudah dibaca.
  • 3. Paragraf pendek: Gunakan paragraf pendek dan bullet points untuk membuat konten mudah dibaca dan dipahami.
  • 4. Gambar: Sertakan gambar untuk membantu memvisualisasikan konten dan meningkatkan pengalaman pengguna.
  • 5. Link: Sertakan link untuk membantu pengguna menemukan informasi tambahan dan memperkuat struktur halaman.

Dengan menerapkan struktur halaman yang jelas, website akan memiliki tata letak yang bersih dan mudah dikenali, membantu pengguna menemukan informasi yang mereka cari dan membuat konten mudah dibaca dan dipahami. Hal ini akan meningkatkan pengalaman pengguna dan mempengaruhi peringkat mesin pencari.

5. Headline yang Menarik

Headline adalah judul utama dari sebuah artikel atau halaman website yang akan menarik perhatian pembaca dan menentukan apakah mereka akan melanjutkan membaca atau tidak. Oleh karena itu, headline harus menyampaikan pesan yang jelas dan menarik, sehingga dapat membuat pembaca tertarik untuk membaca lebih lanjut.

Untuk membuat headline yang menarik, berikut adalah beberapa poin yang dapat Anda pertimbangkan:

  • 1. Fokus pada solusi atau manfaat: Headline yang menekankan solusi atau manfaat bagi pembaca lebih memiliki daya tarik dibandingkan headline yang terlalu menekankan produk atau layanan.
  • 2. Gunakan bahasa yang jelas dan mudah dimengerti: Gunakan bahasa yang jelas dan mudah dimengerti oleh target audience untuk membuat headline yang menarik dan mudah dipahami.
  • 3. Gunakan kata gabung: Gunakan kata gabung seperti “tips”, “cara”, “rahasia” untuk membuat headline lebih menarik dan memotivasi pembaca untuk membaca lebih lanjut.
  • 4. Buat headline yang singkat dan padat: Headline yang singkat dan padat lebih mudah dipahami dan diingat oleh pembaca.
  • 5. Gunakan emosi: Gunakan emosi untuk memotivasi pembaca, seperti membuat headline yang mengisi rasa penasaran atau keingintahuan.
  • 6. Uji headline dengan target audience: Uji headline dengan target audience untuk memastikan bahwa headline memenuhi harapan dan memotivasi pembaca untuk membaca lebih lanjut.

Namun, penting untuk diingat bahwa headline harus memenuhi harapan pembaca dan berhubungan dengan isi artikel. Jika headline tidak relevan dengan isi artikel, maka pembaca akan kecewa dan memiliki persepsi negatif terhadap website Anda.

6. Penulisan yang Relevan dan Memenuhi Kebutuhan Audience

Penulisan yang relevan dan memenuhi kebutuhan audience” adalah bagian penting dari copywriting yang baik. Ini berkaitan dengan memastikan bahwa konten yang ditulis sesuai dengan kebutuhan dan minat target audience, sehingga mereka merasa tertarik dan terhubung dengan konten tersebut. Hal ini juga dapat membantu meningkatkan tingkat engagement dan mengurangi tingkat bounce rate.

Untuk menerapkan hal ini, Anda perlu memahami target audience Anda, termasuk usia, jenis kelamin, lokasi, minat, dan kebutuhan mereka. Ini dapat dilakukan melalui survei atau analisis data yang tersedia. Setelah itu, Anda dapat menyesuaikan konten yang ditulis dengan memastikan bahwa konten tersebut menjawab pertanyaan dan memenuhi kebutuhan target audience.

Sebagai contoh, misalnya suplemen makanan. Dalam hal ini, target audience mungkin adalah orang yang ingin meningkatkan kesehatan mereka dan memperbaiki gaya hidup. Untuk itu, penerapan copywriting yang relevan dan memenuhi kebutuhan audience dapat berisi informasi tentang manfaat suplemen makanan untuk kesehatan, bagaimana memilih suplemen yang tepat, dan bagaimana suplemen dapat membantu meningkatkan gaya hidup sehat. Ini akan membuat target audience merasa terhubung dan tertarik dengan konten tersebut, sehingga lebih mungkin untuk membeli produk.

7. Menghindari Kesalahan Penulisan

Menghindari kesalahan penulisan atau spelling dan grammar adalah hal yang sangat penting dalam copywriting. Kesalahan penulisan dapat membuat konten terlihat kurang professional dan mempengaruhi tingkat kepercayaan pembaca terhadap website atau produk yang dipromosikan. Ini juga dapat mempengaruhi peringkat website di mesin pencari karena mesin pencari seperti Google memperhitungkan kualitas konten sebagai faktor peringkat.

Berikut adalah beberapa cara untuk menghindari kesalahan penulisan:

  • 1. Gunakan tools spell checker seperti Grammarly atau Microsoft Word untuk memeriksa kesalahan penulisan sebelum mengunggah konten.
  • 2. Baca ulang konten setelah ditulis untuk memastikan tidak ada kesalahan penulisan yang terlewatkan.
  • 3. Gunakan gaya bahasa yang jelas dan mudah dipahami, sehingga meminimalkan kemungkinan terjadinya kesalahan penulisan.
  • 4. Hindari menggunakan istilah yang sulit atau teknis, kecuali jika benar-benar diperlukan.

Contoh penerapan: Dalam penulisan copy, penulis harus memastikan bahwa kata-kata yang digunakan sudah dikoreksi sehingga tidak ada kesalahan penulisan yang mempengaruhi kualitas konten. Misalnya, dalam deskripsi produk, penulis harus memastikan bahwa nama produk dan spesifikasi produk ditulis dengan benar dan tidak ada kesalahan spelling.

8. Menyertakan Sumber Referensi yang Valid

Menyertakan sumber referensi yang valid adalah hal yang penting dalam menulis copywriting yang berkualitas. Ini membantu untuk memperkuat argumen dan memperlihatkan bahwa informasi yang disajikan benar dan dapat dipercaya. Menyertakan sumber referensi juga membantu untuk memenuhi standar etika dan menghindari tuduhan plagiarisme.

Contoh, dalam sebuah artikel yang membahas manfaat dari vitamin C untuk kesehatan, penulis dapat menyertakan sumber referensi seperti jurnal ilmiah atau laporan dari lembaga kesehatan terkemuka yang mendukung argumen mereka. Ini akan memperkuat keyakinan pembaca bahwa informasi yang disajikan benar dan dapat dipercaya. Misalnya, penulis dapat menyertakan referensi seperti ini: “Menurut laporan dari American Heart Association (AHA), vitamin C dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung (tautan ke sumber.

9. Penggunaan Meta Tag dan Meta Deskripsi yang Sesuai

Meta tag dan meta deskripsi adalah elemen HTML yang digunakan untuk memberikan informasi mengenai halaman website ke mesin pencari. Mereka berkontribusi terhadap bagaimana website muncul dalam hasil pencarian, sehingga penting untuk memastikan bahwa meta tag dan meta deskripsi yang digunakan sesuai dan efektif.

Penggunaan meta tag dan meta deskripsi yang sesuai meliputi beberapa hal berikut:

  • 1. Penggunaan kata kunci yang tepat: Kata kunci yang relevan harus ditempatkan dalam meta tag dan meta deskripsi agar website lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari.
  • 2. Panjang yang sesuai: Meta deskripsi harus cukup panjang untuk memberikan gambaran mengenai isi halaman website, namun tidak terlalu panjang sehingga memotong informasi penting. Biasanya, meta deskripsi terbaik memiliki panjang sekitar 155 karakter.
  • 3. Unik dan deskriptif: Setiap halaman website harus memiliki meta tag dan meta deskripsi yang unik dan deskriptif, yang memberikan deskripsi yang jelas mengenai isi halaman.

10. Penggunaan URL yang Sesuai dan Deskriptif

Penggunaan URL yang sesuai dan deskriptif sangat penting dalam membantu mesin pencari dan pengunjung mengerti dan menavigasi situs web. URL yang baik harus memiliki panjang yang wajar, menggunakan kata kunci yang relevan, dan memberikan deskripsi yang jelas tentang konten halaman.

Contohnya, jika Anda memiliki halaman website yang berisi informasi tentang diet sehat, URL yang baik untuk halaman tersebut bisa menjadi: “www.contohwebsite.com/diet-sehat-untuk-kesehatan“. URL ini menggunakan kata kunci yang relevan dan memberikan deskripsi jelas tentang konten halaman, sehingga membantu mesin pencari dan pengunjung menavigasi situs web dengan lebih mudah.

Dengan URL yang baik dan deskriptif, mesin pencari akan lebih mudah memahami konten halaman dan memperlakukannya sebagai hasil yang relevan untuk pencarian yang sesuai. Ini dapat membantu meningkatkan peringkat halaman di hasil pencarian dan membantu pengunjung menemukan informasi yang mereka cari dengan lebih cepat dan efisien.

11. Penggunaan Alt Tag Pada Gambar

Cara berikutnya yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan Alt tag pada gambar. Alt tag sendiri adalah atribut yang ditambahkan pada gambar di dalam HTML yang memberikan deskripsi teks pada gambar. Ini berguna bagi mesin pencari seperti Google untuk memahami apa yang ditampilkan pada gambar dan membantu dalam pemeringkatan halaman website.

Penggunaan alt tag pada gambar juga berguna bagi pengguna dengan kebutuhan aksesibilitas, seperti mereka yang menggunakan layar braille atau teks-ke-suara, sehingga mereka dapat memahami apa yang ditampilkan pada gambar.

Dengan menambahkan alt tag pada gambar seperti di atas, mesin pencari dapat memahami bahwa gambar tersebut menunjukkan “Gambar produk baru yang baru diluncurkan”. Ini membantu dalam memperkuat relevansi halaman dan membantu dalam pemeringkatan di mesin pencari.

12. Penggunaan Internal Link yang Sesuai

Penggunaan internal link adalah teknik optimasi mesin pencari yang membantu meningkatkan navigasi dan struktur situs web. Dengan menambahkan link internal, pengunjung situs web dapat dengan mudah berpindah dari satu halaman ke halaman lain, memperkuat keterkaitan antar halaman, dan membantu mesin pencari memahami topik utama dari situs web.

Berikut adalah contoh penerapan link internal:

  • 1. Menambahkan link ke halaman terkait: Saat menulis artikel tentang topik tertentu, tambahkan link ke halaman lain yang relevan dengan topik yang sedang dibahas. Ini membantu pengunjung situs web memperoleh informasi lebih banyak dan membantu mesin pencari memahami topik utama dari situs web.
  • 2. Menambahkan link ke kategori terkait: Jika situs web memiliki kategori yang berbeda, tambahkan link ke kategori terkait di setiap halaman. Ini membantu pengunjung situs web dengan mudah menemukan kategori yang mereka inginkan dan membantu mesin pencari memahami struktur situs web.
  • 3. Menambahkan link ke halaman produk atau layanan: Jika situs web menawarkan produk atau layanan, tambahkan link ke halaman produk atau layanan terkait di setiap halaman. Ini membantu pengunjung situs web dengan mudah menemukan produk atau layanan yang mereka inginkan dan membantu mesin pencari memahami topik utama dari situs web.

Dengan memperhatikan penggunaan internal link yang sesuai, situs web akan memiliki navigasi yang baik, memudahkan pengunjung menemukan informasi yang mereka cari, dan membantu mesin pencari memahami topik utama dari situs web.

13. Melakukan Pemantauan Secara Berkala

Melakukan pemantauan secara berkala adalah suatu proses memantau dan mengukur kinerja suatu aktivitas atau program pada interval waktu tertentu. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa aktivitas tersebut berjalan sesuai dengan rencana dan memenuhi tujuannya. Dalam hal ini, pemantauan secara berkala dapat diterapkan pada copywriting untuk memastikan kualitas dan efektivitas konten yang dibuat.

Contohnya, suatu perusahaan dapat melakukan pemantauan secara berkala pada copywriting mereka setiap bulan untuk mengukur tingkat engagement dari audience terhadap konten yang dibuat. Mereka dapat melakukan analisis pada tingkat klik, waktu tinggal, dan tingkat bounce rate. Dari hasil analisis tersebut, perusahaan dapat menentukan tindakan yang perlu diambil untuk meningkatkan kinerja copywriting mereka, seperti memperbaharui konten, menambahkan informasi yang lebih relevan, atau menyesuaikan desain halaman.

Dengan melakukan pemantauan secara berkala, perusahaan dapat memastikan bahwa copywriting mereka selalu efektif dan up-to-date, sehingga dapat membantu meningkatkan tingkat impression dan mencapai tujuan bisnis yang diinginkan.

14. Melakukan Evaluasi dan Perbaikan

Melakukan evaluasi dan perbaikan adalah tahap penting terakhir dalam proses pembuatan copywriting yang efektif. Ini membantu memastikan bahwa konten yang dibuat sesuai dengan tujuan dan memenuhi kebutuhan target audience. Evaluasi dan perbaikan juga membantu meningkatkan relevansi dan kualitas konten, sehingga lebih efektif dalam mempengaruhi mesin pencari dan membuat website lebih baik dalam hal peringkat dan impression.

Contoh penerapan evaluasi dan perbaikan dalam copywriting adalah dengan melakukan analisis pada data analytics website, seperti tingkat bounce rate, durasi kunjungan, dan jumlah halaman yang dikunjungi. Dari data ini, kita bisa mengetahui apa yang menarik bagi target audience dan apa yang tidak, sehingga dapat membuat perubahan yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja website.

Sebagai contoh, jika data analytics menunjukkan bahwa tingkat bounce rate pada halaman produk tertentu sangat tinggi, maka dapat dilakukan evaluasi terhadap konten pada halaman tersebut. Perbaikan bisa dilakukan dengan memperbaharui deskripsi produk, menambahkan gambar atau video demo, atau menambahkan ulasan pelanggan untuk membuat halaman lebih menarik dan relevan.

Dengan melakukan evaluasi dan perbaikan secara berkala, copywriting Anda dapat terus ditingkatkan dan website Anda akan terus menghasilkan kinerja dan tingkat impression yang semakin meningkat.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa membuat copywriting yang baik dan Google friendly adalah faktor penting dalam mempengaruhi peringkat website dan meningkatkan tingkat impression. Dengan memahami target audience, menggunakan keyword yang tepat, dan melakukan evaluasi dan perbaikan secara berkala, Anda dapat membuat konten yang menarik dan efektif untuk mempromosikan produk atau layanan.

Namun, membuat copywriting yang efektif bisa menjadi tugas yang sulit dan memakan waktu. Jika Anda membutuhkan bantuan, Bithour Production siap untuk membantu. Sebagai agency marketing terkemuka, Bithour Production memiliki tim profesional yang berpengalaman dalam membuat copywriting yang efektif dan dapat meningkatkan kinerja website melalui strategi SEO yang sudah terbukti.

Dengan mempercayakan strategi promosi Anda kepada Bithour Production, Anda akan mendapatkan solusi copywriting yang dapat membantu Anda mencapai tujuan bisnis Anda dan membuat website Anda lebih baik dalam hal peringkat dan impression. Untuk itu, jangan ragu untuk menghubungi Bithour Production sekarang melalui link yang ada di sini, agar kami dapat segera membantu Anda dalam meningkatkan kinerja website Anda dan membuat konten yang memukau dan efektif untuk bisnis Anda.

Sumber Gambar:

https://www.xplore.marketing/post/the-art-of-seo-copywriting

https://geekflare.com/seo-copywriting/

SEO COPYWRITING SERVICES

What’s your Reaction?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
cara mudah content creation Copywriting copywriting SEO digital marketing Efektif Impression impression rendah konten unik mesin pencari online marketing peringkat praktis ranking relevan SEO SEO optimization Target Audience tips Website
By Adil

Saya seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi yang sedang mendalami bidang digital marketing, serta memiliki keahlian dalam menulis berbagai berbagai jenis konten di berbagai media sosial

Give us your Reaction!

book

Brands in 2024 (How to Ride the HottesT Trend)

Bikin campaign sampai burn out? Kelas ini jawaban buat lo! Speaker yang expert as BM dengan pengalaman 7 tahun di 3 idustri berbeda. Dapatkan diskon 50% yang akan kita kirim ke email lo (Free 3 pdf marketing hacks)